Tulisan Bismillah Dalam Bahasa Arab Latin dan Artinya Yang Benar

Hampir semua kitab-kitab karya Ulama besar  pada bagian pembuka diawali dengan tulisan bismillahir rahmanir rahim dalam bahasa arab. Al Quranul karim yang notabene kitab suci umat muslim disemua bagian awal surat kecuali surat at taubah diawali dengan tulisan bismillahir rohmanir rohim.

Begitu pentingnya bacaan basmalah untuk dilibatkan dalam segala sesuatu, baik hal kecil maupun hal besar karena dalam penyebutan bismillah atau dalam penulisannya untuk memulai sesuatu hal maka secara sadar kita mengharap kepada Allah agar diberikan keberkahan dalam menjalankan suatu perkara yang sedang kita kerjakan.

Dalam artikel ini kami akan jelaskan tulisan bismillahirrahmanir rahim dalam bahasa arab secara ilmu nahwu dan ilmu qiraat(bacaan tajwid) dan juga arti dari bismillah yang benar.

Table of Contents

Tulisan Bismillah Dalam Bahasa Arab

Gambar bismillah dalam bahasa Arab
gambar bismillah dalam bahasa arab

Setiap orang muslim tentunya sudah pernah melihat atau bahkan sering menjumpai tulisan arab bismillah mulai dari tulisan dalam Al Quran, tulisan dalam kitab bahkan ada yang sampai menuliskannya dalam pesan WA.

Untuk mengingat kembali tulisan arab bismillah yang benar kami akan menuliskannya untuk anda beserta penjelasan tulisan per kata.

Kalimat bismillahir rahmanir rahim terdiri dari 5 kata, yaitu :

  • ب
  • إسم
  • الله
  • الرحمن
  • الرحيم

ب : Merupakan huruf jar berlaku mengejarkan isim

إسم : Isim mufrod dijarkan oleh huruf jar ba, maka dibaca jar. Alamat (tanda) jarnuya adalah kasrah dan juga berlaku sebagai mudhof.

الله : Lafadz jalalah dibaca jar karena menjadi mudhof ilaih dari mudhof lafadz إسم, alamat jarnya adalah kasrah.

الرحمن : Merupakan isim sifat musyabbihat, dibaca jar karena berlaku menjadi na'at. Alamat jarnya adalah kasrah.

الرحيم : Merupakan isim sifat musyabbihat, dibaca jar karena berlaku menjadi na'at. Alamat jarnya adalah kasrah.

Baca Juga : Bismillahi Majreha Wa Mursaha Arab dan Artinya

Cara penulisan bismillah dalam bahasa arab ada 2 cara, Yang pertama dengan penulisan arab gundul(tanpa harakat) dan yang kedua dengan tulisan berharakat.

Tulisan bismillahir rahmanir rahim berharakat dalam bahasa arab dapat ditulis menjadi 9 macam bacaan :

  1. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
  2. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنِ الرَّحِيْمَ
  3. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنِ الرَّحِيْمُ
  4. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنَ الرَّحِيْمِ
  5. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنَ الرَّحِيْمَ
  6. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنَ الرَّحِيْمُ
  7. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنُ الرَّحِيْمِ
  8. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنُ الرَّحِيْمَ
  9. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنُ الرَّحِيْمُ

Dari 9 macam bacaan tersebut dalam ilmu nahwu hanya 7 macam bacaan bismillah yang diperbolehkan, yaitu 

1. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Lafadz إسم dibaca jar karena dijarkan oleh huruf jar ب, Lafadz اللَّهِ dibaca jar karena menjadi mudhof ilaihnya إسم, Lafadz الرَّّحْمَنِ dan الرَّحِيْمِ keduanya berlaku sebagai naat dari lafadz اللَّهِ maka dibaca jar dengan tanda (alamat) kasrah.

Baca Juga: Tulisan Arab Shollu 'Alan Nabi Muhammad

2. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنِ الرَّحِيْمَ

Lafadz  الرَّّحْمَنِ dibaca jar karena menjadi naatnya lafadz  اللَّهِ, sedangkan الرَّحِيْمَ dibaca nashab karena berlaku sebagai maful bih dari fiil yang dibuang jika ditakdirkan bisa berupa أقصد.

3. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنِ الرَّحِيْمُ

Lafadz  الرَّّحْمَنِ dibaca jar karena menjadi naatnya lafadz  اللَّهِ, sedangkan الرَّحِيْمُ dibaca rofa karena menjadi khobar dari mubtada yang dibuang jika ditakdirkan berupa هو.

4. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنَ الرَّحِيْمَ

Lafadz الرَّّحْمَنَ dibaca nashab karena menjadi maful bih dari fiil yang dibuang jika ditakdirkan bisa berupa أقصد, sedangkan الرَّحِيْمَ dibaca nashab dengan tanda fathah karena menjadi naat dari man'ut berupa الرَّّحْمَنَ.

5. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنَ الرَّحِيْمُ

Lafadz الرَّّحْمَنَ dibaca nashab karena menjadi maful bih dari fiil yang dibuang jika ditakdirkan bisa berupa أقصد, sedangkan الرَّحِيْمُ dibaca rofa dengan alamat dhommah karena menjadi khobar dari mubtada yang terbuang, jika ditakdirkan berupa هو.

6. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنُ الرَّحِيْمَ

Lafadz الرَّّحْمَنُ dibaca rofa dengan alamat dhommah karena menjadi khobar dari mubtada yang terbuang, jika ditakdirkan berupa هو, sedangkan الرَّحِيْمَ dibaca jar karena menjadi maful bih dari fiil yang dibuang jika ditakdirkan bisa berupa أقصد.

7. بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنُ الرَّحِيْمُ

Lafadz الرَّّحْمَنُ dibaca rofa dengan alamat dhommah karena menjadi khobar dari mubtada yang terbuang, jika ditakdirkan berupa هو, sedangkan الرَّحِيْمُ dibaca rofa dengan tanda dhommah karena menjadi naatnya lafadz الرَّّحْمَنُ.

Ada 2 bacaan bismillah yang tidak boleh dibaca dalam ilmu nahwu yaitu :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنُ الرَّحِيْمِ

بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنَ الرَّحِيْمِ

Kenapa keduanya bacaan tersebut tidak boleh? Karena dalam bacaan بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنُ الرَّحِيْمِ dan بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنَ الرَّحِيْمِ lafadz الرَّحِيْمِ berlaku sebagai naat dari lafadz jalalah اللَّهِ, sedangkan posisi lafadz الرَّحِيْمِ yang berlaku sebagai naat terhalang oleh lafadz الرَّّحْمَنُ dan الرَّّحْمَنَ, dimana ada qaidah yang mengatakan :

Tabi' (ikut) setelah tercegah maka hukumnya ditolak

Dalam ilmu qiraat bacaan Al Quran, bacaan bismillah yang boleh dipakai hanya ada 1 yaitu بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنِ الرَّحِيْمِ (Bismillahirrahmanirrahim).

Tulisan bismillah dalam bahasa arab berupa arab gundul : بسم الله الرحمن الرحيم

Tulisan bismillah dalam bahasa arab berharakat : بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Tulisan Bismillah Arab Latin dan Artinya

Kaligrafi bismillah dalam bahasa arab
Kaligrafi bismillah dalam bahasa arab

Susunan lafadz bismillahirrahmanirrahim didahului oleh huruf jar berupa ba. Menurut qaidah i'rab huruf jar harus mempunyai mu'allaq berupa fiil atau lafadz yang mengandung artinya fiil. jadi lafadz بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنِ الرَّحِيْمِ jika ditakdirnya mu'allaqnya bisa berupa أألف atau أبتدء yang artinya Aku mengarang dengan menyebut asma Allah Arrahman Arrahim atau Aku memulai dengan menyebut asma Allah Arrahman Arrahim.

Baca Juga : Bismillahi Tawakkaltu Alallah La Haula Wala Quwwata illa Billah Arab dan Artinya

Didalam kitab Fathul Muin dijelaskan bahwa lafadz Al Ismu ( ُالإِسم ) merupakan pecahan dari lafadz sumuwwun (سُموٌّ) yang memiliki arti luhur. Sedangkan lafadz Allah merupakan sebutan untuk dzat yang wajib adanya. asal dari lafadz Allah adalah ilahun (إلهٌ ) yaitu isim jinis untuk setiap yang disembah, kemudian di makrifatkan dengan al (ال) dan hamzahnya di buang. kemudian digunakan untuk dzat yang disembah dengan haq.

Allah merupakan nama yang paling agung menurut kebanyakan ulama' dan tidak ada nama tersebut digunakan kecuali hanya untuk Allah SWT. lafadz Arrahman dan Arrahim keduanya merupakan isim sifat musyabbihat dari lafadz rahima ( رَحِمَ ). Arrahman ( الرّحمن ) mempunyai makna yang lebih luas daripada ar-rahim (الرّحيم.) Arrahman merupakan kasih sayang Allah bagi semua makhluknya di dunia dan akhirat sedangkan ar-rahim kasih sayang Allah di akhirat khusus untuk hambanya yang beriman.

Tulisan arab bismillah latin dan artinya adalah sebagai berikut :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Latin : Bismillahir rahmanir rahim

Artinya : (Aku memulai) dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih (didunia dan akhirat) dan maha penyayang (diakhirat khusus untuk orang mukmin).

Pelajari Juga : Audzubillahiminasyaitonirojim Bismillahirohmanirohim

Rahasia 19 huruf Bismillah

Ketahuilah kalian semua. Jika basmalah itu ketika diturunkan maka Arsy bergetar dan malaikat zabaniah yaitu malaikat yang dipasrahi neraka yang jumlahnya ada 19 sama dengan banyaknya huruf basmalah. 

Malaikat zabaniah berkata : tidak akan masuk neraka orang yang memperbanyak membaca Bismillahir Rahmanir Rahim. Dan ketahuilah kalian semua jika basmalah itu banyak barakahnya. Barang siapa yang memperbanyak membaca basmalah maka akan hasil apa yang dicita-citakan. 

Pemahaman kaum muslimin, huruf-huruf didalam al-Quran tidak hanya memiliki makna harfiah, seperti yang dipahami Mutakallimin dan para fuqoha’, tetapi juga memiliki “kekuatan magis” yang bisa digali untuk kesejahteraan umat manusia.

Kepercayaan akan “kekuatan magis” itu tercermin dari keyakinan adanya ilmu yang membahas Asrar huruf Al-quran ( rahasia huruf-huruf Al-Quran ).

Ilmu ini ditekuni oleh ahli sufi. Pada perkembangan selanjutnya ilmu tersebut dikenal dengan nama ilmu hikmah, yaitu ilmu yang membahas atau membicarakan rahasia dan kegunaan huruf, ayat dan surat didalam Al-Quran dengan cara tertentu untuk mencapai tujuan tertentu.

Dan ketahuilah, Jika kitab-kitab yang diturunkan Allah SWT kepada para Nabi berjumlah 104 kitab. Yang 60 kitab diturunkan kepada Nabi Syists ( berupa suhuf ) ang 30 diturunkan kepada Nabi Ibrahim ( berupa suhuf ) yang 10 ( berupa suhuf ) diturunkan kepada Nabi Musa sebelum kitab Taurat. Kemudian Kitab Taurat, Kitab Injil, Kitab Zabur dan Kitab Al-Quran. Adapun makna dari keseluruhan kitab tersebut ( yang berjumlah 104 ) terangkum dalam Al-Quran. Dan maknanya Al-Quran terangkum dalam Al-Fatihah dan makna al-Fatihah terangkum dalam Basmalah dan makna Basmalah terangkum dalam huruf Ba’ lafadz Basmalah dan maknanya Ba’ yaitu :

بي كان ما كان و بي يكون ما يكون

Sebab Aku ( Allah SWT ) terciptanya sesuatu yang sudah tercipta dan sebab Aku ( Allah SWT ) akan terciptanya sesuatu yang akan tercipta.

Dan Nuqthoh nya Ba’ itu mengisyaratkan Kepada Wahdah yaitu sendirinya Allah didalam dzat, sifat dan perbuatan-Nya.

قاله الشفى رحمه الله في تفسيره. والله أعلم.

Dikutip dari kitab maslakun najah terjemah kitab Sulam Al Munajah karya Kiai Ahmad Subki Masyhadi Sampangan Pekalongan, mengutip dari kitab Syamsul Maarif.

Al Habib Ahmad Masyhur bin Thaha al Haddad pernah berkata : 

Ketika kamu memiliki sebuah urusan, maka bacalah Bismillahir Rahmanir Rahiim sebanyak 19 kali. Rahasia Al Quran ada di surat Al Fatihah. Rahasia Surat Al Fatihah ada dalam Basmalah, Rahasia Bismillah ada dalam huruf ba' nya Bismillahir Rahmanir Rahiim. dan hal ini saya sudah mencobanya dan dikabulkan oleh Allah.

Kunci Rahasia Bismillah

Diceritakan dari sahabat Abdullah bin Umar Radiyallahu Anhuma , beliau Sahabat Abdullah bin Umar berkata yang maksudnya seperti ini : Barang siapa mempunyai hajat kepada Allah, maka hendaklah berpuasa pada hari rabu, kamis, jum’at. 

Kemudian ketika telah tiba hari jumat makahendaklah mandi Sunnah Jumat .seperti ini niatnya : Nawaitu Ghuslal Jumati Sunnatan Lillahi Taala ( Aku niat mandi Kesunahan Jumat karena Allah SWT ). Kemudian berangkat ke masjid jami’ dan bersedekah semampunya. Dan ketika sudah melaksanakan sholat jumat maka membaca doa ini :

اللهمّ إنّي أسألك باسمك الرحمن الرحيم الله لآاله إلاّ هو الحي القيّوم لا تأخذه سِنَةٌ ولا نوم ...( إلى أخر اية ) الذي عنت له الوجوه وخشعت له الاصواتى ووجِلَتْ القلوب من خشيته اسألك أن تصلّى وتسلّمم على سيّدنا محمّد وآله وصحبه وأن تقضى حاجتى ...

( disebut hajat atau keinginan nya )

Dan barang siapa membaca Bismillahir Rahmanir Rahim sebanyak 300 kali dan membaca sholawat nabi sebanyak 300 kali ketika terbitnya matahari dan menghadap matrahari tersebut maka orang tersebut akan diberikan riski oleh Allah SWT yang tidak diduga-duga dan orang tersebut belum sampai 1 tahun akan diberikan kekayaan yang sempurna. Insya Allah ( jika Allah menghendaki ).

Wallahu A’lam ( hanya Allah yang maha mengetahui )

Fadhilah Bismillah 1000x

Diceritakan ada sebagian ulama menderita sakit parah sehingga para dokter tidak sanggup mengobati , kemudian sebagian ulama tadi berfikir tentang fadhilah ( keutamaan ) membaca basmalah.

Kemudian memperbanyak membaca  Bismillahir Rahmanir Rahim tanpa bisa dihitung. Kemudian dengan izin Allah sebagian ulama tersebut diberi kesehatan lantaran barakahnya membaca Basmalah. 

Dinukil dari sebagian orang-orang sholih : barang siapa yang membaca Bismillahir Rahmanir Rahim sebanyak 12.000 dan membaca sholawat atas nabi Muhammad SAW kemudian minta kepada Allah SWT apa yang menjadi hajatnya.

Demikian pembahasan mengenai bismillah dalam bahasa arab dan artinya, semoga dapat menambah ilmu dan wawasan untuk para pembaca yang ingin mengetahui lebih dalam tentang arti bismillah dan tulisannya.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment