20 Contoh Nun Mati dan Tanwin Dalam Al Quran Beserta Suratnya

Contoh nun mati tanwin biasa kita jumpai saat membaca Al Quran. Hampir disetiap surat dalam Al Quran terdapat bacaan nun mati atau tanwin yang bertemu dengan huruf hijaiyah.

Dilain kesempatan terkadang kita disuruh mencari atau disuruh menerangkan 10 contoh nun mati dan tanwin dalam Al Quran beserta suratnya. Padahal untuk mengingat-ingat kembali bacaan tersebut membutuhkan waktu yang lama dan harus membaca Al Quran kembali untuk mencarinya.

Untuk menghemat waktu pada kesempatan kali ini kami akan merangkumkan 20 contoh nun mati dan tanwin dalam Al Quran beserta suratnya dan juga artinya yang bisa kalian pelajari dengan baik.

Mari masuk ke pembahasan.

Table of Contents

20 Contoh Nun Mati dan Tanwin Dalam Al Quran Beserta Suratnya

contoh nun mati dan tanwin dalam Al Quran beserta suratnya
10 contoh nun mati dan tanwin dalam Al Quran

Hukum bacaan nun mati dan tanwin jika bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah yaitu ada 5 yaitu : idhar, idhgham bighunnah, idgham bilaghunnah, iqlab dan ikhfa'. Adapun contoh bacaan nun mati dan tanwin dalam Al Quran adalah sebagai berikut :

  • Surat Annas ayat 4 : مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ ٤ Artinya : dari kejahatan (setan) pembisik yang bersembunyi. Terdapat nun mati bertemu syin yang merupakan bacaan ikhfa.
  • Surat Al falaq ayat 2 :مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ ٢ Artinya : dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan. Terdapat nun mati bertemu syin yang merupakan bacaan ikhfa. Pelajari lebih banyak "10 Contoh Ikhfa Haqiqi Beserta Suratnya".
  • Surat Al falaq ayat 3 : وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ ٣ Artinya : dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita. Terdapat nun mati bertemu syin yang merupakan bacaan ikhfa.
  • Surat Al falaq ayat 4 : وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ ٤ Artinya : dari kejahatan perempuan-perempuan (penyihir) yang meniup pada buhul-buhul (talinya). Terdapat nun mati bertemu syin yang merupakan bacaan ikhfa.
  • Surat Al Falaq ayat 5 : وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ ࣖ ٥ Artinya : dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.” Terdapat nun mati bertemu syin yang merupakan bacaan ikhfa.
  • Surat Al Lahab ayat 1 : تَبَّتْ يَدَآ اَبِيْ لَهَبٍ وَّتَبَّۗ ١ Artinya : Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia.763) Yang dimaksud dengan kedua tangan Abu Lahab adalah Abu Lahab itu sendiri. Terdapat tanwin bertemu wawu dinamakan bacaan idgham bighunnah. Pelajari Juga : 10 Contoh Idgham Bighunnah dalam Al Quran.
  • Surat Al lahab ayat 3 : سَيَصْلٰى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍۙ ٣ Artinya : Kelak dia akan memasuki api yang bergejolak (neraka). Terdapat tanwin bertemu dzal yang merupakan bacaan ikhfa.
  • Surat Al lahab ayat 5 : فِيْ جِيْدِهَا حَبْلٌ مِّنْ مَّسَدٍ ࣖ ٥ Artinya : Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal. Terdapat tanwin bertemu mim yang merupakan bacaan idgham bighunnah
  • Surat Al kafirun ayat 3 : وَلَآ اَنْتُمْ عٰبِدُوْنَ مَآ اَعْبُدُۚ ٣ Artinya : Kamu juga bukan penyembah apa yang aku sembah. Terdapat nun mati bertemu ta' yang merupakan bacaan ikhfa.
  • Surat Al kafirun ayat 4 : وَلَآ اَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدْتُّمْۙ ٤ Artinya : Aku juga tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. Terdapat tanwin bertemu mim yang merupakan bacaan igham bighunnah.
  • Surat Al kafirun ayat 5 : وَلَآ اَنْتُمْ عٰبِدُوْنَ مَآ اَعْبُدُۗ ٥ Artinya : Kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah. Terdapat nun mati bertemu ta' yang merupakan bacaan ikhfa.
  • Surat Al Kausar ayat 2 : فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ ٢Artinya : Maka, laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah!. Terdapat nun mati bertemu ha kecil yang merupakan bacaan idzhar halqi. Pelajari lebih lanjut : 10 Contoh Idzhar Halqi beserta Surat dan Ayatnya.
  • Surat Al ma'un ayat 4 : فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّيْنَۙ ٤ Artinya : Celakalah orang-orang yang melaksanakan salat, Terdapat tanwin bertemu lam yang merupakan bacaan igham bilaghunnah.
  • Surat Al ma'un ayat 5 : الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَۙ ٥ Artinya : (yaitu) yang lalai terhadap salatnya,761) Melalaikan salat mencakup lalai akan waktu dan tujuan salat serta bermalasan dalam mengerjakannya. Terdapat nun mati bertemu shod dinamakan bacaan ikhfa.
  • Surat Al Quraisy ayat 4 : الَّذِيْٓ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ەۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ ࣖ ٤ Artinya : yang telah memberi mereka makanan untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa takut. Terdapat nun mati yang bertemu jim merupakan bacaan ikhfa dan nun mati bertemu kho' yang merupakan bacaan idhar.
  • Surat Al fiil ayat 4 : تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ ٤ Artinya : yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar. Terdapat tanwin bertemu mim yang merupakan bacaan idgham bighunnah.
  • Surat Al fiil ayat 5 : فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ ࣖ ٥ Artinya : sehingga Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat). Terdapat tanwin bertemu mim yang merupakan bacaan idgham bighunnah.
  • Surat Al humazah ayat 1 : وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍۙ ١ Artinya : Celakalah setiap pengumpat lagi pencela.. Terdapat tanwin bertemu lam yang merupakan bacaan igham bilaghunnah. Temukan lebih banyak : 30 Contoh Bacaan Idgham Bilaghunnah.
  • Surat Al humazah ayat 2 :ۨ الَّذِيْ جَمَعَ مَالًا وَّعَدَّدَهٗۙ ٢ Artinya : yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya. Terdapat tanwin bertemu wawu yang merupakan bacaan igham bighunnah.
  • Surat Al humazah ayat 4 : كَلَّا لَيُنْۢبَذَنَّ فِى الْحُطَمَةِۖ ٤ Artinya : Sekali-kali tidak! Pasti dia akan dilemparkan ke dalam (neraka) Hutamah. Terdapat nun mati bertemu ba' yang merupakan bacaan iqlab. Baca Juga : 10 Contoh Bacaan Iqlab Beserta Surat dan Ayatnya.
  • Surat Al humazah ayat 9 : فِيْ عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍ ࣖ ٩ Artinya : (sedangkan mereka) diikat pada tiang-tiang yang panjang. Terdapat tanwin bertemu mim yang merupakan bacaan igham bighunnah.

Demikian contoh bacaan nun mati dan tanwin dalam Al Quran, semoga dapat memberikan gambaran bahwa jika ada nun mati atau tanwin bertemu salah satu huruf hijaiyah mempunyai 5 hukum bacaan. Untuk itu belajarlah ilmu tajwid lebih dalam agar dapat membaca Al Quran secara tartil

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment