Allahumma Bariklana Fima Razaqtana Wakina Adza Bannar Artinya Per Ayat Doa Makan

Sejak usia dini biasanya jika akan makan, anak-anak sudah diajari doa sebelum makan yaitu allahumma bariklana fima rozaktana wakina adzabannar. Doa tersebut selalu teringat dan mudah dihafal karena kebiasaan membaca doa dan doa makan termasukk bacaan doa yang pendek.

Seiring berjalannya waktu, mungkin timbul rasa keingin tahuan apa arti allahumma bariklana per ayat, lebih tepatnya arti doa sebelum makan per kata karena ayat itu untuk Alquran.

Mengingat banyak yang ingin tahu tentang tulisan arab doa sebelum makan yang benar dan juga arti per kata, pada artikel kali ini kami akan membahasnya sebaik mungkin.

Mari simak dengan teliti.

Table of Contents

Allahumma Bariklana Artinya Per Ayat

Allahumma bariklana artinya per kata
allahumma barik lana arti per kata doa sebelum makan

Di mesin pencarian google banyak orang mencari Allahumma bariklana artinya per ayat. Sebetulnya doa allahumma bariklana itu masih umum, lebih spesifiknya di indonesia yang terkenal jika doa diawali allahumma barik lana adalah doa makan yaitu allahumma bariklana fima rozaktana wakina adzabannar dan juga doa memasuki bulan sya'ban yaitu allahumma bariklana fi rajaba wa sya'bana wa balighna ramadhan.

Baiklah kita bahas dulu allahumma bariklana doa makan. Adapun tulisan arab doa sebelum makan adalah sebagai berikut :

اللهّمَ بارِكْ لناَ فيماَ رَزَقْتَنَا و قِنَا عَذَابَ الناَرِ

Latin: Allahumma barik lana fima razaqtana waqina adza bannar.

Artinya : Ya Allah, semoga engkau memberikan keberkahan kepada kami didalam sesuatu yang telah engkau berikan rizqi kepada kami dan jagalah kami dari siksa neraka.

Sesudah mengetahui artinya mungkin masih ada yang belum puas tanpa mengetahui arti per kalimat :

  • Allahumma bariklana artinya Ya Allah, semoga engkau memberikan keberkahan kepada kita
  • Fima Razaqtana artinya didalam sesuatu, yang telah engkau berikan rizqi kepada kita
  • Wakina adza bannar artinya dan jagalah kami dari adzab neraka

kata wakina seharusnya ditulis waqina, memakai huruf qof bukan kaf. Begitu juga tulisan adza bannar tidak dipisah karena lafadz adzab itu satu kalimat sebagai mudhof dan mempunyai mudhof ilaih lafadz an-nar, seharusnya penulisannya adalah adzabannar

Untuk arti doa sebelum makan per kata bisa dilihat pada tabel di bawah ini

Arab Latin Arti
اللهّمَ Allahumma Ya Allah
بارِكْ Baarik Semoga Engkau memberi keberkahan
لناَ Lana Kepada kita
فيماَ Fii maa Didalam sesuatu
رَزَقْتَنَاَ Razaqtana Yang Telah memberikan rizqi engkau kepada kita
و wa dan
قِنَا qina Semoga engkau menjaga kami
عَذَابَ الناَرِ Adzaban naar Dari siksa neraka

Untuk pembahasan lebih rinci arti per kata dan kalimat akan kami terangkan dibawah.

Fima Razaktana Artinya

Fii merupakan huruf jer yang mempunayi arti di dalam. Lalu, lafadz ma dalam fima razaqtana merupakan ma mausul, sedangkan razaqtana merupakan fiil madhi dan dhomir muttasil. Razaqta adalah fiil madhi tsulatsi mujarrad dari madhi razaqa jika ditasrif lughowi akan ketemu lafadz razaqta, begini tasrifnya;
  • رَزَقَ
  • رَزَقَا
  • رَزَقُوا
  • رَزَقَتْ
  • رَزَقَتَا
  • رَزَقْنَ
  • رَزَقْتَ
  • رَزَقْتثمَا
  • رَزَقْتُمْ
  • رَزَقْتِ
  • رَزَقْتُمَا
  • رَزَقْتُنَّ
  • رَزَقْتُ
  • رَزَقْنَا
Ta merupakan dhomir muttasil mahal rafa' dari razaqa dan bertindak sebagai fail, Jadi razakt a artinya memberi rizqi Engkau (Allah). Sedangkan na dalam lafadz razaktana merupakan dhomir muttasil mahal nashob bertindak sebagai naibul fail.

Alhasil, fima razaktana artinya didalam perkara yang telah Engkau (Allah) berikan rizqi kepada kita. Tulisan Allahumma bariklana fima rozaktana arab اللهّمَ بارِكْ لناَ فيماَ رَزَقْتَنَا

Wakina Adza Bannar Artinya

Ada bermacam-macam bacaan doa, bahkan mungkin potongan bacaan dari suatu doa juga terdapat dalam doa lainya, seperti halnya lafadz wakina adza bannar.

Mungkin jika mau meneliti lebih dalam akan banyak bacaan doa yang terdapat lafadz waqina adzabannar. Kalau yang populer di Indonesia doa yang terdapat kata wakina adzabannar ada 2, yaitu doa sebelum makan seperti yang telah dijelaskan diatas dan doa sapu jagat yaitu rabbana atina fiddunya hasanah wafil akhirati hasanah waqina adza bannar.

Lalu, apa arti wakina adza bannar. Mari kita urai satu persatu.

Wawu (و) disini merupakan wawu athof yang mempunyai arti dan.

Qina (قِنَا) merupakan fiil amar dari fiil madhi waqa yang artinya menjaga, karena qi merupakan fiil amar maka artinya jagalah. Perlu diketahui amar disini bukan untuk memerintah melainkan meminta yaitu kita meminta kepada Allah untuk dijaga. Sedangkan na (نَا) dhomir muttasil mahal nashab berkedudukan menjadi maf'ul bih. Jadi Qina artinya Semoga Engakau (Allah) menjaga kita

Adzab (عَذَابَ) mempunyai arti siksaan dimana ia berkedudukan menjadi mudhof. Sedangkan lafadz annar (الناَرِ) mempunyai arti neraka dan berkududukan sebagai mudhof ilaih. Jadi Adza bannar artinya siksaan neraka.

Dari penjelasan pastinya sudah tahu bahwa wakina adza bannar artinya Dan semoga engkau (Allah) menjaga kami dari siksa neraka.

Demikian pembahasan mengenai allahumma barik lana artinya per ayat (kata) dan juga tulisan arab allahumma barik lana fima razaqtana, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang arti bahasa arab.
Santri Indonesia. Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment