Pengertian dan Contoh Mad Lazim Mukhaffah Kilmi Dalam Al Quran

Mad lazim mukhaffah kilmi merupakan salah satu dari hukum bacaan mad dalam ilmu tajwid yang merupakan bagian dari mad lazim kilmi, dimana bagian lainnya dinamakan mad lazim mutsaqqal kilmi.

Berbeda dengan bacaan mad lainnya yang sering dijumpai dalam Al Quran, misalnya contoh mad thabi'i لِاِيْلٰفِ قُرَيْشٍۙ, contoh mad jaiz munfasil وَفِيْٓ اَنْفُسِكُمْ, contoh mad wajib muttasil جَزَاۤءً وِّفَاقًاۗ, contoh bacaan mad lazim mukhaffah kilmi sangat jarang ditemukan dalam Al Quran.

Dalam kesempatan ini kami akan menjelasakan pengertian dari mad lazim mukhaffah kilmi dan contohnya dalam Al Quran agar teman-teman dapat lebih memahami dalam belajar ilmu tajwid.

Table of Contents

Pengertian Mad Lazim Mukhaffah Kilmi

Contoh mad lazim Mukhaffaf kilmi
Pengertian mad lazim Mukhaffaf kilmi

Mad lazim mukhaffah kilmi adalah huruf mad yang setelahnya berupa huruf mati(sukun) yang asli, maksudnya sukun tersebut tidak akan hilang ketika dalam keadaan waqaf maupun washal, contohnya : ءالآنَ.

Didalam kitab Hidayatus Sibyan bacaan diatas merupakan bacaan mad wajib muthawwal. Mad lazim dibagi menjadi 4 yaitu :

  1. Mad lazim mukhaffah kilmi
  2. Mad lazim mutsaqqal kilmi
  3. Mad lazim mukhaffaf harfi
  4. Mad lazim mutsaqqal harfi

Mukhoffah artinya yang diringankan. Bacaan mad lazim mukhoffah biasanya ditandai dengan harakat sukun karena harakat sukun itu ringan (mukhoffaf).

Panjang bacaan mad lazim mukhaffaf harfi adalah 3 alif atau 6 harakat.

Ciri-ciri mad lazim mukhaffaf kilmi adalah :

  • Terdapat huruf mad
  • Setelah huruf mad berupa sukun
  • sukun asli (sukun tidak akan hilang ketika waqaf maupun washal)
  • Huruf mad dan sukun dalam satu kalimat

Contoh Mad Lazim Mukhaffah Kilmi

Contoh mad lazim mukhaffaf kilmi hanya ada 2 dalam Al Quran dan keduanya berada didalam surat Yunus.

1. Surat Yunus Ayat 51

اَثُمَّ اِذَا مَا وَقَعَ اٰمَنْتُمْ بِهٖۗ  اٰۤلْـٰٔنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهٖ تَسْتَعْجِلُوْنَ

Latin : Atsumma idzaa maa waqa'a aamantum bih. Aaaaaalaana waqad kuntum bihi tasta'jiluun.

Artinya : Apabila azab itu terjadi, apakah kemudian kamu baru memercayainya? Apakah (baru) sekarang (kamu beriman), padahal sebelumnya kamu selalu meminta agar ia disegerakan?

Contoh mad lazim mukhaffaf kilmi dalam surat yunus ayat 51 adalah ءالآنَ. terdapat sukun asli yang jatuh setelah huruf mad, cara membacanya adalah dibaca panjang sebanyak 6 harakat atau 3 alif

Baca Juga: 15 Contoh Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi

2. Surat Yunus Ayat 91

اٰۤلْـٰٔنَ وَقَدْ عَصَيْتَ قَبْلُ وَكُنْتَ مِنَ الْمُفْسِدِيْنَ

Latin : Aaaaaalaana waqad 'ashaita qablu wakunta minal mufsidin.

Artinya : Apakah (baru) sekarang (kamu beriman), padahal sungguh kamu telah durhaka sejak dahulu dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan?

Contoh mad lazim mukhaffaf kilmi dalam surat yunus ayat 91 adalah ءالآنَ. terdapat sukun asli yang jatuh setelah huruf mad, cara membacanya adalah dibaca panjang sebanyak 6 harakat atau 3 alif.

اَلْـٰٔنَ خَفَّفَ اللّٰهُ عَنْكُمْ وَعَلِمَ اَنَّ فِيْكُمْ ضَعْفًاۗ فَاِنْ يَّكُنْ مِّنْكُمْ مِّائَةٌ صَابِرَةٌ يَّغْلِبُوْا مِائَتَيْنِۚ وَاِنْ يَّكُنْ مِّنْكُمْ اَلْفٌ يَّغْلِبُوْٓا اَلْفَيْنِ بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ. Artinya : Sekarang (saat turunnya ayat ini) Allah telah meringankan kamu karena Dia mengetahui sesungguhnya ada kelemahan padamu. Jika di antara kamu ada seratus orang yang sabar, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus (orang musuh) dan jika di antara kamu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka dapat mengalahkan dua ribu orang dengan seizin Allah. Allah beserta orang-orang yang sabar. Dalam surat Al Anfal ayat 66 terdapat bacaan اَلْـٰٔنَ tetapi bukan termasuk bacaan mad lazim mukhaffah kilmi.

Demikian pembahasan kami mengenai pengertian mad lazim mukhaffaf kilmi dan contohnya dalam Al Quran. Semoga memberikan banya tambahan ilmu bagi para pelajar khususnya yang sedang mempelajari ilmu tajwid.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment