Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Ali Sayyidina Muhammad

Tulisan shalawat nabi yang benar adalah allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad yang ditulis dalam bahasa arab اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد dengan memakai sayyidina.

Ada juga penulisan sholawat nabi arab tanpa memakai sayyidina, penulisannya dalam bahasa arab adalah sebagai berikut الَلَّهُمَّ صَلِّ عَلَى محمد وعلى آل محمد.

Kedua lafadz sholawat diatas adalah bacaan sholawat nabi dan keluarganya yang mudah dan sering diucapkan oleh kaum muslimin. Jika ingin bacaan sholawat nabi yang pendek ucapkanlah shollallah 'ala muhammad (صلى الله عَلَى محمد).

Baca Juga : Allahumma Sholli Ala Muhammad Ya Robbi Sholli Alaihi Wasallim

Dalam artikel ini kami akan bahas tulisan allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad arab dan artinya disertai arti perkata dan juga pembahasan mengenai penulisan berharakat dan tanpa harakat yang benar.

Table of Contents

Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Ali Sayyidina Muhammad

allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad dalam bahasa arab
tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad

Bacaan allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad merupakan sholawat yang sering kita baca dalam sholat baik fardhu maupun sunnah. Bacaan tersebut dibaca ketika tasyahud awal maupun akhir.

Baca Juga : Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Alihi Wasohbihi Wasallim

Dalam madzhab syafii membaca sholawat hukumnya adalah sunnah muakkad ketika tahiyat awal, sedangkan dalam tahiyat akhir membaca sholawat nabi hukumnya adalah wajib.

Tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad adalah sebagai berikut :

الَلَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آل سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad tanpa harakat penulisan arabnya sebagai berikut :

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد.

Penjabaran mengenai cara penulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad yang benar sebagai berikut ;
  • Allahumma (الَلَّهُمَّ) : Munada mufrad asalnya adalah يا الله. Dalam kalam arab jika ada lafadz Allah bertindak sebagai munada kebanyakan berlakunya adalah membuang huruf nida' dan diganti dengan mim musyaddadah yang dibaca fathah, diucapkan الَلَّهُمَّ.
  • Sholli (صَلِّ) : Merupakan fiil amar dari fiil madhi sholla yusholli ( صلّى - يصلّى ) yang ikut wazan fa'ala yufa'ilu fa'il ketemulah fiil amar sholli (صَلِّ).
  • Ala sayyidina (عَلَى سَيِّدِنَا) : Ala  merupakan huruf hjar, berlaku mengejarkan isim, sayyidina majrur dibaca jar dengan tanda sukun karena isim mufrad juga berlaku sebagai mudhof mempunyai mudhof ilaih berupa dhomir na. jadilah lafadz عَلَى سَيِّدِنَا
  • Muhammad (مُحَمَّدٍ) : Badal dari lafadz sayyidina, karena harus cocok dengan mubdal minhu (sayyidina) maka muhammad juga dibaca jar dengan alamat kasrah
  • Wa ala ali (وَعَلَى آل) : Wau huruf athof, Ali athof kepada sayyidina maka dibaca jar dengan tanda kasrah dan juga berlaku mudhof
  • Sayyidina (سَيِّدِنَا) : Mudhof ilaih dari lafadz آل, maka dibaca jar dengan alamat kasrah dan juga berlaku mudhof mempunyai mudhof ilaih berupa dhomir na.
  • Muhammad (مُحَمَّدٍ)Badal dari lafadz sayyidina, karena harus cocok dengan mubdal minhu (sayyidina) maka muhammad juga dibaca jar dengan alamat kasrah.

Tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad yang benar dalam dalam bahasa arab yaitu :

الَلَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آل سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Apakah sholawat nabi Pakai Sayyidina atau tidak? Orang-orang islam Indonesia jika membaca sholawat nabi kebanyakan memakai tambahan lafadz sayyidina. Hal yang demikian dikarenakan berpatokan kepada suatu kaidah :

مراعاة الآدب خير من إمتثال الأمر

Artinya : Menjaga tata kerama itu lebih baik dari pada menjalankan perintah.

Baca Juga : Allahumma Sholli Wasallim Wabarik Alaih

Pembacaan sholawat nabi tanpa sayyidina tidaklah mengapa dan tidak salah, begitu juga sebaliknya dengan menambahkan lafadz sayyidina sebelum mengucap nama Muhammad merupakan tata kerama (adab) untuk menghormati Nabi Muhammad yaitu dengan cara tidak menyebut namanya secara langsung melainkan dengan awalan tuan yaitu tuanku Muhammad. Bukankan yang demikan lebih pantas? Iya gak.

Jadi alangkah baiknya jika ada bacaan sholawat nabi pakailah lafadz sayyidina. Adapun tulisan arab sholawat nabi dan keluarganya tanpa sayyidina adalah sebagai berikut :

  1. Arab berharakat : الَلَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آل مُحَمَّدٍ
  2. Arab gundul (tanpa harakat) : اللهم صل على محمد وعلى آل محمد

Apakah bacaan sholawat yang kita ucapkan ketika sholat tersebut sudah benar? Untuk itu mari kita teliti tulisan arabnya secara mendalam.

Adapun tasrif lafadz sholli yang terdapat dalam sholawat Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut :

  • صَلِّ sholli
  • صَلِّيَا sholliya
  • صَلُّوْا shollu
  • صَلِّى shollii
  • صَلِّيَا sholliya
  • صَلِّيْنَا shollina

Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad arab adalah untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, sedangkan untuk mengajak orang lain bersholawat kepada nabi dapat menyeru dengan ucapan "shollu alan nabi Muhammad".

Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Ali Sayyidina Muhammad Artinya

Allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad dibaca ketika tasyahud dalam sholat. Untuk menambah kekhusyukan dalam sholat alangkah baiknya kita mengetahui maknanya.

Arti dari Allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad (الَلَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آل سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ) yaitu Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya.

Untuk lebih memahaminya, kami buatkan tabel tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad dan artinya perkata.

Tulisan Arab Latin Artinya
الَلَّهُمَّ Allahumma Ya Allah
صَلِّ Sholli Berikanlah rahmat
عَلَى 'Ala Atas
سَيِّدِنَا Sayyidina Tuan kita
مُحَمَّد Muhammad Muhammad
وَعَلَى Wa ala dan atas
آل Ali Keluarga
سَيِّدِنَا Sayyidina Junjungan kita
مُحَمَّد Muhammad Muhammad

Bacaan sholawat nabi mempunyai khasiat yang luar biasa salah satunya mendapatkan keutamaan di hari kiamat

قَال رسول الله صلّى الله عليه وسلّم : إنّ أولى الناس بى يوم القيامة أكثرهم علىّ صلاة. أخرجه الترمذى عن إبن مسعود

Artinya : Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya orang yang paling utama menurutku pada hari kiamat adalah orang yang paling banyak membaca sholawat kepadaku. Hadits diriwayatkan oleh Imam turmudzi dari Ibnu mas'ud.

Alhasil, apabila orang mengamalkan allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad 400x, 1000x dan lebih banyak lagi, dahsyatnya manfaat tersebut juga kelak akan dirasakan pada hari kiamat.

Demikian pembahasan mengenai tulisan arab allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad dan artinya. Semoga penjelasan ini dapat memberikan banyak manfaat untuk para pembaca dan memjadi amal sholeh. Aaamiin.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment