Contoh Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi dan Cara Membacanya

Contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi jarang kita temui dalam Al Quran karena hukum bacaan tersebut hanya ada 2 dalam Al Quran tepatnya dalam surat Yunus ayat 51 dan 91 yaitu lafadz ٰۤ اٰۤلْـٰٔنَ.

Mungkin sebagai pelajar teman-teman ada yang disuruh mencari "Tuliskan 10 contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi". Pertanyaan tersebut tentunya hanya akan memberikan jawaban berupa 2 contoh mad lazim mukhaffaf kilmi karena hanya itu jawabannya. Jadi tak perlu mempersoalkan jawaban karena yang bermasalah adalah pertanyaannya.

Berbeda jika pertanyaan yang diberikan adalah "Sebutkan 10 contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi" tentu akan mendapatkan jawaban yang lebih menjanjikan karena contohnya lebih banyak.

Dalam artikel ini kami akan tuliskan contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi dalam Al Quran yang dapat teman-teman pelajari untuk dapat dipraktikkan dengan benar.

Table of Contents

Cara Membaca Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi

10 contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi
contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi

Cara membaca mad lazim mukhaffaf kilmi adalah dibaca panjang 3 alif atau 6 harakat ketika ada huruf mad yang setelahnya berupa huruf mati (sukun) yang asli.

Baca Juga : Pengertian Mad Lazim Mukhaffaf Harfi dan Contohnya

Huruf mad ada 3 yaitu ya, alif dan wau, sedangkan sukun yang asli adalah sukun tersebut tidak akan hilang ketika dalam keadaan waqaf maupun washal, contohnya اٰۤلْـٰٔنَ.

Contoh sukun yang hilang ketika washal seperti lafadz قَامَتِ الصَّلاَةُ jika diwaqafkan maka dibaca قَامَتْ dengan akhiran sukun, tapi dijak dibaca washal sukun tersebut hilang.

Walaupun pada dasarnya huruf mad ada 3 tetapi contoh mad lazim mukhaffaf kilmi dalam Al Quran hanya ada 2 yang terdapat dalam surat yunus.

Contoh Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi

Contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi dalam Al Quran terdapat dalam surat Yunus.

1. Yunus Ayat 51

اَثُمَّ اِذَا مَا وَقَعَ اٰمَنْتُمْ بِهٖۗ  اٰۤلْـٰٔنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهٖ تَسْتَعْجِلُوْنَ

Latin : Atsumma idzaa maa waqa'a aamantum bih. Aaaaaalaana waqad kuntum bihi tasta'jiluun.

Artinya : Apabila azab itu terjadi, apakah kemudian kamu baru memercayainya? Apakah (baru) sekarang (kamu beriman), padahal sebelumnya kamu selalu meminta agar ia disegerakan?

Contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi dalam surat yunus ayat 51 adalah اٰۤلْـٰٔنَ. terdapat huruf mad berupa alif yang setelahnya berupa sukun yang asli. Cara membacanya adalah dibaca panjang sebanyak 6 harakat atau 3 alif.

Baca Juga: 15 Contoh Bacaan Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi

2. Surat Yunus Ayat 91

اٰۤلْـٰٔنَ وَقَدْ عَصَيْتَ قَبْلُ وَكُنْتَ مِنَ الْمُفْسِدِيْنَ

Latin : Aaaaaalaana waqad 'ashaita qablu wakunta minal mufsidin.

Artinya : Apakah (baru) sekarang (kamu beriman), padahal sungguh kamu telah durhaka sejak dahulu dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan?

Contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi dalam surat yunus ayat 91 adalah اٰۤلْـٰٔنَ. Terdapat huruf mad berupa alif yang setelahnya berupa sukun yang asli. Cara membacanya adalah dibaca panjang sebanyak 6 harakat atau 3 alif.

Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi Cara Membaca Terdapat Dalam Surat
اٰۤلْـٰٔنَ Dibaca panjang 6 harakat atau 3 alif Yunus ayat 51
اٰۤلْـٰٔنَ Dibaca panjang 6 harakat atau 3 alif Yunus ayat 91

Sahabat zonasantri, itulah contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi yang terdapat dalam surat Yunus. Jika memang contohnya hanya ada 2 maka janganlah memaksakan untuk menyebutkan 10 contoh yang tidak ada jawabnnya.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment