14 Huruf Al Qamariyah Lengkap dan Hukum Bacaannya Dalam Ilmu Tajwid

Huruf hijaiyah terdiri dari 28 huruf mulai dari hamzah sampai ya. Dalam ilmu tajwid ada hukum bacaan yang dinamakan al ta'rif yaitu berupa al qamariyah dan al syamsiyah.

Huruf alif lam qamariyah ada 14 begitu juga huruf alif lam syamsiyah juga ada 14.

Bagaimana cara membaca huruf al qamariyah dan apa saja ke-14 huruf alif lam qamariyah beserta contohnya? Mari kita simak penjelasan dari zonasantri.com.

Table of Contents

Hukum Bacaan Al Qamariyah

14 huruf alif lam qamariyah dan cara membacanya
14 huruf alif lam qamariyah

Alif lam qamariyah atau nama lainnya adalah idzhar qamariyah ialah bacaan ketika terdapat lam ta'rif(ال) bertemu dengan salah satu huruf qamariyah.

Huruf qamariyah ada 14 yang terkumpul dalam lafadz Abghi Hajjaka Wakhof Aqimah. Penjelasan lebih lanjut akan kami uraikan dibawah.

Cara membaca bacaan al qamariyah adalah lam sukun dibaca jelas lalu diikuti bacaan huruf qamariyah.

Jadi hukum bacaan al qamariyah adalah bacaan ketika al ta'rif(ال) bertemu dengan salah satu huruf qamariyah dan cara membacanya adalah lam sukun dibaca jelas.

14 Huruf Alif Lam Qamariyah dan Contohnya

Dikutip dari kitab Hidayatus Sibyan karya Syaikh Sa'id bin Sa'ad Nabhan huruf alif lam qamariyah berjumlah 14 yang terkumpul dalam lafadz أَبْغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيْمَه (Abghi Hajjaka Wakhof Aqimah).

Adapun 14 huruf alif lam qamariyah adalah sebagai berikut :

  • hamzah (ا)
  • ba (ب)
  • ghain (غ)
  • ha (ح)
  • jim (ج)
  • kaf (ك)
  • wau (و)
  • kho' (خ)
  • fa (ف)
  • ain (ع)
  • qaf (ق)
  • ya (ي)
  • mim (م)
  • ha (ه)

Berikut ini adalah penjelasan mengenai 14 huruf al qamariyah lengkap beserta contoh alif lam qamariyah yang terdapat dalam Al Quran.

1. Hamzah (ا)

Contoh huruf al qamariyah berupa hamzah berupa lafadz الْاٰخِرِ yang terdapat dalam Surat An Nisa ayat 59.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ  فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nabi Muhammad) serta ululamri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunahnya) jika kamu beriman kepada Allah dan hari Akhir. Yang demikian itu lebih baik (bagimu) dan lebih bagus akibatnya (di dunia dan di akhirat).

Cara membaca huruf al qamariyah berupa hamzah ialah al harus dibaca jelas kemudian diikuti dengan bacaan hamzah, dalam lafadz الْاٰخِرِۗ berbunyi Al-Aakhiri.

2. Ba (ب)

Huruf alif lam qamariyah berupa ba contohnya yaitu الْبَصِيْرُ dalam surat Gāfir ayat 20. 

وَاللّٰهُ يَقْضِيْ بِالْحَقِّ ۗوَالَّذِيْنَ يَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِهٖ لَا يَقْضُوْنَ بِشَيْءٍ ۗاِنَّ اللّٰهَ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya : Allah memutuskan dengan hak (benar dan adil), sedangkan mereka yang disembah selain-Nya tidak mampu memutuskan dengan suatu apa pun. Sesungguhnya Allah, Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Cara membaca huruf al qamariyah berupa ba ialah al harus dibaca jelas kemudian diikuti dengan bacaan ba, dalam lafadz الْبَصِيْرُ berbunyi Al-Bashiir.

3. Ghain (غ)

Contoh huruf alif lam qamariyah berupa lafadz ghain yaitu الْغَيْبِ dalam Surat At Taubah ayat 105.

وَقُلِ اعْمَلُوْا فَسَيَرَى اللّٰهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُوْلُهٗ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ وَسَتُرَدُّوْنَ اِلٰى عٰلِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَۚ  

Artinya : Katakanlah (Nabi Muhammad), “Bekerjalah! Maka, Allah, rasul-Nya, dan orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu. Kamu akan dikembalikan kepada (Zat) yang mengetahui yang gaib dan yang nyata. Lalu, Dia akan memberitakan kepada kamu apa yang selama ini kamu kerjakan.

Cara membaca huruf alif lam qamariyah berupa ghain adalah al harus dibaca jelas kemudian diikuti dengan bacaan ghain, dalam lafadz الْغَيْبِ berbunyi Al-Ghaiibi.

4. Ha (ح)

Ha (ح) merupakan salah satu dari huruf alif lam qamariyah. Hukum tajwid surat Al Maidah ayat 48 berupa al qamariyah huruf ha(ح) adalah الْحَقِّ.

وَاَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتٰبِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ عَمَّا جَاۤءَكَ مِنَ الْحَقِّۗ 

Artinya : Kami telah menurunkan kitab suci (Al-Qur’an) kepadamu (Nabi Muhammad) dengan (membawa) kebenaran sebagai pembenar kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan sebagai penjaganya (acuan kebenaran terhadapnya). Maka, putuskanlah (perkara) mereka menurut aturan yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti hawa nafsu mereka dengan (meninggalkan) kebenaran yang telah datang kepadamu.

Cara membaca al qamariyah huruf ha(ح) yaitu al dibaca jelas lalu diikuti bacaan huruf ha(ح), dalam lafadz الْحَقِّ berbunyi Al-Haqqi.

5. Jim (ج)

Jim merupakan salah satu dari huruf al qamariyah. Contoh al qamariyah huruf jim adalah الْجِنِّ dalam Surat Ar Rahman ayat 33.

يٰمَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِ اِنِ اسْتَطَعْتُمْ اَنْ تَنْفُذُوْا مِنْ اَقْطَارِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ فَانْفُذُوْاۗ  لَا تَنْفُذُوْنَ اِلَّا بِسُلْطٰنٍۚ 

Artinya : Wahai segenap jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya, kecuali dengan kekuatan (dari Allah). Surat Al Maidah ayat 48.

Cara membaca al qamariyah huruf jim adalah al dibaca jelas lalu diikuti bacaan huruf jim, dalam lafadz الْجِنِّ berbunyi Al-Jinni.

6. Kaf (ك)

1 Contoh bacaan alif lam qamariyah adalah lafadz الْكِتٰبِ dimana al ta'rif bertemu dengan huruf qamariyah berupa kaf dalam Surat Al Bayyinah ayat 1.

لَمْ يَكُنِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ وَالْمُشْرِكِيْنَ مُنْفَكِّيْنَ حَتّٰى تَأْتِيَهُمُ الْبَيِّنَةُۙ

Artinya : Orang-orang yang kufur dari golongan Ahlulkitab dan orang-orang musyrik tidak akan meninggalkan (kekufuran mereka) sampai datang kepada mereka bukti yang nyata,

Cara membaca huruf qamariyah berupa kaf dalam lafadz الْكِتٰبِ adalah al dibaca jelas lalu diikuti huruf kaf berbunyi Al-Kitabu.

7. Wau (و)

Nama lain bacaan alif lam qamariyah adalah idzhar qamariyah. Salah satu hurufnya berupa wau, contohnya dalam Al Quran adalah الْوَدُوْدُۙ dalam surat Al-Burūj ayat 14.

وَهُوَ الْغَفُوْرُ الْوَدُوْدُۙ

Artinya : Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih,

Cara membaca huruf qamariyah berupa wau dalam lafadz الْوَدُوْدُۙ adalah al dibaca jelas lalu diikuti huruf kaf berbunyi Al-Waduudu.

8. Kho' (خ)

Huruf al qamariyah berupa kho', contohnya adalah الْخٰسِرُوْنَ dalam surat Al Baqarah ayat 27.

الَّذِيْنَ يَنْقُضُوْنَ عَهْدَ اللّٰهِ مِنْۢ بَعْدِ مِيْثَاقِهٖۖ وَيَقْطَعُوْنَ مَآ اَمَرَ اللّٰهُ بِهٖٓ اَنْ يُّوْصَلَ وَيُفْسِدُوْنَ فِى الْاَرْضِۗ  اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْخٰسِرُوْنَ 

Artinya : (yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah setelah (perjanjian) itu diteguhkan, memutuskan apa yang diperintahkan Allah untuk disambungkan (silaturahmi), dan berbuat kerusakan di bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi.

Cara membaca huruf qamariyah berupa kho dalam lafadz الْخٰسِرُوْنَ adalah al dibaca jelas lalu diikuti huruf kho' berbunyi Al-Khoosiruun.

9. Fa (ف)

Salah satu contoh huruf qamariyah berupa fa adalah lafadz الْفَتَّاحُ dalam surat Saba' ayat 26.

قُلْ يَجْمَعُ بَيْنَنَا رَبُّنَا ثُمَّ يَفْتَحُ بَيْنَنَا بِالْحَقِّۗ وَهُوَ الْفَتَّاحُ الْعَلِيْمُ 

Artinya : Katakanlah, “Tuhan kita (pada hari Kiamat) akan mengumpulkan kita, kemudian memutuskan (perkara) di antara kita dengan hak. Dialah Yang Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui.”

Cara membaca huruf qamariyah berupa fa dalam lafadz الْفَتَّاحُ adalah al dibaca jelas lalu diikuti huruf fa berbunyi Al-Fattah.

10. 'Ain (ع)

Dalam Surat Al Mujadalah ayat 11 contoh huruf al qamariyah berupa 'ain adalah lafadz الْعِلْمَ.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Apabila dikatakan, “Berdirilah,” (kamu) berdirilah. Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

Cara membaca huruf qamariyah berupa 'ain dalam lafadz الْعِلْمَ adalah al dibaca jelas lalu diikuti huruf 'ain berbunyi Al-'Ilma.

11. Qaf (ق)

Hukum tajwid dalam Surat Al Isra ayat 26 berupa bacaan al qamariyah adalah الْقُرْبٰى dimana al ta'rif bertemu huruf qamariyah berupa qaf.

وَاٰتِ ذَا الْقُرْبٰى حَقَّهٗ وَالْمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيْرًا 

Artinya : Berikanlah kepada kerabat dekat haknya, (juga kepada) orang miskin, dan orang yang dalam perjalanan. Janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.

Cara membaca huruf qamariyah berupa qaf dalam lafadz الْقُرْبٰى adalah al dibaca jelas lalu diikuti huruf qaf berbunyi Al-Qurba.

12. Ya (ي)

Contoh bacaan al qamariyah juz 30 huruf ya adalah lafadz الْيَتِيْمَۙ dalam Surat Al Maun ayat 2.

فَذٰلِكَ الَّذِيْ يَدُعُّ الْيَتِيْمَۙ

Artinya : Itulah orang yang menghardik anak yatim

Cara membaca huruf qamariyah berupa ya dalam lafadz الْيَتِيْمَۙ adalah al dibaca jelas lalu diikuti huruf ya berbunyi Al-yatiim.

13. Mim (م)

Hukum bacaan al qamariyah dalam Surat Yunus ayat 40 berupa huruf mim adalah الْمُفْسِدِيْنَ

وَمِنْهُمْ مَّنْ يُّؤْمِنُ بِهٖ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهٖۗ وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِيْنَ

Artinya : Di antara mereka ada orang yang beriman padanya (Al-Qur’an), dan di antara mereka ada (pula) orang yang tidak beriman padanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.

Cara membaca huruf qamariyah berupa huruf mim dalam lafadz الْمُفْسِدِيْنَ adalah al dibaca jelas lalu diikuti huruf mim berbunyi Al Mufsidin.

14. Ha' (ه)

Ha'(ه) merupakan huruf alif lam qamariyah. Contoh al qamariyah dalam Al Quran terdapat dalam juz 30 Surat At-Takāṡur ayat 1yaitu اَلْهٰىكُمُ.

اَلْهٰىكُمُ التَّكَاثُرُۙ

Artinya : Berbangga-bangga dalam memperbanyak (dunia) telah melalaikanmu760)

Cara membaca huruf qamariyah berupa ha'(ه) dalam lafadz اَلْهٰىكُمُ adalah al dibaca jelas lalu diikuti huruf ha'(ه) berbunyi Al-haakum.

Tabel 14 Huruf Al Qamariyah Lengkap

Bacaan alif lam qamariyah dalam Al quran diantaranya terdapat dalam surat

  • An Nisa ayat 59
  • Gafir ayat 20
  • At-Taubah ayat 105
  • Al Maidah ayat 48
  • Arrahman ayat 33
  • Al Bayyinah ayat 1
  • Al Buruj ayat 14
  • Al Baqarah ayat 27
  • Saba' ayat 2
  •  Al Mujadalah ayat 11
  • Isra ayat 26
  • Al Maun ayat 2
  • Yunus ayat 40
  • At Takatsur ayat 1

Untuk lebih mudah memahaminya, kami tuliskan 14 huruf alif lam qamariyah beserta contoh dan suratnya dalam bentuk tabel.

No Huruf Contoh Surat dan Ayat
1 hamzah (ا) الْاٰخِرِۗ Surat An Nisa ayat 59.
2 ba (ب) الْبَصِيْرُ Surat Gāfir ayat 20
3 ghain (غ) الْغَيْبِ Surat At Taubah ayat 105
4 ha (ح) الْحَقِّ Surat Al Maidah ayat 48.
5 jim (ج) الْجِنِّ Surat Ar Rahman ayat 33.
6 kaf (ك) الْكِتٰبِ Surat Al Bayyinah ayat 1
7 wau (و) الْوَدُوْدُۙ Surat Al-Burūj ayat 14
8 kho' (خ) الْخٰسِرُوْنَ Surat Al Baqarah ayat 27
9 fa (ف) الْفَتَّاحُ Surat Saba' ayat 26
10 ain (ع) الْعِلْمَ Surat Al Mujadalah ayat 11
11 qaf (ق) الْقُرْبٰى Al Isra ayat 26
12 ya (ي) الْيَتِيْمَۙ Surat Al Maun ayat 2
13 mim (م) الْمُفْسِدِيْنَ Surat Yunus ayat 40
14 ha (ه) اَلْهٰىكُمُ At Takastur ayat 1

Demikian pembahasan kami mengenai 14 huruf al qamariyah lengkap disertai hukum bacaan dan contohnya dalam Al Quran. Semoga memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi para pelajar dalam belajar al quran tajwid online.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment