Doa Awal dan Akhir Tahun Hijriyah : Arab Latin dan Artinya

Sebentar lagi umat islam akan memasuki tahun baru hijriyah pada tanggal 1 muharram. Kebiasaan dan hal baik yang dibiasa dilakukan seorang muslim adalah membaca doa awal dan akhir tahun hijriyah.

Doa awal tahun dibaca setelah sholat maghrib pada tanggal 1 muharram sedangkan doa akhir tahun dibaca setelah sholat ashar pada hari terakhir bulan dzulhijjah sebelum maghrib.

Bagaimana bacaan doa awal dan akhir tahun hijriyah? Untuk itu kami akan menjelaskan tentang tata cara dan bacaan doa awal dan akhir tahun hijriyah arab latin dan artinya.

Table of Contents

Tata Cara Membaca Doa Awal Tahun dan Akhir Tahun

doa awal dan akhir tahun hijriyah arab latin artinya
doa awal dan akhir tahun hijriyah arab

Tata cara dalam membaca doa awal tahun dan akhir tahun hijriyah antara lain sebagai berikut :

  1. Wudhu dan sholat dahulu sebelum berdoa
  2. Meyakini doa akan diijabah
  3. Menjaga hati agar tidak lalai saat berdoa
  4. Menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan
  5. Mengakui dosa terlebih dahulu sebelum berdoa
  6. Membuka doa dengan tahmid dan sholawat nabi
  7. Mengakhiri doa dengan sholawat nabi
  8. Doa akhir tahun dibaca setelah selesai mengerjakan sholat ashar
  9. Doa awal tahun dibaca setelah selesai mengerjakan sholat maghrib

Doa Awal dan Akhir Tahun Hijriyah Arab

Inilah bacaan doa akhir tahun hijriyah dalam tulisan arab :

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم. اللهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هّذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْأَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ  فَإِنِّيْ أسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْ لِيْ بِفَضْلِكَ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ اللهُمَّ يَا كَرِيْم يَا ذَالْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ أَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَ تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْم وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Berikut adalah bunyi lafadz doa awal tahun hijriyah dalam bahasa arab :

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ. اللهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيْمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَجُوْدِكَ المُؤَوَّلِ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَل نَسْئَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَالإِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَالْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Baca Juga : Doa Asyura Arab dan Artinya

Doa Awal dan Akhir Tahun Hijriyah

Bagi teman-teman yang kurang mahir dalam membaca tulisan arab berikut ini adalah doa awal dan akhir tahun hijriyah latin.

Doa awal tahun

Bismillahirrahmanir rahim. Washollallahu 'ala sayyidina wamaulana muhammadin wa 'ala alihi washohbihi wasallam. Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal wa 'ala fadhlikal adzim wajudikal mu'awwal. Wa hadza 'amun jadid qad aqbal, nasalukal 'ismata fihi minasy-syaithoni waauliya'ihi wajunudihi wal 'auna 'ala hadzihin nafsi al ammarati bissu'i wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa ya dzal jalai wal ikram, Washallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi washohbihi wasallam. 

Doa akhir tahun

Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma ma 'amiltu fi hadzihis sanati mimma nahaitani 'anhu falam atub minhu walam tardhahu walam tansahu wahamilta 'alayya ba'da qudratika 'ala 'uqubati wada'autani ilat taubati minhu ba'da jurati 'ala ma'siyatika fainni astaghfiruka faghfir li bifadhlika wama 'amiltu fiha mimma tardhahu wawa'adtani 'alaihis tsawaba fasaluka allahumma ya karim ya dzal jalali wal ikram an tataqabbalahu minni wala taqta' rajai minka ya karim washollallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi washohbihi wasallam.

Arti Doa Awal dan Akhir Tahun Hijriyah

Adapun arti doa awal tahun dan akhir tahun hijriyah dalam bahasa indonesia adalah sebagai berikut ;

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم.

 وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

اللهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيْمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَجُوْدِكَ المُؤَوَّلِ

 وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَل نَسْئَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَالإِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَالْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ 

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. 

Semoga sholawat Allah serta keselamatan tetap atas junjungan kita dan tuan kita yaitu Nabi Muhammad dan semoga tercurahkan atas keluarganya dan sahabatnya.

Ya Allah Engkau dzat yang abadi, yang terdahulu dan yang awal, atas anugrah Engkau yang besar dan dan kemurahan-Mu kau jadikan pintu harapan.

Tahun baru ini sudah tiba. Kami meminta kepadamu perlindungan dari syaithon, teman-teman dan bala tentaranya dan kamipun mengharap pertolonganmu dalam mengatasi nafsu yang mendorong berlaku jahat. dan kami memohon bimbingan agar disibukkan dengan sesuatu yang dapat mendekatkan kepada-Mu pada rahmat-Mu wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan.

Semoga sholawat Allah serta keselamatan tetap atas junjungan kita Nabi Muhammad dan semoga tercurahkan atas keluarganya dan sahabatnya.

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

 اللهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هّذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْأَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ  فَإِنِّيْ أسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْ لِيْ بِفَضْلِكَ

وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ اللهُمَّ يَا كَرِيْم يَا ذَالْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ أَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَ تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْم

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. 

Ya Allah, apa yang aku perbuat ditahun ini berupa larangan yang Engkau cegah dan aku belum bertobat dan Engkau belum ridho dan tidak lupa dan Engkau memaklumi karena kemurahan-Mu sementara Engkau mampu menyiksaku dan sudah mengajakku untuk melakukan taubat dari perbuatan tersebut setelah aku melakukan maksiat, maka sesungguhnya aku minta ampunan kepada-Mu semoga Engkau mengampuniku dengan anugrah-Mu.

dan apa yang aku perbuat ditahun ini berupa perbuatan yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan pahala maka aku memohon kepada-Mu ya Allah ya karim ya dzal jalali wal ikram semoga Engkau menerima amal driku dan jangan Engkau piutus pengharapanku darimu wahai dzat yang mulia.

Semoga sholawat Allah serta keselamatan tetap atas junjungan kita Nabi Muhammad dan semoga tercurahkan atas keluarganya dan sahabatnya.

Demikian pembahasan mengenai doa awal dan akhir tahun hijriyah, semoga dapat dibaca dan diamalkan pada saat tanggal 1 muharram dan akhir bulan dzulhijjah.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment