Robbana Atina Milladunka Rohmatan Wahayyi Lana Min Amrina Rosyada

Robbana atina milladunka rohmatan wahayyi lana min amrina rosyada (رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا) ayat disamping merupakan penggalan dari ayat Al Quran surat Al Kahfi ayat 10.

Robbana atina milladunka rohmatan wahayyi lana min amrina rosyada adalah doa yang dipanjatkan ashabul kahfi ketika berada didalam gua yang meminta kepada Allah agar diberikan rahmat dan dipermudah petunjuk atas urusannya.

Baca Juga: Rabbana Lakal Hamdu Hamdan Katsiran Thoyyiban Mubarakan Fihi

Seperti apakah ayat lengkap dari robbana atina milladunka rohmatan wahayyi lana min amrina rosyada dan artinya beserta tulisan arabnya yang benar, untuk itu mari kita simak ulasan dari zonasantri.com.

Table of Contents

Robbana Atina Milladunka Rohmatan Wahayyi Lana Min amrina Rosyada Surat Apa?

robbana atina milladunka rohmatan wahayyi lana min amrina rosyada arab dan artinya
robbana atina milladunka rohmatan wahayyi lana min amrina rosyada

Sebagian orang mungkin ada yang belum tahu tentang robbana atina milladunka rohmatan wahayyi lana min amrina rosyada terdapat dalam surat apa dan bagaimana tulisan arabnya. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa robbana atina milladunka rohmatan wahayyi lana min amrina rosyada adalah salah satu doa yang biasa dibaca ketika selesai sholat.

Ada banyak bacaan doa yang dibaca setelah selesai sholat seperti allahumma inni as aluka salamatan fiddin, robbana la tuzigh qulubana ba'da idz hadaitana, robbana hablana min azwajina, robbana atina fiddunya hasanah dan masih banyak lainnya.

Pada kesempatan ini akan kami jelaskan bahwa doa robbana atina milladunka rohmatan wahayyi lana min amrina rosyada merupakan penggalan ayat yang terdapat didalam surat Al Kahfi ayat 10 dimana ayat 1 al kafhi diawali dengan bunyi Alhamdulillahilladzi anzala (اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ)

Baca Juga : Tulisan Fa Inna Ma'al Usri Yusro Inna Ma'al Usri Yusro Arab

Al-Kahfi artinya adalah goa, Surat ini berkaitan dengan kisah para pemuda yang ditidurkan oleh Allah didalam gua hingga ratusan tahun atau mereka lebih dikenal dengan sebutan ashabul kahfi yang artinya para penghuni gua.

Surat Al Kahfi merupakan surat ke 18 dari urutan 114 surat Al-quran, terdiri dari 110 ayat dimana surat tersebut merupakan surat makiyyah dan termasuk surat ke 69 dari surat yang pertama kali diturunkan.

Inilah tulisan arab dan bunyi surat Al Kahfi ayat 1-10 :

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ عِوَجًا ۜ ١

Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Kitab Suci (Al-Qur’an) kepada hamba-Nya dan Dia tidak membuat padanya sedikit pun kebengkokan.442)

442) Dalam Al-Qur’an, tidak ada makna yang saling berlawanan dan tidak ada penyimpangan dari kebenaran.


قَيِّمًا لِّيُنْذِرَ بَأْسًا شَدِيْدًا مِّنْ لَّدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا حَسَنًاۙ ٢

(Dia juga menjadikannya kitab) yang lurus agar Dia memberi peringatan akan siksa yang sangat pedih dari sisi-Nya dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan bahwa mereka akan mendapat balasan yang baik.

مّٰكِثِيْنَ فِيْهِ اَبَدًاۙ ٣

Mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya.

وَّيُنْذِرَ الَّذِيْنَ قَالُوا اتَّخَذَ اللّٰهُ وَلَدًاۖ ٤

(Dia menurunkan Al-Qur’an itu) juga agar Dia memberi peringatan kepada orang-orang yang berkata, “Allah mengangkat seorang anak.”

مَّا لَهُمْ بِهٖ مِنْ عِلْمٍ وَّلَا لِاٰبَاۤىِٕهِمْۗ كَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ اَفْوَاهِهِمْۗ اِنْ يَّقُوْلُوْنَ اِلَّا كَذِبًا ٥

Mereka sama sekali tidak mempunyai pengetahuan tentang (hal) itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah besar (dosa) perkataan yang keluar dari mulut mereka. Mereka hanya mengatakan (sesuatu) kebohongan belaka.

فَلَعَلَّكَ بَاخِعٌ نَّفْسَكَ عَلٰٓى اٰثَارِهِمْ اِنْ لَّمْ يُؤْمِنُوْا بِهٰذَا الْحَدِيْثِ اَسَفًا ٦

Maka, boleh jadi engkau (Nabi Muhammad) akan mencelakakan dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Qur’an).

اِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْاَرْضِ زِيْنَةً لَّهَا لِنَبْلُوَهُمْ اَيُّهُمْ اَحْسَنُ عَمَلًا ٧

Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di atas bumi sebagai perhiasan baginya agar Kami menguji mereka siapakah di antaranya yang lebih baik perbuatannya.

وَاِنَّا لَجٰعِلُوْنَ مَا عَلَيْهَا صَعِيْدًا جُرُزًاۗ ٨

Kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya sebagai tanah yang tandus lagi kering.

اَمْ حَسِبْتَ اَنَّ اَصْحٰبَ الْكَهْفِ وَالرَّقِيْمِ كَانُوْا مِنْ اٰيٰتِنَا عَجَبًا ٩

Apakah engkau mengira bahwa sesungguhnya para penghuni gua dan (yang mempunyai) raqīm443) benar-benar merupakan keajaiban di antara tanda-tanda (kebesaran) Kami?

443) Sebagian mufasir memahami raqīm sebagai nama anjing dan sebagian yang lain menafsirkannya sebagai batu prasasti berisi catatan tentang agama tauhid atau nama-nama mereka.

اِذْ اَوَى الْفِتْيَةُ اِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوْا رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا ١٠

Idz awal fityatu ilal kahfi faqolu robbana atina milladunka rohmatan wahayyi' lana min amrina rosyada

(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu berdoa, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu dan mudahkanlah bagi kami petunjuk untuk segala urusan kami.”

Baca Juga : Barakallah Fii Umrik Fii Ilmi Fii Rizki

Robbana Atina Milladunka Rohmatan Wahayyi Lana Min Amrina Rosyada Artinya

Robbana atina milladunka rohmatan wahayyi lana min amrina rosyada adalah doa yang diucapkan ashabul kahfi ketika berlindung didalam gua. Untuk mengetahui doa ini marilah ketahui dahulu i'rob dan tulisan arab robbana atina milladunka rohmatan.

Menurut terjemah kemenag RI arti dari robbana atina milladunka rohmatan wahayyi lana min amrina rosyada artinya : Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu dan mudahkanlah bagi kami petunjuk untuk segala urusan kami.”

Setelah mengetahui arti robbana atina milladunka rohmatan wahayyi lana min amrina rosyada, alangkah baiknya kita juga mengetahui artinya per ayat dan juga pembahasan mengenai i'robnya :

Robbana artinya Ya Allah

Atina merupakan fiil amar dari fiil madhi tsulatsi mazid biharfin Aata maka ditemukanlah fiil amar yang berbunyi aati sedangkan dhomir na merupakan dhomir muttasil mahal nashob berlaku menjadi maful bih. Aatina artinya anugrahkanlah kepada kami

Miiladunka, min merupakan huruf jar sedangkan ladun sedangkan dhomir ka adalah dhomir muttasilmahal jar berkedudukan sebagai mudhof ilaih. Milladunka artinya dari sisi-Mu

Rahmatan, berkedudukan sebagai mahuf bih maka dibaca nashob alamat nashobnya adalah fathat. rahmatan artinya rahmat

Wahayyi', wawu adalah huruf athof. hayyi' athof kepada m'thuf alaih aatina. hayyi adalah fiil amar ikut wazan fa'il berasal dari madi hayya'a yang ikut wazan fa'aala. hayyi' artinya mudahkanlah. Jadi wahayyi' artinya dan mudahkanlah.

Lana, lam adalah huruf jar mempunyai arti untuk dhomir na merupakan dhomir muttasil mahal jar berkedudukan sebagai mudhof ilaih. Lana artinya Untuk (bagi) kami

Min amrina, min merupakan huruf jar. Amrina dibaca jar karena dijerkan oleh min, alamat jarnya adalah kasrah sedangkan dhomir na bekedudukan sebagai mudhof ilaih. Min amrina artinya dari segala urusan kami

Rosyada, merupakan maful bih alamat nashobnya adalah fathah. Didalam ayat ini rodyadan berharakat fathah tanwin dan dalam keadaan waqof maka dibaca rosyada yang merupakan bacaan mad iwad. Rosyada artinya petunjuk.

Demikianlah pembahasan kami mengenai robbana atina milladunka rohmatan wahayyi lana min amrina rosyada artinya dan tulisan arab beserta ayat lengkapnya semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment