10 Contoh Ikhfa Haqiqi Beserta Surat dan Ayatnya

Contoh bacaan ikhfa haqiqi banyak kita temui saat membaca Al Quran. Bacaan ikhfa' wajib dipelajari agar dalam pembacaan Al Quran nantinya dapat tartil. Apa itu bacaan ikhfa haqiqi?

Ikhfa secara bahasa adalah menyamarkan atau menutupi, secara istilah yaitu menyamarka nun mati atau tanwin karena adanya timbul suara dengung apabila bertemu dengan huruf ikhfa, Contohnya : مِّنْ طِيْنٍ. Bagaimana cara mengetahui bacaan tersebut termasuk ikhfa ? Yaitu dengan cara mengetahui huruf-huruf ikhfa yang berjumlah 15 :

  1. shod
  2. dzal
  3. tsa'
  4. kaf
  5. jim
  6. syin
  7. qof
  8. sin
  9. dal
  10. tho'
  11. za'
  12. fa'
  13. ta'
  14. dhod
  15. dho'
Pada kesempatan kali ini kami berfokus memberikn contoh ikhfa haqiqi dalam Al Quran beserta surat dan ayatnya.
Table of Contents

Contoh Ikhfa Haqiqi Beserta Surat dan Ayatnya

10 contoh ikhfa haqiqi beserta surat dan ayatnya
10 contoh ikhfa haqiqi beserta surat dan ayatnya

Jika masih pemula belajar tajwid mungkin masih kesulitan menemukan bacaan ikhfa oleh karena itu kami akan memberikan 10 contoh bacaan ikhfa haqiqi agar mudah dipelajari para pelajar. Berikut ini adalah contoh ikhfa haqiqi dalam Al Quran beserta surat dan ayatnya :

  • 1. Surat Al An'am Ayat 2.

هُوَ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ طِيْنٍ ثُمَّ قَضٰٓى اَجَلًا ۗوَاَجَلٌ مُّسَمًّى عِنْدَهٗ ثُمَّ اَنْتُمْ تَمْتَرُوْنَ٢

Artinya : Dialah yang menciptakan kamu dari tanah, kemudian Dia menentukan batas waktu hidup (masing-masing). Waktu yang ditentukan (untuk kebangkitan setelah mati) ada pada-Nya. Kemudian, kamu masih meragukannya. Lafadz مِّنْ طِيْنٍ,عِنْدَهٗ, اَنْتُمْ  adalah contoh ikhfa haqiqi .

  • 2. Surat Al An'am Ayat 6.

اَلَمْ يَرَوْا كَمْ اَهْلَكْنَا مِنْ قَبْلِهِمْ مِّنْ قَرْنٍ مَّكَّنّٰهُمْ فِى الْاَرْضِ مَا لَمْ نُمَكِّنْ لَّكُمْ وَاَرْسَلْنَا السَّمَاۤءَ عَلَيْهِمْ مِّدْرَارًا ۖوَّجَعَلْنَا الْاَنْهٰرَ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهِمْ فَاَهْلَكْنٰهُمْ بِذُنُوْبِهِمْ وَاَنْشَأْنَا مِنْۢ بَعْدِهِمْ قَرْنًا اٰخَرِيْنَ ٦

Artinya : Tidakkah mereka perhatikan betapa banyak generasi sebelum mereka yang telah Kami binasakan? (Yaitu) generasi yang telah Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, yang belum pernah Kami lakukan kepada kamu; dan Kami curahkan air hujan yang lebat, Kami jadikan sungai-sungai mengalir di bawah mereka; lalu Kami binasakan mereka karena dosa-dosa mereka, selanjutnya Kami munculkan sesudah mereka generasi lain.

Lafadz مِنْ قَبْلِهِمْ , مِّنْ قَرْنٍ, مِنْ تَحْتِهِمْ, وَاَنْشَأْنَا adalah contoh ikhfa haqiqi

  • 3. Surat Al An'am Ayat 7.

وَلَوْ نَزَّلْنَا عَلَيْكَ كِتٰبًا فِيْ قِرْطَاسٍ فَلَمَسُوْهُ بِاَيْدِيْهِمْ لَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِنْ هٰذَآ اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ ٧

Artinya : Seandainya Kami turunkan kepadamu (Nabi Muhammad) kitab (berupa tulisan) pada kertas sehingga mereka dapat menyentuhnya dengan tangan mereka sendiri, pastilah orang-orang kafir itu mengatakan, “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.”

Lafadz كِتٰبًا فِيْ, قِرْطَاسٍ فَلَمَسُوْهُ adalah contoh ikhfa haqiqi dalam surat Al An'am ayat 7.

  • 4. Surat Al An'am Ayat 8.

وَقَالُوْا لَوْلَآ اُنْزِلَ عَلَيْهِ مَلَكٌ ۗوَلَوْ اَنْزَلْنَا مَلَكًا لَّقُضِيَ الْاَمْرُ ثُمَّ لَا يُنْظَرُوْنَ ٨

Artinya : Mereka berkata, “Mengapa tidak diturunkan malaikat kepadanya (Nabi Muhammad)?”237) Andaikata Kami turunkan malaikat, niscaya selesailah urusan (mereka dibinasakan karena pengingkaran) kemudian mereka tidak lagi ditangguhkan (sedikit pun untuk bertobat).

237) Ungkapan ini adalah untuk menerangkan bahwa Nabi Muhammad saw. adalah seorang nabi.

Lafadz اُنْزِلَ , اَنْزَلْنَا, يُنْظَرُوْنَ adalah contoh ikhfa haqiqi.

  • 5. Surat Al An'am Ayat 10.

وَلَقَدِ اسْتُهْزِئَ بِرُسُلٍ مِّنْ قَبْلِكَ فَحَاقَ بِالَّذِيْنَ سَخِرُوْا مِنْهُمْ مَّا كَانُوْا بِهٖ يَسْتَهْزِءُوْنَ ࣖ ١٠

Artinya : Sungguh, rasul-rasul sebelum engkau (Nabi Muhammad) benar-benar telah diperolok-olokkan, maka turunlah kepada orang-orang yang mencemooh mereka (rasul-rasul) apa (azab) yang selalu mereka perolok-olokkan.

Lafadz مِّنْ قَبْلِكَ adalah contoh ikhfa haqiqi dalam surat al an'am ayat 10.

  • 6. Surat Al An'am Ayat 14. 

قُلْ اَغَيْرَ اللّٰهِ اَتَّخِذُ وَلِيًّا فَاطِرِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَهُوَ يُطْعِمُ وَلَا يُطْعَمُ ۗ قُلْ اِنِّيْٓ اُمِرْتُ اَنْ اَكُوْنَ اَوَّلَ مَنْ اَسْلَمَ وَلَا تَكُوْنَنَّ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ ١٤

Artinya : Katakanlah (Nabi Muhammad), “Apakah selain Allah, Pencipta langit dan bumi serta Dia memberi makan dan tidak diberi makan, akan aku jadikan sebagai pelindung?” Katakanlah (Nabi Muhammad), “Sesungguhnya aku diperintahkan agar aku menjadi orang pertama yang berserah diri (kepada Allah), dan jangan sekali-kali kamu masuk golongan orang-orang musyrik.”

Lafadz وَلِيًّا فَاطِرِ adalah contoh ikhfa haqiqi.

  • 7. Surat Al An'am Ayat 16.

مَنْ يُّصْرَفْ عَنْهُ يَوْمَىِٕذٍ فَقَدْ رَحِمَهٗ ۗوَذٰلِكَ الْفَوْزُ الْمُبِيْنُ ١٦

Artinya : Siapa yang dijauhkan darinya (azab) pada hari itu, maka sungguh Dia telah merahmatinya. Itulah keberuntungan yang nyata.

Lafadz يَوْمَىِٕذٍ فَقَدْ adalah contoh ikhfa haqiqi dalam surat Al An'am ayat 16.

  • 8. Surat Al An'am Ayat 17.

وَاِنْ يَّمْسَسْكَ اللّٰهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهٗٓ اِلَّا هُوَ ۗوَاِنْ يَّمْسَسْكَ بِخَيْرٍ فَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ١٧

Artinya : Jika Allah menimpakan kemudaratan kepadamu, tidak ada yang dapat menghilangkannya selain Dia; dan jika Dia memberikan kebaikan kepadamu, Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.

Lafadz بِضُرٍّ فَلَا, بِخَيْرٍ فَهُوَ, شَيْءٍ قَدِيْرٌ adalah contoh ikhfa haqiqi dalam Al Quran

  • 9. Surat Al An'am Ayat 19.

قُلْ اَيُّ شَيْءٍ اَكْبَرُ شَهَادَةً ۗ قُلِ اللّٰهُ ۗشَهِيْدٌۢ بَيْنِيْ وَبَيْنَكُمْ ۗوَاُوْحِيَ اِلَيَّ هٰذَا الْقُرْاٰنُ لِاُنْذِرَكُمْ بِهٖ وَمَنْۢ بَلَغَ ۗ اَىِٕنَّكُمْ لَتَشْهَدُوْنَ اَنَّ مَعَ اللّٰهِ اٰلِهَةً اُخْرٰىۗ قُلْ لَّآ اَشْهَدُ ۚ قُلْ اِنَّمَا هُوَ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ وَّاِنَّنِيْ بَرِيْۤءٌ مِّمَّا تُشْرِكُوْنَ ١٩

Artinya : Katakanlah (Nabi Muhammad), “Siapakah yang lebih kuat kesaksiannya?” Katakanlah, “Allah. Dia menjadi saksi antara aku dan kamu. Al-Qur’an ini diwahyukan kepadaku supaya dengan itu aku mengingatkan kamu dan orang yang sampai (Al-Qur’an kepadanya). Apakah kamu benar-benar bersaksi bahwa ada tuhan-tuhan lain selain Allah?” Katakanlah, “Aku tidak bersaksi.” Katakanlah, “Sesungguhnya Dialah Tuhan Yang Maha Esa dan aku lepas tangan dari apa yang kamu persekutukan.”

lafadz لِاُنْذِرَكُمْ adalah contoh ikhfa haqiqi dalam surat al an'am ayat 19.

  • 10. Surat Al An'am Ayat 20

اَلَّذِيْنَ اٰتَيْنٰهُمُ الْكِتٰبَ يَعْرِفُوْنَهٗ كَمَا يَعْرِفُوْنَ اَبْنَاۤءَهُمْۘ اَلَّذِيْنَ خَسِرُوْٓا اَنْفُسَهُمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُوْنَ ࣖ ٢٠

Artinya : Orang-orang yang telah Kami beri Kitab mengenalnya (Nabi Muhammad) seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Orang-orang yang merugikan diri sendiri itu tidak beriman.

Lafadz اَنْفُسَهُمْ adalah contoh ikhfa haqiqi dalam Al Quran.

Demikian contoh ikhfa haqiqi dalam Al Quran semoga dapat menambah manfaat bagi teman-teman yang sedang belajar ilmu tajwid sehingga kedepannya dapat membaca Al Quran dengan tartil.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment