Teks Sholawat Fatih Yang Asli, Arab Latin dan Artinya

Sholawat fatih yang asli dikenal milik syekh Ahmad Tijani. Benarkah demikian? Bagaimana asal usul sholawat fatih itu sendiri sehingga sholawat ini dikenal sebagai rajanya sholawat. Sedangkan sholawat sulthon yang memiliki arti sholawat raja bukanlah rajanya sholawat.

Di Indonesia, banyak orang yang mengamalkan bacaan sholawat seperti sholawat nariyah, sholawat syifa, tak terkecuali shalawat fatih tijani. Sebenarnya apa khasiat sholawat fatih sehingga ada yang mengamalkannya untuk kekayaan, dibaca 11x dan lain sebagainya?

Pada artikel kali ini akan dibahas tentang asal usul sholawat al fatih yang asli, bacaan arab latin dan artinya juga doa sesudah membaca sholawat fatih.

Mari kita simak bersama.

Table of Contents

Sholawat Fatih Yang Asli

Sholawat fatih yang asli dan artinya
Sholawat fatih yang asli latin dan artinya

Terdapat perbedaaan pendapat tentang siapa pengarang sholawat fatih yang asli. Ketahuilah bahwa sholawat fatih yang asli karya Syekh muhammad syamsuddin bin abil hasan al bakri radliyallahu anhuma.

Adapun syekh at-tijani adalah yang memasyhurkan sholawat ini dikenal dengan sholawat fatih tijani (sholawat fatih syekh ahmad tijani), dikarenakan beliau selain mengambil dari sayyid al bakri beliau juga mendapat piwulang dari Rasulullah SAW bahkan dalam kitab dijelaskan rasulullah banyak menjelaskan tentang keaguangan (khasiat) sholawat ini kepada sayyidi abul abbas at-tijahi rahimahullah.

Diceritakan dalam kitab jawahirul ma'ani, Syeikh attijani berkata : Telah menceritakan kepadaku baginda Agung Rasullah SAW dalam keadaan terjaga (sadar). Ketahuilah Syekh At-jinani bahwasanya sholawat fatih bukan karangan syekh syamsuddin al bakri tetapi sayyid al bakri bertawajjuh kepada Allah, memohon kepada Allah riyadhoh dizaman yang sangat lama, yang mana sholawat yang sayyid bakri kepada Allah meliputi pahala seluruh sholawat yang dibaca oleh makhluk, dan sebuah sholawat yang meliputi rahasia semua sholawat.

Artikel Terkait :

Kata ba'dhul masyakhikh kurang lebih 16 tahun beliau munajat kepada Allah, setelah penantian lama ini lalu Allah mengabulkan doa sayyid Albakri ini, maka datanglah malaikat ditugaskan Allah menjumpai sayyid  Al bakri membawa sholawat Al fatih ini ditulis dalam lempengan cahaya, disampaikan diberikan kepada sayyid muhammad syamsuddin bin abil hasan al bakri RA.

Itulah piwulang Rasulullah SAW yang disampaikan kepada sayyidi ahmad Attijani tentang sholawat fatih lima ughliqa.

Inilah teks sholawat fatih yang asli :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ، الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Sholawat Fatih 41x

Ada banyak manfaat atau khasiat yang didapat dari membaca atau mengamalkan sholawat fatih,

Untuk keagungan sholawat al fatih jangan gunakan akal kita, tetapi gunakan keimanan akan fadholnya Allah SAW,  adapun khasiat sholawat fatih antara lain :

  • Membaca sholawat fatih 1x pahalanya sama dengan 6.000 dzikirnya hewan dan makhluk yang tidak bernyawa
  • Sebanding dengan pahala membaca 600.000 sholawat yang lain.
  • Siapa orang yang membaca  sholawat fatih 1x maka dia berhak mendapat syafaat rasulullah SAW, andaikan dia membacanya dengan ikhlas dengan penuh keyakinan maka hak untuk dia nanti di akhirat mendapat syafaat Rasulullah SAW hanya dengan membaca 1x itu faidahnya.
  • Orang yang mendawamkan  membaca sholawat fatih  setiap hari atau malam 100x, maka orang tersebut oleh Allah akan dibukakan hijab, akan di kasih berbagaimacam cahaya, akan dikabulkan berbagai macam hajatnya oleh Allah
  • Sehingga kata sebagian guru-guru : sholawat fatih ini bisa dijadikan wasilah agar kita mendapat pertolongan Allah, ingin cepet bayar hutang, ingin qobul segala macam hajat, ingin usaha lancar, tercapai cita-cita. perusahaan berkembang dengan penuh barokah., maka kata sebagian masyayikh Sesuatu hajat yang khusus hendaknya mendawamkan sholawat fatih ini setiap malam minimal 100x syukur-syukur dibaca sampai 444x usahakan kalau mampu sampai 41x.
Sebelum mengamalkan nya kita hadroh (tawassul) dulu kepada :
  1. Nabi Muhammad SAW
  2. Sayyidi Muhammad Syamsuddin Al bakri
  3. Sayyidi Abil Abbas At tijani
  4. Seluruh orang yang mengamalkan membaca sholawat al-fatih
Kemudian kita memulai membaca sholawat fatih 100x syukur-syukur sampai 444x kata guru yang mengijazahkan.

Ijazah Sholawat Fatih dari Habib Lutfi

Membaca sholawat fatih 41x sehabis maghrib dan subuh. silahkan diamalkan saja diawali dengan sholat hajat, sholawat fatih ini bisa untuk niat apa saja dan hajat apa saja.

Dalam kitab kasyful hijab Adapaun membaca sholawat fatih sebanyak 100x dimalam jumat setelah kebanyakan orang sudah tertidur pahalanya dapat menjadi penebus dosa kecil sebanyak 400 tahun, andaikan umur kita tidak sampai 400 tahun akan dimasukan dalam buku  kebaikan kita.

Fadhilah Sholawat Fatih 100x

Diatas sudah diterangkan tentang banyaknya fadilah yang didapat dari pengamalan sholawat fatih, maka akan kami sajikan lagi beberapa keutamaan sholawat fatih yang lain :
  • Barang siapa membaca sholawat fatih 1x tidak akan masuk neraka
  • Memebaca sholawat fatih 1x seperti membaca sholawat 10.000 ada yang bilang 600.000
  • Barang siapa yang melanggengkan membaca sholawat ini selama 40 hariMaka Allah menerima taubatnya orang tersebut dari semua dosanya.
  • Barang siapa yang membaca sebanyak 1000 kali pada malam kamis, atau Jumat atau senin. akan bermimpi bertemu Nabi Muhammad SAW.
Tata caranya :
Sholat sunnah 4 rakaat. Setiap 2 rakaat salam. Rakaat pertama sesudah surat Al-fatihah membaca surat Inna Anzalna ( Al- Qodr ), Rakaat kedua sesudah surat Alfatihah membaca surat Idza Zulzilatil ( Az- Zalzalah ) kemudian rakaat ketiga sesudah surat Al- Fatihah membaca surat Al- Kafiru dan rakaat ke empat sesudah surat Al- Fatihah membaca surat muawwidzatain . Kemudian setelah salam membaca sholawat faith 1000 kali.dan ketika membaca supaya dikukusi dengan kemenyan.
Seyogyanya bagi para pelajar supaya mewiridkan sholawat ini dibaca 100x dalam sehari, karena orang-orang Arif banyak yang menerangkan jika sholawat ini mengandung rahasia-rahasia dan keanehan-keanehan yang membingungkan akal dan barang siapa melanggengkan (mengistiqomahkan) membaca sholawat faith sehari sebanyak 100x maka akan dibuka penghalang yang menutupi hati dan akal memperoleh bermacam ilmu dan terpenuhinya semua hajat, yang tidak  ada yang melihat keculai Allah.

Bacaan Sholawat Fatih Yang Asli Arab Latin

Bacaan sholawat fatih yang asli untuk mendapat syafaat Rasulullah SAW, bukan hanya itu saja tadi diatas kami sudah menjelaskan beberapa khasiatanya.

Baca Juga : Sholawat Nabi Muhammad SAW Terbaik dan Terindah

Al Fatih artinya pembuka. Jika kita mengacu kepada tatanan bahasa arab Al fatih merupakan shighot isim fa'ail dari fiil madhi fataha, yang dimana al-fatih mempunyai arti orang yang membuka. 

Adapun bunyi bacaannya, berikut adalah tulisan sholawat fatih dan lafadznya :

Sholawat Fatih Arab :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ، الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Sholawat Fatih Latin :

Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammadin alfatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo naashiril haqqi bil haqqi wal haadi ilaa sirothokal mustaqiem wa 'ala alihi haqqa qadrihi wamiqdarihil 'adhim.

Artinya :

Ya Allah, tambahkan lah rahmat ta'dzim kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW yang membuka apa yang tertutup yang mengakhiri apa yang terdahulu penolong kebenaran dengan kebenaran yang memberi petunjuk kearah jalan yang lurus dan kepada keluarganya, kawalan haq keagungannya dan derajatnya yang agung.,

Cara Mengamalkan Sholawat Fatih

Dalam pengamalan sholawat fatih waktunya tidak ditentukan, tapi untuk mendapatkan khasiat tententu harus sesuai dengan ijazah atau pengamalan yang berlaku, seperti 
  • pengamalan sholawat fatih 41x dilakukan sehabis maghrib dan subuh
  • 100x dalam sehari boleh malam boleh siang
  • pengamalan 1000x pada malam kamis, jum'at atau senin
  • pengamalan 100x atau sampai 444x dilakukan pada malam hari
Dan coba anda cermati kembali dalam pembahasan fadhilah atau manfaat sholawat fatih sehingga anda akan menumakan bagaimana cara mengamalkannya dengan benar.

Doa Sesudah Membaca Sholawat Fatih

Melansir dari halaman yayasan al mu'afah, diajarkan sebuah doa setelah mengamalkan (membaca) sholawat al fatih, begini redaksi doanya.

Doa Sholawat Fatih Arab

ربِّ بأسرارِ صلأة الفَاتحِ # وباالنّبيّ والتّجاني الصّالحِ

فامنن بغفرانٍ وبالرّضوانِ # ونظرةٍ من سيّد الأكوانِيْ

ورزقنا طول عمرٍ بالمديدِ # وزدنا طاعة وعيش الراغدِ

وهب لنَا بذرّيّاتٍ طيّبة # وادفعْ عنّا كلّ الأذي والمصيبة

واشفنا والمرضي شفاءً عاجلاً # عليناً وإيّاهمْ لطفاً شاملأً

يا ربِّ بالفَتحِ فافتحْ لي بهاَ # وبالخَاتمِ إختم لى بسرّ سرّها

وبالنّاصر انصرني علي كلّ العدا #وبالهادي فاهدني لأَقوام الهُدى

آمين آمين استجب دعائيْ # بخير أهلِ الأرض والسّماءِ 

محمّدن المصطفى الأوّاه # عليهِ والألِ صلاة الله

وبأبي الفيضِ التّجاني أحمدا # عليه سحب الرّحمات أبداً 

Doa Sesudah Membaca Sholawat Fatin Latin

Rabbi biasraari sholatil fatihi, wabinnabiyyi wattijanis sholihi

famnun bighufroninn wabirridwani, wanadratin min sayyidil akwani

warzuqna thula umri bil madidi, wazidna thaatan wa'aisyar raghidi

wahab lana bidzurriyyatin thayyibah, wadfa' 'anna kullal adza wal musibah

wasyfina walmardho syifaa' 'ajilan, 'alaina waiyyahum lutfan syamilan

ya rabbi bil fathi faftah lii biha, wabil khotimi ikhtim lii bisirri sirriha

wabinnashiri unsurni 'ala kullil 'idaa, wabil hadii fahdini liaqwamil huda

Aamin Aamin istajib dua'i bi khoiri ahlil ardhi wassamai

muhammadinil musthofal awwahi, 'alaihi wal aali sholatullah

wabiabil faidhi at-tijani ahmada, 'alaihi sihbur rahamati abada. 

Terjemah Doa Setelah Membaca Sholawat Fatih

Ya Allah, dengan aneka rahasia sholawat al fatih dan denagn pangkat nabi Muhammad dan pangkat sayyid  Ahmad At-tijani yang sholeh.

Berikanlah kami karunia berupa ampunan dan keridhoan-Mu serta kesempatan memandang nabi Muhammad pemimpin alam semesta.

Panjangkanlah umur kami tambahkanlah perbuatan taat dan berikan kami kehidupan yang nyaman (penuh kenikmatan).

Anugerahkanlah kami keturunan yang baik dan hindarkanlah kami dari segala yang menyusahkan dan musibah.

Sembuhkanlah penyakit kami dan penyakit orang sakit diantara kami dengan kesembuhan yang segera, semoga kami dan mereka juga mendapat kelembutanmu yang menyeluruh.

Ya Allah, dengan pangkat al-fatih maka bukakanlah kepadaku rahasianya. Denagn pangkat Al Khatim (yang menjadi penutup) yakni Nabi Muhammad, akhirilah hidupku dengan kebaikan sebab mendapat keberkahan rahasia-rahasianya.

Dengan kemuliyaan al nashir (yang menolong) yakni Nabi Muhammad, berikanlah aku pertolonganmu atas segala kejahatan musuh-musuh. Dengan kemuliyaaan Al Hadi (yang menunjukan) yakni Nabi Muhammad, berikanlah aku petunjuk kepada kaum yang mendapat petunjuk.

Terimalah-terimalah dan kabulkanlah doa-doaku dengan pangkat sebaik-baik makhluk yang menghuni langit dan bumi.

Yaitu Nabi Muhammad yang terpilih dan yang selalu memohon kepada Allah. Semoga sholawat Allah selalu tercurah kepada beliau dan keluarganya.

Dan dengan pangkat sayyid Ahmad Al-tijani yang mendapat julukan sebagai bapak yang mendapat limpahan karunia dari Allah, semoga beliau mendapat curahan kasih sayang Allah selamanya.

Demikian penjelasan mengenai sholawat fatih yang asli dan artinya beserta manfaat dan cara pengamalannya, semoga membawa banyak manfaat untuk para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

2 comments

  1. Terima kasih atas penjelasannya,jadi tau asal usul sholawat Fatih yang asli
  2. Qobiltu