14 Contoh Hukum Bacaan Al Qamariyah Beserta Suratnya Dalam Al Quran

Contoh hukum bacaan al qamariyah banyak kita temukan dalam Al Quran salah satunya terdapat dalam surat Al fatihah ayat 2 yaitu lafadz اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ.

Saat melaksanakan sholat kita pasti membaca surat Al Fatihah, dimana pada ayat  ke-2 terdapat hukum bacaan al qamariyah yaitu اَلْحَمْدُ dimana al ta'rif bertemu dengan ha.

Untuk lebih lebih jelasnya apa yang dinamakan al qamariyah, apa berapa jumlah hurufnya dan apa saja contohnya dalam Al Quran mari kita simak penjelasan dari zonasantri.com.

Apa Itu Al Qomariyah Sebutkan Huruf dan Contohnya?

14 contoh hukum bacaan al qamariyah beserta suratnya
14 contoh hukum bacaan al qamariyah dalam al quran

Bacaan al qamariyah adalah bacaan ketika al ta'rif bertemu dengan salah satu huruf qamariyah dan dibaca secara jelas.

Huruf qamariyah ada 14 yaitu :

  1. alif (ا)
  2. ba (ب)
  3. ghain (غ)
  4. ha (ح)
  5. jim (ج)
  6. kaf (ك)
  7. wau (و)
  8. kho' (خ)
  9. fa (ف)
  10. ain (ع)
  11. qaf (ق)
  12. ya (ي)
  13. mim (م)
  14. ha (ه)

Dari banyaknya huruf al qamariyah tentunya kita dapat menemukan banyak contoh didalam al quran. Salah satu contoh alif lam qomariah yaitu lafadz الْكِتٰبُ dalam surat Al Baqarah ayat 2 ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ.

Ciri-ciri dari alif lam qomariah adalah :

  • terdapat al ta'rif (الْ)
  • huruf lam berharakat sukun
  • al dibaca dengan jelas

14 Contoh Hukum Bacaan Al Qamariyah

contoh bacaan al qamariyah dalam surat al bayyinah
contoh bacaan al qamariyah dalam surat al bayyinah. screen shoot via : quran kemenag

Untuk memudahkan para pembaca dalam mencari contoh hukum bacaan al qamariyah kami berikan tanda warna merah sehingga mudah dalam belajar quran tajwid warna online.

Salah satu bacaan dalam ilmu tajwid adalah bacaan al qamariyah atau ada juga yang menyebutnya idzhar qamariyah. Adapun 14 contoh bacaan al qamariyah beserta ayatnya adalah :

1. Surat Al Fatihah ayat 2

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ

Artinya : Segala puji bagi Allah, Tuhan1) semesta alam

Penjelasan : Contoh hukum bacaan Al Qamariyah dalam Al quran terdapat dalam surat Al Fatihah ayat 2 yaitu lafadz اَلْحَمْدُ dimana al ta'rif bertemu huruf ha(ح). Cara membacanya ialah dibaca jelas Al-hamdu.

2. Surat Al Furqan ayat 63

وَعِبَادُ الرَّحْمٰنِ الَّذِيْنَ يَمْشُوْنَ عَلَى الْاَرْضِ هَوْنًا وَّاِذَا خَاطَبَهُمُ الْجٰهِلُوْنَ قَالُوْا سَلٰمًا  

Artinya : Hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan, “Salam.”

Penjelasan : Hukum bacaan lafadz الْاَرْضِ dan الْجٰهِلُوْنَ dimakamkan bacaan al qamariyah karena al ta'rif bertemu huruf qamariyah berupa hamzah dan jim. 

3. Surat Ad Dhuha ayat 4

وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ

Artinya : Sungguh, akhirat itu lebih baik bagimu daripada yang permulaan (dunia).

Uraian : cara membaca lafadz الْاُوْلٰىۗ dalam surat Ad Dhuha ayat 4 adalam lam sukun dibaca jelas karena merupakan bacaan alif lam qamariyah.

4. Surat Al Maun ayat 2

فَذٰلِكَ الَّذِيْ يَدُعُّ الْيَتِيْمَۙ

Artinya : Itulah orang yang menghardik anak yatim

Sebutkan bacaan al qamariyah yang terdapat dalam surat Al Main ayat 2 yaitu lafadz الْيَتِيْمَۙ karena ya yang merupakan huruf qamariyah jatuh setelah al ta'rif. 

5. Surat At Tin ayat 3

وَهٰذَا الْبَلَدِ الْاَمِيْنِۙ

Artinya : dan demi negeri (Makkah) yang aman ini,

Tuliskan hukum bacaan al qamariyah dalam surat At Tin ayat 3? Berupa lafadz الْبَلَدِ dan الْاَمِيْنِۙ dimana setelah al ta'rif terdapat huruf qamariyah berupa ba hamzah. 

6. Surat Al Isra ayat 26

وَاٰتِ ذَا الْقُرْبٰى حَقَّهٗ وَالْمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيْرًا 

Artinya : Berikanlah kepada kerabat dekat haknya, (juga kepada) orang miskin, dan orang yang dalam perjalanan. Janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.

Alasan : lafadz الْقُرْبٰى dan وَالْمِسْكِيْنَ merupakan hukum bacaan al qamariyah disebabkan 

7. Surat Ar Rahman ayat 33

يٰمَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِ اِنِ اسْتَطَعْتُمْ اَنْ تَنْفُذُوْا مِنْ اَقْطَارِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ فَانْفُذُوْاۗ  لَا تَنْفُذُوْنَ اِلَّا بِسُلْطٰنٍۚ 

Artinya : Wahai segenap jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya, kecuali dengan kekuatan (dari Allah). 

Lafadz merupakan hukum bacaan al qamariyah dalam surat ar rahman ayat 33

8. Surat Al Bayyinah ayat 1

لَمْ يَكُنِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ وَالْمُشْرِكِيْنَ مُنْفَكِّيْنَ حَتّٰى تَأْتِيَهُمُ الْبَيِّنَةُۙ

Artinya : Orang-orang yang kufur dari golongan Ahlulkitab dan orang-orang musyrik tidak akan meninggalkan (kekufuran mereka) sampai datang kepada mereka bukti yang nyata,

Lafadz الْكِتٰبِ ,وَالْمُشْرِكِيْنَ dan الْبَيِّنَةُۙ merupakan contoh bacaan al qamariyah juz 30 dalam surat al bayyinah ayat 1.

9. Surat Al Baqarah ayat 2

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ

Artinya : Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan di dalamnya; (ia merupakan) petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa, 

10. Surat Al Maidah ayat 48

وَاَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتٰبِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ عَمَّا جَاۤءَكَ مِنَ الْحَقِّۗ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَّمِنْهَاجًا ۗوَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَجَعَلَكُمْ اُمَّةً وَّاحِدَةً وَّلٰكِنْ لِّيَبْلُوَكُمْ فِيْ مَآ اٰتٰىكُمْ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اِلَى اللّٰهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيْعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَۙ

Artinya : Kami telah menurunkan kitab suci (Al-Qur’an) kepadamu (Nabi Muhammad) dengan (membawa) kebenaran sebagai pembenar kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan sebagai penjaganya (acuan kebenaran terhadapnya). Maka, putuskanlah (perkara) mereka menurut aturan yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti hawa nafsu mereka dengan (meninggalkan) kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Seandainya Allah menghendaki, niscaya Dia menjadikanmu satu umat (saja). Akan tetapi, Allah hendak mengujimu tentang karunia yang telah Dia anugerahkan kepadamu. Maka, berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang selama ini kamu perselisihkan.

11. Surat Ali Imran ayat 190

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ

Artinya : Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi serta pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal,

Lafadz وَالْاَرْضِ dan الْاَلْبَابِۙ merupakan hukum bacaan al qamariyah dalam surat Ali Imran ayat 190.

12. Surat Yunus surat 40

وَمِنْهُمْ مَّنْ يُّؤْمِنُ بِهٖ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهٖۗ وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِيْنَ

Artinya : Di antara mereka ada orang yang beriman padanya (Al-Qur’an), dan di antara mereka ada (pula) orang yang tidak beriman padanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.

13. Surat Al Mujadalah ayat 11

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Apabila dikatakan, “Berdirilah,” (kamu) berdirilah. Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan. 

14. Surat At Taubah ayat 105

وَقُلِ اعْمَلُوْا فَسَيَرَى اللّٰهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُوْلُهٗ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ وَسَتُرَدُّوْنَ اِلٰى عٰلِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَۚ  

Artinya : Katakanlah (Nabi Muhammad), “Bekerjalah! Maka, Allah, rasul-Nya, dan orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu. Kamu akan dikembalikan kepada (Zat) yang mengetahui yang gaib dan yang nyata. Lalu, Dia akan memberitakan kepada kamu apa yang selama ini kamu kerjakan.”

15. Surat An Nisa ayat 59

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ  فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ 

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nabi Muhammad) serta ululamri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunahnya) jika kamu beriman kepada Allah dan hari Akhir. Yang demikian itu lebih baik (bagimu) dan lebih bagus akibatnya (di dunia dan di akhirat).

Lafadz الْاَمْرِ dan الْاٰخِرِۗ merupakan 2 contoh bacaan al qamariyah dalam surat an nisa ayat 59.

Demikian pembahasan mengenai 14 contoh hukum bacaan al qamariyah dalam al quran beserta suratnya. Semoga memberi banyak manfaat untuk para pembaca dalam belajar ilmu tajwid.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment