Bismillah Dalam Bahasa Arab : Rahasia 19 Huruf Bismillah

Bismillah Dalam Bahasa Arab, Rahasia 19 Huruf Bismillah. Didalam kitab Fathul Muin dijelaskan bahwa lafadz Al Ismu ( ُالإِسم ) merupakan pecahan dari lafadz sumuwwun (سُموٌّ) yang memiliki arti luhur. Sedangkan lafadz Allah merupakan sebutan untuk dzat yang wajib adanya. asal dari lafadz Allah adalah ilahun (إلهٌ ) yaitu isim jinis untuk setiap yang disembah, kemudian di makrifatkan dengan al (ال) dan hamzahnya di buang. kemudian digunakan untuk dzat yang disembah dengan haq.

Allah merupakan nama yang paling agung menurut kebanyakan ulama' dan tidak ada nama tersebut digunakan kecuali hanya untuk Allah SWT. lafadz Arrahman dan Arrahim keduanya merupakan isim sifat musyabbihat dari lafadz rahima ( رَحِمَ ). Arrahman ( الرّحمن ) mempunyai makna yang lebih luas daripada ar-rahim (الرّحيم.) Arrahman merupakan kasih sayang Allah bagi semua makhluknya di dunia dan akhirat sedangkan ar-rahim kasih sayang Allah di akhirat khusus untuk hambanya yang beriman.

Bismillah Dalam Bahasa Arab : Rahasia 19 Huruf Bismillah
bismillah dalam bahasa arab

Pemahaman kaum muslimin, huruf-huruf didalam al-Quran tidak hanya memiliki makna harfiah, seperti yang dipahami Mutakallimin dan para fuqoha’, tetapi juga memiliki “kekuatan magis” yang bisa digali untuk kesejahteraan umat manusia.

Kepercayaan akan “kekuatan magis” itu tercermin dari keyakinan adanya ilmu yang membahas Asrar huruf Al-quran ( rahasia huruf-huruf Al-Quran ).

Ilmu ini ditekuni oleh ahli sufi. Pada perkembangan selanjutnya ilmu tersebut dikenal dengan nama ilmu hikmah, yaitu ilmu yang membahas atau membicarakan rahasia dan kegunaan huruf, ayat dan surat didalam Al-Quran dengan cara tertentu untuk mencapai tujuan tertentu.

Kitab Rahasia Bismillah

Ketahuilah kalian semua. Jika basmalah itu ketika diturunkan maka Arsy bergetar dan malaikat zabaniah yaitu malaikat yang dipasrahi neraka yang jumlahnya ada 19 sama dengan banyaknya huruf basmalah. 

Malaikat zabaniah berkata : tidak akan masuk neraka orang yang memperbanyak membaca Bismillahir Rahmanir Rahim. Dan ketahuilah kalian semua jika basmalah itu banyak barakahnya. Barang siapa yang memperbanyak membaca basmalah maka akan hasil apa yang dicita-citakan. 

Fadhilah Bismillah 1000x

Diceritakan ada sebagian ulama menderita sakit parah sehingga para dokter tidak sanggup mengobati , kemudian sebagian ulama tadi berfikir tentang fadhilah ( keutamaan ) membaca basmalah.

Kemudian memperbanyak membaca  Bismillahir Rahmanir Rahim tanpa bisa dihitung. Kemudian dengan izin Allah sebagian ulama tersebut diberi kesehatan lantaran barakahnya membaca Basmalah. 

Dinukil dari sebagian orang-orang sholih : barang siapa yang membaca Bismillahir Rahmanir Rahim sebanyak 12.000 dan membaca sholawat atas nabi Muhammad SAW kemudian minta kepada Allah SWT apa yang menjadi hajatnya

baca juga : Memilih Ilmu Dalam Agama Islam Didalam Kitab Ta'limul Muta'allim

Kunci Rahasia Bismillah

Diceritakan dari sahabat Abdullah bin Umar Radiyallahu Anhuma , beliau Sahabat Abdullah bin Umar berkata yang maksudnya seperti ini : Barang siapa mempunyai hajat kepada Allah, maka hendaklah berpuasa pada hari rabu, kamis, jum’at. 

Kemudian ketika telah tiba hari jumat makahendaklah mandi Sunnah Jumat .seperti ini niatnya : Nawaitu Ghuslal Jumati Sunnatan Lillahi Taala ( Aku niat mandi Kesunahan Jumat karena Allah SWT ). Kemudian berangkat ke masjid jami’ dan bersedekah semampunya. Dan ketika sudah melaksanakan sholat jumat maka membaca doa ini :

اللهمّ إنّي أسألك باسمك الرحمن الرحيم الله لآاله إلاّ هو الحي القيّوم لا تأخذه سِنَةٌ ولا نوم ...( إلى أخر اية ) الذي عنت له الوجوه وخشعت له الاصواتى ووجِلَتْ القلوب من خشيته اسألك أن تصلّى وتسلّمم على سيّدنا محمّد وآله وصحبه وأن تقضى حاجتى ...

( disebut hajat atau keinginan nya )

Dan barang siapa membaca Bismillahir Rahmanir Rahim sebanyak 300 kali dan membaca sholawat nabi sebanyak 300 kali ketika terbitnya matahari dan menghadap matrahari tersebut maka orang tersebut akan diberikan riski oleh Allah SWT yang tidak diduga-duga dan orang tersebut belum sampai 1 tahun akan diberikan kekayaan yang sempurna. Insya Allah ( jika Allah menghendaki ).

Wallahu A’lam ( hanya Allah yang maha mengetahui )

baca juga : Ayat Yang Menunjukkan Bahwa Syetan Itu Musuh Manusia Adalah : 10 Teman Iblis

Rahasia 19 huruf Bismillah

Dan ketahuilah, Jika kitab-kitab yang diturunkan Allah SWT kepada para Nabi berjumlah 104 kitab. Yang 60 kitab diturunkan kepada Nabi Syists ( berupa suhuf ) ang 30 diturunkan kepada Nabi Ibrahim ( berupa suhuf ) yang 10 ( berupa suhuf ) diturunkan kepada Nabi Musa sebelum kitab Taurat. Kemudian Kitab Taurat, Kitab Injil, Kitab Zabur dan Kitab Al-Quran. Adapun makna dari keseluruhan kitab tersebut ( yang berjumlah 104 ) terangkum dalam Al-Quran. Dan maknanya Al-Quran terangkum dalam Al-Fatihah dan makna al-Fatihah terangkum dalam Basmalah dan makna Basmalah terangkum dalam huruf Ba’ lafadz Basmalah dan maknanya Ba’ yaitu

بي كان ما كان و بي يكون ما يكون

Sebab Aku ( Allah SWT ) terciptanya sesuatu yang sudah tercipta dan sebab Aku ( Allah SWT ) akan terciptanya sesuatu yang akan tercipta.

Dan Nuqthoh nya Ba’ itu mengisyaratkan Kepada Wahdah yaitu sendirinya Allah didalam dzat, sifat dan perbuatan-Nya.

قاله الشفى رحمه الله في تفسيره. والله أعلم.

Dikutip dari kitab maslakun najah terjemah kitab Sulam Al Munajah karya Kiai Ahmad Subki Masyhadi Sampangan Pekalongan, mengutip dari kitab Syamsul Maarif.

Khasiat Bismillah 19 Kali

Al Habib Ahmad Masyhur bin Thaha al Haddad pernah berkata : Ketika kamu memiliki sebuah urusan, maka bacalah Bismillahir Rahmanir Rahiim sebanyak 19 kali. Rahasia Al Quran ada di surat Al Fatihah. Rahasia Surat Al Fatihah ada dalam Basmalah, Rahasia Bismillah ada dalam huruf ba' nya Bismillahir Rahmanir Rahiim. dan hal ini saya sudah mencobanya dan dikabulkan oleh Allah

Setelah mengetahui rahasia bismalah yang jarang orang tahu, rahasia ba' pada bismillah, rahasia bismillah, semoga kita tidak selalu merasa puas dengan ilmu yang kita miliki dan selalu belajar agama untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kita
Santri Indonesia. Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment