20 Contoh Qalqalah Sugra dan Kubra Dalam Al Quran

Contoh qalqalah sugra dan kubra banyak terdapat dalam berbagai surat dan ayat didalam Al Quran, contohnya لَآ اُقْسِمُ بِهٰذَا الْبَلَدِۙ. 

Dalam ayat diatas terdapat bacaan qalqalah sugra sekaligus qalqalah kubra dalam 1 ayat. Lafadz اُقْسِمُ merupakan contoh qalqalah sugra karena huruf qaf berharakat sukun asli, sedangkan lafadz الْبَلَدِۙ merupakan contoh qalqalah kubra karena sukun yang didapatinya adalah baru sebab keadaan waqaf.

Dalam kesempatan ini, kami akan sebutkan 20 contoh bacaan qalqalah sugra dan kubra yang terdapat dalam dalam Al Quran.

Table of Contents

20 Contoh Qalqalah Sugra dan Kubra

20 contoh qalqalah sugra dan kubra dalam alquran
20 contoh qalqalah sugra dan kubra

Berikut ini adalah contoh bacaan qalqalah sugra dan qubra yang terdapat dalam Al Quran disertai dengan surat dan ayatnya :

  1. Surat Al-Balad ayat 1 : لَآ اُقْسِمُ بِهٰذَا الْبَلَدِۙ ,Artinya : Aku bersumpah demi negeri ini (Makkah), Lafadz الْبَلَدِۙ adalah contoh qalqalah kubra dalam surat Al Balad ayat 1, alasannya karena sukun yang terdapat dalam huruf qalqalah dal merupakan sukun baru sebab waqaf.
  2. Surat Al-Balad ayat 2 : وَاَنْتَ حِلٌّۢ بِهٰذَا الْبَلَدِۙ ,Artinya : sedangkan engkau (Nabi Muhammad) bertempat tinggal di negeri (Makkah) ini. Terdapat huruf qalqalah dal dalam lafadz الْبَلَدِۙ yang disukun sebab waqaf, maka termasuk bacaan qalqalah kubra.
  3. Surat Al-Balad ayat 3 : وَوَالِدٍ وَّمَا وَلَدَۙ ,Artinya : (Aku juga bersumpah) demi bapak dan anaknya, terdapat huruf qalqalah dal yang sukun sebab keadaan waqaf, termasuk qalqalah kubra.
  4. Surat Al-Balad ayat 4 : لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ فِيْ كَبَدٍۗ ,Artinya : sungguh, Kami benar-benar telah menciptakan manusia dalam keadaan susah payah. Huruf qalqalah dal dalam keadaan waqaf maka timbullah sukun baru termasuk hukum bacaan qalqalah kubra.
  5. Surat Al-Balad ayat 5 : اَيَحْسَبُ اَنْ لَّنْ يَّقْدِرَ عَلَيْهِ اَحَدٌ ۘ ,Artinya : Apakah dia (manusia) itu mengira bahwa tidak ada seorang pun yang berkuasa atasnya? terdapat huruf qalqalah dal yang sukun sebab keadaan waqaf, termasuk qalqalah kubra.
  6. Surat At Tariq ayat 1 : وَالسَّمَاۤءِ وَالطَّارِقِۙ  ,Artinya : Demi langit dan yang datang pada malam hari. Huruf qalqalah qaf dalam keadaan waqaf dan timbullah sukun baru, termasuk bacaan qalqalah kubra.
  7. Surat At Tariq ayat 2 : وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الطَّارِقُۙ ,Artinya : Tahukah kamu apakah yang datang pada malam hari itu. Lafadz الطَّارِقُۙ dinamakan bacaan qalqalah kubra karena sukunnya baru sebab keadaan waqaf.
  8. Surat At Tariq ayat 3: النَّجْمُ الثَّاقِبُۙ ,Artinya : (Itulah) bintang yang bersinar tajam. الثَّاقِبُۙ dinamakan bacaan qalqalah kubra karena sukunnya baru sebab keadaan waqaf.
  9. Surat At Tariq ayat 5 : فَلْيَنْظُرِ الْاِنْسَانُ مِمَّ خُلِقَ ,Artinya : Hendaklah manusia memperhatikan dari apa dia diciptakan. lafadz خُلِقَ merupakan contoh bacaan qalqalah kubro sebab sukunnya baru yang timbul karena waqaf.
  10. Surat At Tariq ayat 6 : خُلِقَ مِنْ مَّاۤءٍ دَافِقٍۙ ,Artinya : Dia diciptakan dari air (mani) yang memancar. Contoh qalqalah kubra dalam ayat tersebut adalah lafadz دَافِقٍۙ.
  11. Surat Al-Qiyāmah ayat 1 : لَآ اُقْسِمُ بِيَوْمِ الْقِيٰمَةِۙ ,Artinya : Aku bersumpah demi hari Kiamat. Lafadz اُقْسِمُ merupakan contoh qalqalah sugra karena merupakan sukun asli.
  12. Surat Al-Qiyāmah ayat 2 : وَلَآ اُقْسِمُ بِالنَّفْسِ اللَّوَّامَةِ ,Artinya : Aku bersumpah demi jiwa yang sangat menyesali (dirinya sendiri). Contoh qalqalah sugra dalam ayat tersebut adalah lafadz اُقْسِمُ .
  13. Surat Al-Qiyāmah  ayat 3 : اَيَحْسَبُ الْاِنْسَانُ اَلَّنْ نَّجْمَعَ عِظَامَهٗ ۗ ,Artinya : Apakah manusia mengira bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang-belulangnya? Hukum bacaan qalqalah sugra dalam ayat diatas adalah lafadz نَّجْمَعَ dimana sukun asli terdapat dalam huruf qalqalah jim.
  14. Surat Al-Qamar  ayat 1 : اِقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ ,Artinya : Hari Kiamat makin dekat dan bulan terbelah. Contoh qalqalah sugra dalam ayat berikut adalah lafadz اِقْتَرَبَتِ karena sukun asli yang terdapat dalam huruf qalqalah qaf.
  15. Surat Al-Qamar  ayat 4 : وَلَقَدْ جَاۤءَهُمْ مِّنَ الْاَنْۢبَاۤءِ مَا فِيْهِ مُزْدَجَرٌۙ  ,Artinya : Sungguh, benar-benar telah datang kepada mereka beberapa berita yang di dalamnya terdapat ancaman (terhadap orang-orang kafir). Lafadz لَقَدْ merupakan contoh qalqalah sugra dalam surat Al Qamar ayat 4.
  16. Surat Al-Qamar ayat 6 : فَتَوَلَّ عَنْهُمْ ۘ يَوْمَ يَدْعُ الدَّاعِ اِلٰى شَيْءٍ نُّكُرٍۙ  ,Artinya : Maka, berpalinglah (Nabi Muhammad) dari mereka. Pada hari (ketika) penyeru (malaikat) mengajak (mereka) pada sesuatu yang tidak menyenangkan (hari Pembalasan), hukum bacaan qalqalah sugra dalam ayat tersebut adalah lafadz يَدْعُ.
  17. Surat Al-Qamar  ayat 17 : وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْاٰنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُّدَّكِرٍ ,Artinya : Sungguh, Kami benar-benar telah memudahkan Al-Qur’an sebagai pelajaran. Maka, adakah orang yang mau mengambil pelajaran? Dalam ayat disamping contoh qalqalah sugra adalah lafadz لَقَدْ.
  18. Surat Al-Insān  ayat 4 : اِنَّآ اَعْتَدْنَا لِلْكٰفِرِيْنَ سَلٰسِلَا۟ وَاَغْلٰلًا وَّسَعِيْرًا ,Artinya : Sesungguhnya Kami telah menyediakan bagi orang-orang kafir rantai, belenggu, dan api (neraka) Sa‘ir (yang menyala-nyala).  Contoh qalqalah sugra huruf dal dalam surat Al Insan ayat 4 adalah lafadz اَعْتَدْنَا.
  19. Surat Al-Insān  ayat 5 : اِنَّ الْاَبْرَارَ يَشْرَبُوْنَ مِنْ كَأْسٍ كَانَ مِزَاجُهَا كَافُوْرًاۚ ,Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan akan minum (khamar) dari gelas yang campurannya air kafur. dalam huruf qalqalah ba terdapat sukun asli maka termasuk bacaan qalqalah sugra.
  20. Surat Al-Insān  ayat 8 : وَيُطْعِمُوْنَ الطَّعَامَ عَلٰى حُبِّهٖ مِسْكِيْنًا وَّيَتِيْمًا وَّاَسِيْرًا ,Artinya : Mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim, dan tawanan. lafadz يُطْعِمُوْنَ merupakan contoh qalqalah sugra sebab huruf qalqalaf tho berharakat sukun asli.

Dengan adanya contoh diatas kami mengharapkan kalian mampu menyebutkan 5-10 contoh qalqalah sugra dan kubra beserta surat dan ayatnya. Untuk lebih memudahkan teman-teman dalam mencarinya kami rangkumkan dalam bentuk tabel.

No Lafadz Surat dan Ayat Hukum Bacaan
1 الْبَلَدِۙ Al Balad ayat 1 Qalqalah Kubra
2 الْبَلَدِۙ Al balad ayat 2 Qalqalah Kubra
3 وَلَدَۙ Al Balad ayat 3 Qalqalah Kubra
4 كَبَدٍۗ Al Balad ayat 4 Qalqalah Kubra
5 اَحَدٌ Al Balad ayat 5 Qalqalah Kubra
6 الطَّارِقُۙ At Tariq ayat 1 Qalqalah Kubra
7 الطَّارِقُۙ At Tariq ayat 2 Qalqalah Kubra
8 الثَّاقِبُۙ At Tariq ayat 3 Qalqalah Kubra
9 خُلِقَ At Tariq ayat 5 Qalqalah Kubra
10 دَافِقٍۙ At Tariq ayat 6 Qalqalah Kubra
11 اُقْسِمُ Al Qiyamah ayat 1 Qalqalah Sugra
12 اُقْسِمُ Al Qiyamah ayat 2 Qalqalah Sugra
13 نَّجْمَعَ Al Qiyamah ayat 3 Qalqalah Sugra
14 اِقْتَرَبَتِ Al Qamar ayat 1 Qalqalah Sugra
15 لَقَدْ Al Qamar ayat 4 Qalqalah Sugra
16 يَدْعُ Al Qamar ayat 6 Qalqalah Sugra
17 لَقَدْ Al Qamar ayat 17 Qalqalah Sugra
18 اَعْتَدْنَا Al Insan ayat 4 Qalqalah Sugra
19 الْاَبْرَارَ Al Insan ayat 5 Qalqalah Sugra
20 يُطْعِمُوْنَ Al Insan ayat 8 Qalqalah Sugra

Demikian pembahasan mengenai 20 contoh qalqalah sugra dan kubra dalam Al Quran beserta surat dan ayatnya. Semoga memberikan banyak manfaat agar dapat menguasai hukum bacaan dalam ilmu tajwid.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment