Qabla Artinya Dalam Bahasa Arab dan Contoh Percakapan

Qabla (قَبْلَ) artinya dalam bahasa arab adalah sebelum. Qobla merupakan lawan kata dari ba'da (بَعْدَ) yang artinya sesudah. Dalam praktiknya qobla sering disandingkan dengan kata lain misalnya qabla dzuhur, qobla ashar dan sebagainya dan tidak berdiri sendiri.

Dalam kesempatan ini zonasantri.com akan membahas mengenai arti dari qobla dalam bahasa arab beserta tulisannya yang benar dan juga kenapa qobla sering disandingkan dengan kalimat lainnya dan tidak berdiri senidiri. 

Qabla Artinya Dalam Bahasa Arab

qobla dalam bahasa arab artinya dan contohnya
qobla dalam bahasa arab artinya

Dalam kamus Al Munawwir Arab-Indonesia qabla artinya adalah sebelum lawan kata dari pada ba'da yang artinya sesudah. Contohnya Qabla maghrib artinya sebelum maghrib, qabla ashar artinya sebelum asar dan lain sebagainya.

Tulisan qabla terdiri dari 3 huruf yaitu ق (qaf), ب (ba'), ل (lam) dengan harakat yang benar yaitu قَ (berharakat fathah), بْ (berharakat sukun) dan لَ (berharakat fathah) dibaca قَبْلَ  qobla yang artinya sebelum.

Dengan huruf yang sama tanpa harakat قَبْلَ qobla mempunyai kesamaan dan beberapa kemiripan dengan yang lain diantaranya :

  • قَبِلَ Qabila artinya menerima
  • قَبَلَ Qabala artinya menetapi
  • قَبَّلَ qabbala artinya mencium
  • قَبْلَ qabla artinya sebelum
  • قُبُلْ qubul artinya kemaluan wanita
  • قَبَلُ qabalu artinya permulaan sesuatu
  • قِبَلُ qibalu artinya kemampuan
  • مِنْ قَبْلُ min qablu artinya dahulu
Dalam praktiknya kata qabla sering disandingkan dengan kalimat lainnya karena qobla termasuk isim yang wajib mudhof. Dikarenakan mudhof harus mempunyai mudhof ilaih maka qobla harus bersanding dengan lafadz yang lain sebagai mudhof ilaihnya agar menjadi sususnan idhofah yang sempurna. Adapun kalimat lain yang biasa disandingkan dengan qobla antara lain :

Qabla Ad-dukhul

Secara bahasa qobla artinya sebelum dan ad dukhul artinya masuk. Jika diartikan secara bahasa bahwa qabla ad-dukul artinya sebelum masuk. Didalam ilmu fiqih Qabla al dukhul artinya perceraian (talak) yang dilakukan setelah terjadi proses akad nikah yang sah dimana isterinya tersebut ditalak sebelum suaminya tersebut berhubungan badan sebagai suami isteri.

Qabla al-dukhul (قَبْلَ الدخُوْل) adalah istilah untuk pasangan suami isteri yang belum pernah berhubungan badan. Istilah tersebut biasanya muncul berkaitan dengan masalah talaq (perceraian). Qabla al dukhul adalah lawan kata dari ba'da al dukhul yang artinya perceraian (talak) yang dilakukan setelah terjadi proses akad nikah yang sah dimana isterinya tersebut ditalak setelah suaminya tersebut berhubungan badan sebagai suami isteri.

Contoh kalimat qobla ad dukhul : طلق زيد زوجه قَبْلَ الدخُوْل Tallaqa zaidun zaujahu qabla ad dukhul. Artinyazaid menceraikan istrinya sebelum digauli.

Qabla Subuh

Qabla secara bahasa artinya sebelum. Subuh adalah waktu ketika fajar shodiq muncul hingga terbitnya matahari. Qabla subuh قَبْلَ االصبح artinya adalah waktu sebelum fajar shodiq muncul. Dalam istilah fiqih biasanya yang terkenal adalah qobliyah subuh yaitu istilah untuk sholat sunnah yang dilakukan sebelum melaksanakan sholat subuh dan sudah masuk waktu subuh.

Contoh kalimat qobla subuh زيد يذهب إلى المسجد  قَبْلَ االصبح zaidun yadzhabu ilal masjid qoblas subhi. Artinya : zaid pergi kemasjid sebelum subuh.

Qabla Dzuhur

Qabla secara bahasa artinya sebelum. Dzuhur adalah waktu ketika tergelincirnya matahari dari tengah-tengah langir sampai bayang-bayang suatu benda sama dengan ukuran bendanya. Qabla dzuhur قَبْلَ الظهر artinya adalah waktu sebelum matahari tergelincir (sebelum dhuhur). Dalam istilah fiqih biasanya yang terkenal adalah qobliyah dzuhur yaitu istilah untuk sholat sunnah yang dilakukan sebelum melaksanakan sholat dzuhur dan sudah masuk waktu dzuhur.

Contoh kalimat qobla dzuhur : الطالبون يسترحون قَبْلَ الظهر Atthalibuna yastarihuna qobla dhuhri. Artinya : Murid-murid beristirahat sebelum dzuhur.

Qabla Ashar

Qabla secara bahasa artinya sebelum. Asar adalah waktu ketika bayang-bayang suatu benda sama dengan ukuran bendanya sampai matahari terbenam. Qabla ashar قَبْلَ العصر artinya adalah waktu sebelum asar(sebelum bayang-bayang suatu benda sama dengan ukuran bendanya). Dalam istilah fiqih biasanya yang terkenal adalah qobliyah asar yaitu istilah untuk sholat sunnah yang dilakukan sebelum melaksanakan sholat ashar dan sudah masuk waktu ashar.

Contoh kalimat qobla asar الطالبون يرجع من المدرسة قبل العصر Atthalibuna yarji'u minal madrasati qoblal asri. Artinya : Para murid pulang dari madrasah sebelum asar.

Qabla Maghrib

Qabla secara bahasa artinya sebelum. Maghrib adalah waktu ketika matahari terbenam sampai hilangnya mega merah. Qabla maghrib قَبْلَ المغرب artinya adalah waktu sebelum matahari terbenam. Dalam istilah fiqih biasanya yang terkenal adalah qobliyah maghrib yaitu istilah untuk sholat sunnah yang dilakukan sebelum melaksanakan sholat maghrib dan sudah masuk waktu maghrib.

Contoh kalimat qobla maghrib يرجع أبي من المكتب قَبْلَ المغرب yarji'u abi minal maktabi qoblal maghribi. Artinya : Ayahku pulang dari kantor sebelum maghrib.

Qabla Isyak

Qabla secara bahasa artinya sebelum. Isyak adalah waktu ketika mega merah menghilang sampai munculnya fajar sodiq. Qabla isya قَبْلَ العشاء artinya adalah waktu sebelum hilangnya mega merah. Dalam istilah fiqih biasanya yang terkenal adalah qobliyah isyak yaitu istilah untuk sholat sunnah yang dilakukan sebelum melaksanakan sholat isyak dan sudah masuk waktu isyak.

Contoh kalimat qobla isyak الأولاد يفرغون من قراءة القرأن قَبْلَ العشاء Al Auladu yafraghuna minal qiraatil quran. Artinya : Anak-anak selesai membaca Al Quran sebelum isyak.

Tasrif Kata Qabla

Dalam bahasa arab qobla termasuk kedalam dhorof zaman yaitu nama waktu yang dibaca nashob dengan memoperkirakan maknanya fii. Itulah kenapa qabla berharakat fathah dimana merupakan dhorof zaman yang merupakan isim yang harus dibaca nashob.

Adapun tasrif kata qobla jika ditemui dhomir adalah sebagai berikut :

  • قَبْلَهُ qoblahu artinya sebelum dia laki-laki
  • قَبْلَهُمَا qoblahuma artinya sebelum dia 2 laki-laki
  • قَبْلَهُمْ qoblahum artinya sebelum dia laki-laki 3 orang atau lebih
  • قَبْلَهَا qoblaha artinya sebelum dia perempuan
  • قَبْلَهُمَا qoblahuma artinya sebelum dia 2 perempuan
  • قَبْلَهُنَّ qoblahunna artinya sebelum dia perempuan 3 orang atau lebih
  • قَبْلَكَ qoblaka artinya sebelum kamu (laki-laki)
  • قَبْلَكُمَا qoblakuma artinya sebelum kamu (2 laki-laki)
  • قَبْلَكُمْ qoblakum artinya sebelum kalian (3 laki-laki atau lebih)
  • قَبْلَكِ qoblaki artinya sebelum kamu (perempuan)
  • قَبْلَكُمَا qoblakuma artinya sebelum kamu (2 perempuan)
  • قَبْلَكُنَّ qablakunna artinya sebelum kalian (3 perempuan atau lebih)
  • قَبْلِيْ qabli artinya sebelum aku
  • قَبْلَنَا qablana artinya sebelum kita
Demikian pembahasan mengenai arti dari kata qobla dalam bahasa arab dan contohnya dalam kalimat beserta artinya, semoga memberi banyak manfaat untuk para pelajar yang sedang belajar bahasa arab.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment