Panduan Tata Cara Sholat Ashar Lengkap Beserta Niatnya

Sholat ashar merupakan sholat wajib yang harus dikerjakan setiap hari. Waktunya yaitu mulai bayangan suatu benda ukurannya sama dengan benda tersebut lebih sedikit (tetapi bukan bayangan waktu istiwa).

Bagaimana tata cara pelakasanaan sholat ashar yang benar? Mulai dari jumlah rakaatnya, hal apa saja yang harus dilakukan sebelum memulai sholat dan bacaannya mulai dari niat sampai salam.

Disini kami akan jelaskan tatacara sholat asar lengkap, mulai dari :

  1. Bacaan niat sholat ashar
  2. Tata cara sholat ashar 4 rakaat baik sendiri maupun jamaah
  3. Tata cara sholat ashar diwaktu dzuhur
  4. Tata cara sholat ashar diwaktu maghrib

Untuk mempelajari semua itu, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Table of Contents

Apa Bacaan Niat Sholat Ashar

bacaan niat sholat ashar
bacaan niat sholat ashar

tata cara sholat 4 rakaat beserta gambarnya

Niat merupakan suatu hal yang dapat membedakan antara ibadah dan kebiasaan. Hampir disemua aspek ibadah niat termasuk rukun yang jika tidak dikerjakan ibadahnya dianggap tidak sah.

Adapun niat sholat sholat ashar dapat dikategorikan menjadi 3 kondisi :

  1. Niat sholat ashar sendiri - Bacaan niatnya adalah  أصلّى فرض العصر اربع ركعات مستقبل القبلة لله تعالى (Usholli fardhol ashri arba'a raka'atin mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala). Artinya : Saya niat sholat fardhu ashar 4 rakaat menghadap qiblat karena Allah Ta'ala.
  2. Niat sholat ashar menjadi makmum - Bacaan niatnya yaitu أصلّى فرض العصر اربع ركعات مستقبل القبلة مأموما لله تعالى (Usholli fardhol ashri arba'a raka'atin mustaqbilal qiblati makmuman lillahi ta'ala). Artinya : Saya niat sholat fardhu ashar 4 rakaat menghadap qiblat menjadi makmum  karena Allah Ta'ala.
  3. Niat sholat ashar menjadi imam - bacaan niatnya ialah أصلّى فرض العصر اربع ركعات مستقبل القبلة إماما لله تعالى (Usholli fardhol ashri arba'a raka'atin mustaqbilal qiblati imaman lillahi ta'ala). Artinya : Saya niat sholat fardhu ashar 4 rakaat menghadap qiblat menjadi imam karena Allah Ta'ala. 

Tata Cara Shalat Ashar

tata cara sholat ashar perempuan
tata cara sholat ashar

Sholat ashar merupakan sholat fardhu yang wajib dikerjakan bagi setiap muslim yang sudah akil baligh. Jumlah rakaat sholat ashar ada 4 rakaat. Waktu sholat ashar termasuk istimewa karena malaikat penjaga siang dan malam akan silih berganti turun ke bumi pada waktu ini.

Langkah awal sebelum mengerjakan sholat ashar yaitu seseorang harus memenuhi syarat sah sholat. Syarat sah sholat meliputi hal-hal yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan sholat. Jika salah satu dari beberapa syarat sah sholat tidak dipenuhi maka sholatnya tidak akan sah.

Sebelumnya kami sudah pernah menjelaskan didalam artikel yang berjudul "Syarat dan Rukun Sholat : Fardhu dan Sunnah".

Adapun tata cara sholat ashar dan bacaannya yang benar adalah sebagai berikut :

1. Membaca Niat Sholat Ashar

Setelah syarat sholat terpenuhi, untuk memulai sholat ashar yaitu diawali dengan niat yang dibaca didalam hati. Niat tempatnya berada dihati, pelaksanaannya dilakukan bersamaan dengan takbiratul ihram. Adapun melafadzkan niat sebelum memulai sholat hukumnya adalah sunnah untuk membantu hati menata niat.

Adapun bacaan niat sholat ashar yaitu :

أصلّى فرض العصر اربع ركعات مستقبل القبلة لله تعلى

(Usholli fardhol ashri arba'a raka'atin mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala).

2. Membaca Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram adalah bacaan takbir Allahu Akbar ketika akan memulai sholat dan termasuk rukun sholat. Mengangkat kedua tangan pada saat takbiratul ihram hukumnya adalah sunnah.

Inilah bacaan takbiratul ihram :

اللهُ أَكْبَر

(Allahu Akbar)

3. Melaksanakan Sholat Ashar Dalam Keadaan Berdiri

Sholat ashar merupakan sholat fardhu, dimana salah satu rukun sholat fardhu adalah berdiri bagi yang mampu. Maka bagi yang mampu berdiri sholat ashar harus dikerjakan dalam keadaan berdiri.

4. Membaca Doa Iftitah

Membaca doa iftitah hukumnya adalah sunnah, apabila tidak dikerjakan sholatnya tetap dianggap sah. Ada beberapa riwayat mengenai doa iftitah yaitu :

  1. Riwayat muslim : Wajjahtu wajhiya lilladzi fathoros samawatu....(ila akhirihi).
  2. Riwayat muttafaq alaih : Allahumma baid baini wabaina khotoyaya...(ila akhirihi).
  3. Riwayat muslim : Allahu akbar kabira walhamdu lillahi katsira...(ila akhirihi).

5. Membaca Taawwudz

Membaca taawudz didalam sholat hukumnya adalah sunnah. Taawudz dibaca sebelum membaca surat Al fatihan. Berikut adalah bacaan taawudz :

أَعُوْذُ بِاللهِ مِِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

(Audzubillahiminassyaithonirrajim)

6. Membaca Surat Al Fatihah

Membaca surat Al Fatihah didalam sholat hukumnya adalah wajib baik itu sholat sendiri, menjadi imam maupun menjadi makmum.

Inilah bacaan surat Al fatihah :

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ

7. Membaca Ayat Al Quran Setelah Fatihah

Membaca ayat Al Quran setelah bacaan surat fatihah hukumnya adalah sunnah. Surat yang dibaca saat sholat ashar sebaiknya adalah salah satu surat diantara amma yatasaalun sampai dengan surat Ad-duha. Jika tidak hafal dapat membaca surat apapun yang dihafal, misalnya surat Al Ikhlas.

8. Melakukan Rukuk

Rukuk adalah gerakan membungkuk membentuk sudut 90 derajat, dimana punggung sejajar dengan kepala dan kedua tangan diletakkan diatas kedua lutut. Rukuk harus dilakukan secara tumakninah.

Gerakan rukuk merupakan rukun sholat yang wajib dikerjakan. Ketika rukuk disunnahkan untuk membaca doa:

سبحَانَ رَبِّيَ العَظِيْمِ وبِحَمْدِهِ

(subhana rabbiyal adzimi wabihamdihi)

9. Melakukan I'tidal

I'tidal merupakan gerakan bangkit dari rukuk ke posisi berdiri kembali. I'tidal merupakan rukun shalat yang wajib dikerjakan dan harus disertai tumakninah. Inilah bacaan yang disunnahkan ketika i'tidal

رَبَّنَا لك الحمدُ مِلْءُ السموات و مِلْءُ الأرضِ ومِلْءُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ

(Rabbana lakal hamdu mil'us samawati wamil'ul ardhi wamil'u ma syi'ta min syaim ba'du).

10. Melakukan Sujud

Ketika melakukan sujud harus diperhatikan bahwa kedua telapak tangan, kedua lutut, kedua jari-jari kaki dan kening harus menempel ke bumi dan agak ditekan. Sujud harus dilakukan secara tumakninah dan juga keningnya harus terbuka.

Dalam satu rakaat sujud dilakukan sebanyak 2 kali, maka dalam sholat ashar 4 rakaat sujud dilakukan sebanyka 8 kali. Berikut adalah bacaan yang sunnah dibaca ketika sujud :

سبحَانَ رَبِّيَ الأَعْلَى وبِحَمْدِهِ

(Subhana rabbiyal a'la wabihamdihi).

11. Melaksanakan Duduk diantara 2 sujud

Duduk diantara 2 sujud dilakuakan dengan cara duduk iftirosy dan harus tumakninah. Inilah bacaan ketika duduk diantara 2 sujud :

ربِّ اغْفِرْ لِي وارْحَمْنِي واجْبُرْنِيْ وارْفَعْنِي واهدِنِيْ وعَافِنِيْ واعْفُ عَنَّيْ

(Rabbighfirli warhamni wajburni warfa'ni wahdini wa'afini wa'fu 'anni).

Setelah melakukan duduk diantara 2 sujud, maka orang yang sholat kembali melaksanakan sujud yang ke dua.

12. Berdiri Melaksanakan Rakaat Kedua

Setelah rakaat pertama terselesaikan, maka orang yang sholat kembali berdiri untuk melaksanakan rakaat kedua. Didalam rakaat kedua, hal-hal yang perlu dikerjakan adalah mulai dari poin 6 sampai poin 11 yaitu membaca surat Al Fatihah sampai sujud ke dua.

13. Melakukan Duduk Tasyahud Awal

Setelah selesai sujud ke dua dalam rakaat kedua, maka disunnahkan untuk duduk tasyahud awal. Duduk tasyahud awal dilakukan dengan cara duduk iftirosy.

Dalam Duduk tasyahud awal disunnahkan untuk membaca tasyahud dan sholawat. Inilah bacaannya :

التَّحِيَّاتُ المُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَ عَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْن أَشْهَدُ أَنْ لآإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

(Attahiyatul mubarakatus sholawatut thaiyyibatu lillah assalamu 'alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullahi wabarakatuh assalamu 'alaina wa 'ala ibadilahis sholihin. Asyhadu an laa ila ha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammad).

14. Berdiri Melaksanakan Rakaat Ketiga

Setelah rakaat kedua terselesaikan, maka orang yang sholat kembali berdiri untuk melaksanakan rakaat ketiga. Dalam rakaat ketiga yang dibaca adalah surat Al Fatihah, melaksanakan rukuk i'tidal sujud dan duduk antara 2 sujud. Jadi dalam rakaat ketika tidak disunnahkan membaca surat setelah fatihah.

15. Melaksanakan Rakaat Keempat

Setelah selesai rakaat ketiga, orang yang sholat ashar harus melakasanakan rakaat keempat karena shalat ashar ada 4 rakaat. Dalam rakaat keempat membaca surat Al FAtihah, melakasanakan rukuk i'yidal sujud dan duduk diantara 2 sujud.

16. Melakukan Duduk Tasyahud Akhir

Setelah melaksanakan rakaat keempat sampai dengan sujud kedua, kemudian orang yang sholat ashar duduk tawaruk untuk melakukan tasyahud akhir. Duduk tasyahud akhir hukumnya adalah wajib begitu juga membaca tasyahud akhir dan sholawat nabi.

Berikut adalah bacaan tasyahud akhir dan sholawat :

التَّحِيَّاتُ المُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَ عَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْن أَشْهَدُ أَنْ لآإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ و بَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

(Attahiyatul mubarakatus sholawatut thaiyyibatu lillah assalamu 'alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullahi wabarakatuh assalamu 'alaina wa 'ala ibadilahis sholihin. Asyhadu an laa ila ha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammad wa 'ala sayyidina muhammad kama shollaita 'ala sayyidina ibrahim wa 'ala ali sayyidina ibrahim wabarik 'ala sayyidina muhammad wa 'ala ali sayyidina muhammad kama barakta 'ala sayyidian ibrahim wa 'ala ali sayyidina ibrahim fil 'alamina innaka hamidum majid).

17. Membaca Salam

Membaca salam yang pertama hukumnya adalah wajib sedangkan salam kedua hukumnya adalah sunnah. Inilah lafadz salam :

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

(Assalamu alaikum warahmatullah)

Lafadz salam dalam sholat hanya sampai warahmatullah jangan ditambahi wabarakatuh.

Panduan tata cara sholat ashar 4 rakaat diatas dapat dipraktikkan untuk orang yang akan mengerjakan sholat ashar sendiri laki-laki maupun perempuan.

Untuk sholat ashar berjamaah tata cara sholatnya juga sama tetapi jika menjadi makmum gerakannya harus mengikuti gerakan imam. 

Misalnya, makmum mengikuti imam pada rakaat kedua maka rakaat tersebut adalah rakaat pertama untuk makmum tetapi gerakannya harus sama mengikuti imam dan diakhir sholat makmum harus menambah 1 rakaat sebagai kekurangannya dimana ia baru melaksanakan 3 rakaat.

Tata Cara Sholat Ashar di Waktu Dzuhur

tata cara sholat ashar digabung dzuhur
tata cara sholat ashar diwaktu maghrib

Sholat ashar yang dikerjakan diwaktu dzuhur dinamakan sholat jamak taqdim, sebaliknya jika sholat dzuhur yang dikerjakan diwaktu ashar dianamakan sholat jamak ta'khir.

Pelaksanakan sholat jamak ashar digabung dengan dzuhur haruslah memenuhi syarat sholat jamak. Niat sholat ashar yang dilakukan diwaktu dzuhur adalah

أصلّى فرض الظهر أربع ركعات مجموعا بالعصر جمع تقديم لله تعالى

Latin : Usholli fardhod dzuhri arba'a rakaatin majmu'an bil ashri jam'a taqdimin lillahi ta'ala.

Adapun tata cara sholat ashar digabung dzuhur diwaktu dzuhur adalah :

  1. Diawali dengan melakukan sholat dzuhur terlebih dahulu
  2. Didalam melaksanakan sholat dzuhur diniati menjamak sholat dengan sholat ashar. Niat jamak tidak harus ketika takbiratul ihram.
  3. Melaksanakan sholat dzuhur seperti biasanya yaitu 4 rakaat
  4. Setelah salam kemudian berdiri lagi untuk melaksanakan sholat ashar
  5. Takbiratul ihram untuk sholat ashar
  6. Ketika takbiratul ihram masih dalam keadaan udzur (bepergian)
  7. Melaksanakan shiolat ashar seperti biasanya, yaitu 4 rakaat
  8. Salam

Adapaun tata cara sholat ashar jamak takhir dengan zhuhur ialah :

  1. Ketika masih waktu dzuhur niat untuk menjamak sholat dzuhur dan ashar atau niat mengakhirkan sholat dzuhur diwaktu ashar
  2. Ketika sudah waktu ashar, boleh melaksanakan sholat asar terlebih dahulu atau sholat dzuhur dahulu tidak ada ketentuan(misalnya, melaksanakan sholat ashar dahulu kerjakanlah sholat ashar 4 rakaat seperti biasanya).
  3. Setelah salam kemudian berdiri lagi untuk melaksanakan sholat dzuhur
  4. Takbiratul ihram untuk melaksanakan sholat dzuhur
  5. Melaksanakan sholat dzuhur seperti biasanya yaitu 4 rakaat
  6. Diakhiri dengan salam yang masih keadaan udzur(bepergian yang diperbolehkan dan memenuhi syarat).

Niat sholat ashar jamak takhir dengan zhuhur dilakukan diwaktu ashar adalah ;

أصلّى فرض العصر أربع ركعات مجموعا بالظهر جمع تأخير لله تعالى

Latin : Usholli fardhol ashri arba'a rakaatin majmu'an bid dzuhri jam'a taqdimin qosron lillahi ta'ala.

Tata Cara Sholat Ashar di Waktu Maghrib

tata cara sholat ashar digabung maghrib
tata cara sholat ashar diwaktu maghrib

Salah satu syarat sahnya sholat ashar adalah yakin sudah memasuki waktu ashar. Waktu ashar mulai dari bayangan suatu benda ukurannya sama dengan benda tersebut lebih sedikit (tetapi bukan bayangan waktu istiwa) dan berakhir dengan terbenamnya matahari yang menandakan masuknya waktu maghrib.

Sholat ashar yang dilakukan diwaktu maghrib dinamakan sholat qodho, karena tidak ada tata cara sholat ashar yang digabung dengan maghrib. Yang ada adalah sholat jamak maghrib dan isyak atau jamak ashar dan dzuhur.

Beberapa alasan yang menyebabkan seseorang melakukan sholat ashar diwaktu maghrib diantaranya :

  1. Tidur sampai habis waktu ashar
  2. Lupa
  3. Melalaikan sholat sehingga waktu ashar habis

Adapun tata cara sholat ashar ke maghrib sama dengan tata cara sholat ashar pada umumnya, hanya saja niatnya berbeda.

Inilah bacaan niat tata cara sholat ashar yang dikerjakan diwaktu maghrib :

أصلّى فرض العصر اربع ركعات مستقبل القبلة قَضَاءً لله تعلى 

(Usholli fardhol ashri arba'a raka'atin mustaqbilal qiblati qadhoan lillahi ta'ala).

Artinya : Saya niat sholat fardhu ashar 4 rakaat menghadap qiblat qadha karena Allah Ta'ala.

Kesimpulan

Niat dan tata cara sholat ashar 4 rakaat adalah sebagai berikut :

1. Niat sholat ashar sendiri 4 rakaat : أصلّى فرض العصر اربع ركعات مستقبل القبلة لله تعالى (Usholli fardhol ashri arba'a raka'atin mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala).

2. Niat sholat ashar menjadi imam 4 rakaat أصلّى فرض العصر اربع ركعات مستقبل القبلة مأموما لله تعالى (Usholli fardhol ashri arba'a raka'atin mustaqbilal qiblati makmuman lillahi ta'ala).

3. Niat shalat ashar menjadi makmum 4 rakaat أصلّى فرض العصر اربع ركعات مستقبل القبلة إماما لله تعالى (Usholli fardhol ashri arba'a raka'atin mustaqbilal qiblati imaman lillahi ta'ala).

Tata cara sholat ashar 4 rakaat adalah ;

  1. Memenuhi syarat sah sholat
  2. Niat sholat ashar
  3. Takbiratul ihram
  4. Berdiri bagi yang mampu
  5. Membaca doa iftitah
  6. Membaca taawudz
  7. membaca surat Al fatihah
  8. Membaca Ayat Al Quran
  9. Rukuk tumakninah
  10. I'tidal tumakninah
  11. Sujud tumakninah
  12. Duduk antara 2 sujud tumakninah
  13. Melakukan rakaat kedua
  14. Tasyahud awal beserta membaca tasyahud awal dan sholawat
  15. Melakukan rakaat ketiga
  16. Melaksanakan rakaat keempat
  17. Duduk tasyahud akhir sekaligus membaca tasyahud akhir dan sholawat
  18. Mengucapkan salam

Niat sholat ashar dikerjakan diwaktu dzuhur jamak takdim adalah 

أصلّى فرض الظهر أربع ركعات مجموعا بالعصر جمع تقديم لله تعالى

Latin : Usholli fardhod dzuhri arba'a rakaatin majmu'an bil ashri jam'a taqdimin lillahi ta'ala.

Niat sholat ashar dikerjakan diwaktu maghrib sholat qodho adalah

أصلّى فرض العصر اربع ركعات مستقبل القبلة قَضَاءً لله تعلى 

(Usholli fardhol ashri arba'a raka'atin mustaqbilal qiblati qadhoan lillahi ta'ala).

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment