Inalilahi Wainalilahi Rojiun Bahasa Arab Artinya dan Tulisan Yang Benar

Inalilahi wainalilahi rojiun (اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ ) kalimat tersebut diucapkan ketika ada saudara kita yang tertimpa musibah. Inalilahi wainalilahi rojiun merupakan bacaan atau kalimat istirja' yang artinya sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami akan kembali.

Sebenarnya Inalilahi wainalilahi rojiun merupakan potongan ayat dari sebuah ayat yang terdapat dalam Al Quran. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai pembahasan inalilahi wainalilahi rojiun bahasa arab mari kita simak ulasan dari zonasantri.com.

Table of Contents

Bagaimana Tulisan Innalillahiwainnailaihirojiun Yang Benar?

inalilahi wainalilahi rojiun arab dan artinya
inalilahi wainalilahi rojiun bahasa arab

Ketika mendapatkan kabar bahwa salah satu teman atau kerabat kita terkena musibah kita lantas mengucap innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Suatu kabar atau informasi musibah terkadang didapat melaui pesan singkat berupa whatssapp, messenger atau lainnya. 

Pengucapan kalimat istirja didalam pesan singkat tentunya harus berupa tulisan. Inilah tulisan innalillahi wa inna ilaihi rajiun yang benar :

  • Tulisan arab gundul : اِنا لله وانآ اليه رجعون
  • Tulisan arab berharakat : اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ
Didalam beberapa kasus, kami mendapati beberapa tulisan innalillahi wa inna ilaihi rajiun yang salah yaitu dalam penulisan lafadz اِنَّ (tanpa adanya dhomir) seharusnya yang benar ditulis اِنَّا dengan adanya dhomir muttasil mahal nashob yang berupa isimnya inna.

Innalillahi Wa Innalillahi Rojiun Artinya Apa?

Didalam Al Quran Online kemenag RI pada surat Al Baqarah ayat 156 اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ innalillahi wa inna ilaihi rajiun artinya sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami akan kembali.

Adapun arti per kata dari innalillahi wa inna ilaihi rajiun adalah sebagai berikut :

اِنَّا Inna merupakan 'amil nawashib dimana amalnya adalah menashobkan isim dan merofa'kan khobar. Isimnya inna berupa dhomir na. Inna artinya sesungguhnya kita (kami)

لِلّٰهِ Lillahi merupakan jar majruj dimana lafadz jalalah Allah dijarkan oleh huruf jar lam, maka dari itu harus dibaca jar alamat jarnya yaitu kasroh. Lillahi artinya milik Allah.

وَاِنَّآ wawu huruf athof mempunayi ma'thuf alaih اِنَّا. Wa inna artinya dan sesungguhnya kami (kita)

اِلَيْهِ Ilaihi merupakan jar majrur dimana terdapat dhomir muttasil mahal jar yaitu هِ yang dijarkan oleh huruf jar ila. Ilaihi artinya kepada-Mu (Allah).

رٰجِعُوْنَۗ raji'un merupakan jamak mudzakar salim berkedudukan sebagai khobarnya inna. Khobarnya inna harus dibaca rofa, maka ketika tingkah rofa' jamak mudzakar salim dialamati dengan wawu. Raji'un artinya kembali semuanya.

Baca Juga : Bibarakati Shohibul Haul Tulisan Arab

Innalilahi Wainnalilahi Rojiun Bahasa Arab

Kalimat innalilahi wainnalilahi rojiun pada dasarnya berasal dari bahasa arab yang tulisan arabnya adalah اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ. Di Indonesia bacaan inalilahi wainalilahi rojiun disebut bacaan istirja' yaitu suatu istilah yang biasa gunakan oleh seseorang yang mengalami suatu musibah.

Macam-macam musibah itu banyak, seperti kematian, kecelakaan, bencana longsor dan lain sebagainya. Jadi inalilahi wainalilahi rojiun bisa diucapkan untuk kematian, kecelakaan, bencana longsor dan musibah-musibah lainnya.

Boleh saja mengucap innalillahi saja tetapi kurang tepat karena dengan mengucap innalillahi kita menyadari bahwa semua milik Allah, tapi kita masih lalai bahwa jika semua milik Allah maka Allah dapat mengambilnya kapan saja. Untuk itu sebaiknya kita mengucapkan dengan lengkap inalilahi wainalilahi rojiun yang mengartikan bahwa sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami akan kembali.

Didalam Al Quran kalimat اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ innalillahi wa inna ilaihi raji'un terdapat dalam surat Al baqorah ayat 156 yang bunyi lengkapnya adalah sebagai berikut :

اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ ١٥٦

Latin : Alladzina idza ashobatkum musibah, qaluu inna lillahi wa inna ilaihi raji'un.

Artinya : (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan “Innā lillāhi wa innā ilaihi rāji‘ūn” (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami akan kembali).

Ayat ini masih ada kaitannya dengan surat Al Baqarah ayat 155 :

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ ١٥٥

Artinya : Kami pasti akan mengujimu dengan sedikit ketakutan dan kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Sampaikanlah (wahai Nabi Muhammad,) kabar gembira kepada orang-orang sabar.

Orang yang sabar ketika menghadapi ujian berdasarkan Al-Baqarah ayat 156 yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi raji'un.

Adapun balasan bagi orang-orang yang sabar adalah :

  • Mendapat ampunan Allah
  • Mendapat rahmat Allah
  • Mendapat petunjuk Allah
Hal ini selaras dengan sambungan ayat selanjutnya yaitu surat Al Baqarah ayat 157 :

اُولٰۤىِٕكَ عَلَيْهِمْ صَلَوٰتٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ ۗوَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُهْتَدُوْنَ ١٥٧

Artinya : Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.

Demikian pembahasan kami mengenai Inalilahi wainalilahi rojiun bahasa arab beserta tulisan arab dan artinya, semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment