10 Contoh Bacaan Mad Jaiz Munfasil Dalam Al Quran

Contoh bacaan mad jaiz munfasil dalam Al Quran yaitu dalam surat Al Kahfi ayat 1 yang berbunyi اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ عِوَجًا . Mad jaiz munfasil yaitu bacaan mad apabila terdapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad (wawu, ya', alif) dan tidak dalam satu kalimat dan juga tidak ada pemisah antara keduanya.

Dalam kalimat الَّذِيْٓ اَنْزَلَ jelaslah bahwa terdapat hamzah اَنْزَلَ yang jatuh setelah huruf mad ya' الَّذِيْٓ maka dinamakan bacaan mad jaiz munfasil. Masih banyak surat didalam Alquran yang terdapat contoh bacaan mad jaiz munfasil mulai surat Al Baqarah, An Nisak, Al Kahfi hingga surat-surat pendek di juz 30.

BACA JUGA : Perbedaan Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil

Dalam kesempatan kali kami akan memberikan 10 contoh mad jaiz mufasil dalam Al Quran, 5 Contoh bacaan mad jaiz munfasil didalam surat An Nisak dan 5 Contoh yang lain didalam surat Al Kahfi.

Table of Contents

Contoh Bacaan Mad Jaiz Munfasil Dalam Surat An Nisa'

10 contoh bacaan mad jaiz munfasil dalam Al Quran
10 contoh mad jaiz munfasil dalam Al Quran

Kalimat atau bacaan didalam Al Quran yang mengandung hukum mad jaiz munfasil yaitu apa bila terdapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad (wawu,ya',alif) tidak dalam satu kalimat. Mad jaiz munfasil boleh dibaca 2 harakat seperti mad thobi'i atau juga boleh dibaca seperti bacaan mad wajib muttasil.

Berikut ini terdapat beberapa contoh mad jaiz munfasil dalam surat An nisak yaitu :

  1. وَاٰتُوا الْيَتٰمٰىٓ اَمْوَالَهُمْ وَلَا تَتَبَدَّلُوا الْخَبِيْثَ بِالطَّيِّبِ ۖ وَلَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَهُمْ اِلٰٓى اَمْوَالِكُمْ ۗ اِنَّهٗ كَانَ حُوْبًا كَبِيْرًا ٢ Artinya : Berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah dewasa) harta mereka. Janganlah kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan janganlah kamu makan harta mereka bersama hartamu.  Sesungguhnya (tindakan menukar dan memakan) itu adalah dosa yang besar. الْيَتٰمٰىٓ اَمْوَالَهُمْ dan اِلٰٓى اَمْوَالِكُمْ merupakan contoh mad jaiz munfasil karena tedapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad alif dan tidak dalam satu kalimat.
  2. يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ اِلَّآ اَنْ تَكُوْنَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِّنْكُمْ ۗ وَلَا تَقْتُلُوْٓا اَنْفُسَكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيْمًا ٢٩ Artinya : Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan harta sesamamu dengan cara yang batil (tidak benar), kecuali berupa perniagaan atas dasar suka sama suka di antara kamu. Janganlah kamu membunuh dirimu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. Contoh mad jaiz munfasil dalam ayat ini yaitu bacaan تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْتَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ dimana terdapat hamzah yang jatuih setelah huruf mad wawu dan tidak dalam satu kalimat.
  3. ۨالَّذِيْنَ يَبْخَلُوْنَ وَيَأْمُرُوْنَ النَّاسَ بِالْبُخْلِ وَيَكْتُمُوْنَ مَآ اٰتٰىهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاَعْتَدْنَا لِلْكٰفِرِيْنَ عَذَابًا مُّهِيْنًاۚ ٣٧ Artinya : (Yaitu) orang-orang yang kikir, menyuruh orang (lain) berbuat kikir, dan menyembunyikan karunia yang telah dianugerahkan Allah kepada mereka. Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir itu azab yang menghinakan. مَآ اٰتٰىهُمُ merupakan contoh mad jaiz munfasil karena tedapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad alif dan tidak dalam satu kalimat.
  4. اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغْفِرُ اَنْ يُّشْرَكَ بِهٖ وَيَغْفِرُ مَا دُوْنَ ذٰلِكَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۚ وَمَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدِ افْتَرٰٓى اِثْمًا عَظِيْمًا ٤٨ Artinya : Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), tetapi Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Siapa pun yang mempersekutukan Allah sungguh telah berbuat dosa yang sangat besar. Contoh mad jaiz munfasil dalam ayat ini yaitu bacaan افْتَرٰٓى اِثْمًا dimana terdapat hamzah yang jatuih setelah huruf mad alif dan tidak dalam satu kalimat.
  5. اَمْ يَحْسُدُوْنَ النَّاسَ عَلٰى مَآ اٰتٰىهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۚ فَقَدْ اٰتَيْنَآ اٰلَ اِبْرٰهِيْمَ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَاٰتَيْنٰهُمْ مُّلْكًا عَظِيْمًا ٥٤ Artinya : Ataukah mereka dengki kepada manusia karena karunia yang telah dianugerahkan Allah kepadanya? Sungguh, Kami telah menganugerahkan kitab dan hikmah kepada keluarga Ibrahim dan Kami telah menganugerahkan kerajaan (kekuasaan) yang sangat besar kepada mereka. مَآ اٰتٰىهُمُ  dan اٰتَيْنَآ اٰلَ merupakan contoh mad jaiz munfasil karena tedapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad alif dan tidak dalam satu kalimat.

Contoh Bacaan Mad Jaiz Munfasil Dalam Surat Al kahfi

  • اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ عِوَجًا ۜ ١ Artinya :Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Kitab Suci (Al-Qur’an) kepada hamba-Nya dan Dia tidak membuat padanya sedikit pun kebengkokan.442). Contoh bacaan mad jaiz munfasil dalam Al Quran yaitu الَّذِيْٓ اَنْزَلَ dalam Surat Al Kahfi ayat 1 dimana setelah huruf mad ya terdapat hamzah yang tidak dalam satu kalimat dan tidak ada pemisah antara keduanya
  • فَلَعَلَّكَ بَاخِعٌ نَّفْسَكَ عَلٰٓى اٰثَارِهِمْ اِنْ لَّمْ يُؤْمِنُوْا بِهٰذَا الْحَدِيْثِ اَسَفًا ٦ Artinya : Maka, boleh jadi engkau (Nabi Muhammad) akan mencelakakan dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Qur’an). عَلٰٓى اٰثَارِهِمْ merupakan contoh mad jaiz munfasil karena tedapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad alif dan tidak dalam satu kalimat.
  • اِذْ اَوَى الْفِتْيَةُ اِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوْا رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا ١٠ Artinya : (Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu berdoa, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu dan mudahkanlah bagi kami petunjuk untuk segala urusan kami. رَبَّنَآ اٰتِنَا merupakan contoh mad jaiz munfasil karena tedapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad alif dan tidak dalam satu kalimat.
  • فَضَرَبْنَا عَلٰٓى اٰذَانِهِمْ فِى الْكَهْفِ سِنِيْنَ عَدَدًاۙ ١١ Artinya : Maka, Kami tutup telinga mereka di dalam gua itu444) selama bertahun-tahun. Contoh mad jaiz munfasil dalam ayat ini yaitu bacaan عَلٰٓى اٰذَانِهِمْ dimana terdapat hamzah yang jatuih setelah huruf mad alif dan tidak dalam satu kalimat.
  • ثُمَّ بَعَثْنٰهُمْ لِنَعْلَمَ اَيُّ الْحِزْبَيْنِ اَحْصٰى لِمَا لَبِثُوْٓا اَمَدًا ࣖ ١٢ Artinya : Kemudian Kami bangunkan mereka supaya Kami mengetahui manakah di antara dua golongan itu445) yang lebih tepat dalam menghitung berapa lama mereka tinggal (dalam gua itu). لَبِثُوْٓا اَمَدًا merupakan contoh mad jaiz munfasil karena tedapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad alif dan tidak dalam satu kalimat

442) Dalam Al-Qur’an, tidak ada makna yang saling berlawanan dan tidak ada penyimpangan dari kebenaran.

444) Allah Swt. menidurkan mereka selama 309 tahun qamariah dalam gua itu (lihat ayat 25 surah ini) sehingga mereka tidak dapat dibangunkan oleh suara apa pun.

445) Dua golongan itu ialah pemuda-pemuda itu sendiri yang berselisih tentang berapa lama mereka tinggal dalam gua itu.

Demikian pembahasan mengenai 10 contoh bacaan mad jaiz munfasil semoga memberikan banyak manfaat dan penegatuan bagi para pelajar yang sedang belajar ilmu tajwid.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment