Sholawat Adzimiyah Abah Guru Sekumpul Arab, Latin serta Fadhilahnya

Sholawat adzimiyah adalah sebuah sholawat karya sayyid ahmad bin idris, pendiri thoriqot idrisiyah.

Jika di indonesia yang terkenal adalah sholawat adzimiyah abah guru sekumpul, bukan karena sholawat tersebut karya abah guru sekumpul, tetapi beliau pernah memberikan sebuah amalan berkaitan sholawat ini.

Pada Kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai bacaan sholawat adzimiyah latin, arab dan artinya beserta manfaat dan keutamaannya.

Mari cari tau lebih dalam.

Table of Contents

Sholawat Adzimiyah Abah Guru Sekumpul

sholawat adzimiyah latin
bacaan sholawat adzimiyah abah guru sekumpul

Pada suatu kesempatan, abah guru sekumpul menceritakan sebuah kisah tentang seseorang dari thoriqot ahmadiyah atau thoriqot idrisiyah meninggal di makkah mukarramah lalu dimakamkan di pemakaman ma'la.

Setelah selesai dimakamkan ada sesorang wali ahli kasyaf disamping kubur orang yang meninggal tersebut, maka ahli kasyaf ini melihat di dalam kuburnya (orang yang meninggal tadi) dia didatangi malaikat izroil yang membawa kasur lengkap dengan bantalnya, serta membawa beberapa lampu yang besar-besar, kemudian diluaskan kuburnya seluas mata memandang, kemudian malaikat izroil membentangkan tikar tersebut dan meletakkan lampu yang dia bawa.

Berkenaan dengan kejadian tersebut wali ahli kasyaf terbesit angan-angan di dalam hatinya "mudah-mudahan jika aku mati , aku diberi kemulian oleh Allah seperti orang ini ". Kemudian malaikat izroil menoleh kearah wali terserbut seraya berkata : "setiap orang yang masuk dan mengikuti thoriqot ahmadiyah idrisiyah akan diberi kemuliaan oleh Allah SWT berkat bacaan sholawat adzimiyah yang dinisbatkan kepada sayyid ahmad bin idris RA.

Denagn berkat sholawat yang sangat besar yang dinisbatkan kepada sayyid ahmad bin idris RA yang mana beliau adalah seorang sayyid atau habib keturunan sayyidina hasan RA.

Sayyid ahmad bin idris wiridnya langsung mengambil dari Rasulullah SAW, diantaranya Nabi SAW menyuruh sayyid Ahmad bin idris untuk membaca sholawat ini yang menyebabkan orang yang membacanya mendapat kemuliaan didalam kubur.

Inilah sholawat adzimiyah abah guru sekumpul

Bacaan Sholawat Adzimiyah Arab dan Latin

Inilah bacaan sholawat adzimiyah arab dan latin beserta artinya :

اللهمّ إنّى أسئلكَ بنورِ وجهِ اللهِ العظيمِ الذّي ملأَ اركانَ عرش الله العظيم وقامت بهِ عوالمُ اللهِ العظيمِ انْ تصلّي على مولانا محمّدٍ ذى القدر العظيمِ وعلى آل نبيّ الله العظيمِ بقدرِ عظمةِ ذاتِ الله العظيمِ فى كلّ لمحةٍ ونفسٍ عدد ما فى علم الله العظيمِ صلاةً دائمةً بدوامِ الله العظيمِ تعظيمًا لحقّكَ يا مولآنا يا محمّد يا ذا الخلقِ العظيمِ وسلّم عليهِ وعلى آلهِ مثلَ ذالكَ واجمعْ بينِيْ وبينَهُ كما جمعتَ بينَ الروحِ والنفسِ ظاهرا وباطنا يقظةً ومناما واجعلهُ يا ربِّ روحاً لذاتي من جميعِ الوجودِ في الدّنيا قبلَ الأخرةِ يا العظيمِ

Latin :

Allahumma inni asaluka binuri wajhillahil 'adzim alladzi malaa arkana 'arsyillahil 'adzim, waqamat bihi 'awalimullahil 'adhim. an tusholliya 'ala maulana muhammad dzil qadril 'adzim wa 'ala ali nabiyyillahil 'adzim, biqadri 'adzomati dzatillahil 'adzim fi kulli lamhatin wanafasin 'adadama fii ilmillahil 'adzim, sholaatan daimatan bidawamillahil 'adzim ta'dziman lihaqqika yaa maulana ya muhammadin ya dzal khuluqil 'adzim wasallim 'alaihi wa 'ala alihi mitsla dzalika wajma' baini wabainahu kama jama'ta bainar ruhi wannafsi dzahiran wabathinan yaqodhotan wamanaman waj'alhu ya rabbi ruhan lidzati min jamiil wujudi fid dunya qoblal akhiroh yal 'adzim.

Artinya :

Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepadamu dengan perantara cahaya kekuasaan Allah yang agung yang memenuhi tiang-tiang  arsy Allah yang agung dan sebabnya berdirilah alam-alam Allah yang agung. semoga sholawat terlimpahkan kepada tuan kita Muhammad yang mempunyai derajat yang agung. dan semoga tersampaikan juga kepada keluarganya (yang demikian itu). dengan ukuran keagungan Allah yang agung dalam setiap kedipan dan nafas sebanyak  apa yang termaktub dalam ilmu Allah yang agung.

(Alam-alam itu) bersholawat terus menerus (abadi) dengan keabadian Allah yang agung, untuk mengagungkan kedudukanmu wahai tuan kami wahai muhammad wahai yang memiliki akhlak yang agung. Dan semoga keselamatan teap atas Nabi Muhammad SAW dan keluarganya seperti (tersebut). Dan kumpulkanlah antara aku dengannya seperti halnya engkau mengumpulkan ruh dan nafas, secar lahir dan batin, dalam keadaan terjaga dan tidur. Wahai tuhanku, jadikanlah dia ruh untuk dzatku dari segala keadaan di dunia sebelum akhirat, wahai dzat yang agung.

Cara mengamalkan sholawat adzimiyah yaitu dibaca sekali setiap selesai sholat fardhu, kalau tidak membacanya, maka di qodho sesuai dengan jumlah yang ditinggal.

- Abah Guru Sekumpul

Rasulullah bersabda : sekali membaca sholawat ini kebaikannya lebih dari dunia dan isinya berkali-kali lipat

Sholawat yang jumlahnya sangat banyak terkumpul dalam satu sholawat ini.

- Abah Guru Sekumpul

Ijazah sholawat adzimiyah, sanad sholawat ini abah guru sekumpul, beliau mendapatkannya dari sayyid muhammad, beliau mengambil dari ayahnya sayyid alawi, sayyid alawi mengambil dari ayahnya sayyid abbas, dan sayyid abbas memperoleh dari sayyid ahmad bin idris, sayyid ahmad bin idris mendapatkan langsung dari Rasulullah SAW.

Fadhilah Sholawat Adzimiyah

Seperti yang sudah diterangakn diatas, sholawat ini karya wali yang terkenal, samudranya ilmu syariat, thariqoh dan haqikat yaitu sayyid ahmad bin idris yang memiliki thoriqoh idrisiyah satu cabang setengah dari cabangnya thoriqot syadziliyah.

Imam As-sayyid ahmad bin idris al hasaniy RA dilahirkan di maisur, sebuah perkampungan di daerah 'arayish, terletak di kota fez (maroko) pada bulan rajab tahun 1163 H, atau bertepatan dengan tahun 1749 M. Namun ada pula riwayat yang menyebutkan bahwa beliau lahir pada 1172 H atau 1757 M

Sholawat adzimah ini langsung diterima oleh sayyid ahmad bin idris dari rasulullah saw tanpa perantara, dan pada suatu kesempatan diterima lewat perantara nabiyullah khidir AS.

Sedangkan khasiat atau faidah dari sholawat ini sangat banyak sehingga tidak bisa dihitung, ringkasnya cukup kita mengerti sejarah dan asal-usul sholawat ini.

Fadhilah sholawat adzimiyah jika rutin mengamalkan antara lain:

  • Melihat Rasulullah SAW - Ahli hadits 2 kota suci makkah dan Madinah, Allahu yarham Sayyid Muhammad bin 'alawiy bin Abbas al-Maliki mengatakan : Siapa yang membaca sholawat adzimiyah 70 kali sebelum terbit fajar, maka ia akan melihat Rasulullah SAW.
  • Hajat dikabulkan lebih cepat - Para ulama' ahli asrar mengatakan : "Siapa saja yang membaca sholawat adzimiyah 92 kali, maka sholawat itu tak ubahnya bagaikan pedang yang tajam sehingga dengan cepat mengabulkan segala hajatnya secepat pedang tajam memutuskan leher binatang sembelihan.
  • Diluaskan Kubur - Dahulu habib abdullah bil faqih memerintahkan kepada murid-muird beliau membaca sholawat adzimiyah 12 x apabila ada orang yang meninggal dari sanak saudara atau orang lain, fadhilahnya dialam kubur sang mayyit akan diberi lentera yang tak terhitung jumlahnya, diberi tempat tidur yang tak terhitung jumlahnya dan dialam kubur akan diluaskan sejauh mata memandang.
Syekh ahmad farid al mazidi dalam salah satu kitabnya menjelaskan bahwa orang yang terbiasa membaca sholawat adzimiyah, maka akan berjumpa dengan rasulullah dalam keadaan nyata sebelum kematian mndatanginya.

Demikian ulasan mengenai sholawat adzimiyah abah guru sekumpul, sholawat adzimiyah arab dan latin serta fadhilahnya beserta cara mengamalkannya. semoga memberikan banyak manfaat untuk kita semua.

Santri Indonesia. Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment