Subhanallah Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim Astaghfirullah Artinya Tulisan Arab dan Khasiatnya

Subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah merupakan bacaan dzikir yang dibaca setelah sholat qabliyah subuh dimana mempunyai khasiat melapangkan rezeki jika dibaca sebanyak 100x.

Apakah artinya subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah?

Dalam kesempatan ini kami akan jelaskan dzikir subhanallah wabihamdihi subhanallahim adzim astaghfirullah arab dan artinya beserta manfaat bacaannya.

Subhanallah Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim Astaghfirullah Arab

khasiat subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah arab dan artinya
subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah arab dan artinya

Subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah bukanlah sebuah doa melainkan bacaan  dzikir yang dipercaya dapat melancarkan rezeki jika di baca 100x sebelum melaksanakan sholat subuh.

Tulisan arab subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah adalah sebagai berikut : 

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِه سُبْحَانَ اللهِ العَظِيْمِ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ

Subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah tanpa harakat penulisan arabnya sebagai berikut :

سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم أستغفر الله

Penjabaran mengenai cara penulisan arab subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah yang benar adalah sebagai berikut :

  • سُبْحَانَ اللهِ : Masdar berlaku juga sebagai mudhof yang mempunyai mudhof ilaih berupa lafadz jalalah Allah. Lafadz اللهِ dibaca jar karena berlaku sebagai mudhof ilaih dengan tanda jar berupa kasrah dikarenakan isim mufrad.
  • وَبِحَمْدِه : Wau merupakan huruf athaf. Ba merupakan huruf jar berlaku mengejarkan isim. حَمْدِ Dibaca jar karena dijar kan oleh hurur jar ba dengan tanda jar berupa kasrah sekaligus berlaku sebagai mudhaf. Dhomir ha merupakan dhomir muttasil mahal jar berlaku sebagai mudhof ialih.
  • سُبْحَانَ اللهِ : Masdar berlaku juga sebagai mudhof yang mempunyai mudhof ilaih berupa lafadz jalalah Allah. Lafadz اللهِ dibaca jar karena berlaku sebagai mudhof ilaih dengan tanda jar berupa kasrah dikarenakan isim mufrad.
  • العَظِيْمِ : Naat dimana man'utnya berupa lafadz jalalah Allah. 
  • أَسْتَغْفِرُ : Fiil mudhari tsulatsi mazid bitsalatsati ahrufin(dengan tambahan 3 huruf) waqi'nya mutakallim wahdah
  • اللَّهَ : maf'ul bih maka dibaca nashab dengan tanda fathah dikarenakan isim mufrad.
Tulisan arab subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah yang benar dalam bahasa arab yaitu سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِه سُبْحَانَ اللهِ العَظِيْمِ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ

Subhanallah Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim Astaghfirullah Artinya

Subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim merupakan salah satu dari 10 wirid anjuran Imam Ghazali seperti yang disebutkan dalam kitab bidayatul Bidayah.

Dzikir subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah dikenal sebagai amalan yang mempunyai keutamaan untuk meluaskan rezeki. Cakupan rezeki sendiri sangatlah luas tidak hanya terbatas pada materi saja, bisa berupa makanan, waktu luang, kesehatan dan lain sebagainya.

Syaikh Abu Bakar bin Sayid Syatho Dimyati dalam Hasyiyah I'anatut Thalibien menjelaskan :

وردت عن النبي صلى الله عليه وسلم في أحاديث صحيحة كثيرة, أمر بها بعض أصحابه لتوسعة الرزق, وقال بعض العارفين : وهي مجربة لبسط الرزق الظاهر والباطن , وهي هذه :لا إله إلاّ الله الملك الحق المبين كل يوم مئة مرة سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِه سُبْحَانَ اللهِ العَظِيْمِ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ كل يوم مئة مرة  واستحسن كثير من الأشياخ أن تكون بين سنة الصبح والفريضة فإن فاتت في ذالك فبعد صلاة الصبح وقبل طلوع الشمس, وإن فاتت في ذالك فعند الزوال. فلا ينبغي للعبد أن يخلي يومه عنها

Tersebut dalam banyak hadits shahih sebuah riwayat dimana Nabi Muhammad SAW memerintahkan sebagian sahabatnya untuk mengamalkan bacaan ini untuk melapangkan(meluaskan) rezeki. Sebagian orang-orang arif berkata : Amalan ini teruji dalam melapangkan rezeki lahir maupun batin. Bacann yang dimaksud ialah : "La ilaha illallahul malikul haqqul mubin" setiap hari 100x, "subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah" setiap hari 100x. Banyak dari para masyayikh menganggap baik melazimkan bacaan ini antara sholat sunnah subuh dan sholat fardhu subuh. Jika kesempatan itu terlewatkan, maka diamalkan setelah sholat subuh dan sebelum matahari terbit. Jika diwaktu tersebut terlewatkan juga maka bacalah setelah matahari tergelincir.

Adapun arti dari subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah (سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِه سُبْحَانَ اللهِ العَظِيْمِ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ) yaitu Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya, Maha suci Allah yang maha agung, Aku meminta ampunan kepada Allah.

Berikut ini adalah arti subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah artinya per ayat.

Khasiat Subhanallah Wa bihamdihi Subhanallahil Adzim, Astaghfirullah

Khasiat subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah antara lain :

  1. Meluaskan rezeki
  2. Melapangkan rizqi baik lahir maupun batin

Cara mengamalkan subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah 100x dibaca setelah sholat sunnah subuh.

Adapaun waktu pengamalan subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah 100x ada 3 yaitu :

  • Setelah sholat sunnah subuh sampai sebelum sholat fardhu subuh
  • Setelah sholat subuh sampai sebelum terbitnya matahari
  • Setelah matahari tergelincir 

Demikian pembahasan mengenai subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah artinya dan tulisan arab beserta khasiatnya semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca yang akan mengamalkannya untuk kemudahan rezeki

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment