Bibarakati Shohibul Haul Tulisan Arab dan Artinya

Ketika menghadiri acara haul ulama atau peringatan hari wafatnya, mungkin kalian pernah mendengar pemimpin doa yang mengucapkan bibarakati shohibul haul, alfatihah.

Dalam kesempatan ini kami akan jelaskan tulisana arab bibarakati shohibul haul dan artinya agar teman-teman paham maksudnya.

Table of Contents

Apa Arti Shohibul Haul?

Shohibul berasal dari bahasa arab yang artinya pemilik. Shohibun adalah shighot isim fail dari fiil madhi shohaba yang jika ditasrif secara lughawi adalah sebagai berikut :

صَحَبَ يَصْحَبُ إِصْحَبْ صَحَابَةً صَاحِبٌ مَصْحُوْبٌ مَصْحَبٌ مَصْحَبٌ 

Shohaba yashabu ishab shohabatan shohibun mashubun mashabun masyhabun

Dari tasrif diatas kita tahu bahwa tulisan arab shohibul adalah صَاحِبٌ dibaca shohibun. Karena lafadz shohibun mudhof kepada lafadz haul maka tanwin dihilangkan dibaca shohibul haul.

Lafadz haul(حَوْل) juga berasal dari bahasa arab yang artinya satu tahun. Dalam praktiknya makna haul digunakan untuk peringatan kematian seseorang yang diadakan setahun sekali dengan tujuan utama untuk mendoakan ahli kubur agar semua amal ibadah yang dilakukan diterima oleh Allah SWT.

Jadi shohibul haul dapat diartikan orang yang diperingati kematiannya setiap 1 tahun sekali.

Baca Juga : Allahummaghfirli Dzunubi Waliwalidayya

Bibarakati Shohibul Haul Tulisan Arab

bibarakati shohibul haul tulisan arab dan artinya
bibarakati shohibul haul tulisan arab

Terkadang seseorang dapat mengucapkan kata-kata arab dalam bahasa indonesia tetapi belum tentu benar dalam penulisan arabnya.

Berikut ini kami tuliskan bibarakati shohibul haul dalam tulisan arab :

1. Arab gundul

ببركة صاحب الحول

2. Arab berharakat

بِبَرَكَةِ صَاحِبِ الْحَوْلِ

Penulisan bibarakati shohibil haul yang benar adalah seperti yang kami tuliskan diatas. Berikut ini adalah penjelasanannya

  • بِبَرَكَةِ : Ba merupakan huruf jar berfungsi untuk mengejarkan isim. Lafadz barakah dibaca jar karena kemasukan huruf jar ba. Tanda (alamat) jarnya ialah kasrah karena merupakan isim mufrad. Lafadz barokah berlaku sebagai mudhaf
  • صَاحِبِ : Merupakan shighot isim fail dari fiil madhi shohaba (صَحَبَ) dibaca jar karena berlaku sebagai mudhof ilaih dimana mudhofnya berupa lafadz بَرَكَةِ. tanda jarnya ialah kasrah karena merupakan isim mufrad
  • الْحَوْلِ : Isim mufrad dibaca jar dengan alamat kasrah. Dibaca jar karena berlaku sebagai mudhof ilaih, mudhofnya berupa lafadz صَاحِبِ.

Lafadz shohibul haul(صَاحِبُ الْحَوْلِ) jika didahului lafadz بِبَرَكَةِ maka dibaca shohibil haul (صَاحِبِ الْحَوْلِ) karena huruf ba' dibaca kasrah sebagai tanda i'rab jar dimana lafadz shohibun berlaku menjadi mudhof ilaih.

Baca Juga : Tulisan Arab Innalillahi wainnailaihi rajiun

Bibarakati Shohibul Haul Artinya

Bibarakati shohibul haul (بِبَرَكَةِ صَاحِبِ الْحَوْلِ) artinya dengan barokah yang mempunyai haul.

Hikmah diadakannya haul (peringatan 1 tahun meninggalnya seseorang) antara lain :

  1. Untuk mendoakan mayit - tujuan utama diadakan haul tentunya untuk mendoakan mayit (atau orang yang meninggal) biasanya berupa bacaan tahlil dan doa.
  2. Ibrah (pelajaran) - Setiap haul pasti dibacakan atau ditampilkan biografi keteladanan ulama atau kiai yang meninggal semasa hidupnya
  3. Tempat berkumpulnya orang alim - Biasanya ketika diadakan haul terlebih lagi haul akbar banyak para ulama(orang alim) yang diundang bahkan berdatangan sendiri jika tokoh yang dihauli adalah tokoh besar.

Baca Juga : Allahummaghfirlahu Warhamhu Artinya

Dalil tentang haul adalah :

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يزور قتلة أحد فى كل حول , وإذا لقاهم بالشعب رفع صوته يقول : السلام عليكم بما صبرتم فنعم عقبى الدار. وكان أبو بكر يفعل مثل ذالك وكذالك عمر بن الخطاب ثم عثمان بن عفان رضي الله عنهم وكانت فاطمة رضي الله عنها تأتيه وتدعو. وكان سعد بن أبي وقاص سلم عليهم ثم يقبل على أصحابه فيقول ألا تسلمون على قوم يردون عليكم السلام

Nabi senantiasa berziarah ke makam para syuhada di bukit Uhud setiap tahun dan sesampainya disana Beliau mengucapkan salam dengan mengeraskan suaranya. "Salamun 'alaikum bimaa shabartum fani'ma uqbad dar"(keselamatan tetap padamu berkat kesabaranmu maka betapa baiknya tempat kesudahanmu itu).

Sahabat Abu Bakar juga berbuat seperti demikian setiap tahun, begitu juga sahabat Umar bin Khattab kemudian Utsman bin Affan (semoga Allah meridhoi mereka).

Fatimah juga pernah berziarah kebukit uhud dan berdoa. Saad bin Abi Waqash mengucapkan salam kepada para syuhada' tersebut kemudian ia menghadap kepada para sahabatnya lalu berkata : "mengapa kamu tidak mengucapkan salam kepada orang-orang yang akan menjawab salammu".

Baca Juga : Allahumma Ilainal Iman Arab dan Artinya

Demikian pembahasan kami mengenai bibatrakati shohibul haul tulisan arab dan artinya. Semoga memberikan banyak tambahan ilmu dan wawasan bagi para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment