Fa Inna Ma'al Usri Yusro Artinya dan Tulisan Arab

Fainna ma'al usri yusro ( فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۙ ) ayat di samping adalah bunyi ayat surat Al Insyirat ayat 5. Jika anda pernah menghatamkan alquran 30 juz atau paling tidak pernah belajar membaca juz amma yang dimana berisi juz 30 dari Alquran, didalamnya pasti terdapat surat Al Insyirah.

Ada apa dengan surat Al-Insyirah? Banyak orang yang mengambil atau mengutip sebagian ayat dari surat al insyirah lebih tepatnya ayat 5 dan 6 sebagai bahan motivasi dari suatu kesulitan yang dialami.

Pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan artikel tentang arti inna ma'al usri yusro dan fainna ma'al usri yusra didalam surat Q.S Al Insyirah ayat 5 dan 6 beserta tulisan arabnya yang benar.

Table of Contents

Fa Inna Ma'al Usri Yusro Arab

inna maal usri yusro artinya
gambar fainamaal usriyusro innama al usri yusro arab

Sebagian orang mungkin ada yang belum tahu tentang fa inna ma'al usri yusro terdapat dalam surat apa. Kebanyakan orang hanya mencari fa inna ma'al usri yusra inna ma'al usri yusra artinya atau mencari inna ma'al usri yusro arab dan artinya.

Pada kesempatan ini akan kami jelaskan bahwa ayat innama al usri yusro terdapat didalam surat Al Insyirah yang ayat pertamanya diawali dengan bunyi alam nasroh. Al-Insyirah secara bahasa artinya kelapangan. Surat Al Insyirah merupakan surat ke 94 dari urutan 114 surat Al-quran, terdiri dari 8 ayat dimana surat tersebut merupakan surat makiyyah dan termasuk surat ke 12 dari surat yang pertama kali diturunkan.

Inilah tulisan arab tulisan arab fa inna ma'al usri yusro dan bunyi surat Al Insyirah ayat 1-8 :

اَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَۙ 
Bukankah Kami telah melapangkan dadamu (Nabi Muhammad),
وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَۙ ٢
meringankan beban (tugas-tugas kenabian) darimu
الَّذِيْٓ اَنْقَضَ ظَهْرَكَۙ ٣
yang memberatkan punggungmu,
وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَۗ ٤
dan meninggikan (derajat)-mu (dengan selalu) menyebut-nyebut (nama)-mu?
فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۙ ٥
Maka, sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan.
اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۗ ٦
Sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan.
فَاِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْۙ ٧

Apabila engkau telah selesai (dengan suatu kebajikan), teruslah bekerja keras (untuk kebajikan yang lain)

وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ ࣖ ٨
dan hanya kepada Tuhanmu berharaplah!

Fa Inna Ma'al Usri Yusro Artinya

Banyak lafadz doa yang memakai kata الْعسرِ dan يسر seperti doa allahumma yassir wala tu'assir atau allahumma yassir lana wala tu'assir 'alaina dan lain sebagainya. Didalam alquran yang memakai lafadz الْعسرِ dan يسر terdapat dalam surat al insyirah ayat 5 dan 6 fa inna ma'al usri yusra inna ma'al usri yusra.

Imam Jalaluddin al-Mahali menafsirkan kata al usri (الْعُسْرِ) dengan makna as-syiddah yang berarti  kesukaran dan menafsirkan ​​​kata yusra (يُسْرًاۗ) dengan makna suhulah yang mempunyai arti kemudahan. Kemudian dalam menafsirkan ayat 6 اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۗ Inna ma'al usri yusro beliau berkata:  Nabi SAW menderita atas kebengisan orang-orang kafir, kemudian ia mendapatkan kemudahan dengan pertolongan Allah atas mereka.

Didalam hasyiahnya, Imam As-Shawi mengomentari kata مَعَ (ma'a) dalam ayat 6 bermakna ba'da yang bermakna setelah. Diungkapkan demikian karena memberikan isyarat bahwa kemudahan akan datang tidak terlalu lama setelah kesusahan, seakan-akan membersamainya sebagai bentuk penghibur dan penguatan hati. Menurut beliau, huruf  أل  dalam kalimat الْعُسْرِ dalam ayat 5 adalah al lijinsi (al ta'rif yang didatangkan untuk menunjukan pada hakikat sesuatu yang dinyatakan); sedangankan huruf  أل  yang kedua dalam ayat 6 adalah al li 'ahdid dzikri (al ta'rif yang dapat dimengerti sebab telah disebutkan sebelumnya). 

Karenanya dinyatakan dalam hadits saat turunnya ayat, Nabi saw bersabda :

أبْشِرُوا أتاكُمُ اليُسْرُ، لَنْ يَغْلِبَ عُسْرٌ يُسْرَيْنِ  

Artinya :

Berilah kabar gembira kalian semua bahwa akan datang pada kalian kemudahan. Kesulitan tidak akan mengalahkan dua kemudahan.

Lanjut As-Shawi terkait ayat "fa inna ma’al-’usri yusra". Ayat ini menjelaskan kebiasan orang Arab jika ,menyebutkan isim yang dima'rifatkan mengunakan al  (العسر) kemudian diulang, maka kalimat isim yang kedua sama dengan yang pertama. Berbeda dengan isim nakirah (يسرا) yang diulang, maka isim nakirah yang kedua bukan yang pertama. Al-Qur'an datang sesuai dengan uslub mereka. Ayat ini memberikan isyarat bahwa kemudahan akan mengalahkan kesulitan. Sudut pandang ini berdasar bahwa dalam kesulitan orang mukmin yang dialami di dunia, pasti ada kemudahan di dunia, dan kemudahan di akhirat. Kemudahan di dunia disebutkan pada ayat 5, sedangkan kemudahan di akhirat disebutkan pada ayat berikutnya.  (Ahmad bin Muhammad As-Shawi, Tafsir Jalalain dan Hasyiyah As-Shawi)  

Jadi, Fa inna ma'al usri yusro artinya maka sesungguhnya setelah kesukaran akan ada kemudahan. Sedangkan Inna ma'al usri yusro artinya sesungguhnya setelah kesukaran akan ada kemudahan.

Berikut kami buatkan arti perkata dari QS Al Insyirah ayat 5 dan 6.

Tulisan Arab Latin Artinya
فَ Fa Maka
اِنَّ Inna Sesungguhnya
مَعَ Ma'a Besrsama
الْعُسْرِ Al Usri Kesulitan
يُسْرًاۙ Yusro Kemudahan
Berbeda dengan imam As-Shawi, Syekh Nawawi Banten dalam tafsir munir li maalimit tanzil mengatakan أل dalam kata العسر (al-usr) yang awal adalah li 'ahdil khudhur sedangan yang kedua adalah li 'ahdid dzikri . Maka al usri (العسر) atau kesulitan dalam kedua ayat itu satu, yakni kesulitan yang saat ini mereka alami. Sedangkan kata يسرا yusro dinakirahkan untuk tujuan memuliakan, seakan-akan Allah berfirman :
Sesungguhnya bersamaan dengan kesulitan ada kemudahan yang besar dan kemudahan yang sempurna, yakni dengan mendapatkan kemudahan di dunia dan akhirat.   
Kemudian Syekh Nawawi menafsirkan ayat اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۗ Inna ma’al usri yusro, pengulanganya untuk menguatkan atau permulaan (musta'nafah) yang berarti : Sesungguhnya kesulitan ditolong dengan kemudahan lain.

Terakhir Syekh Nawawi menyimpulkan kedua ayat ini sebagai berikut:

  وهذه الآية تثبيت لما قبلها، ووعد كريم بتيسير كل عسير له صلّى الله عليه وسلّم وللمؤمنين كأنه قيل خولناك ما خولناك من جلائل النعم فكن على ثقة بفضل الله تعالى ولطفه فإن مع العسر يسرا كثيرا

Artinya : Ayat ini (ayat 6) menetapkan ayat sebelumnya dan janji Allah Yang Maha Mulia dengan memudahkan segala kesulitan Nabi saw dan orang-orang mukmin, seakan Allah berkata: "Kami (Allah) berikan apa yang telah kami berikan kepadamu berupa keagungan nikmat; maka, jadilah orang yang percaya dengan kemurahan dan kelembutan Allah. Karena sesungguhnya bersamaan dengan kesulitan ada kemudahan yang banyak". Wallahu a'lam.

Adapun arti surat Al Insyirah ayat 7 adalah apabila engkau telah selesai (dengan suatu kebajikan), teruslah bekerja keras (untuk kebajikan yang lain).

Hikmah yang dapat dipetik dari surah Al Insyirah ayat 5 dan 6 adalah kita jangan merasa bersedih dan berputus asa terhadap kesulitan yang sedang menimpa karena bersamaan dengan kesulitan tersebut Allah akan memberikan banyak kemudahan.

Demikian Pembahasan mengenai arti dari fa inna ma'al usri yusro dan inna maal usri yusro artinya beserta tulisan arab dan isi yang terkandung dalam surat Al Insyirah ayat 5 dan 6. Semoga dengan mengetahui arti dari ayat-ayat alquran menjadikan bertambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment