15 Contoh Nun Mati dan Tanwin Bertemu Ba' dan Bacaannya

Bacaan nun mati bertemu ba' dinamakan bacaan iqlab contohnya مِنْۢ بَعْدِ. Bukan hanya nun mati, tanwin jika bertemu ba maka juga dinamakan bacaan iqlab contohnya لَفِيْ شِقَاقٍۢ بَعِيْدٍ. 

Huruf iqlab hanya ada 1 yaitu ba. Jika dibandingkan dengan bacaan lainnya yang mempunyai huruf lebih dari satu tentunya mencari bacaan iqlab sedikit lebih sulit. Untuk itu zonasantri.com sudah rangkumkan contoh nun mati dan tanwin bertemu ba' dalam Al Quran beserta surat dan artinya.

Table of Contents

Hukum Bacaan Nun Mati Bertemu Ba

Huruf hijaiyah ba (ب) merupakan satu-satunya huruf iqlab, dimana apabila terdapat bacaan nun mati atau tanwin bertemu ba maka dihukumi bacaan iqlab, sebagaimana dijelaskan dalam kitab Hidayatus Sibyan :

 وَالْقَلْبُ عِنْدَ الْبَاءِ مِيْمًا ذُ كِرَا

Artinya : dan bacalah iqlab ketika nun mati atau tanwin bertemu huruf ba.

Iqlab secara bahasa artinya memindahkan sesuatu dari arahnya. Secara istilah iqlab adalah menempatkan huruf pada tempatnya huruf yang lain., contohnya  مِنْۢ بَعْدِ .Cara membaca bacaan iqlab lafadz  مِنْۢ بَعْدِ (min ba'di) adalah dengan mengganti nun mati dengan mim mati dan dibaca beserta ghunnah (berdengung) maka membacanya yang benar adalah Mim Ba'di (nun mati diganti huruf mim mati).

Berbeda dengan mim mati bertemu ba yang dinamakan hukum bacaan ikhfa syafawi.

Contoh Nun Mati Bertemu Ba

contoh nun mati bertemu ba dan bacaan
contoh nun mati bertemu ba dan bacaannya

Adapun contoh bacaan nun mati bertemu ba dalam Al Quran adalah sebagai berikut :

  1. Surat Al Mukminun ayat 31 : ثُمَّ اَنْشَأْنَا مِنْۢ بَعْدِهِمْ قَرْنًا اٰخَرِيْنَ ۚ ٣١ Artinya : Kemudian, Kami ciptakan setelah mereka umat yang lain (kaum ‘Ad). Contoh bacaan nun mati bertemu ba adalah مِنْۢ بَعْدِهِمْ dalam surat Al Mukminun ayat 31.
  2. Surat Al Anbiya ayat 80 : وَعَلَّمْنٰهُ صَنْعَةَ لَبُوْسٍ لَّكُمْ لِتُحْصِنَكُمْ مِّنْۢ بَأْسِكُمْۚ فَهَلْ اَنْتُمْ شٰكِرُوْنَ ٨٠ Artinya : Kami mengajarkan pula kepada Daud cara membuat baju besi untukmu guna melindungimu dari serangan musuhmu (dalam peperangan). Maka, apakah kamu bersyukur (kepada Allah)? Lafadz مِّنْۢ بَأْسِكُمْۚ adalah contoh nun mati bertemu ba yang merupakan bacaan iqlab dalam Al Quran surat Al anbiya ayat 80.
  3. Surat Al lail ayat 8 : وَاَمَّا مَنْۢ بَخِلَ وَاسْتَغْنٰىۙ ٨ Artinya : Adapun orang yang kikir dan merasa dirinya cukup (tidak perlu pertolongan Allah). مَنْۢ بَخِلَ adalah contoh bacaan nun mati bertemu ba dalam surat al lail ayat 8.
  4. Surat Ali Imran ayat 162 : اَفَمَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَ اللّٰهِ كَمَنْۢ بَاۤءَ بِسَخَطٍ مِّنَ اللّٰهِ وَمَأْوٰىهُ جَهَنَّمُ ۗ وَبِئْسَ الْمَصِيْرُ ١٦٢ Artinya : Apakah orang yang mengikuti (jalan) rida Allah sama dengan orang yang kembali dengan membawa kemurkaan dari Allah dan tempatnya adalah (neraka) Jahanam? Itulah seburuk-buruk tempat kembali. Contoh bacaan nun mati bertemu ba dala surat ini adalah مَنْۢ بَاۤءَ.
  5. Surat ayat An Nahl ayat 80 : وَاللّٰهُ جَعَلَ لَكُمْ مِّنْۢ بُيُوْتِكُمْ سَكَنًا وَّجَعَلَ لَكُمْ مِّنْ جُلُوْدِ الْاَنْعَامِ بُيُوْتًا تَسْتَخِفُّوْنَهَا يَوْمَ ظَعْنِكُمْ وَيَوْمَ اِقَامَتِكُمْ ۙ وَمِنْ اَصْوَافِهَا وَاَوْبَارِهَا وَاَشْعَارِهَآ اَثَاثًا وَّمَتَاعًا اِلٰى حِيْنٍ ٨٠ Artinya : Allah menjadikan bagimu rumah sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagimu dari kulit binatang ternak (sebagai) rumah (kemah) yang kamu merasa ringan (membawa)-nya pada waktu kamu bepergian dan bermukim. (Dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu unta, dan bulu kambing peralatan rumah tangga serta kesenangan sampai waktu (tertentu). Contoh bacaan nun mati bertemu ba dalam surat ini adalah مِّنْۢ بُيُوْتِكُمْ .
  6. Surat Al Baqarah ayat 209 : فَاِنْ زَلَلْتُمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْكُمُ الْبَيِّنٰتُ فَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ ٢٠٩ Artinya : Maka, jika kamu menyimpang (dari jalan Allah) setelah bukti-bukti kebenaran yang nyata sampai kepadamu, ketahuilah bahwa Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. Contoh nun mati bertemu ba dalam surat ini adalah مِّنْۢ بَعْدِ .
  7. Surat An nisak ayat 152 : يَسْـَٔلُكَ اَهْلُ الْكِتٰبِ اَنْ تُنَزِّلَ عَلَيْهِمْ كِتٰبًا مِّنَ السَّمَاۤءِ فَقَدْ سَاَلُوْا مُوْسٰٓى اَكْبَرَ مِنْ ذٰلِكَ فَقَالُوْٓا اَرِنَا اللّٰهَ جَهْرَةً فَاَخَذَتْهُمُ الصَّاعِقَةُ بِظُلْمِهِمْۚ ثُمَّ اتَّخَذُوا الْعِجْلَ مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ فَعَفَوْنَا عَنْ ذٰلِكَ ۚ وَاٰتَيْنَا مُوْسٰى سُلْطٰنًا مُّبِيْنًا ١٥٣Artinya : Ahlulkitab180) meminta kepadamu (Nabi Muhammad) agar engkau menurunkan sebuah kitab dari langit kepada mereka. Sungguh, mereka telah meminta kepada Musa yang lebih besar daripada itu. Mereka berkata, “Perlihatkanlah Allah kepada kami secara nyata.” Maka, petir menyambar mereka karena kezalimannya. Kemudian, mereka menjadikan anak sapi181) (sebagai sembahan), (padahal) telah datang kepada mereka bukti-bukti (ketauhidan) yang nyata, lalu Kami memaafkan yang demikian itu. Kami telah menganugerahkan kepada Musa kekuasaan yang nyata. Contoh bacaan nun mati bertemu ba dalam surat ini adalah مِّنْۢ بَعْدِ.
  8. Surat At Talaq 1 :  لَا تُخْرِجُوْهُنَّ مِنْۢ بُيُوْتِهِنَّ وَلَا يَخْرُجْنَ اِلَّآ اَنْ يَّأْتِيْنَ بِفَاحِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍۗ Artinya : Janganlah kamu keluarkan mereka dari rumahnya dan janganlah (diizinkan) keluar kecuali jika mereka mengerjakan perbuatan keji yang jelas. Contoh nun mati bertemu ba adalah مِنْۢ بُيُوْتِهِنَّ dalam surat At Talaq ayat 1.

Contoh Tanwin Bertemu Ba

Seperti halnya nun mati bertemu ba, jika ada tanwin bertemu ba maka dihukumi bacaan iqlab sebagaimana keterangan dalam kitab Hidayatus Sibyan وَالْقَلْبُ عِنْدَ الْبَاءِ مِيْمًا ذُ كِرَا.

Contoh bacaan iqlab tanwin bertemu ba dalam Al Qurana adalah :

  1. Surat Al Qiyamah ayat 24 : وَوُجُوْهٌ يَّوْمَىِٕذٍۢ بَاسِرَةٌۙ ٢٤ Artinya : Artinya : Wajah-wajah (orang kafir) pada hari itu muram. Dalam lafadz يَّوْمَىِٕذٍۢ بَاسِرَةٌۙ terdapat tanwin bertemu dengan huruf ba yang merupakan bacaan iqlab.
  2. Surat Maryam ayat 14 : وَّبَرًّاۢ بِوَالِدَيْهِ وَلَمْ يَكُنْ جَبَّارًا عَصِيًّا ١٤ Artinya : Artinya : (Dia) orang yang berbakti kepada kedua orang tuanya dan dia bukan orang yang sombong lagi durhaka. Contoh tanwin bertemu ba dalam surat maryam ayat 14 adalah بَرًّاۢ بِوَالِدَيْهِ yang merupakan bacaan iqlab.
  3. Surat Al Baqarah ayat 176 : ذٰلِكَ بِاَنَّ اللّٰهَ نَزَّلَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ ۗ وَاِنَّ الَّذِيْنَ اخْتَلَفُوْا فِى الْكِتٰبِ لَفِيْ شِقَاقٍۢ بَعِيْدٍ ࣖ ١٧٦ Artinya : Yang demikian itu disebabkan Allah telah menurunkan kitab suci dengan hak. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (kebenaran) kitab suci itu benar-benar dalam perpecahan yang jauh. شِقَاقٍۢ بَعِيْدٍ adalah contoh tanwin bertemu ba dalam surat Al Baqarah ayat 176 yang merupakan bacaan iqlab.
  4. Surat Al furqan ayat 12 : اِذَا رَاَتْهُمْ مِّنْ مَّكَانٍۢ بَعِيْدٍ سَمِعُوْا لَهَا تَغَيُّظًا وَّزَفِيْرًا ١٢ Artinya : Apabila ia (neraka) melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar darinya suara gemuruh karena marah dan geram. Contoh tanwin bertemu ba dalam surat Al furqon ayat 12 adalah مَّكَانٍۢ بَعِيْدٍ
  5. Surat Ibrahim ayat 3 :ۨ الَّذِيْنَ يَسْتَحِبُّوْنَ الْحَيٰوةَ الدُّنْيَا عَلَى الْاٰخِرَةِ وَيَصُدُّوْنَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَيَبْغُوْنَهَا عِوَجًا ۗ اُولٰۤىِٕكَ فِيْ ضَلٰلٍۢ بَعِيْدٍ ٣ Artinya : (Yaitu) orang-orang yang lebih menyukai kehidupan dunia daripada (kehidupan) akhirat, menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah, dan menginginkannya menjadi bengkok. Mereka itu berada dalam kesesatan yang jauh. Dalam surat Ibrahim ayat 3 ضَلٰلٍۢ بَعِيْدٍ adalah contoh tanwin bertemu ba.
  6. Surat Al fath ayat 12 : بَلْ ظَنَنْتُمْ اَنْ لَّنْ يَّنْقَلِبَ الرَّسُوْلُ وَالْمُؤْمِنُوْنَ اِلٰٓى اَهْلِيْهِمْ اَبَدًا وَّزُيِّنَ ذٰلِكَ فِيْ قُلُوْبِكُمْ وَظَنَنْتُمْ ظَنَّ السَّوْءِۚ وَكُنْتُمْ قَوْمًاۢ بُوْرًا ١٢ Artinya : Bahkan, (semula) kamu menyangka bahwa Rasul dan orang-orang mukmin sama sekali tidak akan kembali lagi kepada keluarga mereka selama-lamanya dan dijadikan terasa indah yang demikian itu di dalam hatimu. Kamu telah berprasangka buruk. Oleh sebab itu, kamu menjadi kaum yang binasa. Contoh tanwin bertemu ba adalah  قَوْمًاۢ بُوْرًا dalam surat Al Fath ayat 12
  7. Surat Al hajj ayat 5 : وَتَرَى الْاَرْضَ هَامِدَةً فَاِذَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاۤءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَاَنْۢبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍۢ بَهِيْجٍ ٥ Artinya :  Kamu lihat bumi itu kering. Jika Kami turunkan air (hujan) di atasnya, ia pun hidup dan menjadi subur serta menumbuhkan berbagai jenis (tetumbuhan) yang indah. زَوْجٍۢ بَهِيْجٍ adalah contoh tanwin bertemu ba dalam surat Al Hajj ayat 5 yang merupakan bacaan iqlab

Demikian pembahasan mengenai 15 contoh bacaan nun mati dan tanwin bertemu ba. Semoga dapat memberikan banyak manfaat dan pengetahuan bagi para pelajar khususnya teman-teman yang sedang belajar ilmu tajwid.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment