Doa Tahun Baru Islam 2023 (1 Muharram 1445 H) Arab Latin dan Artinya

Sebentar lagi bulan bulan dzulhijjah akan segera berakhir dan berganti dengan bulan muharram. Didalam penanggalan islam bulan muharram merupakan bulan ke-1 dalam penaggalan hijriyah. Di tahun 2023 ini, hal hal tersebut menandakan bahwa akan dimulainya tahun baru islam 1445 H.

Ketika memasuki awal tahun tentunya banyak harapan-harapan yang baik kedepannya ditahun tersebut, untuk itu sebaiknya berdoa pada awal tahun dengan harapan agar dalam 1 tahun tersebut selalu disertai dengan hal-hal baik.

Yang dibaca ketika Tahun Baru Islam adalah doa awal tahun. Bagaimana tulisan arab doa tahun baru islam latin dan artinya? Dalam artikel ini kami akan membahasnya lebih dalam.

Table of Contents

Doa Tahun Baru Islam 2023 Arab

doa tahun baru islam 2023 arab lain artinya
doa tahun baru islam 2023 arab

Tahun baru islam 2023 diperkirakan jatuh pada tanggal 19 juli 2023. Berbeda dengan tahun baru masehi yang dimulai setelah pukul 24.00, tahun baru islam atau masehi dimulai setelah tenggelamnya matahari dihari terakhir bulan dzulhijjahatau masuk tanggal 1 muharram.

Ketika matahari sudah mulai tenggelam maka masuklah waktu sholat maghrib. Setelah selesai melaksanakan sholat maghrib biasanya orang-orang islam akan membaca doa awal tahun. Sedangkan doa akhir tahun dibaca setelah melaksanakan sholat ashar.

Membaca doa akhir tahun tidaklah wajib, begitu juga doa awal tahun.

Doa tahun baru islam (awal tahun) dapat dibaca sendiri-sendiri atau bisa juga dibaca bersama-sama. Didaerah jawa, sebagaimana kami tinggal doa awal tahun biasanya dibaca secara bersama-sama disertai juga dengan sedekah makanan yang nantinya akan diberikan kepada yang lainnya.

Inilah bunyi bacaan doa awal tahun baru islam (2023/1 Muharram 1445 H) arab 

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ. اللهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيْمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَجُوْدِكَ المُؤَوَّلِ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَل نَسْئَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَالإِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَالْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Dibaca sebanyak 3 kali

Doa Tahun Baru Islam 2023 Latin

Doa awal tahun dalam bahasa arab sebagaimana yang kami tuliskan diatas, dapat dibaca bagi yang sudah mahir membaca arab. Bagi yang masih kurang pandai dalam membaca tulisan arab inilah bacaan latin doa tahun baru islam 2023 (1 Muharram 1445 H)

Bismillahirrahmanir rahim. Washollallahu 'ala sayyidina wamaulana muhammadin wa 'ala alihi washohbihi wasallam. Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal wa 'ala fadhlikal adzim wajudikal mu'awwal. Wa hadza 'amun jadid qad aqbal, nasalukal 'ismata fihi minasy-syaithoni waauliya'ihi wajunudihi wal 'auna 'ala hadzihin nafsi al ammarati bissu'i wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa ya dzal jalai wal ikram, Washallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi washohbihi wasallam. 

Dibaca sebanyak 3 kali

Baca Juga : Doa Asyura 10 Muharram Arab dan Artinya

Doa Tahun Baru Islam 2023 Bahasa Indonesia

Sebagaimana mayoritas muslim di Indonesia, ada doa akhir tahun yang dilakukan setelah sholat ashar dihari terakhir bulan dzulhijjah dan ada juga doa awal tahun yang dilakukan setelah sholat mahgrib pada malam 1 muharram.

Pada malam tahun baru islam sebaiknya membaca doa dan doa itu sebaiknya diucapkan pada atanggal 1 muharram yang menandakan masih awal tahun baru dalam islam.

Adapun arti doa tahun baru islam dalam bahasa indonesia adalah sebagai berikut :

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم.

 وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

اللهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيْمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَجُوْدِكَ المُؤَوَّلِ

 وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَل نَسْئَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَالإِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَالْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ 

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. 

Semoga sholawat Allah serta keselamatan tetap atas junjungan kita dan tuan kita yaitu Nabi Muhammad dan semoga tercurahkan atas keluarganya dan sahabatnya.

Ya Allah Engkau dzat yang abadi, yang terdahulu dan yang awal, atas anugrah Engkau yang besar dan dan kemurahan-Mu kau jadikan pintu harapan.

Tahun baru ini sudah tiba. Kami meminta kepadamu perlindungan dari syaithon, teman-teman dan bala tentaranya dan kamipun mengharap pertolonganmu dalam mengatasi nafsu yang mendorong berlaku jahat. dan kami memohon bimbingan agar disibukkan dengan sesuatu yang dapat mendekatkan kepada-Mu pada rahmat-Mu wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan.

Semoga sholawat Allah serta keselamatan tetap atas junjungan kita Nabi Muhammad dan semoga tercurahkan atas keluarganya dan sahabatnya.

Jika disimpulkan, permintaan kita kepada Allah didalam doa tahun baru islam ada 3, yaitu :

  1. Agar dilindungi dari bujukan setan, sekutu dan tentaranya
  2. Agar diberikan pertolongan dalam menghadapi nafsul ammarati bissu' (nafsu amarah yang mendorong berbuat jahat).
  3. Agar disibukkan dengan sesuatu yang mendekatkan diri kepada Allah.

Demikian pembahasan kami mengenai doa tahun baru islam 2023 (1445 H) bahasa arab latin dan artinya, semoga memberi banyak manfaat untuk para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment