Asyhadualla Ilahaillallah Waasyhadu Anna Muhammadar Rasulullah Arab dan Artinya

Ashadualla Ilahailallah wa asyhadu anna muhammadarrasulullah merupakan bacaan 2 kalimat syahadat yaitu syahadat tauhid dan syahadat rasul.

Pembacaan 2 kalimat syahadat biasanya dilakukan oleh seseorang yang akan memeluk agama islam, bahkan dalam islam 2 kalimat syahadat merupakan salah satu rukun sholat yang wajib dikerjakan.

Dalam kesempatan ini kami akan membehas tulisan arab Ashadualla Ilahaillallah wa asyhadu anna muhammadarrasulullah dan artinya beserta jawabannya ketika mendengarkan saat adzan.

Table of Contents

Ashadualla Ilahaillallah Wa Asyhadu Anna Muhammadarrasulullah Tulisan Arab

asyhadualla ilahailallah waasyhadu anna muhammadarrasulullah arab dan artinya
asyhadualla ilahailallah waasyhadu anna muhammadarrasulullah

Syahadat ada 2 yaitu syahadat tauhid dan syahadat rasul. Dalam bahasa arab ke-2 syahadat tersebut dinamakan dengan syahadatain( 2 kalimat syahadat).

Bunyi syahadat tauhid yaitu asyhadualla ilaha illallah sedangkan bunyi dari syahadat rasul ialah waasyhadu anna muhammadarrasulullah.

Berikut ini adalah tulisan arab asyhadualla ilaha illallah waasyhadu anna muhammadarrasulullah :

أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهَ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Tulisan asyhadualla ilaha illallah waasyhadu anna muhammadarrasulullah arab tanpa harakat (gundul) adalah sebagai berikut :

أشهد أن لآ إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله

Penjabaran cara penulisan 2 kalimat syahadat asyhadualla ilaha illallah waasyhadu anna muhammadarrasulullah yang benar adalah sebagai berikut :

  • Asyhadu (أَشْهَدُ) : Fiil mudhari tsulatsi mujarrad ikut wazan fa'ola yaf'alu, waqi'nya adalah mutakallim wahdah.
  • Allailaha (أَنْ لآ إِلَهَ) : An(أَنْ) merupakan amil nawashib dalam hal ini isimnya أَنْ berupa dhomir sy'an karena أَنْ berlaku mukhaffafah sedangkan khobarnya berupa jumlah yaitu لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهَ. Laa(لآ) beramal menashabkan isim dan merafa'kan khobar. Isimnya La berupa lafadz إِلَهَ hukumnya adalah mabni fathah.
  • Illallah (إِلاَّ اللهَ) : Mustatsna bi illa jatuh setelah kalam tam nafi maka mustatsna dapat dibaca nashab dan dapat juga menjadi badal dari mustatsna minhu
  • Wa Asyhadu (وَأَشْهَدُ) : Wau merupakan huruf athof, asyhadu adalah fiil mudhari tsulatsi mujarrad ikut wazan fa'ola yaf'alu, waqi'nya adalah mutakallim wahdah.
  • Anna muhammadan (أَنَّ مُحَمَّدًا) : Anna(أَنَّ) beramal menashobkan isim dan merofa'kan khobar. Isimnya anna yaitu lafadz مُحَمَّدًا, dibaca nashab dengan tanda fathah karena merupakan isim mufrad.
  • Rasulullah (رَسُوْلُ اللهِ) : Khobarnya anna(أَنَّ) yaitu lafadz رَسُوْلُ dibaca rofa dengan tanda dhommah karena merupakan isim mufrad dan sekaligus menjadi mudhof mempunyai mudhof ilaih lafadz jalalah Allah(الله).

Ashadualla Ilahaillallah Wa Asyhadu Anna Muhammadarrasulullah Artinya

2 kalimat syahadat merupakan rukun islam yang pertama maka wajib untuk mengerti dan meyakini maknanya bagi setiap muslim.

Syahadat yang pertama dinamakan syahadat tauhid bunyi lafadznya ialah أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهَ (Ashadualla ilaha illallah) .

Syahadat yang kedua dinamakan syahadat rasul (Syahadat mengakui kerasulan Nabi Muhammad) bunyinya وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ (wa asyhadu anna muhammadarrasulullah).

Bunyi bacaan syahadat yang benar adalah أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهَ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Latin : Ashadualla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadarrasulullah.

Artinya : Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah dengan hak itu maujud kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Dilansir dari NU Online, makna dari syahadat yang pertama ialah saya mengerti, mempercayai dalam hati, menerima kepercayaan itu serta mengabarkan kepada orang lain bahwa tiada sesembahan yang sebenar-benarnya kecuali Allah. Dia Dzat yang tidak butuh apapun, namun dibutuhkan oleh apapun dan siapapun. Dia bersifat dengan segala kesempuranaan dan suci dari segala kekurangan apapun yang terlintas dalam pikiran manusia. Dia tidak beristri dan berputra, serta tidak menyerupai apapun dalam Dzat-Nya, sifat-Nya dan perbuatan-Nya.

Sedangkan syahadat kedua bermakna saya mengerti, mempercayai dalam hati, menerima kepercayaan itu dan memberitahukan kepada orang lain bahwa Muhammad adalah utusan Allah kepada seluruh makhluk, benar dalam setiap hal yang disampaikan, wajib bagi semua makhluk untuk membenarkan dan mengikutinya serta haram bagi mereka mendustakan dan menyalahinya.

Untuk lebih memahami arti Ashadualla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadarrasulullah perkata, kami ringkaskan dalam bentuk tabel.

Tulisan Arab Latin Artinya
أَشْهَدُ Asyhadu Saya bersaksi
أَنِ An Sesungguhnya
لآ إِلَهَ La ilaha Tidak ada tuhan yang berhak disembah
إِلاَّ اللهَ Illallah Kecuali Allah
وَأَشْهَدُ Wa asyhadu Dan saya bersaksi
أَنَّ مُحَمَّدًا Anna Muhammad Sesungguhnya Nabi Muhammad
رَسُوْلُ اللهِ Rasulullah Utusan Allah

Doa Ketika Adzan Asyhadu Anna Muhammadarrasulullah

Dua kalimat syahadat diucapkan ketika ada seseorang memeluk agama islam. Syahadat ketika hendak masuk islam jarus dibaca dengan urut, berkesinambungan, emnggunakan bahasa arab dengan mengetahui maknanya serta memakai lafadz أَشْهَدُ tidak cukup hanya diucapkan لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهَ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ

Perbuatan yang paling utama sesudah mengucap dua kalimat syahadat adalah menunaikan rukun islam yang lainnya, meliputi :

  • Mendirikan sholat
  • Menunaikan zakat
  • Puasa bulan ramadhan
  • Haji ke Baitullah bagi yang mampu

Sebagai seorang muslim, lafadz syahadat selalu dibaca sebanyak 5 kali dalam sehari semalam yaitu pada saat melaksanakan sholat fardhu.

Didalam melaksanakan sholat, membaca syahadat hukumnya adalah wajib dibaca pada saat duduk tahiyat akhir setelah bacaan tahiyat akhir yaitu التَّحِيَّاتُ المُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَ عَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْن.

Setelah itu membaca syahadat أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهَ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ, lalu dilanjutkan dengan bacaan sholawat الَلَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ dan diakhiri dengan salam.

Selain dibaca pada saat melaksanakan sholawat, bacaan syahadat juga dibaca pada saat adzan dan iqamah.

Inilah bacaan adzan yang terdapat lafadz syahadat :

أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهَ (2 kali)

أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ (2 kali)

Doa ketika mendengar adzan asyhadualla ilaha illallah atau asyhadu anna muhammadarrasulullah adalah orang yang mendengar membaca kalimat serupa apa yang dikumandangkan muadzin.

Didalam kitab Al Adzkar Nawawi dijelaskan :

Imam Bukhari dan Muslim telah meriwayatkan sebuah hadits yang bersumber dari Abu Sa'id Al Khudri RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda :

إذا سمعتم النداء فقولوا مثل ما يقول المؤذن

 Artinya : Apabila kalian mendengar seruan(untuk mengerjakan sholat) maka sahutlah (kalimat demi kalimat) sebagaimana yang dikumandangkan oleh muadzin. 

Demikain pembahasan mengenai arti dari asyhadualla ilahailallah waasyhadu anna muhammadarrasulullah tulisan arab dan jawabannya ketika didengar pada saat adzan.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment