Jelaskan Perbedaan Sujud Syukur Sujud Tilawah dan Sujud Sahwi

Setelah mempelajari macam-macam sujud, dapatkah anda jelaskan perbedaan sujud syukur sujud tilawah dan sujud sahwi?

Persamaan ketiganya antara sujud syukur, tilawah dan sahwi adalah sama-sama sunnah apabila dikerjakan. Untuk perbedaannya terdapat beberapa sebab dan cara pelakasanan yang berbeda.

Dalam artikel ini kami akan jelaskan perbedaan sujud syukur sujud tilawah dan sujud sahwi agar anda dapat memahami dengan detail masing-masing tatacara dan bacaannya dalam setiap sujud.

Table of Contents

Apa Hukumnya Sujud Sahwi Sujud Tilawah dan Sujud Syukur

Jelaskan perbedaan sujud syukur sahwi dan tilawah
Coba jelaskan perbedaan sujud syukur sahwi dan tilawah

Sujud sahwi sujud tilawah dan sujud syukur hukumnya adalah sunnah apabila dikerjakan sebagaimana penuturan beberapa ulama' dalam kitabnya. Untuk itu mari kita simak pendapat masing-masing ulama'.

تسن سجدة التلاوة لقارئ وسامع جميع أية سجدة ويسجد مصل لقراءته إلا مأموما فيسجد هو لسجدة إمامه

- Syaikh Zainuddin Al Malibari dalam Kitab Fathul Mu'in

Artinya : Sujud tilawah disunnahkan bagi orang yang membaca atau mendengar sebagian ayat sajdah. Orang yang sholat dianjurkan sujud karena membaca ayat sajdah kecuali bagi makmum, maka makmum mesti sujud karena mengikuti sujudnya imam.

سجود السهو سنة ) مؤكدة ولو فى نافلة ما عدا صلاة الجنازة وهو دافع لنقص الصلاة

- Syaikh Abu Abdurrahman Rajab Nuri dalam Dalil Al -Muhtaj fi Syarah Al-Minhaj

Artinya : Sujud sahwi hukumnya sunnah muakkad walaupun dalam sholat sunnah selain sholat janazah. Sujud syukur berfungsi mencegah kekurangan sholat.

وسجدة الشكر لا تدخل صلاة و تسن لهجوم النعمة أو اندفاع النقمة أو رؤية مبتلى أو فاسق معلن ويظهرها للفاسق إن لم يخف ضروره لا لمبتلى لئلا يتأذى وهي كسجدة التلاوة

- Al Khatib dalam Iqna'

Artinya : Sujud syukur tidak termasuk dalam sholat dan disunnahkan ketika datangnya nikmat secara mendadak atau terhindar dari bahaya atau melihat orang terkena musibah atau orang fasik yang terang-terangan. Sujud syukur disunnahkan dinyatakan dihadapan orang fasik jika tidak dikhawatirkan menimbulkan bahaya, tetapi jangan didepan orang yang terkena musibah karena dapat melukai perasaannya. Sujud syukur seperti sujud tilawah.

Baca Juga : Mengapa Kita Harus Melakukan Sujud Syukur

Apa Perbedaan Antara Sujud Syukur, Tilawah dan Sujud Sahwi

Ada beberapa perbedaan antara sujud syukur, tilawah dan sujud sahwi diantara meliputi :

  • Jumlah sujud
  • Bacaan sujud
  • Sebab sujud
  • Kondisi sujud

Jumlah sujud - Sujud sahwi dilakukan sebanyak 2x sujud, sedangkan sujud tilawah dan sujud syukur dilakukan sebanyak 1x sujud.

Baca Juga : Bagaimana Cara Melaksanakan Sujud Tilawah Pada Saat Sholat?

Bacaan sujud - Sujud syukur dan sujud tilawah mempunyai bacaan yang sama ketika sujud, yaitu doa سَجَدَ وَجْهِيَ للَّذِيْ خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ  وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ و قُوَّتِه sedangkan bacaan doa sujud sahwi adalah سُبْحَانَ مَنْ لا يَنَامُ ولا يَسْهُوْا

Sebab sujud - Sujud sahwi dsunnahkan karena meninggalkan salah satu sunnah ab'ad sholat atau perkara lainnya yang menyebabkan sujud sahwi. Sujud tilawah disunnahkan karena mendengar atau membaca ayat sajdah sedangkan suduj syukur disunnahkan karena mendapat nikmat secara mendadak atau dihindarkan dari marabahaya.

Kondisi sujud - Sujud sahwi dilakukan pada saat sholat (didalam sholat), sujud syukur dikakukan diluar sholat sedangkan sujud tilawah ada yang dilakukan pada saat sholat dan ada yang dikerjakan diluar sholat.

Berikut ini kami jelaskan perbedaan sujud syukur sujud tilawah dan sujud sahwi dalam bentuk tabel.

Perbedaan Sujud Sahwi Sujud Syukur Sujud Tilawah
Jumlah sujud 2x 1x 1x
Bacaan sujud سُبْحَانَ مَنْ لا يَنَامُ ولا يَسْهُوْا سَجَدَ وَجْهِيَ للَّذِيْ خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ و قُوَّتِه سَجَدَ وَجْهِيَ للَّذِيْ خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ و قُوَّتِه
Kondisi sujud Didalam sholat Diluar sholat Ada yang Didalam sholat dan Diluar sholat
Sejab sujud Meninggalkan sunnah ab'ad sholat Membaca atau mendengar ayat sajdah Mendapat nikmat secara mendadak atau dihindarkan dari marabahaya

Demikian pembahasan mengenai perbedaan sujud syukur sujud tilawah dan sujud sahwi, semoga semakin menambah pemahaman bagi para pembaca dalam mengetahui pengertian ketiga sujud tersebut.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment