Doa Menerima Zakat Fitrah Arab dan Latin Beserta Artinya

Doa menerima zakat fitrah yang biasa diucapkan oleh amil zakat atau mustahiq zakat pada saat menerima zakat fitrah yang yang diberikan oleh muzakki adalah آجَرَكَ اللَّهُ فِيْمَا أَعْطَيْتَ وَبَارَكَ فِيْمَا أَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا.

Bacaan doa ijab qabul zakat fitrah yang biasa diucapkan oleh amil maupun penerima zakat yang lain bukanlah suatu syarat dan rukun zakat, maka apabila hal itu tidak diucapkan tidaklah mengahalangi sahnya zakat fitrah yang telah dikeluarkan oleh seseorang.

Penerima zakat (mustahiq zakat) yang membacakan doa kepada muzakki adalah sebagai bentuk rasa terima kasih karena telah diberikan zakat, maka sepatutnya membalas rasa terima kasih tersebut dengan doa. Setidaknya jika tidak bisa berdoa dengan bahasa arab berdoalah dengan bahasa indonesia sebagai bentuk ucapan terima kasih dan menghargai orang yang telah memberi zakat.

Dalam kesempatan ini kami akan menjelaskan bagaimana bacaan doa menerima zakat fitrah dalam bahasa arab latin beserta artinya agar dapat dipahami oleh teman-teman yang belum mengerti.

Table of Contents

Doa Niat Zakat Fitrah

Doa menerima zakat fitrah arab latin artinya
Doa menerima zakat fitrah arab artinya

Yang wajib membayar zakat fitrah untuk keluarga adalah suami dari sang istri atau ayah dari anak-anak. Maka seorang keluarga ketika akan mengeluarkan zakat fitrah harus berniat untuk dirinya sendiri dan untuk keluarganya.

Doa Niat zakat fitrah untuk diri sendiri :

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّى فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

Latin : Nawaitu an ukhrija zakatal fitri 'anni fardhan lillahi ta'ala.

Artinya : Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untukku, fardhu karena Allah Ta'ala.

Doa Niat zakat fitrah untuk keluarga :

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِعَنِّى و عَنْ جميع ما يلزمني نفقاتهم شرعا فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

Latin : Nawaitu an ukhrija zakatal fitri 'anni wa' an jami'i ma yalzamuni nafaqatuhum syar'an fardhan lillahi ta'ala.

Artinya : Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untukku dan orang yang nafkahnya menjadi tanggung jawabku secara syara' fardhu karena Allah Ta'ala.

Baca Juga : Niat Zakat Fitrah Untuk Suami, Istri dan Anak

Doa Menerima Zakat Fitrah Amil

Bacaan doa ketika menerima zakat fitrah yang biasa dibaca amil atau golongan lain dari mustahiq zakat di Indonesia adalah doa sebagai berikut :

آجَرَكَ اللَّهُ فِيْمَا أَعْطَيْتَ وَبَارَكَ فِيْمَا أَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا

Latin : Ajarakallahu fima a'thaita wabaraka fima abqaita waja'alahu laka thahuran.

Artinya : Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang telah engkau berikan dan semoga Allah memberikan keberkahan atas harta yang telah engkau simpan dan menjadikannya sebagai penyuci(pembersih) bagimu.

Doa Menerima Zakat Fitrah Sesuai Sunnah

Kami telah mencari diberbagai sumber kitab dan website rujukan tentang doa menerima zakat fitrah sesuai sunnah tetapi belum menemukan doa yang diajarkan oleh Rasulullah. Dalam salah satu hadits diungkapkan bahwa jika kita diberi kebaikan oleh seseorang maka balaslah kebaikannya jika tidak sanggup maka doakanlah.

Hal ini sebagaimana diterangkan oleh Syaikh Nawawi Banten dalam Kitab Nihayatuz Zain dalam bab zakat :

و ينبغى للآخذ أن يدعو للمعطي لقوله صلّى اللَّهُ عليه وسلّم من أسدى إليكم معروفا فكافئوه فإن لم تفدرو غلى مكافئة فادعوا له أي من أحسن إليكم أي إحسان فكافئوه بمثله فإن لم تجدوا فبالغوا فى الدعاء له جهدكم حتّى تحصل المثلية

Sebaiknya untuk penerima zakat mendoakan mereka yang memberi zakat, karena Nabi SAW bersabda : "Barang siapa yang memeberikan kebaikan kepadamu maka balaslah kebaikannya, jika kalian tidak sanggup membalasnya maka doakanlah dia". Maksudnya siapa saja yang berbuat baik kepadamu maka balaslah dengan kebaikan serupa maka jika kalian tidak sanggup maka bersungguh-sungguhlah dalam mendoakannya sehingga terwujud balasan(kebaikan) yang serupa.

Syaikh Nawawi menambahkan :

والأولى أن يقول فىى دعائه : طَهَّرَ اللهُ قَلْبَكَ فِيْ قُلُوْبِ الأَبْرَارِ وَزَكَّى عَمَلَكَ فِى عَمَلِ الأَخْيَار وَ صَلَّى عَلَى رُوْحِكَ فِى أَرْوَاحِ الشُّهَدَاء

Artinya : Yang lebih utama mendoakan (orang yang memberi zakat) dengan mengucap : Tahharallahu qalbaka fi qulubil abrari wazakka 'amalaka fi 'amalil akhyar washolla 'ala ruhika fi arwahisy syuhada'.

Selain doa diatas, beberapa doa yang bisa saat menerima zakat fitah oleh mustahiq zakat adalah :

  • جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا كَثِيْرًا
  • (sebutkan namanya) اللهُمَّ صَلِّ عَلَى آلِ
  • آجَرَكَ اللَّهُ فِيْمَا أَعْطَيْتَ وَبَارَكَ فِيْمَا أَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا

Doa Menerima Zakat Fitrah Arab Beserta Artinya

Memberikan zakat secara langsung tanpa perantara amil zakat diperbolehkan jika penerima zakat termasuk 8 golongan orang yang berhak menerima zakat.

Ijab qabul zakat bukanlah merupakan salah satu rukun zakat yang meliputi :

  • Niat
  • Pemberi zakat (muzakki)
  • Penerima zakat
  • Harta yang dizakatkan

Sebagaimana diterangkan diatas, mustahiq zakat seyogyanya mendoakan pemberi zakat agar terwujud balasan kebaikan yang serupa.

Inilah beberapa doa saat menerima zakat fitrah arab latin dan artinya :

آجَرَكَ اللَّهُ فِيْمَا أَعْطَيْتَ وَبَارَكَ فِيْمَا أَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا

Latin : Ajarakallahu fima a'thaita wabaraka fima abqaita waja'alahu laka thahuran.

Artinya : Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang telah engkau berikan dan semoga Allah memberikan keberkahan atas harta yang telah engkau simpan dan menjadikannya sebagai penyuci(pembersih) bagimu.

طَهَّرَ اللهُ قَلْبَكَ فِيْ قُلُوْبِ الأَبْرَارِ وَزَكَّى عَمَلَكَ فِى عَمَلِ الأَخْيَار وَ صَلَّى عَلَى رُوْحِكَ فِى أَرْوَاحِ الشُّهَدَاء

Latin : Tahharallahu qalbaka fi qulubil abrari wazakka 'amalaka fi 'amalil akhyar washolla 'ala ruhika fi arwahisy syuhada'.

Semoga Allah mensucikan hatimu dalam hati para hamba-Nya yang abrar dan membersihkan amalmu dalam amal para hamba-nya yang akhyar. Semoga rahmat Allah atas ruhmu dalam arwah orang-orang yang mati syahid.

جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا كَثِيْرًا

Latin : Jazakallahu khairan katsiran.

Artinya : Semoga Allah membalas kebaikanmu dengan banyak.

...اللهُمَّ صَلِّ عَلَى آلِ

Latin : Allahumma sholli 'ala aali...(sebutkan namanya).

Artinya : Ya Allah, semoga engkau memberikan rahmat kepada keluarga (sebutkan namanya).

Demikian pembahsan kami mengenai doa zakat fitrah arab latin beserta artinya, semoga memberi banyak manfaat untuk mustahiq zakat yang memerlukan bacaan doa tersebut.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment