Bismillahi Majreha Wa Mursaha : Tulisan Arab dan Artinya

Bismillahi majreha wa mursaha adalah doa naik kapal atau kendaraan laut. Kenapa harus membaca doa naik perahu saat akan melakukan perjalanan dilaut? Hal ini dimaksudkan agar seseorang yang akan bepergian lewat jalur laut diberikan keamanan dan keselamatan oleh Allah sebab kita meminta perlindungan kepada Allah dengan perantara doa.

Allah SWT berfirman :

وَقَالَ ارْكَبُوْا فِيْهَا بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا

Artinya : Dia (Nuh) berkata, “Naiklah kamu semua ke dalamnya (bahtera) dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya.

Dalam kesempatan ini kami akan menjelaskan arti Bismillahi majreha wa mursaha dan tulisan arabnya yang terdapat dalam ayat Al quran beserta bacaan lainnya yang terkait doa bepergian ketika naik kapal.

Table of Contents

Bismillahi Majreha Wa Mursaha Arab

Tulisan Bismillahi majreha wa mursaha arab

Tulisan bismillahi majreha wa mursaha arab

Cara penulisan arab bismillahi majreha wa mursaha ada 2 yaitu dengan tulisan arab gundul dan arab berharakat.

Bismillahi majreha wamursaha terdiri dari 8 kata(kalimat), yaitu :

  • بِ
  • اسْمِ
  • اللّٰهِ
  • مَجْرٰ۪ى
  • هَا
  • وَ
  • مُرْسٰى
  • هَا

Ba : Merupakan huruf jar, berlaku untuk mengejarkan isim.

Ismi : Merupakan isim mufrod, dibaca jar karena dijarkan oleh ba. Tanda bacaan jarnya adalah kasrah.

Majreha : Tulisan arabnya مَجْرٰ۪ىهَا (majraha) tetapi karena bacaan imalah maka dibaca majreha. Majreha merupakan susunan idhofah dimana lafadz majra berlaku sebagai mudhof dan ha dhomir sebagai mudhof ilaih dan dibaca jar karena dijarkan oleh dzorof zaman yang terbuang.

Wa : wau merupakan huruf athof.

Mursaha : Merupakan sususnan idhofah, dimana lafadz mursa berlaku sebagai mudhof dan dhomir ha berlaku sebagai mudhof ilaih, dibaca jar karena dijarkan oleh dzorof zaman yang terbuang.

Baca Juga: Fabiayyi Alairabbikuma Tukadziban Arab

Tulisan arab gundul (tidak berharakat) bismillahi majreha wa mursaha adalah بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا sedangkan tulisan arab berharakat bismillahi majreha wa mursaha adalah بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا

Didalam Al Quran tulisan arab bismillahi majreha wa mursaha terdapat dalam Surat Hud Ayat 41 :

.وَقَالَ ارْكَبُوْا فِيْهَا بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا ۗاِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Latin : Waqolarkabu fiiha bismillahi majreha wamursaha. Inna rabbi laghafurur rahim.

Perlu dipahami dan diperhatikan, pada saat membaca ayat diatas dan sampai pada lafadz مَجْرٰ۪ىهَا harus dibaca majreha bukan majroha, walaupun pada dasarnya bacaan ra' berharakat fathah adalah dibaca "ro" bukan "re".

Kenapa dibaca majreha bukan majroha? Dibaca majreha karena bacaan tersebut termasuk bacaan imalah, maka cara membaca majreha adalah dengan cara di condongkan(di bengkokkan) berbunyi majreha bukan majroha.

Dalam ilmu nahwu bacaan imalah adalah jika ada alif jatuh diakhir kalimat, dimana alif tersebut merupakan ganti dari huruf ya, contohnya رَمَي (roma) dapat dibaca rome. Walaupun demikian didalam Al Quran tidak semua bacaan yang memenuhi syarat imalah dapat dibaca imalah, yang kami ketahui hanya ada 1 bacaan imalah dalam Al Quran yaitu bismillahi majreha wamursaha.

Baca Juga: Bismillahi Tawakkaltu Alallah La Haula Wala Quwwata Illa Billah Arab dan Artinya

Bismillahi Majreha Wa Mursaha Artinya

Bismillah majreha wamursaha artinya

Bismillah majreha wamursaha surat apa? 

Pada saat akan bepergian naik kapal atau kendaraan laut kita dianjurkan untuk membaca doa bismillahi majreha wa mursaha. Sebagaimana diterangkan Imam Nawawi dalam Kitab Al Adzkar Nawawi, sebagai berikut :

وروينا فى كتاب ابن السني عن الحسين بن على رضي الله عنهما قال : قال رسول الله صلّى الله عليه وسلّم : "أمان لأمتى من الغرق إذا ركبوا أن يقول ِ(بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا ۗاِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ) - (وَمَا قَدَرُوا اللّٰهَ حَقَّ قَدْرِه...) الأية (الزمر : 67)

Artinya : Diriwayatkan kepada kami didalam Kitab Ibnu Sinni dari Husain bin Ali Radhiyallahu 'Anhuma berkata : Rasulullah SAW bersabda : Aman dari tenggelam bagi umatku apabila membaca doa bismillahi majreha wamursaha. Inna rabbi laghafurur rahim - Wama qadarullaha haqqa qadrihi ...(Az- Zumar Ayat 67).

Baca Juga: Wakafa Billahi Syahida Artinya

Dari penjelasan diatas diketahui bahwa bacaan doa keselamatan pada saat naik kapal atau perahu agar aman dari tenggelam adalah :

بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا اِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ. وَمَا قَدَرُوا اللّٰهَ حَقَّ قَدْرِهٖ وَالْاَرْضُ جَمِيْعًا قَبْضَتُهٗ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَالسَّمٰوٰتُ مَطْوِيّٰتٌۢ بِيَمِيْنِهٖ سُبْحٰنَهٗ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

Latin : Bismillahi majreha wamursaha. Inna rabbi laghafururrahim. Wama qadarullaha haqqa qadrihi wal ardhu jami'an qabdhatuhu yaumal qiyamati wassamawatu mathwiyyatum biyaminih, subhanahu wata'ala 'amma yusyrikun.

Artinya : dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan waktu berlabuhnya (kapal). Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Mereka tidak mengagungkan Allah sebagaimana mestinya. Padahal, bumi seluruhnya (ada dalam) genggaman-Nya pada hari Kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya.664) Maha Suci dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan.

664) Ayat ini menggambarkan kebesaran dan kekuasanaa Allah SWT dan hanya dia yang berkuasa pada hari kiamat.

Bismillahi Majreha Wa Mursaha Surat Apa

Doa ketika akan naik kendaraan laut yang berbunyi bismillahi majreha wamursaha. Inna rabbi laghafurur rahim terdapat dalam Surat Hud Ayat 41 :

.وَقَالَ ارْكَبُوْا فِيْهَا بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا ۗاِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya : Dia (Nuh) berkata, “Naiklah kamu semua ke dalamnya (bahtera) dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya! Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Bismillahi majreha wa mursaha adalah doa yang diajarkan nabi muhammad agar aman dari tenggelam, dimana doa tersebut terdapat dalam surat hud ayat 41 dan disusul dengan doa yang terdapat dalam surat az-zumar ayat 67.

Majreha artinya waktu berlayarnya kapal, Dhomir ha yang terdapat dalam lafadz majreha kembalinya ke safinah yang artinya kapal. Sedangkan mursaha artinya waktu berlabuhnya kapal.

Demikian pembahasan mengenai bismillahi majreha wa mursaha arab dan artinya agar dapat dipahami dan dimengerti oleh para pembaca agar mendapatkan banyak manfaat dari mengamalkan doa tersebut.




Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment