Lailahaillallah Al Malikul Haqqul Mubin Muhammadurrosulullah Shodiqul Wa'dil Amin

Lailaha illallah al malikul haqqul mubin merupakan sebuah dzikir yang mempunyai banyak manfaat jika terbiasa diamalkan sebanyak 100 kali dalam sehari.

Ada juga yang menambahkan muhammadur rasulullah shodiqul wa'dil amin sehingga berbunyi "lailaha illallah al malikul haqqul mubin muhammadurrosulullah shodiqul wa'dil amin".

Dalam kesempatan ini kami akan jelaskan lailaha illallah al malikul haqqul mubin muhammadurrosulullah shodiqul wa'dil amin arab dan artinya beserta keutamaan membacanya.

Table of Contents

Lailahaillallah Al Malikul Haqqul Mubin Muhammadurrosulullah Shodiqul Wa'dil Amin Arab

lailahaillallah al malikul haqqul mubin muhammadurrosulullah shodiqul wa'dil amin artinya
lailahaillallah al malikul haqqul mubin muhammadurrosulullah shodiqul wa'dil amin

Habib Utsman bin Yahya dalam karyanya "Kitab Sifat Dua Puluh" dengan bahasa Arab-Melayu menjelaskan : Lailaha illallah al malikul haqqul mubin muhammadurrosulullah shodiqul wa'dil amin merupakan kalimat yang tertera di pintu ka'bah.

Siapa yang membacanya akan mendapatkan pahala yang besar.

Adapun tulisan arab lailaha illallah al malikul haqqul mubin muhammadurrosulullah shodiqul wa'dil amin adalah sebagai berikut :

لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله اْلمَلِكُ اْلحَقُّ اْلمُبِيْنُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَادِقُ الْوَعْدِ الْأَمِيْن

Lailaha illallah al malikul haqqul mubin muhammadurrosulullah shodiqul wa'dil amin tulisan arab tanpa harakat yaitu :

 لاإله إلا الله الملك الحق المبين محمد رسول الله صادق الوعد الأمين

Adapun penjabaran cara menulis lailaha illallah al malikul haqqul mubin muhammadurrosulullah shodiqul wa'dil amin adalah sebagai berikut :

  • لاَ إِلَهَ : Laa beramal menashabkan isim dan merafa'kan khobar. Isimnya La berupa lafadz إِلَهَ hukumnya adalah mabni fathah.
  • إِلاَّ الله : Mustatsna bi illa jatuh setelah kalam tam nafi maka mustatsna dapat dibaca nashab dan dapat juga menjadi badal dari mustatsna minhu.
  • اْلمَلِكُ : naat kepada lafadz jalalah Allah dibaca rofa dengan tanda dhommah karena isim mufrad
  • اْلحَقُّ : naat kepada lafadz jalalah Allah dibaca rofa dengan tanda dhommah karena isim mufrad
  • اْلمُبِيْنُ : naat kepada lafadz jalalah Allah dibaca rofa dengan tanda dhommah karena isim mufrad
  • مُحَمَّدٌ : Mubtada, dibaca rofa' dengan tanda dhommah karena isim mufrad
  • رَسُوْلُ اللهِ : Rasul berlaku sebagai khobar, dibaca rofa dengan tanda dhommah karena isim mufrad dan juga berlaku sebagai mudhof yang mempunayi mudhof ilaih berupa lafadz jalalah Allah. اللهِ dibaca jar dengan tanda kasrah karena menjadi mudhof ilaih.
  • صَادِقُ الْوَعْدِ : naat mempunyai man'ut berupa lafadz rasulullah, dibaca rofa karena ikut i'rabnya lafadz rasulullah. Lafadz صَادِقُ berlaku juga sebagai mudhof mempunyai mudhof ilaih berupa lafadz الْوَعْدِ yang dibaca jar dengan tanda berupa kasrah.
  • الْأَمِيْن : naat mempunyai man'ut berupa lafadz rasulullah, dibaca rofa karena ikut i'rabnya lafadz rasulullah.

Alhasil, tulisan lailahaillallah al malikul haqqul mubin muhammadurrosulullah shodiqul wa'dil amin arab yang benar ialah لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله اْلمَلِكُ اْلحَقُّ اْلمُبِيْنُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَادِقُ الْوَعْدِ الْأَمِيْن.

Lailahaillallah Al Malikul Haqqul Mubin Muhammadurrosulullah Shodiqul Wa'dil Amin Artinya

La ilaha illallah al malikul haqqul mubin bukanlah sebuah doa melainkan bacaan dzikir.

Imam Ghazali dalam kitabnya Bidayatul Bidayah memasukkan la ilaha illallah al malikul haqqul mubin sebagai salah satu dari 10 wirid yang dianjurkan.

Adapaun manfaat zikir lailahaillallah al malikul haqqul mubin adalah jika dibaca 100x setiap hari dapat melapangkan rezeki baik lahir maupun batin.

Sedangakan lailaha illallah al malikul haqqul mubin muhammadurrosulullah shodiqul wa'dil amin merupakan kalimat yang tertera di pintu ka'bah.

Berikut ini adalah arti dari lailahaillallah al malikul haqqul mubin muhammadurrosulullah shodiqul wa'dil amin.

لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله اْلمَلِكُ اْلحَقُّ اْلمُبِيْنُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَادِقُ الْوَعْدِ الْأَمِيْن

Artinya : Tidak ada Tuhan yang berhak disembah dengan hak kecuali Allah yang Maha Merajai, Yang Maha Benar, yang Maha Nyata. nabi Muhammad adalah utusan Allah, yang benar janjinya yang bisa dipercaya.

Arti perkata lailahaillallah al malikul haqqul mubin muhammadurrosulullah shodiqul wa'dil amin.

Artikel Terkait :

La Ilaha Illallah Al Malikul Haqqul Mubin

Dzikir la ilaha illallahul malikul haqqul mubin dikenal sebagai amalan yang bisa mendatangkan rezeki. Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya dari mendawamkan dzikir tersebut.

Imam Al-Baghdadi dalam kitab hadits tarikh Baghdad meriwayatkan dari Imam Malik, Perawi Abu Nu'aim meriwayatkan dari sahabat Ali radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda :

من قال لاإله إلا الله الملك الحق المبين في كل يوم مائة مرة كان له أمانا من الفقر ويؤمن من وحشة القبر واستجلب به الغنى واستقرع به باب الجنة 

Barang siapa membaca La ilaha illallah al malikul haqqul mubin dalam sehari sebanyak 100x , maka bagi orang tersebut memperoleh jaminan aman dari kefakiran, diselamatkan dari dahsyatnya kubur dibukakan pintu kekayaan dan terbuka untuknya pintu-pintu surga.

(HR. Abu Nu'aim dalam Shifah al Jannah, Al Khatib Al Baghdadi dalam Tarikhnya).

Dari keterangan hadits diatas, berikut ini adalah keutamaan لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله اْلمَلِكُ اْلحَقُّ اْلمُبِيْنُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَادِقُ الْوَعْدِ الْأَمِيْن (lailahaillallah al malikul haqqul mubin muhammadurrosulullah shodiqul wa'dil amin).

  1. Memperoleh jaminan aman dari kefakiran (kemiskinan)
  2. Diselamatkan daeri dahsyatnya kubur
  3. Dibukakan pintu kekakyaan
  4. Pintu-pintu surga terbuka untuknya

Terdapat juga keterangan didalam kitab Hasyiyah I'anatut Thalibien, Syaikh Abu Bakar bin Sayid Syatho Dimyati menjelaskan :

وردت عن النبي صلى الله عليه وسلم في أحاديث صحيحة كثيرة, أمر بها بعض أصحابه لتوسعة الرزق, وقال بعض العارفين : وهي مجربة لبسط الرزق الظاهر والباطن , وهي هذه :لا إله إلاّ الله الملك الحق المبين كل يوم مئة مرة سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِه سُبْحَانَ اللهِ العَظِيْمِ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ كل يوم مئة مرة  واستحسن كثير من الأشياخ أن تكون بين سنة الصبح والفريضة فإن فاتت في ذالك فبعد صلاة الصبح وقبل طلوع الشمس, وإن فاتت في ذالك فعند الزوال. فلا ينبغي للعبد أن يخلي يومه عنها

Tersebut dalam banyak hadits shahih sebuah riwayat dimana Nabi Muhammad SAW memerintahkan sebagian sahabatnya untuk mengamalkan bacaan ini untuk melapangkan(meluaskan) rezeki. Sebagian orang-orang arif berkata : Amalan ini teruji dalam melapangkan rezeki lahir maupun batin. Bacann yang dimaksud ialah : "La ilaha illallahul malikul haqqul mubin" setiap hari 100x, "subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah" setiap hari 100x. Banyak dari para masyayikh menganggap baik melazimkan bacaan ini antara sholat sunnah subuh dan sholat fardhu subuh. Jika kesempatan itu terlewatkan, maka diamalkan setelah sholat subuh dan sebelum matahari terbit. Jika diwaktu tersebut terlewatkan juga maka bacalah setelah matahari tergelincir

Cara mengamalkan dzikir lailahaillallah al malikul haqqul mubin adalah dibaca 100x setiap hari.

Zikir lailahaillallah al malikul haqqul mubin dapat dibaca :

  • Setelah selesai sholat sunnah subuh sampai sebelum sholat fardhu subuh atau
  • Setelah selesai sholat subuh sampai sebelum matahari terbit atau
  • Setelah matahari tergelincir

Demikian penjelasan mengenai dzikir lailaha illallah al malikul haqqul mubin muhammadurrosulullah shodiqul wa'dil amin arab dan artinya beserta khasiat dan cara mengamalkannya. Semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment