Hasbunallah Wanikmal Wakil Artinya : Nikmal Maula Wanikman Nasir Tulisan Arab

Hasbunallah wanikmal wakil (حسبنا الله ونعم الوكيل) adalah doa atau dzikir yang biasa diamalkan seorang muslim untuk meminta kepada Allah agar dicukupi urusannya, dijaga dari kejelekan semua makhluk, diberikan pertolongan Allah dan lain sebagainya.

Arti dari hasbunallah wanikmal wakil adalah cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami dan Allah sebaik-baik pelindung. Bacaan ini biasanya diamalkan sebagai dzikir sebanyak 450 kali dengan ketentuan tertentu atau pada malam 1 muharram diamalkan sebanyak 70x atau bahkan dibuat pujian setelah adzan dengan tambahan lirik yang sedikit panjang.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas bacaan hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir artinya dan tulisan arab dalam Al Quran beserta manfaat dan cara mengamalkannya.

Table of Contents

Tulisan Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir Arab

Doa Hasbullah wanikmal wakil artinya dan tulisan arab
Hasbullah wanikmal wakil artinya dan tulisan arab

Untuk mengetahui arti dari hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir tentunya harus mengetahui juga tulisannya yang benar agar tidak ada kesalahan kata didalam mengartikannya.

Kalimat hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir arab حسبنا الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير terdiri dari 11 kata yaitu :

  • حسب
  • نا
  • الله
  • و
  • نعم
  • الوكيل
  • نعم
  • المولى
  • و
  • نعم
  • النصير

Hasbuna : Lafadz حسب berkedudukan sebagai mubtada, dibaca rofa dengan alamat rofa berupa dhommah sekaligus berlaku sebagai mudhof. Dhomir نا berkedudukan sebagai mudhof ilaih. Dibaca حَسْبُنَا

Allah : Lafadz jalalah اللهُ berkedudukan sebagai khobar maka dibaca rofa', alamat rofaknya adalah dhommah.

Wau : Huruf athof. dibaca وَ 

Nikma : Fiil jamid (tidak bisa ditasrif) berlaku untuk merofa'kan isim. dibaca نِعْمَ 

Al Wakil : Failnya lafadz nikma, dibaca rofa dengan alamat rofa berupa dhommah. dibaca  الوَكِيْلُ

Al Maula : Failnya lafadz nikma, dibaca rofa dengan alamat rofa berupa dhommah muqoddaroh. dibaca المَوْلَى

An Nasir : Failnya lafadz nikma, dibaca rofa dengan alamat rofa berupa dhommah. Dibaca النَّصِيْرُ

Cara penulisan hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir ada 2 berharakat dan tidak berharakat. Tulisan hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir :

  • Arab gundul : حسبنا الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير
  • Berharakat : حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلُ نِعْمَ المَوْلى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir Artinya

Arti hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir jika diartikan perkata adalah sebagai berikut :

Arab Latin Arti
حَسْبُنَا Hasbuna Kecukupan Kita
اللهُ Allah Allah
وَ Wa Dan
نِعْمَ Nikma Sebaik-baik
الوَكِيْلُ Al Wakil Pelindung
المَوْلى Al Maula Pelindung
النَّصِيْرُ An nasir Penolong

Didalam Al Quran memang terdapat kalimat hasbunallah wanikmal wakil dan nikmal maula wanikman nasir. 2 kalimat tersebut bukanlah satu bagian yang utuh dalam 1 ayat melainkan terdapat dalam surat dan ayat yang berbeda.

Adapun ayat hasbunalllah wanikmal wakil dalam Al Quran terdapat dalam Surat Ali Imran Ayat 173 :

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Latin : alladzina qaala lahumun nas. innan nasa qad jama'u lakum fakhsyauhum fazadahun imanan wa qalu hasbunallahu wanikmal wakil.

Artinya: “(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: ‘Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka’.

Sedangkan ayat nikmal maula wanikman nasir dalam Al Quran terdapat dalam Surat Al Hajj Ayat 78 :

وَجَاهِدُوْا فِى اللّٰهِ حَقَّ جِهَادِهٖۗ هُوَ اجْتَبٰىكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِى الدِّيْنِ مِنْ حَرَجٍۗ مِلَّةَ اَبِيْكُمْ اِبْرٰهِيْمَۗ هُوَ سَمّٰىكُمُ الْمُسْلِمِيْنَ ەۙ مِنْ قَبْلُ وَفِيْ هٰذَا لِيَكُوْنَ الرَّسُوْلُ شَهِيْدًا عَلَيْكُمْ وَتَكُوْنُوْا شُهَدَاۤءَ عَلَى النَّاسِۖ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَاعْتَصِمُوْا بِاللّٰهِ ۗهُوَ مَوْلٰىكُمْۚ فَنِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ ࣖ 

Artinya : Berjuanglah kamu pada (jalan) Allah dengan sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan tidak menjadikan kesulitan untukmu dalam agama. (Ikutilah) agama nenek moyangmu, yaitu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamakan kamu orang-orang muslim sejak dahulu dan (begitu pula) dalam (kitab) ini (Al-Qur’an) agar Rasul (Nabi Muhammad) menjadi saksi atas dirimu dan agar kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia. Maka, tegakkanlah salat, tunaikanlah zakat, dan berpegang teguhlah pada (ajaran) Allah. Dia adalah pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.

dan juga dalam Surat Al Anfal Ayat 40 terdapat kalimat nikmal maula wanikman nasir :

وَاِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَوْلٰىكُمْ ۗنِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Latin : Wa in tawallau fa’lamuu an-nallaaha maulaakum, ni’mal maula wa ni’man nasir.

Artinya: “Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong”.

Bersumber dari terjemah Al Quran Kemenag RI maka dapat diketahui bahwa arti dari doa atau dzikir hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir artinya cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami dan Allah sebaik-baik pelindung,  Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.

Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Dalam pengamalan dzikir hasbunallah wanikmal wakil terdapat perbedaan pengamalan dan khasiat yang diperoleh, diantaranya :

1. Dibaca 450x 

Khasiat yang akan diperoleh dengan mengamalkan dzikir hasbunallah wanikmal wakil sebanyak 450x dibaca sehari semalam boleh siang boleh malam, adalah :

  • Dicukupi oleh Allah segala urusannya, 
  • Allah menjaga orang tersebut dari kejelekan semua makhluk dan mengharapkan pertolongan dari Allah , 
  • Allah menyimpan rasa cinta dihati makhluk Allah dihati terhadap orang tadi dan 
  • Dikayakan dan dicukupkan oleh Allah

Manfaat diatas sesuai dengan apa yang diterangkan dalam kitab Assirrul Jalil Fii Khowassi Hasbunallah Wanikmal Wakil yang disusun imam abul hasan asy syadzili.

Sebagian ahli makrifat berkata: Barang siapa yang mengharapkan dijaga dari kejelekan semua makhluk, ingin dimudahkan rizqi oleh Allah, dan ingin dicintai oleh makhluk Allah, dan mengharap Allah agar kesempitannya dijadikan kelapangan amalkan hasbunallah wanikmal wakil 450x

Masih dalam kitab  Assirrul Jalil Fii Khowassi Hasbunallah Wanikmal Wakil, membaca hasbunallah wanikmal wakil 450x dilanjutkan dengan membaca Surat Ali Imran ayat 173 :  الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ sebanyak 7 kali dan membaca  ayat فانقلبوا  بنعمة  من الله  وفضل  لم  يمسسهم  سوء ، واتبعوا  رضوان الله ، والله  ذو فضل  عظيم sebanyak 1 kali.mempunyai khasiat yaitu akan ada 1 rahasia yang mengagungkan didalam memudahkan sesuatu yang sulit.

Cara mengamalkannya dibaca setiap hari secara istiqomah, boleh siang hari ataupun malam.

2. Dibaca 70x

Dzikir hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nashir70x biasanya dibaca kaum muslim pada saat malam 10 muharrom atau malam asyura dan setelahnya dilanjutkan dengan membaca doa asyura'.

Manfaat dzikir hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nashir70x pada malam asyura' adalah akan diberikan perlindungan oleh Allah dari segala keburukan ditahun tersebut, sebagaimana disebutkan dalam Al fadhail al asyuriyyah Syaikh Muhammad Al Amir as Shaghir, mengutip perkataan imam Ali Zainal Abidin Al Ajhuriy Al Maliki :

 من قال يوم عاشوراء : حسبنا الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير سبعين مرة كفاه الله تعالى شر ذلك العام

Artinya : Barang siapa pada hari asyura' berkata : "wanikmal wakil nikmal maula wanikman nashir" sebanyak 70x maka Allah akan mencukupi (melindunginya) dari keburukan tahun tersebut.

Lirik Hasbunallah Wanikmal Wakil

Lirik hasbunallah wanikmal wakil biasa dilantunkan sebaggai dzikir ba'da maghrib atau ba'da subuh dan ada juga yang melantunkannya sebagai pujian setelah adzan. inilah lirik arab dan latin hasbunallah wanikmal wakil yang diawali dengan Allahul Kafi :

الله الكافى ربّنا الكافى * قصدنا الكافى وجدنا الكافى

Allahul kafi rabbunal kafi * Qasadnal kafi wajadanal kafi

لكلّ الكافى كفانا الكافى * ونعم الكافى الحمد لله

Likullin kafi kafanal kafi * Wanikmal kafi alhamdulillah

حسبنا الله ونعم الوكيل *  نعم المولى ونعم النصير 

hasbunallah wanikmal wakil * nikmal maula wanikman nashir

حسبنا الله ونعم الوكيل *  نعم المولى ونعم النصير 

hasbunallah wanikmal wakil * nikmal maula wanikman nashir

وكفا الله المؤمنين القتال * وكفا الله المؤمنين القتال

Wakafallahul mukmininal qital * Wakafallahul mukmininal qital

وكفا الله المؤمنين القتال * وكفا الله المؤمنين القتال

Wakafallahul mukmininal qital * Wakafallahul mukmininal qital

آمين آمين آمين آمين * آمين يا الله رب العالمين

Aamiin Aamin Aamiin Aamin * Aamiin ya Allah rabbal 'alamin

آمين آمين آمين آمين * آمين يا الله رب العالمين

Aamiin Aamin Aamiin Aamin * Aamiin ya Allah rabbal 'alamin

Dwemikianlah pembahasan mengenai arti hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir disertai tulisan arab dan artinya, juga dzikir dan cara mengamalkannya semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca dan orang-orang mencari tahu manfaat dari bacaan tersebut.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment