Tata Cara Sholat Dhuha Bagi Pemula Lengkap Beserta Doanya

Tata cara sholat dhuha bagi pemula - bagi sebagian orang, melaksanakan sholat sunnah itu menyenangkan, selain dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan tentunya akan mendaptkan pahala.

Perlu diketahui bahwa orang melaksanakan sholat sunnah, tidak semua macam-macam shalat sunnah dikerjakan, khususnya di Indonesia banyak orang yang melaksanakan sholat sunnah dhuha.

Entah apa alasannya, tetapi satu yang pasti bahwa seseorang melaksanakan ibadah dalam hal ini sholat dhuha tentu harus karena Allah SWT.

Ya itu pasti, disamping itu kemungkinan orang melaksanakn shalat duha karena ingin mendapatkan keutamaan sholat dhuha.

lalu apa sih keutamaan sholat dhuha, waktunya kapan, dan bagaimana tata cara pelaksanaannya.

mari kita pelajari bersama.
tata cara sholat dhuha
tata cara sholat dhuha untuk pemula
Table of Contents

Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha Bagi Pemula Yang Benar

Shalat dhuha mempunyai tata cara yang semestinya dilakukan oleh orang yang hendak melaksanakannnya.

Setiap shalat baik sholat fardhu ataupun sunnah tentunya mempunyai waktu tersendiri.

Begitu pula sholat dhuha, waktu shalat dhuha mulai dari munculnya matahari kira-kira satu tombak sampai masuknya waktu dhuhur, maksudnya sebelum masuk waktu duhur masih boleh untuk melaksanaka sholat dhuha.

Setelah kita mengetahui waktu dhuha, kita boleh melaksanakan sholat dhuha diwaktu tersebut. Perkiraan matahari satu tombak itu sekitar jam 7 dan dhuhur jam 11.45 jadi, boleh melaksanakan sholat dhuha diatas jam 7 dan sebelum jam 11.45.

Didalam kitab Qutul Habibul Ghorib waktu yang dipilih atau waktu sholat dhuha terbaik adalah ketika telah melewati1/4 siang, karena setiap seperempat dari siang itu terdapat sholat.

Jika diasumsikan dari mulai terbitnya matahari jam 6 pagi, sholat dhuhur di jam 12 dan sholat asar di jam 3 maka ¼ siang ada dikisaran jam 9 pagi (waktu yang terbaik untuk sholat dhuha ). Sesuai dengan ulama'  yang mengatakan waktu terbaik sholat dhuha antara jam 9-10 siang. Wallahu a’lam.

Tata Cara Sholat Dhuha 2 Rakaat Bagi Pemula

Sholat dhuha adalah ibadah mahdhah yang tata cara pelaksanaannya telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. setelah mengetahui waktu pelaksanaan sholat dhuha untuk melaksanakannya seseorang harus memenuhi syarat sah sholat. setelah itu barulah dapat melaksanakan sholat dhuha. Adapun tata cara sholat dhuha 2 rakaat bagi pemula adalah :
  • Niat
  • Takbiratul Ihram (yaitu membaca Allahu Akbar)
  • Membaca Surat Alfatihah
  • Membaca Surat Alquran
  • Rukuk
  • I'tidal
  • Sujud
  • Duduk antara 2 sujud
  • sujud ke 2
  • bangun dari sujud ke dua berdiri tegak membaca surat alfatihah lalu membaca surat yang sudah di sebutkan diatas
  • lalu rukuk,istidal sujud,duduk antara 2 sujud, sujud kedua,
  • duduk tasyahud akhir
  • membaca tasyahud akhir
  • membaca sholawat atas nabi
  • salam pertama.

Semua ibadah, baik sunnah atau wajib harus diawali dengan niat. begitu pula shalat duha, untuk melaksanaknya harus diawali dengan niat.

Melaksanakan sholat dhuha itu seperti kita melaksanakan sholat pada umumnya. Tidak ada tambahan gerakan sholat seperti sholat gerhana dan tidak ada tambahan bacaan seperti sholat tasbih. Lalu, bagaimana niat sholat dhuha arab dan latin 2 rakaat.

Ketika melaksanakan takbiratul ihram didalam hati kita niat : 

Niat Sholat dhuha 2 rakaat arab

. (أصلّى سنّة ضحى ركعتين مستقبل القبلة للّه تعالى )

Bacaan Latin:

Ushalli sunnatat Dhuha rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi Ta’ala 

Artinya : aku niat sholat sunnah dhuha 2 rakaat menghadap qiblat karena Allah SWT

Jika anda hafal surat-surat pendek alangkah baiknya bacaan sholat dhuha 2 rakaat yaitu :

  1. Pada rakaat pertama membaca surat Wasyamsyi Wadhuhaha 
  2. Pada rakaat kedua Fatihah membaca Wadhuha Wallaili idza saja

jika tidak hafal bacaan surat wasyamsi wadhuhaha dan Wadhuha Wallaili idza saja bisa membaca surat pendek apa saja yang dihafal bahkan jika tidak hafal 1 surat pendek pun, tidaaklah mengapa tidak membaca surat pendek karena hukumnya sunnah dalam sholat.

Jika mau melaksanakan sholat dhuha lebih dari 2 rakaat, misalkan 4 rakaat maka bacaan sholat dhuha 4 rakaat yaitu :

  • Rakaat pertama membaca surat Wasyamsyi Wadhuhaha dan 
  • rakaat kedua membaca surat Qul ya ayyuhal kafirun 
kemudian pada sholat berikutnya yaitu:
  • rakaat awwal membaca surat Wadhuha dan 
  • rakaat ke dua membaca surat Qul huwallahu ahad.
Setelah selesai melaksanakan sholat dhuha sebaiknya berdzikir dan ditutup dengan doa sholat dhuha. Beginilah doa selesai sholat dhuha latin dan artinya.

Doa arab

الّلهمّ إنّ الضحاء ضحائك والبهاء بهائك والجمال جمالك والقوّة قوّتك والقدرة قدرتك والعصمة عصمتك. الّلهمّ إن كان رزقى فى السّماء فأنزله وإن كان فى الأرض فأخرجه وإن كان معسر فيسّره وإن كان حراما فطهّره وإن كان بعيدا فقرّبه  بحقّ ضحائك و بهائك و جمالك و قوّتك و قدرتك و عصمتك آتنى ما آتيت عبادك الصّالحين 

Latin

Allahumma innad dhuha-a dhuha-uka, wal baha-a baha-uka, wal jama-la jama-luka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ismata ‘ismatuka. Allahumma in ka-na rizqi fis sama-i faanzilhu, wa in ka-na fil ardhi fa akhrijhu, wa in ka-na mu’assiron fa yassirhu, wa in kana haro-man fathohhirhu, wa in kana ba’i-dan faqorribhu, bihaqqi dhuha-ika, wa baha-ika, wa jama-lika, wa quwwatika, wa qudrotika, aatini ma a-tayta ‘ibadakas sholihin

Artinya:
Ya Allah, bahwasannya waktu dhuha itu adalah waktu dhuha-Mu, dan keagungan itu adalah keagungan-Mu, dan keindahan itu adalah keindahan-Mu, dan kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu. 
Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, maka turunkanlah, jika masih di dalam bumi, maka keluarkanlah, jika masih sukar, maka mudahkanlah, jika (ternyata) haram, maka sucikanlah, jika masih jauh, maka dekatkanlah, Berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-MU yang sholeh.

Keutamaan Sholat Dhuha

kenapa orang banyak yang melaksanakan shalat dhuha, salah satu alasannya mungkin karena ingin mendapatkan keutamaan sholat dhuha.
Apa saja keutamaan sholat dhuha? diantaranya adalah :
  • Pertama, menjadi sedekah semua tulang manusia. 
عَنْ أَبِى ذَرٍّ عَنِ النَّبِىِّ ﷺ أَنَّهُ قَالَ: يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ. فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى. (رواه مسلم)  

Wallahu A'lam bimuradihi 

“Diriwayatkan dari Abu Dzar radliyallahu ‘anh, dari Nabi ﷺ, beliau bersabda: ‘Ada sedekah (yang hendaknya dilakukan) atas seluruh tulang salah seorang dari kalian. Karena itu setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah, dan dua rakaat shalat Dhuha mencukupi semuanya itu’,” (HR Muslim).

  • Kedua, menjadi shalat kaum awwâbîn, yaitu orang-orang yang pulang (bertaubat) kepada Allah ta’ala. 
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: لَا يُحَافِظُ عَلَى صَلَاةِ الضُّحَى إِلَّا أَوَّابٌ. قَالَ: وَهِيَ صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ. (رواه الحاكم وقال: هذا حديث صحيح على شرط مسلم)   

Wallahu A'lam bimuradihi 
“Diriwayatkan dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anh, ia berkata: ‘Rasulullah ﷺ bersabda: ‘Tidak ada yang menjaga shalat Dhuha kecuali orang yang kembali kepada Allah dengan bertaubat.’ Rasulullah ﷺ bersabda: ‘Shalat Dhuha adalah shalat orang-orang yang kembali kepada Allah dengan bertaubat’,” (HR al-Hakim dan ia berkata: “Ini hadits shahih sesuai syarat Imam Muslim).
  • Ketiga, setiap dua rakaat shalat Dhuha mempunyai keutamaan khusus sebagaimana dalam riwayat berikut: 
عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ: لَقِيتُ أَبَا ذَرٍّ، فَقُلْتُ: يَا عَمُّ اقْبِسْنِى خَيْرًا. فَقَالَ: سَأَلْتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ كَمَا سَأَلْتَنِي فَقَالَ: إِنْ صَلَّيْتَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لَمْ تُكْتَبْ مِنَ الْغَافِلِينَ، وَإِنْ صَلَّيْتَهَا أَرْبَعًا كُتِبْتَ مِنَ الْمُحْسِنِينَ، وَإِنْ صَلَّيْتَهَا سِتًّا كُتِبْتَ مِنَ الْقَانِتِينَ، وَإِنْ صَلَّيْتَهَا ثَمَانِيًا كُتِبْتَ مِنَ الْفَائِزِينَ، وَإِنْ صَلَّيْتَهَا عَشْرًا لَمْ يُكْتَبْ لَكَ ذَلِكَ الْيَوْمَ ذَنْبٌ، وَإِنْ صَلَّيْتَهَا ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً بَنَى اللهِ لَكَ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ. ( رواه البيهقي)

Wallahu A'lam bimuradihi 
 “Diriwayatkan dari Ismail bin Ubaidillah, dari Abdullah bin Amr, ia berkata: ‘Aku bertemu dengan Abu Dzar radliyallahu ‘anh, lalu berkata: ‘Wahai Paman, beritahukanlah diriku pada suatu kebaikan.’ Lalu ia menjawab: ‘Aku bertanya kepada Rasulullah ﷺ sebagaimana Kamu bertanya kepadaku. Lalu beliau bersabda: ‘Bila Kamu shalat Dhuha dua rakaat maka tidak akan dicatat sebagai bagian dari kaum yang lalai; bila Kamu shalat Dhuha empat rakaat maka akan dicatat sebagai bagian dari kaum yang berbuat baik; bila Kamu shalat Dhuha enam rakaat maka akan dicatat sebagai bagian dari kaum yang taat; bila Kamu shalat Dhuha delapan rakaat maka akan dicatat sebagai bagian dari kaum yang beruntung; bila Kamu shalat Dhuha 10 rakaat maka pada hari itu tidak akan dicatatkan dosa bagimu; dan bila Kamu shalat Dhuha 12 rakaat maka akan dibangunkan untukmu sebuah rumah di surga’,” (HR al-Baihaqi).

Dinukil dari berbagai sumber : Nu online,Sabilun Najah Fasholatan lengkap,Qutul Habibul Ghorib, Tausyikh ala Fathil Qaribil Mujib, sholat dhuha mustajabah

Semoga dengan sedikit ilmu tentang Tata cara sholat dhuha bagi pemula lengkap beserta doanya, keutamaan sholat dhuha dapat menambah ketaatan kepada Allah SWT dan lebih giat dalam beribadah

Pertanyaan Tentang Shalat Dhuha

Apakah harus sholat subuh terlebih dahulu bila melaksanakan sholat dhuha?

jika mengacu pada waktu pelaksanaan shalat, tentulah harus melaksanakan shalat shubuh dulu sebelum nantinya melaksanakan shalat dhuha. jika yang dimaksudkan adalah apakah boleh melaksanakan shalat dhuha sedang kita belum melaksanakan shalat subuh? kita cermati lagi, dalam pembahasan hal-hal yang membatalkan shalat atau menjadi syarat sahnya shalat. apakah jika melaksanakan shalat baik itu fardhu atau sunnah apakah harus mengqodho shalat yang belum dilaksanakan. tentu tidak ada dalam syarat sah shalat, tetapi kita lihat dulu kedudukannya

shalat dhuha termasuk shalat sunnah shalat subuh termasuk shalat wajib, apakah boleh perkara sunnah mengalahkan perkara wajib. didalam kaidah fiqih diterangkan Alwajibu la yutraku illa biwajibin : perkara wajib tidak bisa ditinggalkan kecuali dengan perkara wajib. tentulah sebaiknya shalat subuh dahulu sebelum melaksanakan shalat dhuha

Sholat dhuha 12 rakaat itu kita duduk diantara dua sujud berapa kali ya

didalam shalat baik sunnah maupun fardhu dalam 1 ( satu ) rakaat terdapat 1 (satu) kali duduk diantara 2 (dua) sujud. jika anda melaksanakan shalat dhuha 12 rakaat maka terdapat 12 (dua belas) kali duduk diantara 2 sujud

Apa boleh melaksanakan shalat Dhuha tanpa sholat tahajud mohon penjelasannya?

shalat dhuha merupakan shalat sunnah, begitu pula shalat tahajud. tidak ada keterkaitan antara keduanya. jadi boleh saja seseorang melaksanakan shalat dhuha di waktu dhuha bila walaupun dimalam hari orang tersebut tidak shalat tahajjud


Santri Indonesia. Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment