10 Contoh Isim Nakirah dan Ma'rifat Dalam Al Quran

Contoh isim nakirah dan ma'rifat dalam Al Quran dapat kita temukan dalam surat Al Kafirun ayat 4 yang berbunyi وَلَآ اَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدْتُّمْۙ (wala ana 'abidum ma 'abadtum). Dhomir اَنَا۠ (ana)  adalah contoh isim ma'rifat sedangkan عَابِدٌ adalah contoh isim nakirah.

Isim ma'rifat adalah isim yang mempunyai makna khusus contohnya الحِجَارَة (alhijarah) artinya batu itu. Bedakan dengan makna حِجَارَة (hijaratun) yang artinya batu. Batu dalam lafadz حِجَارَةٍ ini meliputi semua jenis bebatuan apapun itu, tetapi jika sudah kemasukan al menjadi الحِجَارَة (alhijarah) keumuman makna batu ini telah berubah menjadi spesifik (khusus).

Yang termasuk isim ma'rifat adalah :

  1. Isim Dhomir
  2. Isim Isyarah
  3. Isim Alam
  4. Isim yang mudhof kepada isim ma'rifat
  5. Ism yang kemasukan al
  6. Isim Maushul
Sedangkan yang dimaksud dengan isim nakirah adalah isim yang dapat menerima al (ال) dan al tersebut dapat mempengaruhi kema'rifatan isim tersebut contohnya : حِجَارَة artinya batu, dimana lafadz hijaratun dapat menerima al dan al tersebut dapat mempengaruhi makna hijarah. Jadi jika misalnya kemasukan al maknanya bukan lagi batu tetapi batu itu (batu tertentu).

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas contoh-contoh isim nakirah dalam Al Quran diharapkan nantinya teman-teman dapat membedakan yang manakah contoh isim nakirah dan yang mana contoh isim ma'rifat.

Table of Contents

Contoh Isim Nakirah dan Ma'rifat Dalam Al Quran

10 contoh isim nakirah dan ma'rifat dalam Al Quran
contoh isim nakirah dan ma'rifat dalam Al Quran

Pada kesempatan sebelumnya kami pernah membahas tentang contoh isim nakirah dalam alquran dan contoh isim ma'rifat dalam Al Quran. Kedua pembahasan tertebut khusus untuk menunjukkan contoh-contoh isim nakirah dalam al Quran dan contoh-contoh isim ma'rifat dalam Al Quran dalam pembahasan tersendiri.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas contoh isim nakirah dan ma'rifat dalam satu pembahasan, agar lebih memberikan pemahaman untuk membedakan mana yang isim ma'rifat dan mana yang isim nakirah.

Nantinya contoh isim ma'rifat tulisannya akan kami berikan warna merah, sedangkan contoh isim nakirah tulisannya akan kami beri warna biru. Adapun contoh isim nakirah dan ma'rifat dalam Al Quran diantaranya :

1. Surat Al Baqarah Ayat 66. 

فَجَعَلْنٰهَا نَكَالًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهَا وَمَا خَلْفَهَا وَمَوْعِظَةً لِّلْمُتَّقِيْنَ ٦٦

Artinya : Maka, Kami jadikan (yang demikian) itu sebagai peringatan bagi orang-orang pada masa itu dan bagi mereka yang datang kemudian, serta menjadi pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.

Dhomir هَا dan الْمُتَّقِيْنَ merupakan contoh isim ma'rifat dalam Al Quran surat Al Baqarah Ayat 66 sedangkan نَكَالًا dan مَوْعِظَةً adalah contoh isim nakirah.

2.  Surat Al Baqarah Ayat 99.

وَلَقَدْ اَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ اٰيٰتٍۢ بَيِّنٰتٍۚ وَمَا يَكْفُرُ بِهَآ اِلَّا الْفٰسِقُوْنَ ٩٩

Artinya : Sungguh, Kami benar-benar telah menurunkan ayat-ayat yang jelas kepadamu (Nabi Muhammad), dan tidaklah ada yang mengingkarinya selain orang-orang fasik.

Dhomir كَ dan هَآ juga lafadz الْفٰسِقُوْنَ adalah contoh isim ma'rifat sedangkan اٰيٰتٍۢ dan  بَيِّنٰتٍۚ adalah contoh isim nakirah.

3.  Surat Al Baqarah Ayat 103.

وَلَوْ اَنَّهُمْ اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَمَثُوْبَةٌ مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ خَيْرٌ ۗ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ ࣖ ١٠٣

Artinya : Seandainya mereka benar-benar beriman dan bertakwa, pahala dari Allah pasti lebih baik, seandainya mereka mengetahui(-nya).

Dhomir hum هُمْ dan lafadz jalalah Allah (اللّٰهِ) merupakan isim ma'rifat sedangkan مَثُوْبَةٌ dan خَيْرٌ merupakan isim nakirah.

4.  Surat Al Baqarah Ayat 117.

بَدِيْعُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَاِذَا قَضٰٓى اَمْرًا فَاِنَّمَا يَقُوْلُ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ ١١٧

Artinya : (Allah) pencipta langit dan bumi. Apabila Dia hendak menetapkan sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka, jadilah sesuatu itu.

Yang termasuk isim nakirah adalah lafadz اَمْرًا (amran) sedangkan بَدِيْعُ السَّمٰوٰتِ merupakan isim yang mudhof kepada isim ma'rifat dan الْاَرْضِۗ isim yang kemasukan al dan juga dhomir هٗ hu merupakan contoh isim ma'rifat.

5.  Surat Al Baqarah Ayat 138.

صِبْغَةَ اللّٰهِ ۚ وَمَنْ اَحْسَنُ مِنَ اللّٰهِ صِبْغَةً ۖ وَّنَحْنُ لَهٗ عٰبِدُوْنَ ١٣٨

Artinya : (Peliharalah) sibgah Allah.39) Siapa yang lebih baik sibgahnya daripada Allah? Hanya kepada-Nya kami menyembah.

39 Sibgah Allah berarti ‘celupan Allah Swt.’. Maksudnya adalah iman kepada Allah Swt. yang tidak disertai dengan kemusyrikan. Istilah itu digunakan karena iman menyatu dalam hati seperti menyatunya warna pada bahan yang dicelupkan dan pengaruh celupan itu tampak pada pakaian sebagaimana pengaruh iman tampak pada diri seorang mukmin.

صِبْغَةَ اللّٰهِ isim yang mudhof kepada isim ma'rifat termasuk isim ma'rifat, begitu juga lafadz jalalah Allah (اللّٰهِ) dan juga dhomir نَحْنُ (nahnu) dan هٗ (hu) adalah contoh isim ma'rifat sedangkan lafadz عٰبِدُوْنَ (abidun) dan صِبْغَةً (shibghah) merupakan contoh isim nakirah.

6.  Surat Al Kafirun Ayat 4.

وَلَآ اَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدْتُّمْۙ ٤

Artinya : Aku juga tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah.

Dhomir اَنَا۠ (ana)  adalah contoh isim ma'rifat sedangkan عَابِدٌ adalah contoh isim nakirah. Dapat disimpulkan kalimat اَنَا۠ عَابِدٌ merupakan contoh isim nakirah dan ma'rifat dalam Al Quran Surat Al Kafirun Ayat 4.

7.  Surat Al Kafirun Ayat 5.

وَلَآ اَنْتُمْ عٰبِدُوْنَ مَآ اَعْبُدُۗ ٥

Artinya : Kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah.

Dhomir اَنْتُمْ (antum) adalah contoh isim ma'rifat sedangkan عٰبِدُوْنَ adalah contoh isim nakirah.

8. Surat Al Kafirun Ayat 6.

لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ ࣖ ٦

Artinya : Untukmu agamamu dan untukku agamaku.”

Dhomir كُمْ dan ya' dalam lafadz liya dan juga دِيْنُكُمْ adalah isim ma'rifat sedangkan lafadz دِيْنِ adalah isim nakirah.

9. Surat Al Fiil Ayat 

وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ ٣

Artinya : Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong

Yang termasuk isim nakirah adalah lafadz طَيْرًا sedangkan dhomir همْ (hum) adalah contoh isim ma'rifat

10. Surat Al Kafirun Ayat 4.

تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ ٤

Artinya : yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar,

Dhomir همْ (hum) adalah contoh isim ma'rifat sedangkan حِجَارَةٍ dan سِجِّيْلٍۙ adalah contoh isim nakirah di juz 30 surat Al Kafirun ayat 4.

Demikian pembahasan mengenai 10 contoh kalimat isim nakirah dan ma'rifat dalam Al Quran semoga memberikan banyak manfaat bagi para pelajar yang sedang belajar bahasa arab khususnya nahwu dan shorof.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment