Doa Akhir Tahun Hijriyah 2023 Arab Latin dan Artinya

Doa akhir tahun hijriyah - Setiap permulaan pasti ada akhiran begitu juga awal tahun hijriyah ditandai dengan tanggal 1 muharram dan akhir tahun hijriyah diakhiri dengan tanggal 29/30 dzulhijjah.

Tahun baru islam, seorang muslim biasanya membaca doa awal tahun dengan harapan-harapan yang baik, begitu juga sebaiknya akhir tahun juga ditutup dengan doa ampunan jika dalam setahun kita melakukan dosa dan kesalahan kepada Allah SWT.

Doa apa yang dibaca pada akhir tahun hijriyah? Untuk itu kami akan menjelaskannya kepada pembaca bacaan doa akhir tahun hijriyah arab latin dan artinya.

Table of Contents

Doa Akhir Tahun Hijriyah ArabArab

doa akhir tahun hijriyah 2023 arab latin artinya
doa akhir tahun hijriyah 2023 arab

Doa awal tahun hijriyah dibaca pada tanggal 1 muharram setelah selesai sholat maghrib dan doa akhir tahun islam dibaca sebelum maghrib atau sesudah sholat ashar pada tanggal terakhir bulan dzulhijjah.

Inilah bunyi bacaan doa akhir tahun hijriyah arab :

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم. اللهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هّذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْأَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ  فَإِنِّيْ أسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْ لِيْ بِفَضْلِكَ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ اللهُمَّ يَا كَرِيْم يَا ذَالْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ أَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَ تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْم وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Doa akhir tahun, biasanya dibaca setelah sholat ashar sebelum masuk waktu maghrib pada hari terakhir bulan dzulhijjah. dan nantinya setelah sholat maghrib biasanya membaca doa awal tahun hijriyah.

Doa Akhir Tahun Hijriyah Latin

Bagi yang kurang mahir dalam membaca tulisan arab inilah teks bacaan doa akhir tahun hijriyah latin :

Bismillahirrahmanirrahim.

 Allahumma ma 'amiltu fi hadzihis sanati mimma nahaitani 'anhu falam atub minhu walam tardhahu walam tansahu wahamilta 'alayya ba'da qudratika 'ala 'uqubati wada'autani ilat taubati minhu ba'da jurati 'ala ma'siyatika fainni astaghfiruka faghfir li bifadhlika 

Wama 'amiltu fiha mimma tardhahu wawa'adtani 'alaihis tsawaba fasaluka allahumma ya karim ya dzal jalali wal ikram an tataqabbalahu minni wala taqta' rajai minka ya karim 

Washollallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi washohbihi wasallam.

Baca Juga : Doa Asyura Arab Latin dan Artinya

Doa Akhir Tahun Hijriyah Artinya

Dibacanya doa akhir tahun pada hari terakhir bulan dzulhijjah setelah sholat ashar. Untuk mengetahui keutamaan doa akhir tahun mari kita simak arti bahasa indonesia dari doa akhir tahun.

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

اللهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هّذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْأَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ  فَإِنِّيْ أسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْ لِيْ بِفَضْلِكَ

وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ اللهُمَّ يَا كَرِيْم يَا ذَالْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ أَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَ تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْم

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. 

Ya Allah, apa yang aku perbuat ditahun ini berupa larangan yang Engkau cegah dan aku belum bertobat dan Engkau belum ridho dan tidak lupa dan Engkau memaklumi karena kemurahan-Mu sementara Engkau mampu menyiksaku dan sudah mengajakku untuk melakukan taubat dari perbuatan tersebut setelah aku melakukan maksiat, maka sesungguhnya aku minta ampunan kepada-Mu semoga Engkau mengampuniku dengan anugrah-Mu.

dan apa yang aku perbuat ditahun ini berupa perbuatan yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan pahala maka aku memohon kepada-Mu ya Allah ya karim ya dzal jalali wal ikram semoga Engkau menerima amal dariku dan jangan Engkau putus pengharapanku darimu wahai dzat yang mulia.

Semoga sholawat Allah serta keselamatan tetap atas junjungan kita Nabi Muhammad dan semoga tercurahkan atas keluarganya dan sahabatnya.

dari arti doa diatas, dapat diketahui manfaat dan keutamaan doa akhir tahun :

  1. Meminta ampunan kepada Allah jika dalam 1 tahun melakukan sesuatu yang dilarang Allah dan belum bertaubat
  2. Meminta kepada Allah agar amal perbuatannya diterima jika selama 1 tahun melakuakan perbuatan yang diridhoi.

Demikian pembahasan kami mengenai doa akhir tahun hijriyah arab latin dan artinya dalam bahasa indonesia, semoga memberi banyak manfaat untuk para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment