10 Contoh Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Harfi Lengkap Beserta Surat dan Ayatnya

Contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dapat kita temui dalam mafatihus suwar (pembuka surat-surat) dalam Al Quran seperti yang terdapat dalam surat yunus ayat 1 yang berbunyi الۤرٰ.

Sebagai pelajar mungkin teman-teman ada yang disuruh mencari 5 contoh mad lazim mukhaffaf harfi. Dari pertanyaan tersebut tentunya teman-teman harus tahu terlebih dahulu apa pengertian dari mad lazim mukhaffaf harfi baru bisa mencari contohnya dalam Al Quran.

Dalam artikel ini akan kami tuliskan 13 contoh mad lazim mukhaffaf harfi beserta surat dan ayatnya dalam Al Quran agar dapat dipelajari dengan benar dan mudah bagi teman-teman yang sedang belajar ilmu tajwid.

Table of Contents

Apa Yang dimaksud Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Harfi?

contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dalam Al Quran beserta surat
contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi lengkap

Arti mad lazim mukhaffaf harfi jika diuraikan secara bahasa terdiri dari 4 arti, yaitu :

  • Mad artinya panjang
  • Lazim artinya harus
  • Mukhaffaf artinya ringan, bisanya diidentikkan dengan harakat sukun
  • Harfi artinya huruf

Yang dimakasud dengan mad lazim mukhaffaf harfi adalah bacaan mad yang berada diawal surat berupa 3 huruf dan tengahnya berupa huruf mad yang mati serta tidak diidghamkan, contohnya صۤ.

Lafadz صۤ merupakan contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi karena terdiri dari 3 huruf yaitu ص ا د dan tengahnya berupa huruf mad yaitu alif serta tidak diidghamkan.

Perbedaan antara mad lazim harfi mukhaffaf dan mad lazim harfi mutsaqqal adalah antara diighamkan(bertasydid) dan tidak idghamnya(tidak bertasydid).

Cara membaca mad lazim harfi mukhaffaf adalah dibaca panjang 6 harakat atau 3 alif. Dalam contoh صۤ cara membacanya yang benar adalah Shooooood, dengan memanjangkan huruf mad berupa alif yang terdapat dalam tengah huruf shod(ص).

Ciri-ciri Mad Lazim Mukhaffaf Harfi dan Cara Membacanya

Hukum bacaan mad lazim harfi mukhaffaf terjadi jika suatu lafadz memenuhi ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Terdiri dari 3 huruf
  2. Huruf tengah mati
  3. Berada diawal surat
  4. Tidak diidghamkan

Kami akan contohkan lafadz كۤهٰيٰعۤصۤ ۚ(Kaf Ha Ya Ain Shod) dalam surat Maryam ayat 1.

Cara membaca ayat diatas yang benar adalah Kaf Ha Ya Ain Shod dengan menampakkan semua bunyi huruf asalnya, bukan dibaca ka ha ya aa sho.

كۤهٰيٰعۤصۤ ۚ(Kaf Ha Ya Ain Shod) merupakan contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dan mad thobi'i berikut penjelasannya :

  • كۤ yang huruf aslinya berupa ك ا ف  merupakan bacaan mad lazim harfi mukhaffaf karena berada diawal surat terdiri dari 3 huruf dan tidak di idghamkan. Cara membacanya adalah Kaaaaaaf dibaca panjang 6 harakat.
  • هٰ yang huruf aslinya berupa ه ا merupakan bacaan mad thobi'i. Walaupun berada diawal surat tetapi tidak terdiri dari 3 huruf maka bukan termasuk bacaan mad lazim harfi mukhaffaf . Cara membacanya ialah haa dibaca panjang 2 harakat.
  • يٰ yang huruf asalnya berupa ي ا merupakan bacaan mad thobi'i. Walaupun berada diawal surat tetapi tidak terdiri dari 3 huruf maka bukan termasuk bacaan mad lazim harfi mukhaffaf . Cara membacanya ialah yaa dibaca panjang 2 harakat.
  • عۤ merupakan bacaan mad lazim mukhaffaf harfi karena terdiri dari 3 huruf yaitu ع ي ن. Cara membacanya adalah aiiiiiin dibaca panjang 6 harakat.
  • صۤ merupakan bacaan mad lazim mukhaffaf harfi karena terdiri dari 3 huruf yaitu ص ا د. Cara membacanya ialah shooooood dibaca panjang 6 harakat.

Contoh Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Harfi

Huruf mad lazim mukhaffaf harfi ada 8 terkumpul dalam lafadz كم عسل  نقص yaitu :

  1. ك (kaf)
  2. م (mim)
  3. ع ('ain)
  4. س (sin)
  5. ل (lam)
  6. ن (nun)
  7. ق (qaf)
  8. ص (shad)

Untuk memudahkan teman-teman dalam menemukan bacaan mad lazim mukhaffaf harfi kami berikan warna merah agar memudahkan dalam belajar Al Quran tajwid berwarna online.

Berikut ini adalah contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi beserta surat dan ayatnya yang terdapat dalam Al Quran.

1. الۤرٰ

Contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dalam Al Quran adalah lafadz الۤرٰ dalam surat Yunus ayat 1. Lafadz lam(لۤ) dibaca panjang 6 harakat karena memenuhi syarat mad lazim mukhaffaf harfi yaitu terdiri dari 3 huruf berupa ل ا م yang tengah mati dan tidak diidghamkan.

Selain surat Yunus ayat 1 contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi berupa lafadz الۤرٰ juga terdapat dalam :

  • Surat Hud ayat 1
  • Surat Yusuf ayat 1
  • Surat Ibrahim ayat 1 dan
  • Surat Al hijr ayat 1

2. الۤمّۤصۤ

Hukum bacaan mim dan shod dalam surat Al A'raf ayat 1 merupakan bacaan mad lazim mutsaqqal harfi. Dimana mim dan shod sama-sama terdiri dari 3 huruf yang tengah mati dan tidak diidghamkan.

Sedangkan bacaan lam(لۤ) merupakan contoh bacaan bacaan mad lazim mutsaqqal harfi karena terdiri dari 3 huruf dan diidghamkan.

3. الۤمّۤرٰ

Dalam surat Ar Ra'du ayat 1 diatas yang merupakan contoh mad lazim mukhaffaf harfi adalah mim(مّۤ) dimana terdiri dari 3 huruf dan tidak diidghamkan.

Sedangakan lafadz lam merupakan bacaan mad lazim mutsaqqal harfi karena terdiri dari 3 huruf dan diidghamkan, sedangkan رٰ merupakan bacaan mad thabi'i.

4. الۤمّۤ

Panjang bacaan mim yang terdapat dalam lafadz الۤمّۤ dibaca panjang 6 harakat atau 3 alif karena termasuk bacaan mad lazim harfi mukhaffah.

Sedangkan bacaan lam juga dibaca panjang 6 harakat karena merupakan bacaan mad lazim harfi mutsaqqal. Perbedaan keduanya antara harfi mukhaffaf dan harfi mutsaqqal adalah terletak pada didighamkan atau tidaknya.

Bacaan mad lazim harfi mukhaffah berupa lafadz الۤمّۤ dalam Al Quran terdapat dalam surat :

  • Al Baqarah ayat 1
  • Ali Imran ayat 1
  • Al 'Ankabut ayat 1
  • Rum Ayat 1
  • Luqman ayat 1 dan
  • As-Sajdah ayat 1

5. كۤهٰيٰعۤصۤ ۚ

Cara membaca كۤهٰيٰعۤصۤ ۚ (Kaf Ha Ya Ain Shod) dalam surat Maryam ayat 1 adalah

  • Kaaaaaaf dibaca panjang 6 harakat karena bacaan mad lazim harfi mukhaffaf
  • Haa dibaca panjang 2 harakat karena merupakan mad thobi'i
  • Ya dibaca panjang 2 harakat karena merupakan mad thobi'i
  • Aiiiiiin dibaca panjang 6 harakat karena merupakan mad lazim harfi mukhaffaf
  • Shooooood dibaca panjang 6 harakat karena bacaan mad lazim harfi mukhaffaf

6. طٰسۤمّۤ

Lafadz مّۤ dalam طٰسۤمّۤ merupakan contoh mad lazim mukhaffaf harfi surat Asy Syu'ara ayat 1 dan Al Qashash ayat 1. 

Panjang bacaan مّۤ adalah 6 harakat sama dengan lafadz سۤ yang merupakan bacaan mad lazim mutsaqqal harfi.

7. طٰسۤ

Contoh mad lazim mukhaffaf harfi pada lafadz طٰسۤ yang terdapat dalam surat An Naml ayat 1 adalah سۤ, dimana terdiri dari 3 huruf berupa س ي ن ditengahnya terdapat huruf mad berupa ya sukun dan tidak diidghamkan.

Cara membacanya سۤ dibaca banjang 6 harakat, sedangkan طٰ dibaca panjang 2 harakat merupakan mad thabi'i.

8. يٰسۤ

Contoh mad lazim mukhaffaf harfi dalam Al Quran surat Yasin ayat 1 adalah سۤ yang terdapat dalam lafadz يٰسۤ.

سۤ dibaca panjang 6 harakat karena memenuhi syarat bacaan mad lazim mukhaffaf harfi yaitu berupa 3 huruf س ي ن dan tidak diidghamkan.

9. صۤ ۗوَالْقُرْاٰنِ ذِى الذِّكْرِۗ

صۤ terdiri dari 3 huruf yaitu ص ا د dimana berada diawal surat dan tidak diidghamkan maka dinamakan bacaan mad lazim mukhaffaf harfi yang terdapat dalam surat Al A'raf ayat 1.

Shad dibaca panjang sepanjang 6 harakat atau 3 alif, cara membacanya Shaaaaaad.

10. حٰمۤ

Cara membaca  adalah حٰ dibaca panjang 2 harakat sedangkan مۤ dibaca 6 harakat atau 3 alif karena merupakan contoh mad lazim mukhaffaf harfi.

حٰمۤ yang merupakan contoh mad yang berada dalam berbagai surat antara lain :

  • Surat Gafir ayat 1
  • Surat Fushsilat ayat 1
  • Surat Az zukhruf ayat 1
  • Surat Ad dukhan ayat 1
  • Surat Al-jasyiyah ayat 1 dan
  • Surat Al ahqaf ayat 1.

11. حٰمۤ عۤسۤقۤ

Terdapat 4 contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi yang berada dalam surat As Syura ayat 1, yaitu hurur mim(مۤ), ain(عۤ), sin(س) dan qaf(قۤ).

Cara membacanya dibaca panjang 6 harakat, sedangkan حٰ dibaca panjang 2 harakat karena merupakan mad thabi'i. Jika dilafadzkan latin berbunyi haa miiiiiim aiiiiiin siiiiiin qaaaaaaf.

12. قۤ ۗوَالْقُرْاٰنِ الْمَجِيْدِ

قۤ terdiri dari 3 huruf yaitu ق ا ف terdapat huruf mad berupa alif dan tidak diidghamkan maka merupakan bacaan mad lazim mukhaffaf harfi yang berada dalam surat Qaf ayat 1.

قۤ dibaca panjang 6 harakat atau 3 alif berbunyi Qaaaaaaf.

13. نۤ ۚوَالْقَلَمِ وَمَا يَسْطُرُوْنَۙ

نۤ terdiri dari 3 huruf berupa ن و ن dimana terdapat huruf mad berupa wau dan tidak diidghamkan merupakan bacaan mad lazim mukhaffaf harfi yang berada dalam surat Al Qalam ayat 1.

Cara membacanya نۤ dibaca panjang 6 harakat berbunyi Nuuuuuun.

Sahabat zonasantri, demikian pembahasan mengenai contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi lengkap dalam Al Quran beserta surat dan ayatnya. Semoga memberi banyak manfaat untuk para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment