10 Contoh Isim Alam : Dalam Al Quran, Kalimat beserta Artinya

Apa Saja Contoh Isim Alam ?

Contoh isim alam ada banyak, baik itu yang terdapat dalam kalimat ataupun didalam Al Quran. Sebelum mengetahui contoh isim alam alangkah baiknya kita mengetahui dulu apa itu isim alam.

Isim alam adalah isim yang mempunyai makna nyata secara mutlak. Maksudnya dalam mempunyai makna yang jelas tersebut tidak dibutuhkan embel-embel seperti nama setiap manusia contohnya : أحمد (ahmad), nama desa contohnya : قرن (qaranin), nama negara misalnya: إندونسي (Indonesia), لآحق (Lahiq) untuk nama kuda dan lain sebagainya.

Pada pembahasan kali ini akan dibahas contoh isim alam dalam alquran beserta suratnya dan contohnya dalam kalimat.

Table of Contents

Contoh Isim Alam Dalam Kalimat

Isim alam sendiri dibagi menjadi 3:
  1. Alam asma
  2. Alam Laqab
  3. Alam kunyah
Alam asma sudah kami jelaskan diatas seperti nama-nama manusia, desa, negara atau hewan contohnya : أحمد. Contoh alam asma dalam kalimat : جاء أحمد

Alam laqab adalah jika ada isim alam lafadznya mengandung pujian atau hinaan, maka dinamakan alam laqab. contohnya زين العابدين (perhiasannya orang-orang yang beribadah). lafadz zainul abidin merupakan lafadz yang berbentuk pujian maka dinamakan alam laqab. contoh kalimat isim alam berupa alam laqab sebagai berikut : جاء عليّ زين العابدين

Alam kunyah adalah isim alam yang didahului lafadz abun atau ummun. Contohnya ابو حفص (abu hafsin). Contoh kalimat isim alam berupa alam kunyah adalah sebagai berikut : جاء ابو حفص (bapaknya hafshoh datang).

Beberapa contoh kalimat isim alam untuk bahan pembelajaran antara lain :

  • جاء عليّ انف الناقة "ja a 'aliyyun anfun naqah" artinya : Ali yang berhidung panjang datang 
  • جاء أمّ زينب "ja a ummu zainab" artinya : ibunya zainab datang
  • جاء سعيد "ja a sa'id" artinya : said datang

Contoh Isim Alam Dalam Al Quran

contoh isim alam dalam alquran
10 contoh isim alam dalam alquran

Contoh isim alam yang terdapat didalam al quran antara lain sebagai berikut :

1. Al Baqarah ayat 33

قَالَ يٰٓاٰدَمُ اَنْۢبِئْهُمْ بِاَسْمَاۤىِٕهِمْ ۚ فَلَمَّآ اَنْۢبَاَهُمْ بِاَسْمَاۤىِٕهِمْۙ قَالَ اَلَمْ اَقُلْ لَّكُمْ اِنِّيْٓ اَعْلَمُ غَيْبَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۙ وَاَعْلَمُ مَا تُبْدُوْنَ وَمَا كُنْتُمْ تَكْتُمُوْنَ ٣٣

Artinya : Dia (Allah) berfirman, “Wahai Adam, beri tahukanlah kepada mereka nama-nama benda itu!” Setelah dia (Adam) menyebutkan nama-nama itu, Dia berfirman, “Bukankah telah Kukatakan kepadamu bahwa Aku mengetahui rahasia langit dan bumi, dan Aku mengetahui apa yang kamu nyatakan dan apa yang selalu kamu sembunyikan?”

Lafadz اٰدَمُ (Adam) termasuk alam asma

2. Al Baqarah ayat 35.

وَقُلْنَا يٰٓاٰدَمُ اسْكُنْ اَنْتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ وَكُلَا مِنْهَا رَغَدًا حَيْثُ شِئْتُمَاۖ وَلَا تَقْرَبَا هٰذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُوْنَا مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ٣٥

Artinya : Kami berfirman, “Wahai Adam, tinggallah engkau dan istrimu di dalam surga, makanlah dengan nikmat (berbagai makanan) yang ada di sana sesukamu, dan janganlah kamu dekati pohon ini, 15) sehingga kamu termasuk orang-orang zalim!” 16)

15) Setan menipu Nabi Adam a.s. bahwa siapa yang memakan buah pohon itu akan kekal di dalam surga (lihat surah Ṭāhā/20: 120).16) Yaitu orang yang berbuat aniaya yang mengakibatkan kerugian bagi dirinya sendiri atau orang lain.

lafadz اٰدَمُ (Adam) termasuk isim alam, yaitu alam asma

3. Al Baqarah ayat 37.

فَتَلَقّٰٓى اٰدَمُ مِنْ رَّبِّهٖ كَلِمٰتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ ۗ اِنَّهٗ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ ٣٧

Artinya : Kemudian, Adam menerima beberapa kalimat18) dari Tuhannya, lalu Dia pun menerima tobatnya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

18) Yang dimaksud dengan beberapa kalimat pada ayat ini adalah ucapan untuk memohon ampunan (tobat) dari Allah Swt., seperti disebut dalam surah al-A‘rāf/7: 23.

lafadz اٰدَمُ (Adam) termasuk isim alam, yaitu alam asma

4. Al Baqarah ayat 34.

وَاِذْ قُلْنَا لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ اسْجُدُوْا لِاٰدَمَ فَسَجَدُوْٓا اِلَّآ اِبْلِيْسَۗ اَبٰى وَاسْتَكْبَرَۖ وَكَانَ مِنَ الْكٰفِرِيْنَ ٣٤

Artinya : (Ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu kepada Adam!” Maka, mereka pun sujud, kecuali Iblis.14) Ia menolaknya dan menyombongkan diri, dan ia termasuk golongan kafir.

14) Iblis, sebagaimana malaikat, juga menerima perintah dari Allah untuk bersujud kepada Adam. Iblis berasal dari golongan jin.

lafadz اِبْلِيْسَۗ (iblis) termasuk isim alam, yaitu alam asma

5. Al Baqarah ayat 126.

وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّ اجْعَلْ هٰذَا بَلَدًا اٰمِنًا وَّارْزُقْ اَهْلَهٗ مِنَ الثَّمَرٰتِ مَنْ اٰمَنَ مِنْهُمْ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ قَالَ وَمَنْ كَفَرَ فَاُمَتِّعُهٗ قَلِيْلًا ثُمَّ اَضْطَرُّهٗٓ اِلٰى عَذَابِ النَّارِ ۗ وَبِئْسَ الْمَصِيْرُ ١٢٦

Artinya : (Ingatlah) ketika Ibrahim berdoa, “Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Makkah) ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan (hasil tanaman, tumbuhan yang bisa dimakan) kepada penduduknya, yaitu orang yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari Akhir.” Dia (Allah) berfirman, “Siapa yang kufur akan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka. Itulah seburuk-buruk tempat kembali.”

lafadz اِبْرٰهٖمَ  (ibrahim) termasuk alam asma

6. Al Baqarah ayat 130.

وَمَنْ يَّرْغَبُ عَنْ مِّلَّةِ اِبْرٰهٖمَ اِلَّا مَنْ سَفِهَ نَفْسَهٗ ۗوَلَقَدِ اصْطَفَيْنٰهُ فِى الدُّنْيَا ۚوَاِنَّهٗ فِى الْاٰخِرَةِ لَمِنَ الصّٰلِحِيْنَ ١٣٠

Artinya : Siapa yang membenci agama Ibrahim selain orang yang memperbodoh dirinya sendiri? Kami benar-benar telah memilihnya (Ibrahim) di dunia ini dan sesungguhnya di akhirat dia termasuk orang-orang saleh.

lafadz اِبْرٰهٖمَ  (ibrahim) termasuk isim alam, yaitu alam asma

7. Al Baqarah ayat 185

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ 

Artinya : Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).

lafadz رَمَضَانَ (romadhon) termasuk isim alam, yaitu alam asma

8. Al Baqarah ayat 102

وَاتَّبَعُوْا مَا تَتْلُوا الشَّيٰطِيْنُ عَلٰى مُلْكِ سُلَيْمٰنَ ۚ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمٰنُ وَلٰكِنَّ الشَّيٰطِيْنَ كَفَرُوْا يُعَلِّمُوْنَ النَّاسَ السِّحْرَ وَمَآ اُنْزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوْتَ وَمَارُوْتَ ۗ

Artinya : Mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan pada masa Kerajaan Sulaiman. Sulaiman itu tidak kufur, tetapi setan-setan itulah yang kufur. Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua malaikat di negeri Babilonia, yaitu Harut dan Marut.

Lafadz Sulaiman, Babil (nama kota yaitu babilonia), harut dan marut termasuk isim alam.

9. Al Baqarah ayat 97.

قُلْ مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِّجِبْرِيْلَ فَاِنَّهٗ نَزَّلَهٗ عَلٰى قَلْبِكَ بِاِذْنِ اللّٰهِ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَّبُشْرٰى لِلْمُؤْمِنِيْنَ ٩٧

Artinya : Katakanlah (Nabi Muhammad), “Siapa yang menjadi musuh Jibril?” Padahal, dialah yang telah menurunkan (Al-Qur’an) ke dalam hatimu dengan izin Allah sebagai pembenaran terhadap apa (kitab-kitab) yang terdahulu, dan petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang beriman.”

lafadz جِبْرِيْلَ  (jibril) termasuk alam asma.

10. Al Baqarah ayat 55.

وَاِذْ قُلْتُمْ يٰمُوْسٰى لَنْ نُّؤْمِنَ لَكَ حَتّٰى نَرَى اللّٰهَ جَهْرَةً فَاَخَذَتْكُمُ الصّٰعِقَةُ وَاَنْتُمْ تَنْظُرُوْنَ ٥٥

Artinya : (Ingatlah) ketika kamu berkata, “Wahai Musa, kami tidak akan beriman kepadamu sebelum melihat Allah dengan jelas.” Maka, halilintar menyambarmu dan kamu menyaksikan(-nya).

lafadz مُوْسٰى  (musa) termasuk alam asma.

Demikian pembahasan mengenai isim alam beserta contohnya dalam kalimat dan Al Quran. Semoga dapat menambah pengetahuan dalam bidang bahasa arab khususnya mengenai nahwu shorof.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment