10 Contoh Bacaan Iqlab Beserta Suratnya Dalam Al Quran

Dalam membaca Al Quran kita tak akan pernah terlepas dari bacaan nun mati dan tanwin yang bertemu salah satu huruf hijaiyah, misalnya dalam surat pendek terdapat ayat  وَاَمَّا مَنْۢ بَخِلَ وَاسْتَغْنٰىۙ .Ayat tersebut merupakan contoh bacaan iqlab dalam surat al- lail ayat 8.

Dalam kesempatan kali ini zonasantri.com akan memberikan 10 contoh bacaan iqlab beserta suratnya agar teman-teman dapat belajar dengan benar manakah yang termasuk bacaan iqlab didalam Al Quran.

Apa Itu Iqlab dan Contohnya

10 contoh bacaan iqlab beserta suratnya dalam alquran
10 contoh bacaan iqlab beserta suratnya

Iqlab adalah bacaan dalam tajwid dimana terdapat nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf ba, contohnya : مِنْۢ بَأْسِ nun mati bertemu ba', بِثَمَنٍۢ بَخْسٍ tanwin bertemu dengan ba.

Huruf iqlab hanya ada 1 yaitu ba' tidak ada huruf lainnya. Cara membaca iqlab adalah dengan berdengung tetapi sebelumnya huruf ba' harus diganti dengan mim mati (sukun).

Baca Juga : 10 Contoh Ikhfa Haqiqi Beserta Suratnya

Contoh Bacaan Iqlab Beserta Suratnya

Untuk lebih menguasai materi tentang iqlab, berikut ini kami berikan 10 contoh bacaan iqlab dalam Al Quran.

1. Surat Al A'raf ayat 165

فَلَمَّا نَسُوْا مَا ذُكِّرُوْا بِهٖٓ اَنْجَيْنَا الَّذِيْنَ يَنْهَوْنَ عَنِ السُّوْۤءِ وَاَخَذْنَا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا بِعَذَابٍۢ بَـِٔيْسٍۢ بِمَا كَانُوْا يَفْسُقُوْنَ ١٦٥

Artinya : Maka, setelah mereka melupakan apa yang diperingatkan kepada mereka, Kami selamatkan orang-orang yang mencegah (orang berbuat) keburukan dan Kami timpakan kepada orang-orang yang zalim azab yang keras karena mereka selalu berbuat fasik.

Contoh bacaan iqlab dalam Al Quran adalah lafadz بِعَذَابٍۢ بَـِٔيْسٍۢ surat Al A'raf ayat 165 dimana terdapat tanwin bertemu dengan huruf iqlab ba.

2. Surat Al Mukminun ayat 31

ثُمَّ اَنْشَأْنَا مِنْۢ بَعْدِهِمْ قَرْنًا اٰخَرِيْنَ ۚ ٣١

Artinya : Kemudian, Kami ciptakan setelah mereka umat yang lain (kaum ‘Ad).

Contoh bacaan iqlab beserta suratnya dalam Al Quran adalah مِنْۢ بَعْدِهِمْ dalam surat Al Mukminun ayat 31 dimana terdapat nun mati bertemu dengan huruf iqlab ba'.

3. Surat Gafir ayat 29

يٰقَوْمِ لَكُمُ الْمُلْكُ الْيَوْمَ ظٰهِرِيْنَ فِى الْاَرْضِۖ فَمَنْ يَّنْصُرُنَا مِنْۢ بَأْسِ اللّٰهِ اِنْ جَاۤءَنَا ۗقَالَ فِرْعَوْنُ مَآ اُرِيْكُمْ اِلَّا مَآ اَرٰى وَمَآ اَهْدِيْكُمْ اِلَّا سَبِيْلَ الرَّشَادِ ٢٩

Artinya : Wahai kaumku, pada hari ini kerajaan ada padamu dengan berkuasa di bumi. Akan tetapi, siapa yang akan menolong kita dari azab Allah jika (azab itu) menimpa kita?” Fir‘aun berkata, “Aku hanya mengemukakan kepadamu apa yang aku pandang baik dan aku hanya menunjukkan kepadamu jalan yang benar.”

Contoh bacaan iqlab dalam Al Quran adalah lafadz مِنْۢ بَأْسِ اللّٰهِ  suratGafir ayat 29 dimana terdapat tanwin bertemu dengan huruf iqlab ba.

4. Surat Al anbiya ayat 80

وَعَلَّمْنٰهُ صَنْعَةَ لَبُوْسٍ لَّكُمْ لِتُحْصِنَكُمْ مِّنْۢ بَأْسِكُمْۚ فَهَلْ اَنْتُمْ شٰكِرُوْنَ ٨٠

Artinya : Kami mengajarkan pula kepada Daud cara membuat baju besi untukmu guna melindungimu dari serangan musuhmu (dalam peperangan). Maka, apakah kamu bersyukur (kepada Allah)?

Lafadz مِّنْۢ بَأْسِكُمْۚ adalah contoh bacaan iqlab dalam Al Quran surat Al anbiya ayat 80 dimana terdapat nun mati bertemu dengan huruf iqlab ba.

5. Surat Yusuf ayat 20

وَشَرَوْهُ بِثَمَنٍۢ بَخْسٍ دَرَاهِمَ مَعْدُوْدَةٍ ۚوَكَانُوْا فِيْهِ مِنَ الزّٰهِدِيْنَ ࣖ ٢٠

Artinya : Mereka menjualnya (Yusuf) dengan harga murah, (yaitu) beberapa dirham saja sebab mereka tidak tertarik kepadanya.367)

367) Mereka khawatir Nabi Yusuf a.s. akan ditemukan oleh keluarganya sehingga akan langsung diambil kembali dan mereka tidak mendapatkan apa-apa. Oleh karena itu, mereka cepat-cepat menjualnya walaupun dengan harga murah.

Contoh bacaan iqlab dalam Al Quran adalah lafadz بِثَمَنٍۢ بَخْسٍ  surat yusuf ayat 20 dimana terdapat tanwin bertemu dengan huruf iqlab ba.

6. Surat Al lail ayat 8

وَاَمَّا مَنْۢ بَخِلَ وَاسْتَغْنٰىۙ ٨

Artinya : Adapun orang yang kikir dan merasa dirinya cukup (tidak perlu pertolongan Allah).

مَنْۢ بَخِلَ adalah contoh bacaan iqlab dalam surat pendek juz 30.

7. Surat Qaf ayat 3

ءَاِذَا مِتْنَا وَكُنَّا تُرَابًا ۚ ذٰلِكَ رَجْعٌۢ بَعِيْدٌ ٣

Artinya : Apakah setelah kami mati dan sudah menjadi tanah (akan dikembalikan)? Itu adalah pengembalian yang sangat jauh.”

رَجْعٌۢ بَعِيْدٌ adalah contoh bacaan iqlab dalam surat qaf ayat 3 dimana terdapat tanwin bertemu dengan huruf ba.

8. Surat Al Baqarah ayat  181

فَمَنْۢ بَدَّلَهٗ بَعْدَمَا سَمِعَهٗ فَاِنَّمَآ اِثْمُهٗ عَلَى الَّذِيْنَ يُبَدِّلُوْنَهٗ ۗ اِنَّ اللّٰهَ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ ۗ ١٨١

Artinya : Siapa yang mengubahnya (wasiat itu), setelah mendengarnya, sesungguhnya dosanya hanya bagi orang yang mengubahnya. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

فَمَنْۢ بَدَّلَهٗ adalah contoh bacaan iqlab dalam surat Al Baqarah ayat 181 dimana terdapat nun mati bertemu dengan huruf ba.

9. Surat Maryam ayat  14

وَّبَرًّاۢ بِوَالِدَيْهِ وَلَمْ يَكُنْ جَبَّارًا عَصِيًّا ١٤

Artinya : (Dia) orang yang berbakti kepada kedua orang tuanya dan dia bukan orang yang sombong lagi durhaka.

Contoh bacaan iqlab dalam surat maryam ayat 14 adalah بَرًّاۢ بِوَالِدَيْهِ dimana terdapat tanwin bertemu dengan huruf ba.

10. Surat Al Qiyamah ayat 24

وَوُجُوْهٌ يَّوْمَىِٕذٍۢ بَاسِرَةٌۙ ٢٤

Artinya : Wajah-wajah (orang kafir) pada hari itu muram

Dalam lafadz يَّوْمَىِٕذٍۢ بَاسِرَةٌۙ terdapat bacaan iqlab dimana terdapat tanwin bertemu dengan huruf ba.

Demikian penjelasan mengenai 10 contoh bacaan iqlab dalam Al Quran beserta suratnya dan ayatnya semoga dapat memberikan banyak manfaat untuk para pembaca khususnya para pelajar yang sedang mempelajari ilmu tajwid dan bacaan Al Quran.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment