La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim Tulisan Arab dan Artinya

Laa haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim adalah bacaan hauqalah, maknanya yaitu tiada daya dan tiada kekuatan kecuali atas pertolongannya. Bacaan tersebut biasanya juga diamalkan untuk dzikir.

Salah satu manfaat dari dzikir adalah mendapatkan ampunana dan pahala dari Allah SWT. Banyak sekali bacaan-bacaan dzikir untuk diamalkan dalam keseharian salah satu yang mempunyai manfaat yang luar biasa adalah hauqalah.

Bagaimana cara menulis la haula wala quwwata illa billah yang benar dan apa artinya? Bagaimana juga cara mengamalkan la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim dan kapan kita mengucapkannya?

Untuk itu marilah kita simak penjelasan berikut ini.

Table of Contents

Tulisan Arab La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim

tulisan arab la haula wala quwwata illa billah dan artinya
gambar tulisan arab la haula wala quwwata illa billah

La ilaha illallah termasuk bacaan dzikir yang sering dibaca ketika selesai sholat atau ketika dalam pembacaan tahlil. Dzikir la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim juga terkadang ada yang terangkai dalam satu kesatuan dengan dzikir la ilaha illallah.

Baca Juga : Bismillahi Majreha Wamursaha Arab dan Artinya

Ada beberapa pengucapan la haula wala quwwata illah billah yang pernah kami dengar diantaranya :

  1. Astaghfirullahaladzim la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim
  2. Bismillahirohmanirohim lahaula wala quwata illa billahil aliyil adzim
  3. Bismillahi tawakkaltu alallah la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim
  4. Ya nur ya qawiyyu ya matin la haula wala quwwata illah billahil aliyil adzim
  5. Tawakkaltu alallah la haula wala quwwata illah billahil aliyil adzim

Cara menulis la haula wala quwwata illa billah dapat ditulis dengan tulisan arab gundul dan arab berharakat.

Tulisan arab la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim berharakat adalah 

لاَ حَوْلَ ولا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

La haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim dengan tulisan arab gundul (tanpa harakat) ialah

لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم

Adapun I'rabnya adalah sebagai berikut :

  • La Haula Wala Quwwata (لاَ حَوْلَ ولا قُوَّةَ) : La beramal seperti inna, memabnikan lafadz haula dan quwwata.
  • Illa Billah (إِلاَّ بِاللهِ) : Illa huruf istisna' . Ba huruf jar, Lafadz jalalah Allah dibaca jar dengan tanda kasrah karena isim mufrad.
  • Al Aliyyi (العَلِيِّ) : Naat kepada lafadz Allah, maka harus dibaca jar. karena isim mufrad maka tanda jarnya adalah kasrah.
  • Al 'Adzim (العَظِيْمِ) : Naat kepada lafadz Allah, maka harus dibaca jar. karena isim mufrad maka tanda jarnya adalah kasrah.

La Haula Wala Quwwata Illa Billah Artinya

Didalam Al Quran kami tidak menemukan lafadz la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim, tetapi dalam surat Al Kahfi ayat 39 terdapat ayat yang berbunyi : La quwwata illa billah (لا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ).

La haula wala quwwata illa billah dapat diucapkan setelah sholat sebagai dzikir atau kapan saja setiap hari dengan ketentuan tertentu jika ingin merasakan dahsyatnya mengamalkan dzikir ini.

Waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat hauqalah adalah ketika kita mempunyai suatu hajat dan lebih baiknya diucapkan setelah sholat fardhu.

La haula wala quwwata illa billah sebaiknya dibaca sebanyak 100 kali, 300 kali , 500 kali atau sebanyak-banyaknya. Inilah lafadznya :

لاَ حَوْلَ ولا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

Artinya : Tiada daya dan tiada kekuatan itu nyata kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

Bismillahi tawakkaltu alallah la haula wala quwwata illa billah adalah doa untuk meminta keselamatan ketika keluar rumah, sedangkan la haula wala quwwata illa billahil aliyyil adzim adalah doa untuk mendapatkan pahala yang disimpan didalam surga, sebagaimana hadits Nabi SAW :

يَا عَبْدَ اللهِ بْنَ قَيْسٍ، أَلَا أَدُلُّكَ عَلَى كَنْزٍ مِنْ كُنُوْزِ الجَنَّةِ؟ قُلْتُ: بَلى يَا رَسُوْلَ الله، قَالَ: لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ   

Artinya : Wahai Abdullah bin Qais, maukah aku tunjukkan kepadamu suatu simpanan dari berbagai simpana surga?. Aku menjawab : tentu wahai Rasulullah. Nabio bersabda : bacalah "la haula wala quwwata illa billahil aliyyil adzim" (HR Bukhari).

Syaikh Muhammad Asyaraf bin Amir Syaraful Haq As-Siddiqi dalam Aunul Ma'bud Syarh Sunan Abi Dawud mengatakan : yang dimaksud kanzun(simpanan) pada hadits diatas adalah pahala yang oleh Allah disimpan didalam surga yang kelak diakhirat akan diberikan kepada orang-orang yang membaca kalimat la haula wala quwwata illa billahil aliyyil adzim atau juga bisa diartikan sebagai barang surga yang sangat indah yang sudah dipersiapkan oleh Allah untuk orang-orang yang membacanya.

Keyakinan yang kita peroleh setelah membaca La haula wala quwwata illa billah adalah kelak di akhirat akan memperoleh pahala yang disimpan didalam surga.

Tulisan Arab Latin Artinya
لاَ حَوْلَ La haula Tiada daya
ولا قُوَّةَ Wala quwwata dan tiada kekuatan
إِلاَّ بِاللهِ Illa billah Kecuali dengan pertolongan Allah
العَلِيِّ Al Aliyyi Yang Tinggi
العَظِيْمِ Al Adzimi Yang Agung

tabel 2.1 tulisan arab la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim artinya

Keajaiban La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim

Dzikir hauqalah mempunyai khasiat yang besar jika istiqimah dan diamalkan dengan benar. Manfaat dari membaca la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim antara lain :

  1. Tidak akan ditimpa kefakiran
  2. Allah mengurangi beban kesulitannya
  3. Akan dipenuhi hajatnya
  4. Dapat menolak 99 pintu dari beberapa pintu kejelekan

Inilah keajaiban la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim tulisan arab dan artinya

1. Tidak akan ditimpa kefakiran

Orang yang membaca (mengamalkan) la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzimsebanayak 100 kali dalam sehari , maka selamanya orang tersebut tidak akan ditimpa kefakiran.

Hal ini sebagaimana diterangakn oleh Imam Nawawi banten, Ia mengutip hadits riwayat Ibnu Abid Dunya :

 ومن خواصها ما في فوائد الشرجي قال ابن أبي الدنيا بسنده إلى النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال من قال كل يوم لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم مئة مرة لم يصبه فقر أبدا اهـ

Artinya : Termasuk keutamaan laa haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim adalah apa yang disebutkan dalam Fawaidus Syarji. Imam Ibnu Abid Dunya dengan sanad bersambung sampai Nabi SAW berkata, bahwa Nabi SAW bersabda : Barang siapa yang setiap hari membaca la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim sebanyak 100 kali, maka ia tidak akan ditimpa kefaikran selamanya.

2. Allah mengurangi beban kesulitannya

Lafadz hauqalah (la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim) sebaiknya dibaca ketika seseorang sedang dilanda kesusahan dan kesulitan dengan tata cara pengamalan dibaca sebanayak 300 kali.

Syaikh Nawawi Banten dalam kitab Kasyifatus Saja menerangakan :

 وروي في الخبر أيضا إذا نزل بالإنسان مهم وتلا لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم ثلا ثمائة فرج الله عنه أي أقلها ذلك ذكره شيخنا يوسف في حاشيته على المعراج

Diriwayatkan didalam hadits juga : Ketika seseorang dilanda kebimbangan dan membaca La haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim  sebanayak 300 kali, Niscanya Allah akan membukakan jalan keluar baginya. Maksudnya Allah mengurangi beban kesulitannya. Hal ini disebutkan oleh para guru kami Syaikh Yusuf dalam Hasyiyah Mi'rajnya.

Demikian pembahasan mengenai arti dari la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim tulisan arab dan khasiatnya. Semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca.

Source:
https://islam.nu.or.id/ubudiyah/ini-keutamaan-lafal-hauqalah-atau-la-haula-wa-quwwata-illa-billah-T1BOi

https://islam.nu.or.id/shalawat-wirid/kalimat-la-haula-wala-quwwata-atau-hauqalah-makna-dan-keutamaannya-dB4Qa

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment