7 Nama Anak Nabi Muhammad SAW Beserta Urutannya yang Benar

Nama Anak Nabi Muhammad - Mungkin banyak dari orang islam yang mengenal atau hafal dan mengetahui istri Nabi Muhammad SAW, tetapi sedikit dari mereka yang tahu ada berapa anak rasulullah dan siapa saja nama-nama anak Nabi Muhammad SAW.

Seperti yang kita tahu bahwa nabi mempunyai banyak istri, apakah dengan banyaknya istri nabi mempunyai banyak anak ? apakah dari istri tertentu saja nabi dikaruniai anak ? apakah dari khadijah apakah dari aisyah atau yang lainnya.

Daripada bingung dan bertanya-tanya pada artikel ini akan kami bahas tentang nama anak rasulullah SAW, ada berapa anak Rasulullah dan urutan nama anak nabi Muhammad SAW.

Table of Contents
ada berapa anak Nabi Muhammad SAW
berapa anak nabi muhammad

7 Nama Anak Nabi Muhammad SAW Beserta Urutannya

Jumlah anak nabi Muhammad SAW ada 7 orang. 3 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Untuk mengetahui urutan anak Nabi Muhamaad SAW, kami merujuk kepada kitab nurud dhulam syarah aqidatul awan karya syaikh nawawi albantani:

Para ulama berkata : Sebaiknya setiap orang itu mengetahui bilangan atau jumlah anak Rasulullah SAW dan urutan kelahiran anak Nabi Muhammad SAW, karena sesungguhnya seyogyanya bagi seseorang mengerti tentang tuannya (mengetahui bilangan atau jumlah anak nabi Muhammad dan urutannya). Tetapi para ulama' tidak menjelaskan tentang apa yang aku lihat terhadap kewajiban atau kesunnahan tersebut (mengetahui nama-nama anak nabi Muhammad SAW dan urutannya). Tetapi para ulama' hanya menjelaskan bahwa mengetahui hal tersebut adalah dianjurkan

- Syaikh Muhammad Al-Fudholi dalam Kifayatul 'Awwam.

Adapun urutan nama anak Nabi Muhammad SAW dari dari kelahirannya yaitu :

  1. Qasim
  2. Zainab
  3. Ruqayyah
  4. Fatimah
  5. Ummu Kulsum
  6. Abdullah
  7. Ibrahim

Qasim Bin Muhammad

Anak pertama Nabi Muhammad SAW adalah QasimQasim, dilahirkan di Makkah sebelum Muhammad diangkat menjadi Nabi. Al-Qasim meninggal di Mekah pada usia dua tahun, ada yang mengatakan 2 tahun kurang ada yang berkata 2 tahun lebih. Namun menurut Qatadah, Al-Qasim meninggal ketika ia  sudah bisa berjalan. Qasim adalah anak pertama nabi Muhammad yang meninggal dunia.

Zainab Binti Muhammad

Anak rasulullah yang kedua dari pernikahannya dengan khadijah yaitu Zainab. Zainab menikah dengan Abu Al-Ash bin Rabi’ bin Abdul Uzza bin Abdul Syams sepupu Zainab, karena ibunya adalah Hala binti Khuwailid (saudara dari Khadijah binti Khuwailid). Zainab mempunyai anak bernama Ali yang meninggal waktu kecil dan Umamah yang digendong oleh Nabi saw waktu shalat dan setelah dewasa menikah dengan Ali bin Abi Thalib setelah Fatimah wafat. 

Ruqayyah Binti Muhammad

Ruqayyah, menikah dengan Ustman bin Affan. Meninggal di pangkuan Ustman. 

Fatimah Binti Muhammad

Fatimah, menikah dengan Ali bin Abi Thalib. Dari pernikahan tersebut Fatimah melahirkan Hasan, Husain, Muhassin yang meninggal waktu kecil, Ummu Kultsum yang menikah dengan Umar bin Khattab, dan Zainab yang menikah dengan Abdullah bin Ja’far bin Abi Thalib.

Ummu Kultsum Binti Muhammad

Ummu Kultsum (adik Ruqayyah) menikah dengan Ustman bin Affan setelah meninggalnya Ruqoyyah, yang juga meninggal di pangkuannya. Ruqayyah memiliki seorang putra yang bernama Abdullah sehingga Ustman dipanggil dengan kunyah Abu Abdullah.

Abdullah Bin Muhammad

Abdullah, dinamakan juga dengan at-Thayyib (yang baik) dan at-Thahir (yang suci) karena ia dilahirkan sesudah Islam. Ada pendapat yang mengatakan bahwa at-Thayyib dan at-Thahir ini adalah putra Rasulullah SAW yang lain, namun pendapat pertama adalah yang benar. 

Ibrahim Bin Muhammad

Nama anak nabi muhammad yang terakhir adalah ibrahim.

Baca Juga : Silsilah Nabi Muhammad Sampai Adnan

Nama Anak Nabi Muhammad Dari Siti Khadijah

Siti Khadijah adalah istri pertama dari Rasulullah SAW, dari pernikahan beliau dengannya baginda rasulullah dikaruniai 6 orang anak. nama anak nabi muhammad dengan siti khadijah adalah

  1. Qasim
  2. Zainab
  3. Ruqayyah
  4. Fatimah
  5. Ummu Kulsum
  6. Abdullah
Mungkin ada yang bertanya siapa nama anak nabi muhammad dengan siti aisyah? jika anda sudah membaca urutan anak nabi muhammad pastilah sudah tahu bahwa rasulullah mempunyai 7 orang anak, 6 anak dari siti khodijah, berarti tinggal 1 anak. apakah itu dari siti aisyah?

jawabannyannya tidak karena anak nabi yang terakhir bernama Ibrahim dilahirkan dari ibu yang bernama Mariyah Al qibtiyyah. Ada pendapat yang mengatakan Rasulullah SAW memiliki putra lain yang bernama Abdul Uzza tapi pendapat ini sangat lemah karena Allah SWT telah mensucikan dan melindungi Nabi SAW dari hal demikian (penamaan anak Abdul Uzza yang berarti hamba Uzza nama salah satu berhala Quraisy.

Baca Juga : Ada Berapa Istri Nabi Muhammad 

Kesimpulan : Ada Berapa Anak Rasulullah SAW

Putri-putri Rasulullah SAW  empat orang tanpa ada perbedaan pendapat ulama mengenai hal ini sedangkan putra-putranya tiga orang berdasarkan pendapat yang benar. jadi jika ada yang bertanya ada berapa anak Rasulullah, jawablah jumlah anak nabi Muhammad ada 7 orang.

Demikianlah sedikit ulasan tentang ada berapa Anak Nabi Muhammad SAW, nama-nama dan urutannya yang diambil dari kitab Nurud Dhulam Syarah Aqidatul Awwam dan Ad-durratul Mudhiah fis Siratin Nabawiyyah.

Santri Indonesia. Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment