Tulisan Arab Shollu Alan-Nabi Muhammad dan Artinya

Tulisan shollu 'alan nabi muhammad dalam bahasa arab adalah صلوا على النبي محمد. Sedangkan tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad yaitu اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد.

Dari segi tulisan saja berbeda, tentunya arti dari shollu 'alan nabi muhammad tidak sama dengan makna allahumma sholli 'ala sayyidina muhammad.

Perbedaan makna dari keduanya tentunya juga berdampak pada kapan saat yang tepat untuk mengucapkan shollu alan nabi muhammad dan juga allahumma sholli 'ala sayyidina muhammad.

Dalam kesempatan ini, kami akan membahas tentang tulisan arab shollu alan nabi muhammad tanpa harakat dan berharakat beserta artinya dan juga penulisan lafadz sayyidina yang bisa ditambahkan untuk sholawat.

Table of Contents

Tulisan Arab Shollu Alan-Nabi Muhammad

tulisan arab shollu alan Nabi muhammad dan artinya
tulisan arab shollu alan Nabi muhammad

Shollu alan nabi muhammad dalam tulisan arab dapat ditulis dalam 2 macam penulisan, yaitu arab berharakat dan arab gundul(tanpa harakat).

Baca Juga: Tulisan Arab Innalillahi wainnailaihirajiun 

Tulisan arab shollu 'alan nabi muhammad tanpa harakat adalah sebagai berikut :

صلوا على النبي محمد

Inilah tulisan bahasa arab shollu alan nabi muhammad berharakat :

صَلُّوْا عَلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ

Penulisan shollu 'alan nabi muhammad yang benar haruslah sesuai dengan qaidah bahasa arab, berikut adalah ulasannya :

  • Shollu (صَلُّوْا) - Merupakan fiil amar dari fiil madhi صَلَّى, jika ditasrif secara istilahi maka ketemulah fiil amar صَلِّ. Dari fiil amar صَلِّ yang mempunyai waqi' mufrod mudzakar mukhotob ditasrif lughowi ketemulah lafadz صَلُّوْا yang mempunyai waqi' jamak mudzakar muannats.
  • 'Alan Nabi (عَلَى النَّبِيِّ) - 'ala merupakan salah satu huruf jar yang mempunyai fungsi mengejarkan isim, sedangkan lafadz nabiyyi bertindak sebagai majrur (yang dijarkan) dengan tanda jar yaitu kasrah karena termasuk isim mufrod.
  • Muhammad (مُحَمَّدٍ) - Lafadz muhammad berlaku sebagai badal dari lafadz An-nabiyyi(النَّبِيِّ) dimana lafadz muhammad sudah memenuhi syarat menjadi badal karena sudah memenuhi 4 dari 10 perkara, dalam hal ini yaitu sama-sama mufrod, mudzakar, makrifat dan i'rabnya jar yaitu titandai dengan kasrah.

Dari penjelasan diatas, tulisan arab shollu alan nabi muhammad yang benar adalah صَلُّوْا عَلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ. Adapun tasrif lafadz shollu adalah sebagai berikut :

  • صَلِّ sholli
  • صَلِّيَا sholliya
  • صَلُّوْا shollu
  • صَلِّى shollii
  • صَلِّيَا sholliya
  • صَلِّيْنَا shollina

Hampir serupa dengan tulisan shollu alan-nabi muhammad yaitu tulisan allahumma sholli ala sayyidina muhammad. Penulisannya ada yang memakai sayyidina dan ada juga yang tanpa sayyidina.

Baca Juga : Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Alihi Wasohbihi Wasallim

Berikut tulisan arab sholawat nabi pakai sayyidina berharakat :

الَلَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Tulisan allahumma sholli ala sayyidina muhammad arab tanpa harakat adalah :

اللهم صل على سيدنا محمد

Tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad berharakat :

الَلَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Sedangkan tulisan allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad dalam bahasa arab tidak berharakat yaitu : اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد.

Tulisan arab sholawat nabi muhammad saw terbaik dan terindah adalah sholawat ibrahimiyah.

Baca Juga: Tulisan Bismillah Dalam Bahasa Arab

Shollu Alan-Nabi Muhammad Artinya

Shollu ala nabi muhammad biasa diucapkan oleh seorang pemimpin majlis maulid untuk memulai bacaan maulid atau mengakhiri (membubarkan) orang-orang setelah selesainya suatu acara.

Baca Juga: Fainna Ma'am Usri Yusro Inna Ma'am Usri Yusro Arab dan Artinya

Perhatikan arti dari shollu 'alan nabi muhammad dan allahumma sholli ala muhammad.

Shollu 'alan nabi muhammad (صَلُّوْا عَلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ) artinya pada bersholawatlah kalian semua atas Nabi Muhammad. Sedangkan allahumma sholli ala muhammad (اللهم صل على محمد) artinya Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad.

Lafadz shollu dan sholli keduanya sama-sama merupakan fiil amar,tetapi khitabnya berbeda. Shollu mempunyai khitab jamak mudzakar sedangkan sholli khitabnya mufrod mudzakar.

Shollu 'alan nabi muhammad diucapkan ketika terdapat banyak orang dalam majlis sholawat untuk mengajak mereka bersholawat. Ketika hanya ada 1 orang dan engkau ingin mengajaknya bersholawat serulah dengan صل على محمد yang artinya bersholawatlah kamu kepada nabi Muhammad.

Lafadz صل ketika didahului lafadz اللهم maknanya berbeda lagi karena اللهم adalah lafadz nida' (meminta kepada Allah) yang mengartikan kita meminta kepada Allah supaya memberikan kasih sayang.

Itulah perbedaan penggunaan lafadz shollu, sholli dan allahumma sholli. Adapun arti dari allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad yaitu Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarganya.

Baca Juga : Wala Taqrabu Zina Tulisan Arab dan Artinya

Tulisan Arab Latin Artinya
صَلُّوْا Shollu Bersholawatlah kalian semua
عَلَى 'Ala Atas
النَّبِيِّ An-nabi Nabi
مُحَمَّد Muhammad Muhammad
tabel 1.0 tulisan shollu 'alan nabi muhammad arab dan artinya

Demikian pembahasan mengenai tulisan arab shollu alan-nabi muhammad dan artinya, semoga memberikan banyak manfaat dan kegunaan untuk dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment