Posts

10 Contoh Kalimat Jamak Taksir Dalam Al Quran dan Artinya

Contoh kalimat jamak taksir dapat ditemukan di beberapa surat dalam Al Quran seperti terdapat dalam surat An Nasr ayat 2 وَرَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَاجًاۙ.

Dalam ayat tersebut contoh jamak taksir terdapat dalam lafadz  اَفْوَاجًاۙ yang merupakan jamak dari lafadz فوج (faujun)  yang arti mufrodnya adalah kelompok atau golongan

Dalam kesempatan ini kami akan bawakan contoh jamak taksir dalam Al Qur'an dan mufrodnya beserta surat dan ayatnya agar mudah dipelajari teman-teman yang sedang belajar.

Table of Contents

Apa Itu Jamak Taksir

Contoh jamak taksir dalam Al-quran dan artinya
Contoh jamak taksir dalam Al-quran dan artinya

Secara bahasa jamak artinya banyak sedangkan taksir artinya pecah. Pecah disini dalam artian berubah dari asal katanya. Hal ini sesuai dengan makna jamak taksir dalam istilah ilmu nahwu :

ما تغيّر فيه عن بناء فمراده

Jamak taksir adalah isim jamak yang berubah dari bentuk mufrodnya. Perubahan yang terjadi pada jamak taksir ada 6 macam, yaitu : 

  1. Perubahan dengan ditambah hurufnya, contoh : صنو menjadi صنوان
  2. Perubahan dengan dikurangi hurufnya, contoh : نعمة menjadi نعم
  3. Perubahan dengan diganti harakatnya saja, contoh : أَسَدٌ menjadi أُسُدٌ
  4. Perubahan dengan ditambah hurufnya dan diganti harakatnya, contoh : رَجُلٌ menjadi رِجالٌ
  5. Perubahan dikurangi hurufnya dan diganti harakatnya, contoh : رَسُوْلٌ menjadi رُسُلٌ.
  6. Perubahan pada harakat dengan ditambahi dan dikurangi, contoh : غُلاَمٌ menjadi غِلْمَانٌ

Baca Juga : 20 Contoh Jamak Muannats Salim Dalam Al Quran

20 Contoh Kalimat Jamak Taksir

Dalam melakukan percakapan bahasa arab tak akan luput dari penggunaan beberapa kalimat salah satunya adalah jamak taksir. 20 contoh kalimat jamak taksir yang dapat dipelajari dengan mudah beserta artinya antara lain :

  • بيوت (buyutun) jamak dari بيت yang artinya rumah. 
  • مساجد (masajidu) jamak dari مسجد yang artinya masjid. 
  • تلاميذ (talamidzu) jamak dari تلميذ yang artinya murid. 
  • اساتيذ (asatidz) jamak dari أستاذ yang artinya guru. 
  • كتب (kutubun) jamak dari كتاب yang artinya kitab. 
  • كراسي (karasiyyu) jamak dari كرسي yang artinya kursi. 
  • طلاب (tullabun) jamak dari طالب yang artinya murid. 
  • فرائض (faraidhu) jamak dari فرض yang artinya fardhu. 
  • أسماء (asmau) jamak dari إسم yang artinya nama. 
  • قراء (qurro') jamak dari قارء yang artinya pembaca. 
  • علماء (ulama') jamak dari عالم yang artinya orang pintar. 
  • جهلاء (juhala') jamak dari جاهل yang artinya orang bodoh. 
  • تجار (tujjarun) jamak dari تاجر yang artinya pedang. 
  • مدارس (madarisu) jamak dari مدرسة yang artinya madrasah. 
  • رجال (rijalun) jamak dari رجل yang artinya laki-laki. 
  • نساء (nisa') jamak dari نسوة yang artinya perempuan. 
  • أولياء (auliya') jamak dari ولي yang artinya wali. 
  • أركان (arkan) jamak dari ركن yang artinya rukun. 
  • نواقض (nawaqid) jamak dari ناقص yang artinya yang membatalkan. 
  • أثواب (atswab) jamak dari ثوب yang artinya pakaian.

10 Contoh Jamak Taksir Dalam Al-quran

Berikut ini adalah 10 contoh jamak taksir dalam Al-quran dari yang kami rangkum dari berbagai surat dan artinya: 

1. Surat An-Nisā' Ayat 75

وَمَا لَكُمْ لَا تُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَالْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنَ الرِّجَالِ وَالنِّسَاۤءِ وَالْوِلْدَانِ الَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَخْرِجْنَا مِنْ هٰذِهِ الْقَرْيَةِ الظَّالِمِ اَهْلُهَاۚ وَاجْعَلْ لَّنَا مِنْ لَّدُنْكَ وَلِيًّاۚ وَاجْعَلْ لَّنَا مِنْ لَّدُنْكَ نَصِيْرًا 

Artinya : Mengapa kamu tidak berperang di jalan Allah dan (membela) orang-orang yang lemah dari (kalangan) laki-laki, perempuan, dan anak-anak yang berdoa, “Wahai Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Makkah) yang penduduknya zalim. Berilah kami pelindung dari sisi-Mu dan berilah kami penolong dari sisi-Mu.”

Contoh jamak taksir dalam surat An Nisa' ayat 75 adalah النِّسَاۤءِ dan الرِّجَالِ dimana keduanya merupakan jamak dari رجل dan نسوة yang artinya laki-laki dan perempuan.

2. Surat At-Taubah Ayat 70

اَلَمْ يَأْتِهِمْ نَبَاُ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ قَوْمِ نُوْحٍ وَّعَادٍ وَّثَمُوْدَ ەۙ وَقَوْمِ اِبْرٰهِيْمَ وَاَصْحٰبِ مَدْيَنَ وَالْمُؤْتَفِكٰتِۗ اَتَتْهُمْ رُسُلُهُمْ بِالْبَيِّنٰتِۚ فَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلٰكِنْ كَانُوْٓا اَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُوْنَ

Artinya : Apakah tidak sampai kepada mereka berita (tentang) orang-orang sebelum mereka, (yaitu) kaum Nuh, ‘Ad, Samud, kaum Ibrahim, penduduk Madyan, dan (kaum Lut) yang kota-kotanya dijungkirbalikkan? Telah datang kepada mereka rasul-rasul dengan membawa bukti-bukti yang nyata. Allah tidak akan pernah menzalimi mereka, tetapi merekalah yang selalu menzalimi diri sendiri.

Contoh jamak taksir dalam surat At Taubah ayat 70 adalah رُسُلُ dimana keduanya merupakan jamak dari رسول yang artinya rasul.

3. Surat Al Baqarah Ayat 31

وَعَلَّمَ اٰدَمَ الْاَسْمَاۤءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلٰۤىِٕكَةِ فَقَالَ اَنْۢبِـُٔوْنِيْ بِاَسْمَاۤءِ هٰٓؤُلَاۤءِ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ

Artinya : Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda) seluruhnya, kemudian Dia memperlihatkannya kepada para malaikat, seraya berfirman, “Sebutkan kepada-Ku nama-nama (benda) ini jika kamu benar!”

Contoh jamak taksir dalam surat Al Baqarah ayat 31 adalah اَسْمَاۤءِ yang merupakan jamak dari إسمٌ artinya nama.

4. Surat Al Waqiah Ayat 75

۞ فَلَآ اُقْسِمُ بِمَوٰقِعِ النُّجُوْمِ 

Artinya : Aku bersumpah demi tempat beredarnya bintang-bintang.

Contoh jamak taksir dalam surat Al Waqiah ayat 75 adalah النُّجُوْمِ yang merupakan jamak dari نجمٌ yang mempunyai arti bintang.

5. Surat Al Fath Ayat 25

هُمُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَصَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَالْهَدْيَ مَعْكُوْفًا اَنْ يَّبْلُغَ مَحِلَّهٗ ۚوَلَوْلَا رِجَالٌ مُّؤْمِنُوْنَ وَنِسَاۤءٌ مُّؤْمِنٰتٌ لَّمْ تَعْلَمُوْهُمْ اَنْ تَطَـُٔوْهُمْ فَتُصِيْبَكُمْ مِّنْهُمْ مَّعَرَّةٌ ۢبِغَيْرِ عِلْمٍ ۚ لِيُدْخِلَ اللّٰهُ فِيْ رَحْمَتِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُۚ  لَوْ تَزَيَّلُوْا لَعَذَّبْنَا الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْهُمْ عَذَابًا اَلِيْمًا

Artinya : Merekalah orang-orang yang kufur dan menghalang-halangi kamu (masuk) Masjidilharam dan (menghalangi pula) hewan-hewan kurban yang terkumpul sampai ke tempat (penyembelihan)-nya. Seandainya tidak ada beberapa orang laki-laki dan perempuan yang beriman yang tidak kamu ketahui (keberadaannya karena berbaur dengan orang-orang kafir, yaitu seandainya tidak dikhawatirkan) kamu akan membunuh mereka yang menyebabkan kamu ditimpa kesulitan tanpa kamu sadari, (maka Allah tidak akan mencegahmu untuk memerangi mereka. Itu semua) karena Allah hendak memasukkan siapa yang Dia kehendaki ke dalam rahmat-Nya. Sekiranya mereka terpisah, tentu Kami akan mengazab orang-orang yang kufur di antara mereka dengan azab yang pedih.

Contoh jamak taksir dalam surat Al Fath ayat 25 adalah نِسَاۤءٌ dan رِجَالٌ dimana keduanya merupakan jamak dari رجل dan نسوة yang artinya laki-laki dan perempuan.

6. Surat An Nisak Ayat 1

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

Artinya : Wahai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakanmu dari diri yang satu (Adam) dan Dia menciptakan darinya pasangannya (Hawa). Dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.143) Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.

143) Ayat ini menyatakan bahwa Nabi Adam as dan Hawa tidak diciptakan melalui proses evolusi hayati seperti makhluk hidup lainnya, tetapi diciptakan secara khusus seorang diri, lalu diciptakanlah pasangannya dari dirinya sendiri. Mekanismenya tidak dapat dijelaskan secara sains. Selanjutnya, barulah anak-anaknya lahir dari proses biologis secara berpasangan-pasangan sesuai kehendak-Nya.

Contoh jamak taksir dalam surat An Nisa' ayat 1 adalah رِجَالًا dan نِسَاۤءً dimana keduanya merupakan jamak dari رجل dan نسوة yang artinya laki-laki dan perempuan.

7. Surat Maryam Ayat 10

قَالَ رَبِّ اجْعَلْ لِّيْٓ اٰيَةً ۗقَالَ اٰيَتُكَ اَلَّا تُكَلِّمَ النَّاسَ ثَلٰثَ لَيَالٍ سَوِيًّا 

Artinya :Dia (Zakaria) berkata, “Wahai Tuhanku, berilah aku suatu tanda.” (Allah) berfirman, “Tandanya bagimu ialah bahwa engkau tidak dapat bercakap-cakap dengan manusia selama (tiga hari) tiga malam, padahal engkau sehat.”

Contoh jamak taksir dalam surat Maryam ayat 10 adalah لَيَالٍ jamak dari ليلٌ yang artinya malam

8. Surat  Al An'am Ayat 50

قُلْ لَّآ اَقُوْلُ لَكُمْ عِنْدِيْ خَزَاۤىِٕنُ اللّٰهِ وَلَآ اَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلَآ اَقُوْلُ لَكُمْ اِنِّيْ مَلَكٌۚ اِنْ اَتَّبِعُ اِلَّا مَا يُوْحٰٓى اِلَيَّۗ  قُلْ هَلْ يَسْتَوِى الْاَعْمٰى وَالْبَصِيْرُۗ اَفَلَا تَتَفَكَّرُوْنَ

Artinya : Katakanlah (Nabi Muhammad), “Aku tidak mengatakan kepadamu bahwa perbendaharaan (rezeki) Allah ada padaku, aku (sendiri) tidak mengetahui yang gaib, dan aku tidak (pula) mengatakan kepadamu bahwa aku malaikat. Aku tidak mengikuti kecuali apa yang diwahyukan kepadaku.” Katakanlah, “Apakah sama orang yang buta dengan orang yang melihat? Apakah kamu tidak memikirkan(-nya)?”

Contoh jamak taksir dalam surat Al An'am ayat 50 adalah خَزَاۤىِٕنُ jamak dari kata خَزِيْنةٌ yang artinya perbendaharaan

9. Surat Yunus Ayat 5

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاۤءً وَّالْقَمَرَ نُوْرًا وَّقَدَّرَهٗ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوْا عَدَدَ السِّنِيْنَ وَالْحِسَابَۗ مَا خَلَقَ اللّٰهُ ذٰلِكَ اِلَّا بِالْحَقِّۗ يُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ 

Artinya : Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya.343) Dialah pula yang menetapkan tempat-tempat orbitnya agar kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu).344) Allah tidak menciptakan demikian itu, kecuali dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada kaum yang mengetahui.

343) Allah Swt. menjadikan matahari dan bulan berbeda sifat fisiknya. Matahari bersinar karena memancarkan cahayanya dari proses reaksi nuklir di intinya, sedangkan bulan bercahaya karena memantulkan cahaya matahari. 

344) Pergerakan bulan mengitari bumi menyebabkan pemantulan cahaya matahari oleh bulan berubah-ubah wujudnya, dari bentuk sabit sampai purnama dan kembali menjadi sabit lagi, sesuai dengan posisinya. Keteraturan periode bulan mengitari bumi dijadikan sebagai perhitungan waktu bulanan. Dua belas bulan setara dengan satu tahun (surah at-Taubah [9]: 36).

Contoh jamak taksir dalam surat Yunus ayat 5 adalah ضِيَاۤءً yang merupakan jamak dari ضوء yang mempunyai arti sinar atau cahaya.

10. Surat Al Ankabut Ayat 43

وَتِلْكَ الْاَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِۚ وَمَا يَعْقِلُهَآ اِلَّا الْعٰلِمُوْنَ 

Artinya : Perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia. Namun, tidak ada yang memahaminya, kecuali orang-orang yang berilmu.

Contoh jamak taksir dalam surat Al Ankabut ayat 43 adalah الْاَمْثَالُ yang merupakan jamak dari مثل yang artinya contoh atau perumpamaan.

Demikian pembahasan mengenai contoh kalimat jamak taksir dalam Al Quran semoga banyak menambah pengetahuan bagi para pelajar yang sedang belajar bahasa arab.

Santri Indonesia, Penulis Artikel Islami di zonasantri.com Belajarlah Ilmu dan Ajarkanlah Kepada Manusia.

Post a Comment