Allahumma Habbib Ilainal Iman Arab dan Artinya

Allahumma habbib ilainal iman merupakan bacaan doa yang terinspirasi dari surat Al hujurat ayat 7.

Doa ini tidak begitu populer dikalangan orang muslim tetapi ada beberapa orang yang mencari doa ini.

Dalam kesempatan ini kami akan membahas doa allahumma habbib ilainal iman arab dan artinya dan sebagian bacaan surat Al Hujurat ayat 7.

Table of Contents

Allahumma Habbib Ilainal Iman Arab

allahumma habib ilainal iman arab dan artinya
allahumma habib ilainal iman

Dalam tulisan KH Zainuddin Al Banjari yang merupakan Pimpinan Pesantren Intan Ilmu kami menemukan sebuah doa yang awalannya berbunyi Allahumma habbib ilainal iman.

Tulisan arabnya secara lengkapnya adalah sebagai berikut :

اللهُمَّ حَبِّبْ إِلَيْنَا الإِيْمَانَ وَزَيَّنَهُ فِي قُلُوْبِنَا وَكَرِّهْ إِلَيْنَا الْكُفْرَ وَالْفُسُوْقَ وَالْعِصْيَانَ وَاجْعَلْنَا مِنَ الرَّاشِدِيْنَ

Latin : Allahumma habbib ilainal iman wazayyanahu fi qulubina wa karrih ilainal kufra wal fusuqa wal ishyan waj'alna minar-rasyidin.

Adapun tulisan arab allahumma habbib ilaimanl iman dapat ditulis dengan 2 metode, yaitu berharakat dan tanpa harakat.

  • Berharakat : اللهُمَّ حَبِّبْ إِلَيْنَا الإِيْمَانَ
  • Tanpa harakat (arab gundul) : اللهم حبب إلينا الإيمان

Penjabaran mengenai cara penulisan arab allahumma habbib ilainal iman yang benar ialah sebagai berikut :

  • Allahumma (الَلَّهُمَّ) : Munada mufrad asalnya adalah يا الله. Dalam kalam arab jika ada lafadz Allah bertindak sebagai munada kebanyakan berlakunya adalah membuang huruf nida' dan diganti dengan mim musyaddadah(mim bertasydi) yang dibaca fathah, maka diucapkan الَلَّهُمَّ.
  • Habbib (حَبِّبْ) : Fiil amar dari fiil madhi mudhari habbaba huhabbibu (حَبَّبَ يُحَبِّبُ) yang ikut wazan fa'ala fufa'ilu ketemulah fiil amar حَبِّب.
  • Ilaina (إِلَيْنَا) : إِلَى merupakan huruf jar, sedangkan dhomir نَا merupakan majrur. Dalam hal ini dhomir نَا bertindak sebagai dhomir muttasil mahal jar.
  • Iman (الإِيْمَانَ) : Merupakan maf'ul bih dari fiil mabni majhul حَبِّبْ. Maka lafadz الإِيْمَانَ dibaca nashab dengan amalat fathah karena merupakan isim mufrad.

Tulisan arab allahumma habbib ilainal iman latin yang benar dalam bahasa arab adalah اللهُمَّ حَبِّبْ إِلَيْنَا الإِيْمَانَ.

Allahumma Habbib Ilainal Iman Arab dan Artinya

Dalam sebuah tulisannya KH Zainuddin Al Banjari menjelaskan bahwa doa ini :

اللهُمَّ حَبِّبْ إِلَيْنَا الإِيْمَانَ وَزَيَّنَهُ فِي قُلُوْبِنَا وَكَرِّهْ إِلَيْنَا الْكُفْرَ وَالْفُسُوْقَ وَالْعِصْيَانَ وَاجْعَلْنَا مِنَ الرَّاشِدِيْنَ

Latin Allahumma habbib ilainal iman wazayyanahu fi qulubina wa karrih ilainal kufra wal fusuqa wal ishyan waj'alna minar-rasyidin.

Merupakan doa yang terinspirasi dari penggalan ayat yang suci al qur'an lebih tepatnya yaitu penggalan surat Al hujurat ayat 7.

وَلٰكِنَّ اللّٰهَ حَبَّبَ اِلَيْكُمُ الْاِيْمَانَ وَزَيَّنَهٗ فِيْ قُلُوْبِكُمْ وَكَرَّهَ اِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوْقَ وَالْعِصْيَانَ ۗ اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الرّٰشِدُوْنَۙ

Artinya : Akan tetapi, Allah menjadikanmu cinta pada keimanan dan menjadikan (iman) itu indah dalam hatimu serta menjadikanmu benci pada kekufuran, kefasikan, dan kemaksiatan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan kebenaran.

Adapun arti dari allahumma habbib ilainal iman adalah Ya Allah cintakanlah keimanan kepada kami.

Adapun arti dari doa versi lengkapnya ialah :

Artinya : Ya Allah cintakanlah keimanan kepada kami dan jadikanlah (iman) itu indah dalam hati kami serta jadikalah kami benci kepada kekufuran, kefasikan dan kemaksiatan dan jadikanlah kami termasuk orang-orang yang mengikuti jalan kebenaran.

Untuk lebih mudah memahami maknanya, kami buatkan tabel arti perkata allahumma habbib ilainal iman sebagai berikut.

Tulisan Arab Latin Artinya
الَلَّهُمَّ Allahumma Ya Allah
حَبِّبْ Habbib Cintakanlah
إِلَيْنَا Ilaina Kepada kami
الإِيْمَانَ Iman Iman

Demikian pembahasan mengenai doa allahumma habbib ilainal iman arab dan artinya. Semoga memberikan banyak manfaat bagi para pembaca.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment