20 Contoh Fiil Madhi Dalam Al Quran : Juz 30, Al Baqarah, Yasin dan Al 'Alaq

Contoh fiil madhi banyak kita jumpai saat membaca Al Quran, baik itu dalam surat Al Baqarah, surat yasin al 'alaq ataupun dalam juz 30. Fiil madhi adalah fiil yang menunjukkan makna lampau atau masa lalu. Contohnya : نصر (sudah menolong), كتب (sudah menulis),  جلس (sudah duduk) dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh fiil madhi dalam Al Quran Surat Al Baqarah, Yasin, Al 'Alaq dan juz 30 karena surat-surat tersebut biasa dibaca sehingga lebih mudah untuk menemukannya.

Table of Contents

Contoh Fiil Madhi Dalam Al Quran

contoh fiil madhi dalam Al Quran surat yasin, juz 30
5 contoh fiil madhi dalam Al Quran


Beberapa contoh fiil madhi yang kami temukan dalam Al Quran antara lain :

5 Contoh Fiil Madhi di Juz 30

Adapun contoh fiil madhi di juz 30 antara lain sebagai berikut :
  • Surat al 'alaq ayat 12 اَوْ اَمَرَ بِالتَّقْوٰىۗ١٢ Artinya : atau dia menyuruh bertakwa (kepada Allah)? Lafadz  اَمَرَ adalah contoh fiil madhi di juz 30 dalam surat al 'alaq ayat 12.
  • Surat attin ayat 5. ثُمَّ رَدَدْنٰهُ اَسْفَلَ سٰفِلِيْنَۙ ٥ Artinya : Kemudian, kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya, Dilihat dari kedudukannya lafadz رَدَدْنٰ adalah contoh fiil madhi waqi'nya muaddzim nafsah.
  • Surat ad-duha ayat 2. وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ ٢ Artinya : dan demi waktu malam apabila telah sunyi, Dilihat dari kedudukannya lafadz سَجٰىۙ sighotnya fiil madhi waqi'nya mufrod mudzakar.
  • Surat al-lail ayat 6. وَصَدَّقَ بِالْحُسْنٰىۙ ٦ Artinya : serta membenarkan adanya (balasan) yang terbaik (surga), Dilihat dari kedudukannya lafadz صَدَّقَ  sighotnya fiil madhi waqi'nya mufrod mudzakar.
  • Surat al-lail ayat 9. وَكَذَّبَ بِالْحُسْنٰىۙ ٩ Artinya : serta mendustakan (balasan) yang terbaik, Dilihat dari kedudukannya lafadz كَذَّبَ sighotnya fiil madhi waqi'nya mufrod mudzakar.

5 Contoh Fiil Madhi Dalam Surat Al 'Alaq

Adapun contoh fiil madhi dalam surat Al 'Alaq sebagai berikut:
  • اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ ١ Artinya : Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan!.Dilihat dari kedudukannya lafadz خَلَقَۚ sighotnya fiil madhi waqi'nya mufrod mudzakar.
  • خَلَقَ الْاِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍۚ ٢ Artinya : Dia menciptakan manusia dari segumpal darah. Dilihat dari kedudukannya lafadz خَلَقَۚ sighotnya fiil madhi waqi'nya mufrod mudzakar.
  • الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِۙ ٤ Artinya : yang mengajar (manusia) dengan pena. Dilihat dari kedudukannya lafadz عَلَّمَ  sighotnya fiil madhi waqi'nya mufrod mudzakar.
  • عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْۗ ٥ Artinya : Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya. Dilihat dari kedudukannya lafadz عَلَّمَ  sighotnya fiil madhi waqi'nya mufrod mudzakar.
  • اَنْ رَّاٰهُ اسْتَغْنٰىۗ ٧ Artinya : ketika melihat dirinya serba berkecukupan. Lafadz رَّاٰ merupakan contoh fiil madhi dalam surat Al 'Alaq ayat 7.

Contoh Fiil Madhi Dalam Surat Al Baqarah

Beberapa contoh fiil madhi didalam surat Al Baqarah antara lain :

1. Al Baqarah ayat 29

هُوَ الَّذِيْ خَلَقَ لَكُمْ مَّا فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا ثُمَّ اسْتَوٰٓى اِلَى السَّمَاۤءِ فَسَوّٰىهُنَّ سَبْعَ سَمٰوٰتٍ ۗ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ ٢٩

Artinya : Dialah (Allah) yang menciptakan segala yang ada di bumi untukmu, kemudian Dia menuju ke langit, lalu Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit.12) Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.

12) Langit yang bermakna ruang di luar bumi dengan segala isinya (bulan, planet, komet, bintang, galaksi) yang jumlahnya tidak berhingga (disimbolkan dengan ungkapan tujuh langit) sesungguhnya terus berevolusi. Banyak bintang yang mati, namun banyak juga bintang yang lahir. Adapun yang dimaksud dengan menyempurnakan adalah terus berlangsungnya proses pembentukan bintang-bintang baru sejak pembentukan alam semesta.

Lafadz خَلَقَ , اسْتَوٰٓى , dan سَوّٰى adalah contoh fiil madhi dalam surat Al Baqarah ayat 29.

2. Al Baqarah ayat 38.

قُلْنَا اهْبِطُوْا مِنْهَا جَمِيْعًا ۚ فَاِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِّنِّيْ هُدًى فَمَنْ تَبِعَ هُدَايَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ ٣٨

Artinya : Kami berfirman, “Turunlah kamu semua dari surga! Lalu, jika benar-benar datang petunjuk-Ku kepadamu, siapa saja yang mengikuti petunjuk-Ku tidak ada rasa takut yang menimpa mereka dan mereka pun tidak bersedih hati.”

Lafadz قُلْنَا adalah contoh fiil madhi tsulatsi mujarrad waqi'nya muadzim nafsah.

3. Al Baqarah ayat 39. 

وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَكَذَّبُوْا بِاٰيٰتِنَآ اُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ ࣖ٣٩

Artinya : (Sementara itu,) orang-orang yang mengingkari dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulah penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.

Lafadz كَفَرُوْا dan كَذَّبُوْا adalah contoh fiil madhi waqi'nya jamak mudzakar.

4. Al Baqarah ayat 41.

وَاٰمِنُوْا بِمَآ اَنْزَلْتُ مُصَدِّقًا لِّمَا مَعَكُمْ وَلَا تَكُوْنُوْٓا اَوَّلَ كَافِرٍۢ بِهٖ ۖ وَلَا تَشْتَرُوْا بِاٰيٰتِيْ ثَمَنًا قَلِيْلًا ۖوَّاِيَّايَ فَاتَّقُوْنِ ٤١

Artinya : Berimanlah kamu kepada apa (Al-Qur’an) yang telah Aku turunkan sebagai pembenar bagi apa yang ada pada kamu (Taurat) dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya. Janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga murah dan bertakwalah hanya kepada-Ku.

Lafadz اَنْزَلْتُ adalah contoh fiil madhi tsulatsi mujarrod waqi'nya mutakallim wahdah.

5. Al Baqarah ayat 47.

يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اذْكُرُوْا نِعْمَتِيَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ وَاَنِّيْ فَضَّلْتُكُمْ عَلَى الْعٰلَمِيْنَ٤٧

Artinya : Wahai Bani Israil, ingatlah nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu dan sesungguhnya Aku telah melebihkan kamu daripada semua umat di alam ini (pada masa itu).

Lafadz فَضَّلْتُ adalah contoh fiil madhi tsulatsi mujarrod waqi'nya mutakallim wahdah.

Contoh Fiil Madhi Dalam Surah Yaasin

Adapun contoh fiil madhi dalam surat yasin adalah :
  • لِتُنْذِرَ قَوْمًا مَّآ اُنْذِرَ اٰبَاۤؤُهُمْ فَهُمْ غٰفِلُوْنَ٦ Artinya : agar engkau (Nabi Muhammad) memberi peringatan kepada suatu kaum yang nenek moyang mereka belum pernah diberi peringatan, sehingga mereka lalai. Lafadz اُنْذِرَ adalah contoh fiil madhi mabni majhul dalam surat yaasin ayat 6.
  • لَقَدْ حَقَّ الْقَوْلُ عَلٰٓى اَكْثَرِهِمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُوْنَ ٧ Artinya : Sungguh, benar-benar berlaku perkataan (ketetapan takdir) terhadap kebanyakan mereka, maka mereka tidak akan beriman. Dilihat dari kedudukannya lafadz حَقَّ sighotnya fiil madhi mabni ma'lum waqi'nya mufrod mudzakar.
  • اِنَّا جَعَلْنَا فِيْٓ اَعْنَاقِهِمْ اَغْلٰلًا فَهِيَ اِلَى الْاَذْقَانِ فَهُمْ مُّقْمَحُوْنَ ٨ Artinya : Sesungguhnya Kami telah memasang belenggu di leher mereka, lalu (tangan mereka yang terbelenggu diangkat) ke dagu, karena itu mereka tertengadah. Lafadz جَعَلْنَا adalah contoh fiil madhi mabni ma'lum waqi'nya muadzim nafsah dalam surat yaasin ayat 8
  • وَاضْرِبْ لَهُمْ مَّثَلًا اَصْحٰبَ الْقَرْيَةِۘ اِذْ جَاۤءَهَا الْمُرْسَلُوْنَۚ ١٣ Artinya : Buatlah suatu perumpamaan bagi mereka (kaum kafir Makkah), yaitu penduduk suatu negeri, ketika para utusan datang kepada mereka, Dilihat dari kedudukannya lafadz جَاۤءَ sighotnya fiil madhi waqi'nya mufrod mudzakar
  • اِذْ اَرْسَلْنَآ اِلَيْهِمُ اثْنَيْنِ فَكَذَّبُوْهُمَا فَعَزَّزْنَا بِثَالِثٍ فَقَالُوْٓا اِنَّآ اِلَيْكُمْ مُّرْسَلُوْنَ ١٤ Artinya : (yaitu) ketika Kami mengutus kepada mereka dua orang utusan, lalu mereka mendustakan keduanya. Kemudian Kami menguatkan dengan (utusan) yang ketiga. Maka, ketiga (utusan itu) berkata, “Sesungguhnya kami adalah orang-orang yang diutus kepadamu.” Lafadz اَرْسَلْنَآ dan كَذَّبُوْ adalah contoh fiil madhi mabni mabni ma'lum kaddzabu  waqi'nya jamak mudzakar arsalna waqi'nya mu'adzim nafsah.dan lafadz عَزَّزْنَا fiil madhi tsulatsi mazid biharfin waqi' muadzim nafsah dalam surat yaasin ayat 6

Demikian 20 contoh fiil madhi dalam Al Quran meliputi juz 30, surat Al Baqarah, Yasin dan Al 'Alaq semoga dapat menambah pengetahuan bagi teman-teman yang sedang mendalami bahasa arab khusunya ilmu nahwu shorof.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment