Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Alihi Wasohbihi Wasallim

Saat mengawali khutbah jumat begitu juga ketika membaca doa, selalu diawali dengan bacaan hamdalah dan sholawat. Dalam bacaan sholawat biasanya mengandung unsur untuk meminta kepada Allah agar memberikan rahmat dan keselamatan untuk Nabi SAW, keluarga dan sahabatnya yang jika dituliskan berbunyi allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala alihi wasohbihi wasallim.

Bacaan sholawat nabi yang pendek yaitu Allahumma sholli ala muhammad atau shollallahu 'ala muhammad. Dalam sholawat tersebut hanya mengandung unsur sholawat kepada Nabi.

Bacaan sholawat untuk nabi dan keluarganya adalah allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad. Ada yang memakai sayyidina dan ada juga yang tanpa sayyidina.

Dalam pembahasan ini, kami akan jelaskan bacaan sholawat kepada nabi SAW, keluarga dan sahabatnya yaitu allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala alihi wasohbihi wasallim beserta tulisan arab dan artinya.

Table of Contents

Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Alihi Wasohbihi Wasallim

allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala alihi wasohbihi wasallim arab dan artinya
tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala alihi wasohbihi wasallim

Bacaan allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala alihi wasohbihi wasallim biasa dibaca para kiai untuk mengawali doa setelah bacaan hamdalah atau untuk mengawali sambutan.

Baca Juga : Tulisan Arab Shollu Alan Nabi Muhammad

Inilah tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala alihi wasohbihi wasallim dengan harakat :

الَلَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala alihi wasohbihi wasallim tanpa harakat (arab gundul) tulisan arabnya yaitu :

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

Uraian cara penulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala alihi wasohbihi wasallim yang benar adalah sebagai berikut :

  • Allahumma (الَلَّهُمَّ) : Munada mufrad asalnya adalah يا الله. Dalam kalam arab jika ada lafadz Allah bertindak sebagai munada kebanyakan berlakunya adalah membuang huruf nida' dan diganti dengan mim musyaddadah yang dibaca fathah, diucapkan الَلَّهُمَّ.
  • Sholli (صَلِّ) : Merupakan fiil amar dari fiil madhi sholla yusholli ( صلّى - يصلّى ) yang ikut wazan fa'ala yufa'ilu fa'il ketemulah fiil amar sholli (صَلِّ).
  • Ala sayyidina (عَلَى سَيِّدِنَا) : Ala  merupakan huruf jar, berlaku mengejarkan isim, sayyidina majrur dibaca jar dengan tanda sukun karena isim mufrad juga berlaku sebagai mudhof mempunyai mudhof ilaih berupa dhomir na. jadilah lafadz عَلَى سَيِّدِنَا
  • Muhammad (مُحَمَّدٍ) : Badal dari lafadz sayyidina, karena harus cocok dengan mubdal minhu (sayyidina) maka muhammad juga dibaca jar dengan alamat kasrah
  • Wa ala (وَعَلَى) : Wau huruf athof, Ala huruf jar berlaku mengejarkan isim.
  • Alihi (آلهِ) : Ali berlaku sebagai majrur dibaca jar dengan tanda kasrah karena dijarkan oleh 'ala huruf jar. Dhomir ha kembalinya kepada lafadz Muhammad.
  • Wasohbihi (وَصَحْبِهِ) :Wau huruf athof, lafadz صَحْبِهِ ikut kepada lafadz آلهِ maka dibaca jar dengan alamat kasrah karena isim mufrad dan dhomir ha kembalinya kepada lafadz Muhammad
  • Wasallim (وَسَلِّمْ) : Wau huruf athof, lafadz sallim merupakan fiil amar dari fiil madhi mudhari sallama yusallimu (سَلَّمَ - يُسَلِّمُ) ketemulah fiil amar sallim (سَلِّمْ). Ma'thuf kepada lafadz sholli.

Dari penjelasan diatas, dapat diketahui bahwa tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala alihi wasohbihi wasallim yang benar adalah :

الَلَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Waqi' Tasrif Sholli Tasrif Sallim
Mufrad mudzakar mukhatab صَلِّ سَلِّمْ
Tatsniyah mudzakar mukhatab صَلِّيَا سَلِّمَا
Jamak mudzakar mukhatab صَلُّوْا سَلِّمُوْا
Mufrad muannats mukhatabah صَلِّيْ سَلِّمِيْ
Tatsniyah muannats mukhatabah صَلِّيَا سَلِّمَا
Jamak muannats mukhatabah صَلِّيْنَ سَلِّمْنَ
tabel 1.1 tasrif sholli dan sallim

Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Alihi Wasohbihi Wasallim Artinya

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bacaan allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala alihi wasohbihi wasallim adalah bacaan sholawat untuk Nabi SAW, keluarga dan sahabatnya yang diucapkan ketika membaca doa atau pembukaan dalam sambutan.

Baca Juga : Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Muhammad Ya Robbi Sholli Alaihi Wasallim

Bahkan kami mendengar ada beberapa orang yang menambahkan lafadz wa ummatihi ajmain yang artinya dan ummat nabi semuanya. Hal ini dimaksudkan agar yang mendapatkan rahmat dan keselamatan bukan hanya Nabi SAW, keluarga dan sahabat melainkan juga terlimpahkan kepada umat islam semuanya.

Arti dari allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala alihi wasohbihi wasallim artinya yaitu Ya Allah semoga sholawat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarganya dan juga sahabatnya.

Agar lebih memudahkan memahami arti perkata allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala alihi wasohbihi wasallim, kami jabarkan dalam tabel.

Tulisan Arab Latin Artinya
الَلَّهُمَّ Allahumma Ya Allah
صَلِّ Sholli Berikanlah rahmat
عَلَى 'Ala Atas
سَيِّدِنَا Sayyidina Tuan kita
مُحَمَّد Muhammad Muhammad
وَعَلَى Wa ala dan atas
آلهِ Alihi Keluarga Nabi
وَصَحْبِهِ Wa sohbihi dan sahabat Nabi
وَسَلِّمْ Wasallim dan berikanlah keselamatan

tabeli 2.1 allahumma sholli ala muhammad allahumma sholli alaihi wasallim tulisan arab dan artinya

Demikian pembahasan kami megenai allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala alihi wasohbihi wasallim dalam bahasa arab berupa tulisan dan artinya, semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca yang budiman.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment