Tulisan Arab Allahumma Sholli Wasallim Wabarik Alaih Artinya dan Jawaban

Allahumma sholli wa sallim wa barik alaih adalah bacaan sholawat nabi untuk menjawab sholawat yang sebelumnya didengar atau diserukan oleh orang lain kepadanya.

Bacaan sholawat yang sering didengar seperti sholawat nabi pendek yaitu Allahumma sholli 'ala muhammad. Bacaan sholawat yang sering diseru orang lain seperti shollu alan nabi muhammad.

Ketika mendengar nama Nabi Muhammad SAW dibacakan, hendaklah kita membaca sholawat kepadanya. jawaban sholawat nabi yang pendek adalah Allahumma sholli alaih atau shollallahu alaih.

Untuk jawaban sholawat nabi yang panjang bisa dengan lafadz allahumma sholli wasallim wa barik alaih yang artinya semoga Allah memberikan rahmat, keselamatan dan keberkahan atas nabi Muhammad SAW.

Bagaimana tulisan arab allahumma sholli wasallim wabarik alaih yang benar dan apakah artinya? mari kita simak penjelasan berikut ini.

Table of Contents

Tulisan Arab Allahumma Sholli Wasallim Wabarik Alaih

allahumma sholli wasallim wabarik alaih arab dan artinya
allahumma sholli wasallim wabarik alaih

Bacaan allahumma sholli wa sallim wabarik alaih sering diucapkan dalam pembacaan maulid diba. Ketika satu bacaan dari maulid diba, misalnya bacaan "laqod jaakum" selesai dibacakan, maka para jamaah akan membaca sholawat tersebut.

Baca Juga : Bagaimana tulisan arabnya Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad?

Penulisan sholawat allahumma sholli wasallim wabarik alaih yang benar yaitu :

  • Allahumma - Munada mufrad asalnya adalah ya Allah (يا الله). Dalam kalam arab jika ada lafadz Allah bertindak sebagai munada kebanyakan berlakunya adalah membuang huruf nida' dan diganti dengan mim musyaddadah yang dibaca fathah, diucapkan الَلَّهُمَّ.
  • Sholli - Merupakan fiil amar dari fiil madhi mudhari sholla yusholli (صلّى - يصلّى) yang ikut wazan fa'ala yufa'ilu fa'il ketemulah fiil amar sholli (صَلِّ).
  • Wasallim - Wau merupakan huruf athof dimana lafadz sallim athof kepada lafadz sholli. Sallim merupakan fiil amar dari fiil madhi mudhari sallama yusallimu (سَلَّمَ يُسَلِّمُ) yang ikut wazan fa'ala yufa'ilu fa'il ketemulah fiil amar sallim سَلِّمْ.
  • Wabarik - Wau merupakan huruf athof dimana lafadz barik athof kepada lafadz sholli. Barik merupakan fiil amar dari fiil madhi mudhari baraka yubariku yang ikut wazan faa'ala yufaa'ilu ketemulah fiil amar barik (بَارِكْ).
  • Alaih - Ala merupakan huruf jar berlaku mengejarkan isim. Disini majrurnya berupa dhomir muttasil mahal jar yaitu dhomir ha yang kembali kepada lafadz Muhammad yang ditulisannya dalam bahasa arab عَلَيْهِ.

Dari penjelasan diatas tulisan arab allahumma sholli wasallim wabarik alaih adalah 

الَلَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيْهِ

Dapat juga ditulis tanpa harakat, tulisan arab gundul allahumma sholli wasallim wabarik alaih ialah 

اللهم صل وسلم وبارك عليه

Apa Arti Dari Allahumma Sholli Wasallim Wabarik Alaih?

Allahumma sholli wasallim wabarik alaih artinya perkata ialah sebagai berikut :

  • Allahumma artinya ya Allah
  • Sholli artinya semoga engkau (Allah) memberi rahmat
  • Wasallim artinya dan semoga engkau(Allah) memberi keselamatan
  • Wabarik artinya dan semoga engkau(Allah) memberi keberkahan
  • Alaih artinya atas nabi Muhammad

Jadi penjelasan diatas, dapat diketahui arti dari Allahumma sholli wasallim wabarik alaih adalah Ya Allah, berikanlah rahmat,keselamatan dan keberkahan atas nabi Muhammad SAW.

Lafadz sholli merupakan fiil amar dari fiil madhi sholla (صَلَّى), dimana dalam pengucapan sholawat Nabi biasanya memakai lafadz sholla yang disandingkang dengan lafadz jalalah Allah menjadi Shollallah (صَلَّى الله) atau memakai sholli yang diawali dengan Allahumma.

Lafadz sallim merupakan fiil amar dari fiil madhi sallama (سَلَّمَ). Kalimat wasallam dalam hal diatas merupakan athof dari lafadz sholli, karena sholli merupakan fiil amar maka athofnya berupa sallim yang juga fiil amar.

Alhasil, cara membedakan sholawat memakai sholla atau sholli

  1. Sholla biasanya disandingkan dengan lafadz jalalah Allah
  2. Sholli biasanya didahului Allahumma
  3. Lafadz yang athof kepada sholla adalah lafadz wasallam
  4. Lafadz yang athof kepada sholli adalah lafadz wasallim

Beginilah pengucapan lafadznya

صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلِّمْ

Latin : Shollallahu 'alaihi wasallam

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ

 Latin : Allahumma sholli 'alaihi wasallim

Jawaban Allahumma Sholli Wasallim Wabarik Alaih

Dalam kitab Risalatus Sholawat karya Kiai Abdul Muhaimin bin Rifai dijelaskan :

من ذكرت عنده فلم يصلّ عليّ فقد شقي

Artinya : Barang siapa yang mendengar namaku ( Nabi Muhammad SAW ) disebut ada di dekatnya, kemudian orang itu tidak mau membaca sholawat kepadaku, benar orang itu termasuk orang yang celaka.

Untuk itu tidak alangkah baiknya ketika nama nabi Muhammad SAW disebut dan kita mendengarnya maka kita harus menjawabnya dengan cara bersholawat kepada Nabi muhammad SAW. Banyak manfaat yang didapat dari mengamalkan sholawat nabi salah satunya jika jika membaca sholawat 1 kali maka Allah akan memberikan 10 kali rahmat kepada orang tersebut.

Jawaban sholawat ketika nama nabi disebut yaitu Allahumma sholli alaih atau shollallahu sholli alaih yang artinya semoga Allah memberikan rahmat kepada Nabi Muhammad.

Jawaban sholawat Allahumma sholli wasallim wabarik alaih adalah jawaban sholawat ketika mendengar nama Nabi disebut sekaligus didoakan semoga Nabi diberi keselamatan, rahmat dan keberkahan. Misalnya, seperti ketika mendengar bacaan allahumma sholli wasallim wabarik ala sayyidina muhammad, maka cara menjawabnya ialah allahumma sholli wasallim wabarik alaih.

Demikian pembahasan mengenai allahumma sholli wasallim wabarik alaih tulisan arab dan artinya beserta jawabannya, semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca untuk dapat dipraktikkan dalam mengamalkan sholawat nabi.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment