20 Contoh Jamak Muannats Salim Dalam Al Quran Ketika Rofa' Nashob dan Jar

Contoh jamak muanntas salim dapat kita temukan dalam Al Quran salah satunya dalam surat At Tahrim ayat 5 yaitu عَسٰى رَبُّهٗٓ اِنْ طَلَّقَكُنَّ اَنْ يُّبْدِلَهٗٓ اَزْوَاجًا خَيْرًا مِّنْكُنَّ مُسْلِمٰتٍ مُّؤْمِنٰتٍ قٰنِتٰتٍ تٰۤىِٕبٰتٍ عٰبِدٰتٍ سٰۤىِٕحٰتٍ ثَيِّبٰتٍ وَّاَبْكَارًا ٥. Dalam ayat tersebut terdapat 7 contoh jamak muannats salim mulai dari lafadz مُسْلِمٰتٍ ,مُّؤْمِنٰتٍ ,قٰنِتٰتٍ ,تٰۤىِٕبٰتٍ ,عٰبِدٰتٍ ,سٰۤىِٕحٰتٍ dan  ثَيِّبٰتٍ.

Perhatikan ke 7 lafadz diatas yang semuanya berakhiran alif dan ta'. Inilah ciri-ciri jamak muannats salim dimana huruf akhirnya ada tambahan alif dan ta.

Dalam kesempatan ini zonasantri.com akan memberikan contoh-contoh jamak muanntas salim yang terdapat didalam Al Quran beserta surat dan artinya dan akan kami berikan pula contoh jamak muanntas salim ketika tingkah rofa', nashob dan jar.

Table of Contents

Apa Itu Jamak Muannats Salim?

contoh jamak muanntas salim dalam Al Quran
contoh jamak muanntas salim

Menurut Imam Ibnu Malik dalam kitab Alfiah ibnu Malik definisi jamak muannats salim adalah isim yang mempunyai makna banyak (3 atau lebih) dengan tambahan alif dan ta'. Ketika tingkah rofa' jamak muannats salim ditandai dengan dhommah ketika tingkah nashob dan jar ditandai dengan kasroh.

Jamak artinya banyak (3 atau lebih) sedangkan muannats artinya perempuan. Bisa diartikan bahwa jamak muannats adalah isim yang mempunyai arti lebih dari 3 dan semuanya perempuan, contohnya مُسْلِمَاتٌ (beberapa muslim perempuan). Inilah yang membedakan dengan jamak mudzakkar dimana juga mempunyai arti lebih dari 3 dan semuanya laki-laki, contohnya مُسْلِمُوْنَ (beberapa muslim laki-laki).

Salim artinya selamat, maksudnya adalah perubahan bentuknya dari mufrod ke jamak beraturan. Hal ini berbeda dengan jamak taksir dimana memiliki banyak bentuk (wazan), ini menandakan bahwa perubahan bentuknya dari mufrod ke jamak tidak beraturan.

Dari sini kita paham bahwa tidak semua jamak muannats yaitu ada yang mudzakkar begitu juga jamak taksir ada yang mudzakkar ada yang muannats.

Contoh Jamak Muannats Salim Dalam Al Quran

Beberapa contoh jamak muannats salim yang terdapat didalam Al Quran diantaranya adalah :

1. Surat At Tahrim ayat 5

عَسٰى رَبُّهٗٓ اِنْ طَلَّقَكُنَّ اَنْ يُّبْدِلَهٗٓ اَزْوَاجًا خَيْرًا مِّنْكُنَّ مُسْلِمٰتٍ مُّؤْمِنٰتٍ قٰنِتٰتٍ تٰۤىِٕبٰتٍ عٰبِدٰتٍ سٰۤىِٕحٰتٍ ثَيِّبٰتٍ وَّاَبْكَارًا ٥

Artinya : Jika dia (Nabi) menceraikan kamu, boleh jadi Tuhannya akan memberi ganti kepadanya istri-istri yang lebih baik daripada kamu, yang berserah diri, yang beriman, yang taat, yang bertobat, yang beribadah, dan yang berpuasa, baik yang janda maupun yang perawan.

Dalam surat at tahrim ayat 5 terdapat 7 contoh jamak muannats salim meliputi :

  • مُسْلِمٰتٍ
  • مُّؤْمِنٰتٍ
  • قٰنِتٰتٍ
  • تٰۤىِٕبٰتٍ
  • عٰبِدٰتٍ
  • سٰۤىِٕحٰتٍ
  • ثَيِّبٰتٍ
2. Surat At Taubah ayat 72

وَعَدَ اللّٰهُ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَا وَمَسٰكِنَ طَيِّبَةً فِيْ جَنّٰتِ عَدْنٍ ۗوَرِضْوَانٌ مِّنَ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ ࣖ ٧٢

Artinya : Allah telah menjanjikan kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, surga-surga yang sungai-sungai mengalir di bawahnya, mereka kekal di dalamnya, dan tempat-tempat yang baik di surga ‘Adn. Rida Allah lebih besar. Itulah kemenangan yang agung.

Lafadz مُؤْمِنٰتِ dan جَنّٰتٍ adalah contoh jamak muanntas salim dalam surat at taubah ayat 72.

3. Surat Al Ahzab ayat 4

مَا جَعَلَ اللّٰهُ لِرَجُلٍ مِّنْ قَلْبَيْنِ فِيْ جَوْفِهٖ ۚوَمَا جَعَلَ اَزْوَاجَكُمُ الّٰـِٕۤيْ تُظٰهِرُوْنَ مِنْهُنَّ اُمَّهٰتِكُمْ ۚوَمَا جَعَلَ اَدْعِيَاۤءَكُمْ اَبْنَاۤءَكُمْۗ ذٰلِكُمْ قَوْلُكُمْ بِاَفْوَاهِكُمْ ۗوَاللّٰهُ يَقُوْلُ الْحَقَّ وَهُوَ يَهْدِى السَّبِيْلَ ٤

Artinya : Allah tidak menjadikan bagi seseorang dua hati dalam rongganya, Dia tidak menjadikan istri-istrimu yang kamu zihar itu sebagai ibumu, dan Dia pun tidak menjadikan anak angkatmu sebagai anak kandungmu (sendiri). Yang demikian itu hanyalah perkataan di mulutmu saja. Allah mengatakan sesuatu yang hak dan Dia menunjukkan jalan (yang benar).

Dalam ayat diatas اُمَّهٰتِكُمْ merupakan contoh kalimat idhofah dimana  اُمَّهٰتِ berkedudukan sebagai mudhof dan juga merupakan contoh jamak muannats salim. sedangkan dhomir كُمْ menjadi mudhof ilaih.

4. Surat Hud ayat 48

قِيْلَ يٰنُوْحُ اهْبِطْ بِسَلٰمٍ مِّنَّا وَبَرَكٰتٍ عَلَيْكَ وَعَلٰٓى اُمَمٍ مِّمَّنْ مَّعَكَ ۗوَاُمَمٌ سَنُمَتِّعُهُمْ ثُمَّ يَمَسُّهُمْ مِّنَّا عَذَابٌ اَلِيْمٌ ٤٨

Artinya : Dikatakan (melalui wahyu), “Wahai Nuh, turunlah (dari bahteramu) dengan penuh keselamatan dari Kami dan penuh keberkahan atasmu serta umat-umat (mukmin) yang bersamamu. Ada pula umat-umat (kafir) yang Kami beri kesenangan (dalam kehidupan dunia), kemudian mereka akan ditimpa azab dari Kami yang sangat pedih.”

Contoh jamak muannats salim dalam surat hud ayat 48 adalah lafadz بَرَكٰتٍ .

5. Surat Al Baqarah ayat 209

فَاِنْ زَلَلْتُمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْكُمُ الْبَيِّنٰتُ فَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ ٢٠٩

Artinya : Maka, jika kamu menyimpang (dari jalan Allah) setelah bukti-bukti kebenaran yang nyata sampai kepadamu, ketahuilah bahwa Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.

Contoh jamak muannats salim dalam surat Al baqarah ayat 209 adalah lafadz الْبَيِّنٰتُ dibaca rofa karena menjadi fail dari fiil madhi جَاۤءَتْ.

Baca Juga : 10 Contoh Kalimat Jamak Taksir Da;lam Al Quran

Contoh Jamak Muannats Salim Ketika Rofa

Jamak muannats salim ketika rofa' ditandai dengan dhommah. Beberapa contoh jamak muannats salim ketika tingkah rofa dalam Al Quran yaitu :
  1. Surat Al Ahzab ayat 34 : فَاَصَابَهُمْ سَيِّاٰتُ مَا عَمِلُوْا وَحَاقَ بِهِمْ مَّا كَانُوْا بِهٖ يَسْتَهْزِءُوْنَ ࣖ ٣٤ Artinya : Maka, mereka ditimpa azab (akibat) perbuatan mereka dan diliputi oleh azab yang dahulu mereka selalu perolok-olokkan. سَيِّاٰتُ jamak muannats salim dibaca rofa' menjadi fail.
  2. Surat Taha ayat 76 : جَنّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَا ۗوَذٰلِكَ جَزَاۤءُ مَنْ تَزَكّٰى ࣖ ٧٦ Artinya : (yaitu) surga-surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya. Itulah balasan bagi orang yang menyucikan diri. جَنّٰتُ dalam ayat ini dibaca rofa sebagai mubtada'.
  3. Surat Ar Ra'du ayat 23 : جَنّٰتُ عَدْنٍ يَّدْخُلُوْنَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ اٰبَاۤىِٕهِمْ وَاَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيّٰتِهِمْ وَالْمَلٰۤىِٕكَةُ يَدْخُلُوْنَ عَلَيْهِمْ مِّنْ كُلِّ بَابٍۚ ٢٣ Artinya : (Yaitu) surga-surga ‘Adn. Mereka memasukinya bersama orang saleh dari leluhur, pasangan-pasangan, dan keturunan-keturunan mereka, sedangkan malaikat-malaikat masuk ke tempat mereka dari semua pintu. جَنّٰتُ dalam ayat ini dibaca rofa sebagai mubtada'.
  4. Surat Al Kahfi ayat 31 : اُولٰۤىِٕكَ لَهُمْ جَنّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهِمُ الْاَنْهٰرُ يُحَلَّوْنَ فِيْهَا مِنْ اَسَاوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَّيَلْبَسُوْنَ ثِيَابًا خُضْرًا مِّنْ سُنْدُسٍ وَّاِسْتَبْرَقٍ مُّتَّكِـِٕيْنَ فِيْهَا عَلَى الْاَرَاۤىِٕكِۗ نِعْمَ الثَّوَابُۗ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا ࣖ ٣١ Artinya : Mereka itulah yang memperoleh surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. (Dalam surga itu) mereka diberi hiasan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutra halus dan sutra tebal. Mereka duduk-duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. (Itulah) sebaik-baik pahala dan tempat istirahat yang indah. Dalam ayat ini جَنّٰتُ merupakan contoh jamak muannats salim rofa' karena sebagai mubtada' muakkhor.
  5. Surat Luqman ayat 8 : اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَهُمْ جَنّٰتُ النَّعِيْمِۙ ٨ Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, baginya surga-surga yang penuh kenikmatan.  Dalam ayat ini جَنّٰتُ merupakan contoh jamak muannats salim rofa' karena sebagai mubtada' muakkhor.

Contoh Jamak Muannats Salim Ketika Nashob

Jamak muannats salim ketika nashob ditandai dengan kasroh. Beberapa contoh jamak muannats salim ketika tingkah nashob dalam Al Quran antara lain :

  1. Surat Al maidah ayat 65 : وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْكِتٰبِ اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَكَفَّرْنَا عَنْهُمْ سَيِّاٰتِهِمْ وَلَاَدْخَلْنٰهُمْ جَنّٰتِ النَّعِيْمِ ٦٥ Artinya : Seandainya Ahlulkitab itu beriman dan bertakwa, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahan mereka dan tentu Kami masukkan mereka ke dalam surga-surga yang penuh kenikmatan. جَنّٰتِ merupakan contoh jamak muannats salim ketika nashob berkedudukan maf'ul bih.
  2. Surat Maryam ayat 61 :جَنّٰتِ عَدْنِ ِۨالَّتِيْ وَعَدَ الرَّحْمٰنُ عِبَادَهٗ بِالْغَيْبِۗ اِنَّهٗ كَانَ وَعْدُهٗ مَأْتِيًّا ٦١ Artinya : (Yaitu,) surga ‘Adn yang telah dijanjikan oleh (Allah) Yang Maha Pengasih kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (surga itu) gaib. Sesungguhnya janji-Nya pasti ditepati. Contoh jamak muannats salim ketika nashob جَنّٰتِ berkedudukan sebagai badal
  3. Surat Gafir ayat 8 : رَبَّنَا وَاَدْخِلْهُمْ جَنّٰتِ عَدْنِ ِۨالَّتِيْ وَعَدْتَّهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ اٰبَاۤىِٕهِمْ وَاَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيّٰتِهِمْ ۗاِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُۙ ٨ Artinya : Wahai Tuhan kami, masukkanlah mereka ke dalam surga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka serta orang yang saleh di antara nenek moyang, istri, dan keturunan mereka. Sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. جَنّٰتِ merupakan contoh jamak muannats salim ketika nashob berkedudukan maf'ul bih.
  4. Surat Nuun ayat 34 : وَلَقَدْ اَنْزَلْنَآ اِلَيْكُمْ اٰيٰتٍ مُّبَيِّنٰتٍ وَّمَثَلًا مِّنَ الَّذِيْنَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ وَمَوْعِظَةً لِّلْمُتَّقِيْنَ ࣖ ٣٤ Artinya : Sungguh, Kami benar-benar telah menurunkan kepada kamu ayat-ayat yang memberi penjelasan, contoh-contoh dari orang-orang yang terdahulu sebelum kamu, dan pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.اٰيٰتٍ مُّبَيِّنٰتٍ keduanya merupakan contoh jamak muannats salim ketika nashob.
  5. Surat Saad ayat 50 : جَنّٰتِ عَدْنٍ مُّفَتَّحَةً لَّهُمُ الْاَبْوَابُۚ ٥٠ Artinya : (Yaitu) surga ‘Adn yang pintu-pintunya terbuka bagi mereka. Contoh jamak muannats salim ketika nashob جَنّٰتِ berkedudukan sebagai badal.

Contoh Jamak Muannats Salim Ketika Jar

Jamak muannats salim ketika jar ditandai dengan kasroh. Beberapa contoh jamak muannats salim ketika tingkah jar dalam Al Quran yaitu :
  1. Surat Asy Syu'ara' ayat 57 : فَاَخْرَجْنٰهُمْ مِّنْ جَنّٰتٍ وَّعُيُوْنٍ ۙ ٥٧ Artinya : Kami keluarkan mereka (Fir‘aun dan kaumnya) dari (negeri mereka yang mempunyai) taman, mata air. Lafadz جَنّٰتٍ adalah contoh jamak muannats salim ketika jar kemasukan huruf jar min.
  2. Surat Yusuf ayat 9 : اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ يَهْدِيْهِمْ رَبُّهُمْ بِاِيْمَانِهِمْۚ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهِمُ الْاَنْهٰرُ فِيْ جَنّٰتِ النَّعِيْمِ ٩ Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, niscaya mereka diberi petunjuk oleh Tuhan karena keimanannya. (Mereka berada) di dalam surga yang penuh kenikmatan yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Lafadz جَنّٰتٍ adalah contoh jamak muannats salim ketika jar kemasukan huruf jar fii.
  3. Surat At Taubah ayat 72 : وَعَدَ اللّٰهُ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَا وَمَسٰكِنَ طَيِّبَةً فِيْ جَنّٰتِ عَدْنٍ ۗوَرِضْوَانٌ مِّنَ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ ࣖ ٧٢ Artinya : Allah telah menjanjikan kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, surga-surga yang sungai-sungai mengalir di bawahnya, mereka kekal di dalamnya, dan tempat-tempat yang baik di surga ‘Adn. Rida Allah lebih besar. Itulah kemenangan yang agung. Lafadz جَنّٰتٍ adalah contoh jamak muannats salim ketika jar kemasukan huruf jar fii.
  4. Surat As-Saff ayat 12 : يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ وَمَسٰكِنَ طَيِّبَةً فِيْ جَنّٰتِ عَدْنٍۗ ذٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُۙ ١٢ Artinya : (Jika kamu beriman dan berjihad,) niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam surga ‘Adn. Itulah kemenangan yang agung. Lafadz جَنّٰتٍ adalah contoh jamak muannats salim ketika jar kemasukan huruf jar fii.
  5. Surat Qamar ayat 54 : اِنَّ الْمُتَّقِيْنَ فِيْ جَنّٰتٍ وَّنَهَرٍۙ ٥٤ Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di taman-taman dan sungai. Lafadz جَنّٰتٍ adalah contoh jamak muannats salim ketika jar kemasukan huruf jar fii.

Demikian pembahasan kami mengenai 20 contoh jamak muannats salim didalam Al Quran disertai contohnya ketika rofa', nashob dan jar. Semoga pembahasan ini banyak memberikan manfaat dan pemahaman bagi para pelajar dan siapa saja yang membutuhkan.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment