Contoh Nun Mati Bertemu Ta dan Bacaannya

Nun mati bertemu ta disebut bacaan Ikhfa', Contohnya مَنْ تَبِعَ . Didalam Al Quran banyak contoh bacaan nun mati bertemu ta' jika kita teliti membacanya seperti yang kami jumpai dalam Surat Al Furqan ayat 71 : وَمَنْ تَابَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَاِنَّهٗ يَتُوْبُ اِلَى اللّٰهِ مَتَابًا.

Bagaimana membaca bacaan yang didalamnya terdapat nun mati bertemu ta' dan apa saja contoh nun mati bertemu ta' dalam Al Quran, mari kita simak penjelasan dari zonasantri.com

Table of Contents

Hukum Nun Mati Bertemu Ta

contoh nun mati bertemu ta' dan bacaannya
contoh nun mati bertemu ta' dan bacaannya

Huruf hijaiyah ta' merupakan salah satu dari huruf ikhfa haqiqi sebagimana disebutkan dalam bait hidayatus sibyan :

وأخفينّ عند باقى الأحرف * جملتها خمسة عشر فاعرف

صِفْ ذَاثَنَاكَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سَمَا*دُمْ طَيِّبًازِدْفِى تُقًى ضَعْ ظَالِمَا

Dihukumi bacaan ikhfa jika ada nun mati atau tanwin bertemu salah satu huruf ikhfa' yang jumlahnya ada 15. Jadi jelas bahwa hukum bacaan ketika nun mati bertemu ta maka dinamakan bacaan ikhfa. Cara membacanya adalah dengan samar disertai dengan dengung.

Baca Juga : Contoh Nun Mati dan Tanwin Bertemu Ba dan Bacaannya

Contoh Nun Mati Bertemu Ta'

Agar memudahkan teman-teman mengetahui bacaan nun mati bertemu ta' kami berikan warna merah pada bacaan tersebut. 10 Contoh nun mati bertemu ta' yang kami temukan dalam Al Quran antara lain :

  1. Surat Al baqarah ayat 38 : قُلْنَا اهْبِطُوْا مِنْهَا جَمِيْعًا ۚ فَاِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِّنِّيْ هُدًى فَمَنْ تَبِعَ هُدَايَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ ٣٨ Artinya : Kami berfirman, “Turunlah kamu semua dari surga! Lalu, jika benar-benar datang petunjuk-Ku kepadamu, siapa saja yang mengikuti petunjuk-Ku tidak ada rasa takut yang menimpa mereka dan mereka pun tidak bersedih hati.” Contoh nun mati bertemu ta' dalam Al Quran adalah bacaan مَنْ تَبِعَ dalam surat Al Baqarah ayat 38.
  2. Potongan Surat Ali imran ayat 73 : وَلَا تُؤْمِنُوْٓا اِلَّا لِمَنْ تَبِعَ دِيْنَكُمْ Artinya : Janganlah kamu percaya selain kepada orang yang mengikuti agamamu.”102).
  3. Surat Ibrahim ayat 36 : رَبِّ اِنَّهُنَّ اَضْلَلْنَ كَثِيْرًا مِّنَ النَّاسِۚ فَمَنْ تَبِعَنِيْ فَاِنَّهٗ مِنِّيْۚ وَمَنْ عَصَانِيْ فَاِنَّكَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ٣٦ Artinya : Ya Tuhanku, sesungguhnya mereka (berhala-berhala itu) telah menyesatkan banyak manusia. Maka, siapa yang mengikutiku, sesungguhnya dia termasuk golonganku. Siapa yang mendurhakaiku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
  4. Surat Al a'raf ayat 18 : قَالَ اخْرُجْ مِنْهَا مَذْءُوْمًا مَّدْحُوْرًا ۗ لَمَنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ لَاَمْلَـَٔنَّ جَهَنَّمَ مِنْكُمْ اَجْمَعِيْنَ ١٨ Artinya : Dia (Allah) berfirman, “Keluarlah kamu darinya (surga) dalam keadaan terhina dan terusir! Sungguh, siapa pun di antara mereka yang mengikutimu pasti akan Aku isi (neraka) Jahanam dengan kamu semua.”
  5. Surat  Saad ayat 85 : لَاَمْلَـَٔنَّ جَهَنَّمَ مِنْكَ وَمِمَّنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ اَجْمَعِيْنَ ٨٥ Artinya : Aku pasti akan memenuhi (neraka) Jahanam denganmu dan orang yang mengikutimu di antara mereka semuanya.”
  6. Surat  Al Isra ayat 63 : قَالَ اذْهَبْ فَمَنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ فَاِنَّ جَهَنَّمَ جَزَاۤؤُكُمْ جَزَاۤءً مَّوْفُوْرًا ٦٣ Artinya : Dia (Allah) berfirman, “Pergilah, siapa saja di antara mereka yang mengikuti kamu, sesungguhnya (neraka) Jahanamlah balasanmu semua sebagai balasan yang sempurna.
  7. Surat Al baqarah ayat 180 : كُتِبَ عَلَيْكُمْ اِذَا حَضَرَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ اِنْ تَرَكَ خَيْرًا ۖ ۨالْوَصِيَّةُ لِلْوَالِدَيْنِ وَالْاَقْرَبِيْنَ بِالْمَعْرُوْفِۚ حَقًّا عَلَى الْمُتَّقِيْنَ ۗ ١٨٠ Artinya : Diwajibkan kepadamu, apabila seseorang di antara kamu didatangi (tanda-tanda) maut sedang dia meninggalkan kebaikan (harta yang banyak), berwasiat kepada kedua orang tua dan karib kerabat dengan cara yang patut (sebagai) kewajiban bagi orang-orang yang bertakwa.49).
  8. Surat Fatir ayat 29 : اِنَّ الَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرْجُوْنَ تِجَارَةً لَّنْ تَبُوْرَۙ ٢٩ Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur’an), menegakkan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan pernah rugi.
  9. Surat Al an'am ayat 148 : سَيَقُوْلُ الَّذِيْنَ اَشْرَكُوْا لَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَآ اَشْرَكْنَا وَلَآ اٰبَاۤؤُنَا وَلَا حَرَّمْنَا مِنْ شَيْءٍۗ كَذٰلِكَ كَذَّبَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ حَتّٰى ذَاقُوْا بَأْسَنَاۗ قُلْ هَلْ عِنْدَكُمْ مِّنْ عِلْمٍ فَتُخْرِجُوْهُ لَنَاۗ اِنْ تَتَّبِعُوْنَ اِلَّا الظَّنَّ وَاِنْ اَنْتُمْ اِلَّا تَخْرُصُوْنَ ١٤٨ Artinya : Orang-orang musyrik akan berkata, “Jika Allah menghendaki, tentu kami tidak akan mempersekutukan-Nya, begitu pula nenek moyang kami, dan kami tidak akan mengharamkan apa pun.” Seperti itu pula orang-orang sebelum mereka telah mendustakan (para rasul) sampai mereka merasakan azab Kami. Katakanlah (Nabi Muhammad), “Apakah kamu mempunyai dalil yang dapat kamu kemukakan kepada kami? Yang kamu ikuti hanya persangkaan belaka dan kamu hanya mengira-ngira.”
  10. Surat Al Furqan ayat 71 : وَمَنْ تَابَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَاِنَّهٗ يَتُوْبُ اِلَى اللّٰهِ مَتَابًا ٧١ Artinya : Siapa yang bertobat dan beramal saleh sesungguhnya dia bertobat kepada Allah dengan tobat yang sebenarnya.

49) Menurut mayoritas ulama, ayat ini dinasakh dengan ayat waris dan hadis “lā waṣiyyata li wāriṡin” (Tidak ada wasiat bagi ahli waris).

102) Yakni kepada orang yang seagama dengan kamu (Yahudi atau Nasrani) agar mereka tidak masuk Islam atau kepada orang-orang Yahudi atau Nasrani yang sudah telanjur masuk Islam agar iman mereka guncang dan kembali pada agama mereka semula.

Demikian pembahasan mengenai contoh nun mati bertemuu ta dan bacaannnya. Semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca dan teman-teman yang mencari contoh bacaan ikhfa haqiqi.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment