15 Contoh Mad Wajib Muttasil Beserta Surat dan Ayatnya Disertai Penjelasannya

Contoh mad wajib muttasil beserta surat dan ayatnya dapat kita temukan didalam Al Quran salah satunya dalam surat an naba' ayat 1 yang berbunyi عَمَّ يَتَسَاۤءَلُوْنَۚ.

Mad wajib muttasil adalah bacaan mad yang apabila ada hamzah jatuh setelah huruf mad (wawu, ya, alif) dan masih dalam satu kalimat. Cara membaca bacaan yang mengandung mad wajid muttasil yaitu harus dibaca panjang 

  • 1 setengah alif menurut imam abi amrin,imam qalun dan imam ibnu katsir
  • dibaca panjang 2 alif menurut imam ibnu 'amir dan imam kisai 
  • dibaca 2 setegah alif menurut imam 'ashim dan 
  • dibaca 3 alif menurut imam waroz dan imam hamzah.

Untuk panjang yang dipakai apakah 1 setengah alif, 2, 2 setengah dan 3 alif itu harus digurukan kepada seorang guru yang ahli qiraah (Ahli dalam hal bacaan Al Quran) beserta harus (belajar langsung) dari mulut ke mulut.

BACA JUGA : Perbedaan Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil

Dalam kesempatan kali ini kami akan membawakan contoh mad wajib muttasil beserta surat dan ayatnya.

Table of Contents

Contoh Mad Wajib Muttasil Beserta Surat dan Ayatnya

15 contoh mad wajib muttasil dan penjelasannya
15 contoh mad wajib muttasil beserta surat dan ayatnya

Dibawah ini yang merupakan bacaan mad wajib muttasil telah kami berikan tanda warna merah untuk memudahkan dalam belajar ilmu tajwid.

1. Surat Ali Imran Ayat 5.

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَخْفٰى عَلَيْهِ شَيْءٌ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ ٥

Artinya : Sesungguhnya bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di bumi dan tidak pula di langit.

Penjelasan : السَّمَاۤءِ merupakan satu kalimat yang mempunyai arti langit. Didalam lafadz السَّمَاۤءِ terdapat hamzah yang jatuh sesudah huruf mad (alif) dalam satu kalimat maka dinamakan bacaan mad wajib muttasil.

Baca Juga : Contoh Mad Wajib Mustahil di Juz 30

2. Surat Ali Imran Ayat 6 .

هُوَ الَّذِيْ يُصَوِّرُكُمْ فِى الْاَرْحَامِ كَيْفَ يَشَاۤءُ ۗ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ٦

Dialah (Allah) yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana yang Dia kehendaki.83) Tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.

83) Berawal dari sel telur yang dibuahi, janin secara bertahap tumbuh membentuk organ-organ tubuh di dalam rahim.

Penjelasan :  يَشَاۤءُ ۗ merupakan fiil mudhori dari madhi شَاۤء itu menandakan bahwa يَشَاۤءُ merupakan kalimat fiil. Dalam lafadz يَشَاۤءُ terdapat hamzah yang jatuh setelah alif dalam satu kalimat maka dinamakan mad wajib muttasil.

BACA JUGA : 10 Contoh Mad Jaiz Munfasil Dalam Al Quran

3. Surat Ali Imran Ayat 10.

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَنْ تُغْنِيَ عَنْهُمْ اَمْوَالُهُمْ وَلَآ اَوْلَادُهُمْ مِّنَ اللّٰهِ شَيْـًٔا ۗوَاُولٰۤىِٕكَ هُمْ وَقُوْدُ النَّارِۗ١٠

Sesungguhnya orang-orang yang kufur, tidak akan berguna bagi mereka sedikit pun harta benda dan anak-anak mereka (untuk menyelamatkan diri) dari (azab) Allah. Mereka itulah bahan bakar api neraka.

Penjelasan : اُولٰۤىِٕكَ merupakan isim isyarah yang mempunyai musyar ilaih jamak mudzakar dan lafadz ini merupakan satu kalimat. Dalam lafadz اُولٰۤىِٕكَ terdapat hamzah yang jatuh setelah alif dalam 1 kalimat, maka bacaan اُولٰۤىِٕكَ dinamakan mad wajib muttasil.

4. Surat Ali Imran Ayat 14 

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَاۤءِ وَالْبَنِيْنَ وَالْقَنَاطِيْرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْاَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَاللّٰهُ عِنْدَهٗ حُسْنُ الْمَاٰبِ ١٤

Dijadikan indah bagi manusia kecintaan pada aneka kesenangan yang berupa perempuan, anak-anak, harta benda yang bertimbun tak terhingga berupa emas, perak, kuda pilihan, binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik.

Penjelasan : Kalimat النِّسَاۤءِ merupakan jamak dari niswatun yang artinya beberapa perempuan. ini menandakan bahwa النِّسَاۤءِ adalah satu kalimat. Didalam lafadz tersebut terdapat hamzah yang jatuh sesudah huruf mad (alif) dan masih satu kalimat maka dinamakan bacaan mat wajib muttasil.

5. Surat Ali Imran Ayat 30

يَوْمَ تَجِدُ كُلُّ نَفْسٍ مَّا عَمِلَتْ مِنْ خَيْرٍ مُّحْضَرًا ۛوَمَا عَمِلَتْ مِنْ سُوْۤءٍ ۛ تَوَدُّ لَوْ اَنَّ بَيْنَهَا وَبَيْنَهٗٓ اَمَدًاۢ بَعِيْدًا ۗوَيُحَذِّرُكُمُ اللّٰهُ نَفْسَهٗ ۗوَاللّٰهُ رَءُوْفٌۢ بِالْعِبَادِ ࣖ ٣٠

(Ingatlah) pada hari (ketika) setiap jiwa mendapatkan (balasan) atas kebajikan yang telah dikerjakannya dihadirkan, (begitu juga balasan) atas kejahatan yang telah dia kerjakan. Dia berharap seandainya ada jarak yang jauh antara dia dan hari itu. Allah memperingatkan kamu akan (siksa)-Nya. Allah Maha Penyayang terhadap hamba-hamba-Nya.

Penjelasan : Lafadz سُوْۤءٍ adalah contoh mad wajib muttasil dalam surat ali imran ayat 30. Terdapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad wawu dan masih dalam 1 kalimat, maka dinamakan bacaan mad wajib muttasil.

6. Surat An Naba' Ayat 1 

عَمَّ يَتَسَاۤءَلُوْنَۚ١

Artinya : Tentang apakah mereka saling bertanya?

Contoh mad wajib muttasil beserta surat dan ayatnya adalah kalimat يَتَسَاۤءَلُوْنَۚ dalam surat An naba' ayat 1. Diketahui bahwa terdapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad (alif) dalam satu kalimat. يَتَسَاۤءَلُوْنَۚ dianggap satu kalimat karena merupakan fiil mudhori ikut wazan tafa'ala yatafa'alu dimana fiil madhinya berupa lafadz tasaala. Maka kalimat يَتَسَاۤءَلُوْنَۚ merupakan bacaan mad wajib muttasil.

7.  Surat An Naba' Ayat 14

وَّاَنْزَلْنَا مِنَ الْمُعْصِرٰتِ مَاۤءً ثَجَّاجًاۙ١٤

Artinya : Kami menurunkan dari awan air hujan yang tercurah dengan deras.

Penjelasan : Lafadz مَاۤءً merupakan 1 kalimat karena memiliki arti air. Didalam lafadz مَاۤءً terdapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad alif dan masih dalam satu kalimat maka dinamakan mad wajib muttasil.

8. Surat An Naba' Ayat 19

وَّفُتِحَتِ السَّمَاۤءُ فَكَانَتْ اَبْوَابًاۙ١٩

Artinya : Langit pun dibuka. Maka, terdapatlah beberapa pintu.

Contoh mad wajib muttasil beserta surat dan ayatnya terdapat dalam surat An Naba' ayat 19 yaitu السَّمَاۤءُ. Didalam lafadz tersebut terdapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad alif dan masih satu kalimat.

9. Surat An Naba' Ayat 26

جَزَاۤءً وِّفَاقًاۗ ٢٦

Artinya : sebagai pembalasan yang setimpal.

Penjelasan : جَزَاۤءً adalah contoh mad wajib muttasil dalam surat An naba' ayat 26 dimana terdapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad alif dan masih satu kalimat.

10. Surat An Naba' Ayat 39

ذٰلِكَ الْيَوْمُ الْحَقُّۚ فَمَنْ شَاۤءَ اتَّخَذَ اِلٰى رَبِّهٖ مَاٰبًا٣٩

Artinya : Itulah hari yang hak (pasti terjadi). Siapa yang menghendaki (keselamatan) niscaya menempuh jalan kembali kepada Tuhannya (dengan beramal saleh).

Contoh mad wajib muttasil beserta surat dan ayatnya adalah kalimat شَاۤءَ dalam surat an Naba' ayat 39. شَاۤءَ merupakan fiil madhi yang menandakan bahwa lafadz tersebut satu kalimat. Terdapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad alif dan masih satu kalimat maka dinamakan bacaan mad wajib muttasil.

11. Surat An Najm Ayat 55

فَبِاَيِّ اٰلَاۤءِ رَبِّكَ تَتَمَارٰى ٥٥

Artinya : Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang masih kamu ragukan?

Penjelasan : اٰلَاۤءِ  adalah contoh mad wajib muttasil dalam surat An najm' ayat 55 dimana terdapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad alif dan masih satu kalimat.

12. Surat An Najm Ayat 41

ثُمَّ يُجْزٰىهُ الْجَزَاۤءَ الْاَوْفٰىۙ ٤١

Artinya : kemudian dia akan diberi balasan atas (amalnya) itu dengan balasan yang paling sempurna,

Contoh mad wajib muttasil beserta surat dan ayatnya yaitu lafadz الْجَزَاۤءَ didalam surat an najm ayat 41. Terdapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad alif.

13. Surat An Najm Ayat 31

وَلِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ لِيَجْزِيَ الَّذِيْنَ اَسَاۤءُوْا بِمَا عَمِلُوْا وَيَجْزِيَ الَّذِيْنَ اَحْسَنُوْا بِالْحُسْنٰىۚ ٣١

Artinya : Milik Allahlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. (Dengan demikian,) Dia akan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat jahat sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan dan Dia akan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan pahala yang lebih baik (surga).

Penjelasan : اَسَاۤءُوْا adalah contoh mad wajib muttasil dalam surat an najm ayat 31 dimana terdapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad alif dan masih satu kalimat.

14. Surat An Najm Ayat 27

اِنَّ الَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ بِالْاٰخِرَةِ لَيُسَمُّوْنَ الْمَلٰۤىِٕكَةَ تَسْمِيَةَ الْاُنْثٰى ٢٧

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat benar-benar menamai para malaikat dengan nama perempuan.

Contoh mad wajib muttasil beserta surat dan ayatnya adalah lafadz الْمَلٰۤىِٕكَةَ didalam surat an najm ayat 27. Terdapat hamzah yang jatuh setelah huruf mad alif.

15. Surat An Najm Ayat 26

 وَكَمْ مِّنْ مَّلَكٍ فِى السَّمٰوٰتِ لَا تُغْنِيْ شَفَاعَتُهُمْ شَيْـًٔا اِلَّا مِنْۢ بَعْدِ اَنْ يَّأْذَنَ اللّٰهُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ وَيَرْضٰى ٢٦

Artinya : Betapa banyak malaikat di langit yang syafaat (pertolongan) mereka sedikit pun tidak berguna, kecuali apabila Allah telah mengizinkan(-nya untuk diberikan) kepada siapa yang Dia kehendaki dan ridai.

Penjelasan :  يَشَاۤءُ ۗ merupakan fiil mudhori dari madhi شَاۤء itu menandakan bahwa يَشَاۤءُ merupakan kalimat fiil. Dalam lafadz يَشَاۤءُ terdapat hamzah yang jatuh setelah alif dalam satu kalimat maka dinamakan mad wajib muttasil.

Demikian 10 Contoh mad wajib muttasil beserta surat dan ayat disertai penjelasannya sehingga dapat memudahkan para pelajar yang sedang belajar ilmu tajwid. 

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment