Arti Bacaan Sujud Sahwi Tilawah dan Syukur Dalam Sholat

Ada 4 bacaan sujud yang biasa dilakukan oleh seorang muslim dan ke-4 nya memiliki arti dan bacaan yang berbeda. mulai dari bacaan sujud dalam sholat, sujud sahwi, sujud syukur dan sujud tilawah.

Dalam keseharian, praktik bacaan sujud dalam sholat adalah yang sering dilakukan seorang muslim karena bacaannya yang berada didalam sholat. Begitu juga sujud sahwi yang dilakukan didalam sholat tetapi jarang terjadi karena sujud sahwi dilakukan ketika meninggalkan sunnah ab'ad sholat.

Sujud tilawah kadang dilakukan ketika dalam shalat oleh imam yang membaca ayat sajdah dan kadang dilakukan diluar sholat ketika mendengar ayat sajdah. Sedangakan sujud syukur dilakukan diluar sholat ketika mendapatkan nikmat secara tiba-tiba.

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tentang arti bacaan sujud sahwi tilawah dan syukur dalam sholat disertai tulisan arab dan maknanya yang benar.

Arti Bacaan Sujud Sahwi

arti bacaan sujud sahwi tilawah syukur dalam sholat
arti bacaan sujud sahwi tilawah syukur dalam sholat

Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan sebelum salam sebanyak 2x sebagai ganti tidak melaksanakan sunnah ab'ad sholat. Dinamakan sunnah ab'ad karena sunnah tersebut menjadi bagian (ba'dhu) dari rukun sholat. Dalam kitab safinatun najah terdapat 7 sunnah ab'ad shalat. 

Kesunahan sujud sahwi bukan hanya karena meninggalkan sunnah ab'ad sholat, ada 5 perkara yang disunnhakan melakukakan sujud sahwi sebagaimana keterangan dalam Hasyiyah Bujairimi :

  1. Meninggalkan sunnah ab'ad sholat
  2. Lupa melakukan sesuatu yang akan batal jika dilakukan dengan sengaja
  3. memindah rukun qouli(ucapan) yang tidak sampai membatalkan sholat
  4. Ragu dalam meninggalkan sunnah ab'ad
  5. Melakukan suatu perbuatan dengan adanya kemungkinan hal tersebut tergolong tambahan.

Adapun arti bacaan sujud sahwi dalam sholat adalah sebagai berikut :

سُبْحَانَ مَنْ لا يَنَامُ ولا يَسْهُوْا

Latin : Subhana man laa yanamu wala yashu.

Artinya : Maha suci dzat yang tidak akan pernah tidur dan tidak akan pernah lupa.

Baca Juga: Tata Cara Sujud Sahwi dan Bacaannya

Arti Bacaan Sujud Tilawah

Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan seseorang ketika mendengar ayat sajdah. Sujud tilawah dapat dilakukan didalam sholat oleh orang yang membaca ayat sajdah kemudian melakukan sujud dan bisa juga dilakukan seseorang diluar sholat yang mendengar ayat sajdah.

Untuk orang diluar sholat ketika akan melaksanakan sujud tilawah maka harus suci dari hadats dan najis, dan permulaan sujud tilawah diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Adapun arti bacaan sujud tilawah adalah sebagai berikut :

سَجَدَ وَجْهِيَ للَّذِيْ خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ  وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ و قُوَّتِهِ

Latin : Sajada wajhiya lilladzi khalaqahu washawwarahu wa syaqqa sam'ahu wabasharahu bihaulihi waquwwatihi.

Artinya : Diriku bersujud kepada dzat yang menciptakan dan membentuk, membuka pendengaran dan penglihatan dengan daya dan kekuatannya.

Arti Bacaan Sujud Syukur

Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan seseorang ketika mendapat nikamat secara mendadak, terhindar dari bahaya, melihat orang kena musibah atau orang fasik secara terang-terangan.

Pelaksanaan sujud syukur dilakukan diluar sholat dengan memperhatikan kesucian hadats dan najis yang terdapat dalam diri, pakaian dan tempat sujud. Seperti halnya sujud tilawah yang dilakukan diluar sholat tata cara sujud syukur harus menghadap kiblat diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Jika seseorang mendekatkan diri kepada Allah dengan cara rukuk atau sujud tanpa sebab maksudnya tanpa sebab-sebab yang telah disebuitkan dan lainnya (yaitu sujud tilawah, sujud syukur dan sujud sahwi), maka haramlah sujudnya sekalipun sujud tersebut dilakukan setelah sholat. Seperti halnya sujud yaitu rukuk yang dilakukan secara terpisah, maka haramlah bertaqarrub dengan cara seperti itu.

- Syaikh Sulaiman dalam Hasyiyah Bujairimi alal Khatib

Ada banyak versi bacaan sujud syukur yang diajarkan oleh para ulama'. Salah satunya Syaikh Sulaiman Al Kurdi yang menganjurkan untuk membaca doa berikut ketika saat sujud syukur :

الحمدُ للهِ الذّي أَنْعَمَ عَلَيَّ بِكَذَا و دَفَعَ عَنِّي كَذَا وعَافَانِى مِّمَا ابتَلَى بِهِ فُلاَنًا

Latin : Alhamdulillahilladzi an'ama 'alaiyya bikadza wa dafa'a 'anni kadza wa 'afani mimmabtala bihi fulanan.

Artinya : Segala puji bagi Allah, Dzat yang telah memberi nikmat kepadaku berupa...(sebutkan nikmat yang diterima) dan menolak dariku...(sebutkan bahaya yang dimaksud) dan menyelamatkanku dari musibah yang menimpa fulan (sebutkan musibah yang menimpa siapa).

Baca Juga : Perbedaan Sujud Sahwi Sujud Syukur dan Sujud Tilawah 

Arti Bacaan Sujud Dalam Shalat

Sujud merupakan salah satu rukun shalat yang jatuh setelah i'tidal dan dilakukan sebelum duduk diantara 2 sujud beserta tuma'ninah.

Bunyi bacaan ketika sujud adalah subhana rabbiyal a'la wabihamdih. Arti dari bacaan subhana rabbiyal a la wabihamdih yaitu maha suci Tuhanku yang luhur dan dengan memuji kepada-Nya.

Sujud dan bacaan sujud itu berbeda, jika sujud termasuk rukun sholat dan wajib dikerjakan, sedangkan bacaan sujud itu tidak wajib dan merupakan sunnah dalam sholat.

Inilah bacaan sujud yang biasa dibaca ketika sholat dan artinya :

سُبْحَانَ رَبِّيَ الأَعْلَى و بِحَمْدِهِ

Latin : Subhana rabbiyal a'la wabihamdihi

Artinya : Maha suci Tuhanku yang luhur dan dengan memuji kepada-Nya

Itulah tadi pembahasan mengenai arti bacaan sujud sahwi tilawah dan syukur dalam sholat dan diluar sholat, semoga sahabat zonasantri dapat memahaminya dengan benar dan dapat dipraktikkan sesuai dengan kebutuhan.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment