Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh Arab Tulisan dan Artinya

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh dengan tulisan arab وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ adalah jawaban salam ketika ada seorang muslim memberikan salam kepada sesama muslim.

Menjawab salam hukumnya adalah wajib, berbeda dengan menucapkan salam yang hukumnya sunnah.

Dalam artikel ini kami akan membahas bagaimana cara membalas salam yang benar dan lebih baik dalam islam, beserta kami tulisakan waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh arab dan artinya agar mudah dimengerti dan dipahami.

Table of Contents

Tulisan Arab Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh tulisan arab dan artinya
waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh tulisan arab dan artinya

Bunyi kalimat salam yang paling pendek ialah assalamu alaikum(السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ) dan jawabannya adalah waalaikum salam.

Lafadz wassalamualaikum dengan waalaikumsalam itu berbeda. Untuk mengetahui perbedaannya mari kita ketahui dulu bagaimana tulisan arabnya.

Tulisan arab wassalamualaikum yang benar adalah وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ sedangkan cara menulis arab waalaikumsalam ialah وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ.

Kenapa waalaikumussalam bukan waalaikumsalam? Karena ketika mengucap salam memakai kata "assalam(السَّلاَمُ)" yang merupakan isim makrifat dengan dengan tanda adanya "al". maka ketika menjawab salam juga harus berupa isim makrifat.

Tulisan arab waalaikumsalam yang benar ialah وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ.

Perbedaan wassaalamualaikum dan waalaikumsalam :

  1. Tulisan keduanya berbeda
  2. Wassaalamualaikum digunakan untuk mengucapkan salam sedangkan waalaikumsalam untuk menjawab salam
  3. Wassaalamualaikum mempunyai arti semoga keselamatan terlimpahkan untuk kalian semua sedangkan waalaikumsalam artinya semoga keselamatan juga terlimpahlan untuk kalian semua.

Cara menulis jawaban salam dalam bahasa arab adalah sebagai berikut :

1. Waalaikum salam

  • Arab berharakat : وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ 
  • Arab tanpa harakat : وعليكم السلام

2. Waalaikum salam warahmatullah

  • Arab berharakat : وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ
  • Arab tanpa harakat (gundul) : وعليكم السلام ورحمة الله

3. Waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh

  • Arab berharakat : وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
  • Arab gundul (tanpa harakat) : وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Penjabaran mengenai cara menulis arab waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh dalam bahasa arab adalah sebagai berikut :

  • Waalaikum (وَعَلَيْكُمْ) : Khobar muqaddam, ala merupaka huruf jar yang mengejarkan isim, dhomir kum merupakan dhomir muttasil mahal jar berlaku sebagai majrur.
  • Assalam (السَّلاَمُ) : Mubtada' muakhor. Bibaca rofa dengan tanda dhomah.karena termasuk isim mufrad.
  • Warahmatullahi (وَرَحْمَةُ اللهِ) : Wau merupkan huruf athof. Rahmatullahi berkedudukan sebagai mubtada. Lafadz rahmah berlaku sebagai mudhof dan lafadz jalalah Allah berlaku sebagai mudhaf ilaih.
  • Wabarakatuh (وَبَرَكَاتُهُ) : Wau merupkan huruf athof. Barakatuh berkedudukan sebagai mubtada. Lafadz barakatu berlaku sebagai mudhof dan dhomir ha merupakan dhomir muttasil mahal jar karena berlaku sebagai mudhof ilaih.

Dari penjelasan diatas, tulisan arab waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh yang benar adalah  وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.

Sebagian orang Indonesia suka menyingkat kata-kata yang panjang menjadi pendek, seperti halnya waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh disingkat menjadi waalaikumsalam wr wb.

Baca Juga : Bismillah Dalam Bahasa Arab

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh Arab 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh digunakan umat islam untuk menebarkan salam kepada saudaranya sesama muslim. Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh adalah jawaban dari salam tersebut.

Syaikh Nawawi Al bantani dalam kitab tafsirnya Marah Labid atau biasa dikenal dengan Tafsir Munir menjelaskan bahawa apabila kalian di beri salam oleh seseorang maka balaslah orang yang beruluk salam itu dengan balasan salam yang lebih baik darinya, atau balaslah salam tersebut dengan salam yang sepadan.

Bagaimana membalas salam dengan yang lebih baik, secara teknis syaikh Nawawi Banten telah merincinya sebagai berikut :

  1. Bila seseorang disalami dengan kalimat assalamu alaiku (السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ) hendaklah dijawab dengan kalimat wa alaikum salam warahmatullah (وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ).
  2. Bila yang beruluk salam mengucapakan assalamu alaikum warahmatullah (السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ) maka hendaknya dijawab dengan kalimat wa alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh (وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ).
  3. Bila pemberi salam mengucapkan secara penuh assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh (السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ) maka jawabannya sama dengan salam tersebut yaitu waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh (وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ). Jawaban seperti ini adalah jawaban yang paling mentok dalam membalas ucapan salam seseorang, karena demikianlah salam yang dibaca didalam bacaan tasyahud.

Penjelasan Syaikh Nawawi Banten diatas adalah penjabaran tentang surat An Nisak ayat 8 :

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

Artinya : Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan (salam), balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya atau balaslah dengan yang sepadan. Sesungguhnya Allah Maha Memperhitungkan segala sesuatu.

Lebih lanjut Syaikh Nawawi menjelaskan bahwa hukum menjawab salam adalah wajib. Jika salam ditunjukkan kepada kelompok orang maka hukum menjawabnya adalah wajib kifayah yaitu apabila ada sebagian orang (1 cukup) yang menjawab maka gugurlah kewajiban menjawab bagi lainnya.

Lalu, bagaimana jika yang memberikan salam orang non muslim? Jika non muslim memberikan salam kepada kita maka cukup dengan menjawab wa alaika (وَعَلَيْك) atau wa alaikum (وعليكم).

Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari Nabi SAW bersabda :

إذا سلّم  عليكم أهل الكتاب فقولوا وعليكم

Artinya : Ketika ahli kitab memberi salam kepada kalian semua, maka ucapkanlah "wa alaikum".

Syaikh Nawawi Banten dalam Tafsir Al-Munir mengutip Hadits Rasulullah SAW :

لا تبدأ اليهودي بالسلام وإذا بدأك فقل وعليك

Artinya : Janganlah kau awali orang yahudi dengan salam, dan ketika ia mengawalimu salam maka ucapkanlah "wa alaika" 

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh Apa Artinya?

Cara menjawab salam yang benar menurut islam adalah membalas salam yang serupa misalnya teman kamu mengucap salam assalamualaikum kamu cukup menjawabnya waalaikum salam.

Tetapi lebih baiknya menjawab salam dengan tambahan :

  1. Jika assalamu alaikum dijawab waalaikum salam warahmatullah
  2. Jika assalamu alaikum warahmatullah dijawab waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
  3. Jika assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dijawab waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.

Adapun arti dari waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh dengan tulisan arab وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته artinya semoga keselamatan, rahmat Allah dan keberkahan juga terlimpahkan atas kalian semua.

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, berikut kami tuliskan arti perkata waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

Tulisan Arab Latin Artinya
وَعَلَيْكُمْ Waalaikum dan juga atas kalian semua
السَّلاَمُ Assalam Keselamatan
وَرَحْمَةُ اللهِ Warahmatullahi dan rahmat Allah
وَبَرَكَاتُهُ Wabarakatuh dan keberkahan Allah

Kalau orang bilang Wassalam kita kita tak perlu menjawab karena salam tersebut tidak ada yang dituju. Wassalam artinya keselamatan. 

Berbeda dengan ucapan wassalamu alaika atau wassalamu alaikum dimana salam tersebut terdapat lafadz alaika yang artinya atas kamu atau alaikum yang artinya atas kalian semua, yang menandakan salam tersebut tertuju pada orang lain dan wajib dijawab.

Demikain pembahasan kami mengenai waalaikumsalam warahmatullahi wabatrakatuh tulisan arab dan artinya, semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment