Niat Sholat Isya Sendiri di Rumah Arab Latin dan Bacaannya

Niat sholat isya sendiri dirumah bacaannya berbeda dengan niat sholat isya berjamaah baik itu menjadi imam ataupun makmum. Mulai jam berapa dapat melaksanakan sholat isya sendiri dirumah dan apakah harus menunggu adzan iqomah untuk dapat mengerjakan sholat.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas niat sholat isya sendiri dirumah arab latin, tata cara dan bacaannya.

Table of Contents

Berapa Rakaat Niat Sholat Isya Sendiri

niat sholat sendiri dirumah latin arab
niat sholat isya sendiri dirumah

Dalam sehari semalam terdapat 5 sholat fardhu yang berjumlah 17 rakaat yaitu :

  • Isya 4 rakaat
  • Subuh 2 rakaat
  • Dhuhur 4 rakaat
  • Ashar 4 rakaat
  • Maghrib 3 rakaat

Jadi, jelaslah sudah jumlah bilangan sholat isya' ada 4 rakaat. Mungkin masih ada yang bertanya, jika sholat isya sendiri apakah rakaatnya masih sama?  Sholat isya baik itu dilakukan berjamaah, dengan menjadi imam ataupun makmum dan baik itu dilaksanakan sendiri di rumah rakaatnya tetap sama yaitu 4 rakaat.

Pada saat bepergian  keluar kota terkadang kalian akan mendapati beberapa kelompok atau orang yang melaksanakan sholat isya 2 rakaat. 

Sholat isyak 2 rakaat dinamakan sholat qoshor, boleh saja mengerjakan sholat isya 2 rakaat asalkan memenuhi syarat sholat qoshor. Bukan hanya meringkas sholat menjadi 2 rakaat jika memenuhi syarat jamak bahkan sholat isya digabung dengan sholat maghrib dikerjakan pada waktu maghrib dinamakan sholat jamak taqdim.

Bacaan Sholat Isya 4 Rakaat

Langkah-langkah sebelum mengerjakan sholat isya yaitu sama dengan langkah-langkah dalam mengerjakan sholat fardhu lainnya yaitu harus memenui syarat sah sholat. Sesudah syarat sah sholat terpenuhi maka barulah bisa mengerjakan sholat. Adapaun bacaan sholat isya 4 rakaat dari takbiratul ihram sampai salam adalah sebagai berikut :
  1. Niat solat isya bersamaan dengan takbiratul ihram
  2. Takbiratul ihram (bacaan Allahu Akbar)
  3. Berdiri jika mampu berdiri
  4. Membaca doa iftitah
  5. Membaca taawudz
  6. Membaca surat Al fatihah
  7. Membaca ayat Al Quran (Yang hafal,misalnya Surat Al Fiil)
  8. Rukuk beserta tuma’ninah
  9. I’tidal beserta tuma’ninah
  10. Sujud beserta tuma’ninah
  11. Duduk diantar dua sujud beserta tuma’ninah
  12. Sujud ke dua dengan tuma’ninah
  13. Bangun dari sujud ke dua berdiri untuk melaksanakan rakaat kedua
  14. Membaca surat Al fatihah dan ayat dari Al Quran (misalnya surat al ikhlas)
  15. Rukuk, I’tidal,sujud,duduk diantara 2 sujud dan sujud kedua beserta tuma’ninah
  16. Duduk tahiyat awal
  17. Membaca tahiyat awwal
  18. Membaca sholawat
  19. Berdiri dari duduk tahiyat awwal untuk melaksanakn rakaat ke tiga
  20. Ulangi point 6 sampai 12 (pada point 7 dan 13 tidak membaca surat)
  21. Berdiri untuk melaksanakan rakaat ke 4
  22. Ulangi point  sampai 12 (pada point 7 dan 13 tidak membaca surat)
  23. Duduk tahiyat akhir
  24. Membaca tahiyat akhir
  25. Membaca sholawat nabi
  26. Salam
Mungkin ada beberapa pertanyaan berkaitan tata cara sholat isya kami sampaikan diatas diantaranya : apakah rakaat ke tiga membaca surat pendek saat sholat isya sendiri?
Membaca surat pendek hukumnya sunnah pada rakaat pertama dan rakaat kedua, jadi pada saat rakaat ketiga tidak perlu membaca surat pendek baik itu ketika sholat berjamaah maupun sholat sendiri dirumah.

Niat Sholat Isya Sendiri di Rumah

Apakah boleh sholat isya sendiri di rumah? Boleh saja sholat isya sendiri dirumah tetapi pahala sholat sendiri dengan pahala sholat jamaah berbeda 27 derajat.

Sholat isya adalah sholat yang dikerjakan di waktu isya. Jadi tidak boleh asal melaksanakan sholat isya' jika tidak mengetahui waktunya.

Isya adalah nama untuk permulaan petang dan waktunya paling lama diantara sholat 5 waktu. Waktu sholat isya dimulai dengan hilangnya mega merah dan berakhir dengan munculnya fajar shodiq.

Pada zaman dahulu orang-orang biasa memperkirakan bahwa sholat isya dimulai dari jam 7 malam dan berakhir jam 5 pagi. benarkah demikian? Berarti jika kita melakukan sholat isya pada jam 4 pagi apakah masih bisa?

Pada zaman sekarang penjadwalan waktu sholat terbilang mudah. Kemenag jakarta pusat selalu memperbaharui jadwal sholat setiap harinya. Pada hari ini, dimana kami menuliskan artikel ini jadwal sholat isya WIB adalah pukul 19.15 dan waktu subuh adalah pukul 04.03. Jadi jam 7 malam pada saat ini 3 januari 2023 belum masuk waktu isya' jadi belum bisa melaksanakan sholat isya, sedangkan untuk pukul 4 pagi masih bisa melaksanakan sholat isya karena maktu isya belum habis dan belum masuk waktu subuh.

Sholat isya sendiri memiliki 5 waktu :
  1. Waktu fadhilah
  2. waktu ikhtiyar
  3. waktu jawaz bila karahah
  4. waktu jawaz bi karahah
  5. waktu tahrim
Pembahasan mengenai apabila ada seseorang melaksanakan sholat isya pada jam 1 malam apakah boleh? tentu saja jawabannya adalah boleh dan sah karena waktu isya sendiri dimulai dari tenggelamnya mega merah hingga munculnya fajar shodiq. Orang yang melaksanakan sholat isya pada waktu jam 1 malam berarti dia melakukan sholat isya di waktu jawaz bila karahah.

Adapun orang yang melakukan sholat isya pada jam 4 pagi berarti dia masih memiliki waktu 3 menit untuk melaksanakan sholat isya. Jika waktu 3 menit tersebut cukup untuk melakukan sholat isya, maka dia sholat di waktu jawaz bikarahah tetapi jika waktu 3 menit tersebut tidak sampai untuk melaksanakan sholat isya maka ia sholat isya di waktu tahrim.

Adapun bacaan dan tulisan arab niat sholat isya sendiri di rumah adalah sebagai berikut :

أصلّى فرض العشاء اربع ركعات مستقبل القبلة لله تعلى

Latin : Usholli fardhol isya'i arba'a raka'atin mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala.

Artinya : Saya niat sholat fardhu isya 4 rakaat menghadap qiblat karena Allah Ta'ala.

Niat Sholat Isya Di Masjid

Yang membedakan niat sholat isya' ada 3 :
  • Niat Sholat Isya Sendiri
  • Niat sholat isya menjadi makmum
  • Niat sholat isya menjadi imam
Jika sholat isya dilaksanakan sendiri dimanapun tempatnya baik itu dimasjid atau tempat lainnya maka niatnya sama seperti niat sholat isya sendiri dirumah seperti yang kami jelaskan diatas. Jika sholat isya' dilaksanakan dimasjid pada umumnya dilaksanakan berjamaah. Dalam hal berjamaah adakalanya menjadi imam dan juga ada yang menjadi makmum, tapi juga tidak menutup kemungkinan ada juga yang mengerjakan sholat isya sendiri di masjid.

Adapun tulisan dan bacaan arab latin beserta artinya niat sholat isya dimasjid adalah sebagai berikut :

  • Menjadi Imam : أصلّى فرض العشاء اربع ركعات مستقبل القبلة إماما لله تعلى (Usholli fardhol isya'i arba'a raka'atin mustaqbilal qiblati imaman lillahi ta'ala). Artinya : Saya niat sholat fardhu isya 4 rakaat menghadap qiblat menjadi imam karena Allah Ta'ala.
  • Menjadi Makmum : أصلّى فرض العشاء اربع ركعات مستقبل القبلة مأموما لله تعلى (Usholli fardhol isya'i arba'a raka'atin mustaqbilal qiblati makmuman lillahi ta'ala). Artinya : Saya niat sholat fardhu isya 4 rakaat menghadap qiblat menjadi makmum  karena Allah Ta'ala.
  • Sendiri : أصلّى فرض العشاء اربع ركعات مستقبل القبلة لله تعلى (Usholli fardhol isya'i arba'a raka'atin mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala). Artinya : Saya niat sholat fardhu isya 4 rakaat menghadap qiblat karena Allah Ta'ala.
Demikian pembahasan mengenai niat sholat isya sendiri dirumah dan dimasjid beserta bacaan dan tulisan arab latinnya semoga memberi banyak kemudahan bagi yang sedang belajar agama.
Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment