Contoh Qalqalah Kubro Beserta Hurufnya Lengkap Dalam Ilmu Tajwid

Diantara 28 huruf hijaiyah ada beberapa huruf yang dapat memantul yang dinamakan huruf qalqalah. Contohnya banyak kita jumpai didalam Al Quran misalnya ayat وَالسَّمَاۤءِ وَالطَّارِقِۙ dalam surat At Thariq ayat 1.

Bacaan qalqalah dibagi menjadi 2 yaitu qalqalah sughro dan qalqalah kubro.

Dalam artikel ini kami akan jelaskan ada berapa huruf qalqalah sugro dan contohnya yang terdapat didalam Al Quran.

Table of Contents

Apa Itu Qalqalah Kubro?

contoh bacaan qalqalah kubro beserta hurufnya
contoh bacaan qalqalah kubro beserta hurufnya

Qalqalah kubro adalah apabila terdapat sukun pada huruf qalqalah karena keadaan waqaf. cara membacanya adalah dengan memantulkan huruf qalqalah tersebut. contohnya 

Hukum bacaan qalqalah ada 2 yaitu qalqalah kubro dan qalqalah sughro. Pengertian qalqalah sughro ialah apabila terdapat sukun pada huruf qalqalah dan sukun tersebut bukan sukun yang timbul karena keadaan waqaf.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan ciri dari qalqalah kubra antara lain :

  • berada diakhir kalimat
  • bukan sukun asli
  • sukun timbul karena keadaan waqaf

Perbedaan qalqalah kubra dan sughro ialah jika sukun yang terdapat dalam qalqalah sughro adalah sukun asli sedangkan sukun qalqalah kubro bukan asli karena terjadi ketika keadaan waqaf.

Baca Juga : 20 Contoh Qalqalah Sughro dan Kubro

Huruf Qalqalah Kubro

Qalqalah adalah bacaan huruf yang dapat memenatul ketika dalam keadaan mati(sukun) maupun waqaf. Memantulnya huruf qalqalah ketika keadaan sukun dinamakan qalqalah sughro, dan sedangkan memantulnya huruf qalqalah ketika waqaf dinamakan qalqalah kubro.

Huruf qalqalah ada 5 baik itu qalqalqah sughro maupun kubro yaitu : qaf, tho, ba, jim, dal atau disingkat menjadi qadbu jaddin dan ada juga yang menyingkatnya dalam bahasa indonesia "baju di toko".

Huruf qalqalah itu dibaca qalqalah kubra ketika sukun dalam keadaan waqaf. Berikut ini adalah huruf qalqalah kubro.

Qaf (ق)

Suatu lafadz yang dibaca qalqalah kubro apabila di dalamnya terdapat huruf qalqalah yang berharakat sukun dalam keadaan waqaf.

Contohnya dalam surat Aṭ-Ṭāriq ayat 1

وَالسَّمَاۤءِ وَالطَّارِقِۙ

Artinya : Demi langit dan yang datang pada malam hari.

Qaf dalam lafadz وَالطَّارِقِۙ merupakan huruf qalqalah dan dibaca qalqalah sugro karena berharakat sukun yang timbul sebab keadaan waqaf.

Tho (ط)

Perhatikan daftar ayat berikut. Ayat yang mengandung bacaan qalqalah kubro adalah

ضَرَبَ اللّٰهُ مَثَلًا لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوا امْرَاَتَ نُوْحٍ وَّامْرَاَتَ لُوْطٍۗ 

Artinya : Allah membuat perumpamaan bagi orang-orang yang kufur, yaitu istri Nuh dan istri Lut.

Dalam Surat At-taḥrīm ayat 10 lafadz yang mengandung bacaan qalqalah kubro adalah لُوْطٍۗ berupa huruf qalqalah tho yang berharakat sukun dalam keadaan waqaf.

Ba' (ب)

Ayat yang mengandung bacaan qalqalah kubra adalah

سَيَصْلٰى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍۙ

Artinya : Kelak dia akan memasuki api yang bergejolak (neraka)

Dalam Surat Al-Lahab ayat 3 lafadz yang mengandung bacaan qalqalah kubro adalah لَهَبٍۙ berupa huruf qalqalah ba yang berharakat sukun karena keadaan waqaf.

Jim (ج)

Qalqalah kubro, yakni qalqalah yang pantulannya besar karena dimatikan sebab waqaf. Contophnya dapat kita temukan dalam Surat Qāf ayat 7

وَالْاَرْضَ مَدَدْنٰهَا وَاَلْقَيْنَا فِيْهَا رَوَاسِيَ وَاَنْۢبَتْنَا فِيْهَا مِنْ كُلِّ زَوْجٍۢ بَهِيْجٍۙ 

Artinya : (Demikian pula) bumi yang Kami hamparkan serta Kami pancangkan di atasnya gunung-gunung yang kukuh dan Kami tumbuhkan di atasnya berbagai jenis (tetumbuhan) yang indah.

Lafadz بَهِيْجٍۙ terdapat huruf qalqalah kubro berupa jim, cara membacanya dengan memantulkan huruf jim karena dimatikan (disukun) sebab keadaan waqaf.

Dal (د)

Suatu lafaz dibaca qalqalah kubro apabila didalamnya terdapat huruf qalqalah yang disukun sebab waqaf. Perhatikan Surat Al Baqarah ayat 125

وَعَهِدْنَآ اِلٰٓى اِبْرٰهٖمَ وَاِسْمٰعِيْلَ اَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّاۤىِٕفِيْنَ وَالْعٰكِفِيْنَ وَالرُّكَّعِ السُّجُوْدِ

Artinya : (Ingatlah ketika) Kami wasiatkan kepada Ibrahim dan Ismail, “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, yang iktikaf, serta yang rukuk dan sujud (salat)!”

Dalam lafadz السُّجُوْدِ terdapat huruf dal yang merupakan huruf qalqalah dan dihukumi qalqalah kubro karena mati(sukun) dalam keadaan waqaf.

Contoh Qalqalah Kubro

Berikut ini contoh bacaan qalqalah kubro yang terdapat dala Al Quran diantaranya sebagai berikut :

1. Al-Qiyāmah ayat 28

وَّظَنَّ اَنَّهُ الْفِرَاقُۙ

Dia pun yakin bahwa itulah waktu perpisahan (dengan dunia), 

Hukum bacaan qalqalah kubro terjadi apabila huruf qalqalah berada diakhir kalimat berharakat sukun sebab waqaf. Contoh qalqalah kubro yang terdapat dalam Al Quran adalah lafadz الْفِرَاقُۙ dalam surat Al Qiyamah ayat 28. Cara membacanya adalah dengan dipantulkan.

2. Hūd ayat 70

فَلَمَّا رَآٰ اَيْدِيَهُمْ لَا تَصِلُ اِلَيْهِ نَكِرَهُمْ وَاَوْجَسَ مِنْهُمْ خِيْفَةً ۗقَالُوْا لَا تَخَفْ اِنَّآ اُرْسِلْنَآ اِلٰى قَوْمِ لُوْطٍۗ 

Ketika (Ibrahim) melihat tangan mereka tidak menjamahnya, dia mencurigai dan memendam rasa takut kepada mereka. Mereka (malaikat) berkata, “Jangan takut! Sesungguhnya kami diutus kepada kaum Lut (untuk menghancurkan mereka).”

Contoh qalqalah kubra ط dalam Al Quran terdapat dalam surat Hud ayat 70 yaitu lafadz لُوْطٍۗ, cara membacanya adalah dengan memantulkan huruf tho'

3. Al-Baqarah ayat 211

سَلْ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ كَمْ اٰتَيْنٰهُمْ مِّنْ اٰيَةٍ ۢ بَيِّنَةٍ ۗ وَمَنْ يُّبَدِّلْ نِعْمَةَ اللّٰهِ مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُ فَاِنَّ اللّٰهَ  شَدِيْدُ الْعِقَابِ 

Tanyakanlah kepada Bani Israil, “Berapa banyak bukti nyata (kebenaran) yang telah Kami anugerahkan kepada mereka?” Siapa yang menukar nikmat Allah (dengan kekufuran) setelah (nikmat itu) datang kepadanya, sesungguhnya Allah Maha Keras hukuman-Nya.

Cara membaca hukum bacaan qalqalah kubro adalah dengan cara memantulkan hurufnya, seperti contoh الْعِقَابِ yang terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 211. Huruf qalqalah ba pada akhir kalimat karena waqaf diharakati sukun dan dibaca memantul.

4. Al-Burūj ayat 1

وَالسَّمَاۤءِ ذَاتِ الْبُرُوْجِۙ 

Demi langit yang mempunyai gugusan bintang,

Suatu lafaz dibaca qalqalah kubro apabila didalamnya terdapat sukiun yang timbul karena keadaan waqaf, contohnya lafadz الْبُرُوْجِۙ dalam surat Al Buruj ayat 1.

5. Gāfir ayat 4

مَا يُجَادِلُ فِيْٓ اٰيٰتِ اللّٰهِ اِلَّا الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَلَا يَغْرُرْكَ تَقَلُّبُهُمْ فِى الْبِلَادِ

Tidak ada yang memperdebatkan ayat-ayat Allah, kecuali orang-orang yang kufur. Oleh karena itu, janganlah engkau (Nabi Muhammad) tertipu oleh bolak-balik perjalanan mereka di seluruh negeri.

Ayat yang mengandung bacaan qalqalah kubra dalam surat Al Gafir ayat 4 adalah lafadz الْبِلَادِ. Berupa huruf qalqalah dal berharakat sukun sebab waqaf.

Tabel contoh qalqalah kubro beserta hurufnya lengkap.

Demikian pembahasan mengenai contoh qalqalah kubro beserta hurufnya yang terdapat dalam Al Quran. Semoga memberikan banyak manfaat untuk pembaca dalam belajar ilmu tajwid.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment